apa itu caption text

Caption Text, Struktur, Fungsi & Contohnya! – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 tentang Caption Text, Mulai dari Struktur Caption Text, Fungsi Caption Text, dan Contoh Soalnya.

Halo, Sobat Zenius! Apa kabar, nih? Masih pada semangat belajar, kan? So, sesuai dengan judul artikel di atas, maka sekarang kita akan membahas materi Bahasa Inggris kelas 12 tentang caption text, mulai dari struktur, tujuan, fungsi, hingga contoh caption text.

Bicara mengenai caption text kalian pasti sudah bisa membayangkan dong, seperti apa bentuknya? Kalau kalian perhatikan, saat membaca sebuah artikel entah itu lewat internet, majalah, ataupun koran pasti di bawah foto tersebut terdapat tulisan kecil yang berisi keterangan. Nah, tulisan itulah yang disebut dengan caption text, guys! 

Yups! Walaupun berukuran kecil dan singkat, keberadaan caption text ini sangat dibutuhkan, lho. Biar gak semakin bingung, mending langsung kita bahas aja, yuk, Sobat!

Definisi Caption Text

definisi caption text
Contoh caption teks | Sumber: Zenius

Well, bicara mengenai definisi caption text, sepertinya Sobat Zenius semua sudah paham deh. Bagaimana, tidak? Pasalnya, hampir semua orang selalu menulis caption terlebih dahulu sebelum mengupload foto mereka ke sosial media, entah di Facebook, Instagram, atau Tik Tok sekalipun. 

Eittts, tunggu dulu! Di dalam artikel ini kita gak akan membicarakan caption text yang ada di sosial media ya, guys, melainkan caption text yang biasa dipakai di jurnalistik. 

“So, menurut Sobat Zenius, what is caption text?”

Caption text is a short piece of text that follows an image, a graph, or other visual media and gives additional description and explanation.

Apabila diartikan, caption text adalah teks singkat yang biasanya menyertai gambar, grafik, tabel, atau visual media dan memberikan deskripsi atau informasi tambahan. Nah, umumnya, caption text ini ditemukan di dalam artikel, baik artikel di internet, koran, ataupun jurnal.

Contoh Soal Caption Text

contoh soal caption text
Contoh soal caption text | Sumber: Zenius

Nah, coba kalian jawab contoh soal caption text di atas dan tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

Fungsi Caption Text dalam Bahasa Inggris

Guys, jika kalian ditanya apa fungsi menulis caption text di sosial media? Pasti banyak dari kalian yang mengatakan cuma buat iseng-iseng saja, biar keliatan keren, atau malah cuma biar gak keliatan kosong saja. 

Namun, ada yang berbeda nih, guys, dengan fungsi caption text di dalam jurnalistik. Pasalnya, di dalam jurnalistik fungsi dari caption text gak sekadar hanya membuat foto terlihat keren melainkan memiliki fungsi yang penting. Terus, apa saja sih, fungsinya? Oke, mari kita bahas satu-persatu.

  1. Provide Information to Complete The Picture: Fungsi caption dalam Bahasa Inggris adalah untuk memberikan informasi tambahan serta melengkapi sebuah foto. Jadi, kita gak boleh tuh asal masukin caption ke dalam artikel dan malahan membuat pembaca kita jadi gak ngerti.
  2. Establish Credibility: Selain itu, fungsi caption dalam Bahasa Inggris yaitu untuk menambah kredibilitas, nih, Sobat! 
  3. Promote Better Engagement: Caption text juga berfungsi untuk membuat orang-orang tertarik melihat foto tersebut serta memahaminya.

Struktur Caption Text (Parts of a Caption)

Nah, jika tadi kita sudah membahas mengenai fungsi caption text maka sekarang kita akan membahas mengenai strukturnya, nih.

“Kenapa sih, kita harus memahami struktur caption text? Bukannya, tinggal asal nulis aja, ya?” 

