Expressing Plans and Intentions

Expressing Plans and Intentions – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Contoh kalimat dan dialog expressing intentions and plans, rumus kalimat hingga contoh soal dan pembahasannya akan ada dalam artikel ini. Yuk, simak artikel ini dan jadi semakin ahli berbahasa Inggris!

Hai, Sobat Zenius! 

Lo pernah nggak sih bikin resolusi tahun baru gitu? Biasanya, di dalam new year resolution itu orang-orang menuliskan rencana atau goal yang ingin dicapai di tahun yang baru. Misalnya nih, tahun depan, gue ingin lebih banyak berolahraga supaya lebih sehat dan kuat! Nah, ada ngga nih Sobat Zenius yang punya rencana yang sama kaya gue? Hehehe.

New Year Resolution (Foto: www.unsplash.com by Tim Mossholder)
New Year Resolution (Foto: www.unsplash.com by Tim Mossholder)

Lo sadar nggak nih kalo nulis resolusi tahunan itu salah satu contoh dari kegiatan expressing plans and intentions yang biasanya lo pelajari di pelajaran Bahasa Inggris kelas 10? Nah, apa sih itu expressing plans and intentions? Lalu, caranya gimana? Jawabannya ada di artikel ini lho Sobat. Gue akan kasih penjelasan ke lo semua tentang materi ini supaya lo bisa membuat kalimat yang benar dengan memilih ekspresi dan tenses yang tepat. Tenang, gue juga bakal sediakan rumus kalimat dan contoh dialog expressing intentions and plans, contoh kalimat, dan juga soal beserta pembahasannya untuk membantu lo memahami materi ini. 

Ya udah yuk, langsung aja kita mulai!

Apa itu Expressing Plans and Intentions?

Sebelum gue jelasin, kalo lo merasa sudah tau tentang pengertian expressing plans and intentions, lo bisa langsung ke bagian selanjutnya tentang Expressions to Talk about Intentions ya Sobat!

Seperti yang mungkin Sobat udah tau, plan itu artinya rencana yang ingin dilakukan atau dicapai di masa depan. Biasanya kalau sebuah rencana itu pasti dipikirkan baik-baik secara mendetail dulu supaya bisa tercapai. Nah, intention itu mirip-mirip dengan plans. Artinya hal-hal berupa maksud, rencana, harapan, atau niat yang ingin dicapai tetapi yang ini baru sebatas keinginan saja jadi belum direncanakan secara detail.

plan

Supaya lebih jelas, coba deh lo simak contoh ini. Kalau menyatakan sebuah plan, lo bisa bilang “I have made plans to join the national essay competition.”, artinya, selain kamu sudah memutuskan untuk mengikuti sebuah kompetisi esai nasional, kamu juga sudah memikirkannya dengan baik dan tau apa yang harus dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi tersebut. Jadi kalo ada yang nanya “Oya? Kapan dan gimana cara ikutnya?” Setidaknya lo udah bisa jawab nih.

intention

Nah, kalo contoh kalimat expressing intention, lo bisa bilang “I intend to join the national competition”. Intend itu kata kerja dari intention ya Sobat, jadi nggak perlu bingung. Nah, kalimat tersebut menyatakan bahwa lo berkeinginan atau berminat untuk mengikuti sebuah kompetisi esai nasional tapi baru sekedar niat aja nih. Jadi kalo ditanya “Oya? Kapan dan gimana cara ikutnya?” biasanya jawaban lo kurang lebih akan seperti ini “Belum tau, baru pengen aja sih.”

Nah, gitu kira-kira perbedaan antara plan dan intention ya Sobat. Jadi, arti dari expressing plans and intentions adalah menyampaikan atau menyatakan rencana dan keinginan atau niat. Tenang, ungkapan dan tipe kalimat yang digunakan untuk menyampaikan intention dan plan bisa sama kok. Gimana caranya? Yuk kita bahas!

Expressions dan Contoh Kalimat Expressing  Plans and Intentions

Di bagian ini, kita bakal membahas tentang ungkapan-ungkapan apa saja yang bisa dipakai untuk expressing intentions atau plans ya Sobat. Expressions ini biasanya digunakan untuk menjelaskan rencana yang masih jauh didepan atau masih berupa keinginan yang belum terencana. Ada enam ungkapan nih yang lo bisa pakai untuk menyatakan intentions. Gue juga akan kasih contoh kalimat expressing intention yang bisa jadi inspirasi buat lo. Supaya lebih memudahkan dalam memahami struktur kalimatnya, gue membagi ekspresi ini kedalam dua kategori. Pertama adalah yang diikuti dengan infinitive atau kata kerja bentuk pertama (V1) dan yang kedua adalah yang diikuti dengan gerund atau kata kerja ditambah “ing’ (V-ing). 

