Pengertian Prepositions dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Pengertian Prepositions dan Contoh Kalimatnya Zenius Education

Hai Sobat Zenius! Gue akan mengawali artikel ini dengan sebuah pertanyaan. “There is a book on the table.” Dalam kalimat tersebut, yang mana sih, yang disebut dengan preposition? Nah, supaya elo bisa jawab pertanyaan ini, kita belajar bareng dulu yuk, tentang apa itu preposition serta contoh kalimat preposition!

Pengertian Prepositions

Pertama-tama, kita kenalan dulu sama apa itu preposition. Preposition sesuai namanya yaitu pre (sebelum) dan position (posisi), merupakan kata depan yang berfungsi untuk menunjukkan hubungan ruang atau waktu antara satu benda dengan yang lain. Ciri khusus dari prepositions adalah doi tuh selalu nempel sama nouns, pronouns, atau noun phrases.

Fungsinya prepositions sendiri itu untuk menjawab pertanyaan when, where, hingga how. Kayak gimana sih, misalnya? Gue punya contoh kalimat berikut:

My brother hid under the bed.

Di kalimat tersebut kita punya dua benda atau noun, yaitu “my brother” dan “the bed”. Di antara kedua nouns tersebut ada satu kata yang menunjukkan apa? Yup, hubungan ruang antara dua benda tadi. Jadi, preposition dalam kalimat tersebut adalah “under” yang ada di depan kata “the bed”. It’s easy, isn’t it?

Contoh Prepositions

Fun fact, prepositions dalam Bahasa Inggris tuh ada banyak banget dan terbagi atas beberapa jenis. Apa aja, tuh? Jadi, kita punya prepositions of time, prepositions of place, prepositions of manner, prepositions of movement, prepositions of agent, prepositions of measure, prepositions of source, sampai prepositions of possession.

Wah gila, kok banyak banget, ya? Tapi tenang aja, gue bakal jelaskan satu per satu sambil nunjukin elo contoh kalimat preposition. Dijamin deh, kalau elo sering lihat contoh kalimat, tanpa harus menghafal pun elo pasti bisa sat set sat set kalau disuruh pakai prepositions. Yuk kita mulai!

Oh iya hampir lupa, untuk prepositions of time and place bakal gue jelaskan secara singkat aja, ya. Kalau elo mau baca lebih detailnya, elo bisa kunjungi tulisan gue sebelumnya!

Baca Juga: Macam-Macam Prepositions dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Prepositions of Time

Prepositions of time adalah kata depan yang digunakan untuk mengekspresikan waktu. Waktu itu bisa mengacu ke banyak jenis seperti abad, dekade, musim, hari raya, hari, jam, bagian hari, dan lain-lain. Prepositions of time juga ada banyak: in, on, at, until, by, since, from … to, during, before, dan after.

Tapi, kali ini gue hanya akan bahas in, on, sama at aja soalnya trio ini tuh yang paling ribet. Gue aja kadang-kadang masih sering tertukar kalau mau pakai, hehe. Tapi, gue udah nemu cara buat memahami penggunaannya dengan gampang, yaitu dengan piramida kebalik berikut ini!

Contoh prepositions of time zenius education
Prepositions of time (Arsip Zenius)

Video pembahasan tentang prepositions of time yang lengkap abis bisa elo tonton dengan klik banner di bawah ini!

Pelajari materi Bahasa Inggris di video materi belajar Zenius

Prepositions of Place

Nah, kalau prepositions of place tentunya menunjukkan tempat dalam suatu kalimat, ya. Lagi-lagi kita bakal ketemu sama trio in, on, dan at. Kalau di Bahasa Indonesia gampang lah ya, kalau mau ngomongin tempat kita tinggal pakai kata depan “di”. Tapi kalau Bahasa Inggris, beda tempat beda prepositions!

Lagi-lagi, kuncinya ada di piramida berikut ini:

Contoh prepositions of place zenius education
Prepositions of place (Arsip Zenius)

Tapi, selain ketiga itu, masih ada prepositions of place lainnya, antara lain under, above, inside, outside, in front of, behind, between, among, near, dan lain-lain.

Prepositions of Manner

Prepositions of manner adalah kata depan yang menunjukkan bagaimana sesuatu terjadi atau dilakukan. Hmm, kayak gimana, tuh, contohnya?

Contoh prepositions of manner zenius education
Tabel prepositions of manner (Arsip Zenius)

Baca Juga: Pengertian Action Verbs dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Prepositions of Movement

Lanjut, prepositions of movement menunjukkan perpindahan dari satu tempat ke yang lainnya. Prepositions of movement lumayan banyak juga, ada to, across, through, over, toward, into, along, from, around, onto, up, down, dan lain-lain. Di tabel berikut, gue bakal bahas empat di antaranya dulu, ya!

Contoh prepositions of movement zenius education
Tabel prepositions of movement (Arsip Zenius)

Prepositions of Agent

Nah, kalau prepositions of agent ini menghubungkan aksi yang dilakukan dengan pelakunya. Ada dua prepositions of agent, yaitu “by” dan “with”.

contoh prepositions of agent zenius education
Tabel prepositions of agent (Arsip Zenius)

Prepositions of Measure

Contoh prepositions of measure zenius education
Tabel prepositions of measure (Arsip Zenius)

Prepositions of Source

Sesuai namanya, preposition ini menunjukkan asal dari sesuatu atau seseorang.

Prepositions kelas 10 prepositions of source zenius education
Tabel prepositions of source (Arsip Zenius)

Prepositions of Possession

Prepositions ini menunjukkan kepemilikan dari sesuatu.

Contoh prepositions of possession zenius education
Tabel prepositions of possession (Arsip Zenius)

Penutup dan Contoh Soal

Wow, ternyata prepositions itu ada banyak jenisnya, ya, dan fungsinya juga beda-beda! Sekarang, kalau gue tanya lagi tentang kalimat yang gue kasih di awal tadi, “There is a book on the table”, elo pasti langsung tau kan yang mana preposition-nya, jenisnya, dan fungsinya?

Biar lebih mantap jiwa, coba kerjakan contoh-contoh soal berikut ini, yuk!

  1. What are you going to do … Saturday? I’m going to a movie … the afternoon … two o’clock. Do you want to join me?
    a. on, in, at
    b. in, at, on
    c. at, on, in
    d. in, on, at
    e. on, at, in
  2. The bouquet he got me is really beautiful. He told me it was made … the best florist in town.
    Choose the correct preposition of agent!
    a. by
    b. with
    c. to
    d. for
    e. then

Pembahasan:

1. Jawaban: a. Karena Saturday adalah nama hari, maka gunakan on. In digunakan dengan the afternoon yang merupakan part of the day. Untuk waktu yang spesifik seperti two o’clock, gunakan at.

2. Jawaban: a. Di sini, konteksnya adalah dibuat oleh siapa. Jadi yang paling cocok adalah pakai by.

Oke deh, sekian dulu untuk artikel tentang prepositions. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Baca Juga: Jenis Pronoun dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!