Eitss, gak gitu ya konsepnya! Memahami struktur caption text itu penting agar kita bisa menjelaskan sebuah gambar atau foto dengan baik kepada pembaca. Lalu, gimana sih, struktur caption yang benar? Nah, coba kalian perhatikan contoh caption text di bawah ini, deh.

struktur caption text
Struktur caption text | Sumber: Zenius

Jika Sobat Zenius perhatikan, contoh caption text di atas terdiri dari: 

Who: Kenichi Kon

What: Sits on his bed as he waits for doctors during a home visit

Where: In Osaka

When: May 4, 2020

Why: Kon, like many other elderly people, has to pay for home visits with his own pension because the public system doesn’t cover such visits.

Credit: ZP/Anna Chen

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa struktur caption text itu terdiri dari 5W (Who, What, Where, When, Why) dan Credit, nih, Sobat. Btw, struktur ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, ya! Jadi, tidak melulu harus disertai 5W + Credit. Hehe.

Baca Juga: Expressing Plans and Intentions – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Caption Text Common Style

1. Unsur Kebahasaan (Recommended Style)

unsur kebahasaan caption text
Contoh unsur kebahasaan caption text | Sumber: Zenius

Lalu, gimana unsur kebahasaan yang tepat dalam penulisan caption text? Yuk, coba kalian perhatikan poin-poin di bawah ini.

  • Present Tense: Saat menulis caption text disarankan untuk menggunakan present tense karena kalian akan menerangkan informasi yang aktual dan fakta.
  • Active Voice: Selain itu, disarankan juga menggunakan active voice karena lebih mudah dipahami dibandingkan passive voice.
  • Credit: Ini berguna untuk menerangkan tentang identitas si fotografer, seperti nama dan tempat ia bekerja.

Terus, boleh gak sih, pake past tense dalam penulisan caption text? Well, sebenarnya sah-sah saja, tetapi akan lebih baik jika Sobat Zenius menggunakan present tense agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

2. How to Make a Successful Caption?

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kalian ketahui dalam pembuatan caption, nih, guys! Tujuannya, tentu saja agar pesan yang ingin kalian sampaikan dapat mudah dimengerti oleh pembaca. 

  • Avoid stating the obvious: Sebagai contoh, di dalam sebuah foto memperlihatkan seseorang yang sedang duduk. Nah, jika begitu, tanpa harus diberi keterangan pembaca pun sudah memahami jika orang tersebut sedang duduk, guys. So, kalian gak perlu menulisnya lagi di dalam caption.
  • Identify people and places: Perlu diingat, nih, selalu identifikasi orang-orang atau nama tempat yang ada di dalam sebuah foto. Misalnya, menjelaskan siapa orang yang ada di foto tersebut dan cantumkan juga nama tempatnya.
  • Get everything right, including the spellings: Pastikan semua informasi yang ada di dalam caption tepat, ya, termasuk juga dengan ejaannya. Ini dilakukan supaya kredibilitas kita terjaga. Selain itu, usahakan juga untuk tidak menggunakan kata-kata yang rumit atau sulit dimengerti.

How to Caption a Pie Chart

Sobat Zenius pasti pernah mendengar dong istilah pie charts? Pie chart merupakan salah satu jenis diagram yang digunakan untuk mengilustrasikan sebuah data agar lebih mudah dimengerti. Kira-kira gimana sih, cara membuat caption untuk pie chart? Nah, coba Sobat Zenius perhatikan cara-cara di bawah ini.

  1. Be clear and concise: Di dalam penulisan caption untuk pie chart haruslah jelas dan singkat. Caranya yaitu dengan tidak menggunakan articles (a/an/the) dan tidak menggunakan kata adjectives yang tidak penting.
  1. Punctuation and capitalization: Selalu perhatikan penggunaan huruf kapital pada judul. Jika kalian menggunakan huruf kapital, maka harus konsisten.
  1. Give relevant details: Nah, ingat juga untuk memberikan informasi yang penting saja

Contoh Soal Caption Text (Pie Chart) dan Jawabannya

contoh soal caption text beserta gambarnya
Contoh soal caption text | Sumber: Zenius

Which of these would make the most suitable and appropriate caption for the pie chart shown?