Berikut adalah variasi expressions untuk menyatakan intention yang diikuti dengan infinitive/V1 beserta contoh kalimat expressing intention-nya:

I’d like to + Infinitive/V1 + O 
atau
I would like to + Infinitive/V1 + O
I’d like to visit Rome next year 

Artinya: Aku ingin berkunjung ke Roma tahun depan.
I hope to + Infinitive/V1 + OI hope to see my classmates after the pandemic is over.

Artinya: Aku ingin bertemu teman-teman sekelas ku setelah pandemi selesai.
I want to + Infinitive/V1 + OI want to join some singing competitions in the future.

Artinya: Aku ingin mengikuti beberapa kompetisi bernyanyi di masa depan.
I’m planning to + Infinitive/V1 + OI am planning to color my hair red next year.

Artinya: Aku berencana untuk mengecat merah rambutku tahun depan.

Dari contoh diatas, Sobat Zenius bisa lihat bahwa keempat expressions yang digunakan (I’d like to, I would like to, I hope to, I want to, dan I’m planning to) selalu diikuti dengan kata kerja bentuk pertama seperti visit, see, join, dan color, Coba diingat-ingat ya, oke?

Okay
(Foto: www.Pixabay.com by Robin Higgins)

Sekarang kita ke kategori yang selanjutnya ya.

Berikut adalah variasi expressions untuk menyatakan intention yang diikuti dengan gerund/V-ing beserta contoh kalimat expressing intention-nya:

I’m planning on + gerund/V-ing + OI’m planning on having a massive birthday party oneday.

Artinya: Aku berencana untuk membuat pesta ulang tahun yang sangat besar suatu hari nanti.
I’m thinking about/of + gerund/V-ing + OI’m thinking about taking a day off in the near future.

Aku berpikir/berencana untuk mengambil cuti dalam waktu dekat.

I’m thinking of going on a vacation with my best friends next year.

Artinya: Aku berpikir/berencana untuk pergi berlibur bersama sahabat-sahabatku tahun depan.

Dari tabel diatas, lo bisa lihat ya, bahwa kalau lo memakai ungkapan I’m planning on atau I’m thinking about/of maka setelah ungkapan itu harus diikuti dengan bentuk kata kerja plus “ing” atau gerund seperti kata having, taking, dan going yang digunakan dalam contoh kalimat expressing intention di atas.

Variasi expressions nya ada enam nih yang Sobat Zenius bisa pakai dalam expressing intentions. Lalu, bagaimana cara memilihnya? Sobat nggak perlu bingung. Lo bebas kok mau pakai yang mana aja karena masing-masing expressions sebenarnya artinya mirip-mirip yaitu “aku ingin…”. Yang perlu lo perhatikan adalah struktur kalimat nya aja. Expressions mana yang diikuti dengan infinitives dan mana yang diikuti dengan gerund

Contoh Soal Expressing Intentions and Plans

Sobat Zenius kan udah tau variasi expression yang bisa digunakan untuk menyatakan intentions. Sekarang kita coba kerjakan soal dibawah ini yuk untuk melatih ketepatan penyusunan kalimat expressing intention Sobat semua. Yang perlu lo lakuin hanya memilih diantara pilihan yang ada, mana jawaban yang paling tepat untuk melengkapi contoh kalimat expressing intention di soal. Oke, mari kita mulai ya.

  1. I am planning to __________ a bakery in the future.
    A. open
    B. opening
    C. to open
  1. I am thinking of __________ a kitty once I live on my own.
    A. adopt
    B. adopting
    C. to adopt
  1. I hope to __________ a successful basketball player.
    A. becoming
    B. become
    C. being

Oke sebelum lanjut ke pembahasan contoh soal expressing intention yang ada di bawah ini, pastikan lo semua sudah menentukan jawaban masing-masing ya.

Pembahasan:

  1. Expression yang digunakan adalah I am planning to yang harus diikuti dengan infinitives, maka jawaban yang benar adalah A. open
  2. Expression yang digunakan adalah I am thinking of yang harus diikuti dengan gerund, maka jawabannya adalah B. adopting
  3. Expression yang digunakan adalah I hope to yang harus diikuti dengan infinitives, maka jawabannya adalah B. become.

Contoh Dialog Expressing Intentions and Plans

Contoh Dialog Expressing Intentions and Plans
Contoh Dialog Expressing Plans and Intentions

Tenses untuk Expressing Plans and Intentions Beserta Rumus dan Contoh Kalimatnya

Kalau tadi kita sudah membahas tentang variasi expressions yang bisa digunakan dalam expressing intentions and plans, sekarang waktunya Sobat Zenius tau cara menyampaikan rencana menggunakan tenses ya. Pertama-tama, kenapa sih kita nggak bisa bebas aja memilih tenses yang ingin kita pakai?

Bingung
(Foto: www.Pixabay.com by Tumisu)

Jawabannya adalah karena setiap tenses yang digunakan memiliki certainty level yang berbeda-beda Sobat. Lalu, certainty level itu apa dan gunanya untuk apa? Jadi, certainty level adalah tingkat keyakinan atas rencana yang Sobat buat. Kalo lo membuat suatu rencana, pasti lo tau seberapa yakinnya lo bahwa rencana itu akan terwujud kan? Misalnya nih lo anak basket, malam ini lo berencana buat maraton film Squid Games sepulang dari latihan basket karena lo pingin banget. Tapi, biasanya setiap pulang latihan basket itu lo udah capek banget dan sekalinya nyentuh kasur langsung deh sampai di dunia mimpi. Hehehe. Kalau gitu, bisa dibilang tingkat keyakinan lo atas rencana itu mungkin sekitar 70-80% yakin, karena meskipun lo udah merencanakannya, tapi masih ada kemungkinan yang cukup besar untuk nggak terlaksana karena ketiduran kan? Jadi, certainty level ini memberikan informasi tentang seberapa yakin nya seseorang tentang akan terlaksananya rencana yang mereka buat.

Nah, certainty level untuk expressing plan sendiri terdiri dari 50%-60% certain, 70%-80% certain, 95% certain, dan 99,9% certain. Jadi, paling rendah (50%-60%) yakinnya setengah-setengah, paling tinggi (99,9%) itu bener-bener yakin. Kenapa nggak 100%? Ya anggap saja 0.1% nya itu kehendak Tuhan ya. Terkadang kan sebaik apapun kita merencanakan sesuatu tetap saja bisa ada hal-hal yang terjadi diluar perkiraan dan kontrol lo kan?

Selain tingkat certainty level-nya, yang perlu Sobat perhatikan di bagian ini adalah tenses yang harus digunakan karena di setiap level-nya akan menggunakan tenses yang berbeda. Ketentuannya seperti berikut.

Simple Future Tense
S + will + infinite/V1

Certainty level: 50%-60%
A: Oops! I don’t bring any my coloured pencils for art class later this afternoon.
B: Don’t worry, I will lend you mine.

Seperti yang tertulis pada tabel diatas, untuk certainty level 50%-60%, tenses yang lo gunakan adalah simple future tense. Tenses ini digunakan untuk menjanjikan atau menawarkan sesuatu dalam situasi spontan. Jadi lo menawarkan sesuatu yang sebelumnya belum direncanakan seperti pada contoh dialog di tabel.

Simple Future Tense
S + to be + going to + infinitive/V1

Certainty level: 70%-80%
A: Do you have any plans for your next presentation topic?
B: Yes, I am going to give a presentation about global warming.

Untuk certainty level yang kedua ini, kita masih menggunakan simple future tense Sobat. Namun, kata will kita ganti dengan to be + going to seperti contoh di table. Tipe kalimat yang ini bisa Sobat gunakan ketika ingin memberitahukan rencana yang memang sudah disusun sebelumnya. Contohnya di tabel si speaker merencanakan untuk presentasi tentang global warming. Nah, walaupun mungkin masih bisa berubah tapi pasti dia menjawab seperti itu karena sudah sempat mempertimbangkannya dengan baik. Jadi bukan sesuatu yang spontan diungkapkan tanpa perencanaan. Maka, certainty level-nya pun lebih tinggi pada 70%-80%.

Present Continuous
S + to be + Gerund/V-ing

Certainty level: 95%
A: With whom will you go to Bandung next week?
B: I am going to go with my brother and sister.