A. Types of energy resources used in the European Union

B. Proportion of types of renewable energy sources used in the European Union, 2016

C. Prices of various renewable energy sources used in the European Union, 2016

D. Hydro power makes 36.9% of the renewable energy used in the European Union in 2016

E. Renewable energy sources are the type of energy sources mainly used in the European Union in 2016

Jawaban: B (Alasannya, karena membicarakan tentang proporsi, renewable energy, european union, dan tahun 2016)

Baca Juga: Offering Help and Responding – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

How to Caption a Table

Jika tadi kita membicarakan mengenai pie charts, sekarang kita akan membahas mengenai tabel. Umumnya, tabel digunakan untuk memberi informasi yang lebih detail, nih, guys! 

Contohnya seperti di bawah ini: 

contoh caption text tabel
Contoh tabel | Sumber: Zenius

Terus, gimana sih, caranya menulis caption text untuk tabel? Well, kalian bisa lihat cara di bawah ini:

  1. It acts as a title and topic of the sentence: Bersifat sebagai judul dan topik tentang informasi tabel tersebut.
  2. It is placed above the table: Letakkan caption di atas tabel.
  3. It should be clear and concise: Pastikan singkat dan jelas, tidak menggunakan articles (a/an/the) dan tidak menggunakan kata yang tidak penting. Selain itu, jangan gunakan caption yang menjelaskan hasil atau outcome dari tabel tersebut.
  4. Use relevant information: Gunakan informasi yang relevan dan penting saja.

Contoh Soal Caption Text (Table) dan Jawabannya

  1. Captions for tables should ….?

A. elaborate what the table illustrates

B. summarize the main points in the table

C. only use a maximum of 5 words

D. be placed below the table

E. be clear and concise

Jawaban: E (Caption text haruslah singkat dan jelas)

Caption Text: Journalistic vs Academic Style

Di dalam penulisan non sastra, gaya penulisan dibagi menjadi dua yaitu akademik dan jurnalistik. Nah, menurut Sobat Zenius, apa sih, yang membedakannya? 

Penulisan akademik memiliki bentuk yang jelas, formal, dan paragrafnya juga terstruktur. Sementara itu, di jurnalistik, umumnya paragrafnya pendek dan strukturnya lebih fleksibel.

Kemudian, dilihat dari pembacanya, keduanya juga mempunyai pembaca yang berbeda, lho! Target pembaca tulisan akademik adalah guru, dosen, dan mahasiswa yang memiliki tujuan untuk mencari ilmu. Oleh karena itu, karya ilmiah biasanya dibuat bukan untuk menghibur, nih, guys! Namun, tujuan dari caption text ini untuk menyajikan informasi yang akurat.

Sementara itu, tulisan jurnalistik umumnya dibuat di surat kabar, blog, majalah, dan lain-lain. Nah, biasanya para pembacanya cenderung malas membaca sehingga bagian-bagian penting biasanya diletakkan di awal artikel agar mudah terlihat.

Baca Juga: Direct and Indirect Speech – Bahasa Inggris Kelas 12

Well, itu dia pembahasan mengenai caption text. Bagaimana, Sobat Zenius? Pastinya kalian udah ngerti banget dong tentang materi hari ini? So, kalau saat ujian ditanya ‘apa itu caption text?’ kalian sudah tau dong bagaimana menjawabnya. Hehe.

Nah, jika ingin mendalami lagi mengenai materi Bahasa Inggris, kalian bisa coba ikutan live class yang ada di aplikasi Zenius.Tenang aja, guys, live class ini gratis kok. Hehe. 

Gak hanya Bahasa Inggris, di Zenius kalian juga bisa menemukan mata pelajaran lainnya, lho, seperti matematika, sejarah, biologi, dan lain-lainnya. Yuk, buat akun Zenius kalian sekarang.

Bagikan Artikel Ini!