Wah, kali ini certainty level-nya udah tinggi banget nih di 95%. Kali ini lo menyatakan rencana yang sudah fix bahkan sudah mendapat persetujuan dari pihak lain. Kalau di contoh, berarti speaker-nya sudah dapat persetujuan atau konfirmasi dari saudara-saudaranya bahwa mereka akan pergi dengan dia ke Bandung minggu depan. Kalau sampai gak jadi sih mungkin rasanya sama kaya kalo lo di “php-in” gitu lah. Hehehe. Nah, disini lo bisa pakai present continuous tense Sobat! Lo bisa mencermati struktur kalimatnya di rumus yang udah gue kasih di tabel ya.

Simple Present Tense
S + infinitive/V1 + Adverb of time

Certainty level: 99,9%
A: What time will you have math class tomorrow?
B: My math class starts at 10:00 AM.

Yang terakhir, yang paling fix dan ngga ada yang namanya php-phpan adalah penggunaan simple present tense untuk menyatakan plan dengan certainty level 99,9%. Rencana seperti apa sih yang ada dalam level keyakinan hampir sempurna itu? Jawabannya adalah kegiatan atau acara yang memiliki penjadwalan yang tidak berubah-ubah setiap harinya. Misalnya jadwal pelajaran sekolah, jadwal keberangkatan kereta, jadwal kursus, atau jadwal praktek dokter. 

Nah, supaya lebih paham lagi tentang empat pilihan tenses untuk expressing plans dengan certainty level-nya masing-masing, kita latihan soal yuk!

Baca Juga:

Making Requests, Accepting and Declining – Bahasa Inggris Kelas 12

Conditionals and Wishes – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Direct and Indirect Speech – Bahasa Inggris Kelas 12

Contoh Soal Expressing Intention and Plan

Seperti di bagian contoh soal expressing intentions yang tadi lo sudah kerjakan, lo hanya perlu memilih pilihan yang paling tepat untuk melengkapi  contoh kalimat expressing plans dibawah ini. Eits, jangan lupa memilih jawaban lo masing-masing sebelum scrolling ke bawah untuk melihat pembahasannya ya.

  1. Jess: When will you go to Jakarta?
    Nick: My flight ___________ at 14:00 PM next Monday.
    A. will be departing
    B. departs
    C. is going to be departing
  2. Nick: I could not find my phone even though I have been looking for it for an hour.
    Jack: I  ___________ help you to find it.
    A. will
    B. am going to
    C. am helping
  3. Jess: What is your plan after high school?
    Jordan: I  ___________ go to a business school
    A. will
    B. am going to
    C. could

Pembahasan:

  1. Jawabannya adalah B. departs, karena berkaitan dengan penjadwalan yang tidak berubah-ubah maka menggunakan simple present tense.
  2. Jawabannya adalah A. will, karena menawarkan hal secara spontan tanpa perencanaan maka menggunakan simple future tense dengan will.
  3. Jawabannya adalah B. am going to, karena dalam menentukan rencana setelah lulus sekolah menengah pasti membutuhkan perencanaan atau pertimbangan terlebih dahulu, maka menggunakan simple future tense dengan to be + going to.

Menganalisis Kalimat Expressing  Plans and Intentions on A Text

Sobat Zenius kan tadi sudah bisa menyusun kalimat expressing plans and intentions dalam latihan soal. Nah sekarang, gimana kalo kita latihan menganalisis text expressing plans and intentions? Jadi dibawah ini akan ada contoh text yang mengungkapkan tentang rencana dan keinginan, Sobat Zenius hanya perlu mencari mana kalimat-kalimat yang merupakan contoh expressing plans and intentions. Caranya lo bisa ingat-ingat jawabannya aja atau sambil ditulis di kertas juga boleh. Silahkan dibaca dan dicermati teks bacaan dibawah ini ya.

Teks Expressing Intentions and Plans

Gimana? Sudah dapat semua kalimat yang digunakan untuk  expressing plans and intentions? Kalau sudah, yuk kita cocokkan dengan pembahasannya. Gue akan beri garis bawah untuk kalimat-kalimat yang menunjukan plans and intentions ya.

Teks Expressing Intentions and Plans

Penutup

Wah, lo berhasil baca artikel ini sampai akhir! Selamat ya. Gue yakin, sekarang lo udah lebih pandai dalam memilih expressions dan tenses yang tepat untuk membuat kalimat expressing plans and intentions. Semoga, contoh kalimat expressing intentions and plans, contoh dialog, dan latihan soalnya bisa membantu lo dalam memahami materi ini. Kalo lo ada pertanyaan, feel free untuk nyampein lewat kolom komentar ya!

Sekian dulu dari gue, see you in the next article!

Bagikan artikel ini