Asal Usul Omicron

Asal-Usul Omicron – Mengenal Omicron

Hai, Sobat Zenius!

Apakah elo udah nonton All of Us Are Dead (2022)? Di series ini, virus menyebabkan pandemi zombi di Korea Selatan. 

Nah, ada salah satu kutipan menarik dari series ini, yaitu pernyataan si ilmuwan yang bilang kalau virus itu juga pengin bertahan hidup, dari satu inang ke inang yang lainnya.

Virus jonas merupakan nama virus yang membuat seisi kota berubah menjadi zombi di series ini. Kalau di dunia kita, virus korona, salah satunya memiliki nama varian omicron, menjadi penyebab terjadinya pandemi Covid-19.

Ilustrasi All of Us Are Dead (2022)
Ilustrasi All of Us Are Dead (2022) (Arsip Zenius)

Omicron juga bisa dibilang adalah satu dari banyaknya varian coronavirus yang pengin bertahan hidup. Ya, walaupun dengan jadi parasit di tubuh manusia, dan mengorbankan kesehatan kita.

Dari sekian banyak varian yang ada, kenapa, sih, omicron ini jadi varian yang seviral itu? Pertanyaan ini adalah salah satu hal yang bakal jadi topik pembahasan kita tentang omicron ini.

Sebelumnya, ayo kita bahas dulu tentang apa sebenernya omicron itu.

Baca Juga: Berkenalan dengan Corona dan Covid-19

Apa Itu Omicron?

Ilustrasi Apa itu Omicron
Ilustrasi Apa itu Omicron (Arsip Zenius)

Salah satu hal berbahaya dari virus adalah kemampuannya melakukan mutasi. Dalam hal ini, mutasi bisa disebut sebagai suatu perubahan di genom virus (kode genetika). Nah, mutasi ini bikin karakteristik virus jadi berubah.

Mutasi ini juga wujud usaha yang dilakukan virus buat bertahan hidup, rada mirip sama pernyataan bapak-bapak ilmuan di series All of Us Are Dead (2022).

Oke, kalau kita ngomongin tentang varian dari suatu virus, kita bisa sebut varian sebagai genom virus (kode genetik) yang mungkin mengandung satu atau lebih mutasi. Jadi, varian ini berbahaya karena mutasi yang dilakukannya.

Karakteristik virus yang berubah karena mutasi ini, bikin sistem kekebalan tubuh kita bisa kena tipu-tipu sama virus!

Nah, omicron sendiri adalah salah satu varian dari coronavirus. Kalau begitu, sebenernya gimana sih asal-usul dari omicron?

Asal Usul Omicron

Nah, karena perkembangan dari virus ini masih akan terjadi, jadi mungkin aja ke depannya bakal banyak penemuan tentang coronavirus, terutama varian omicron.

Dilansir dari DW, setidaknya sekarang ada tiga teori, nih, yang bisa menjelaskan asal-usul dari omicron.

  1. Berevolusi tanpa terdeteksi di populasi yang terisolasi

Nah, para ilmuwan melihat kalau ada kemungkinan omicron ini berevolusi pada populasi orang yang hidup di antara virus yang telah beredar selama beberapa waktu. Orang-orang ini mungkin aja udah terinfeksi dan pulih tanpa terdeteksi atau didiagnosis, dan tanpa pengujian atau pengurutan jenis virus yang telah menginfeksi mereka.

Jadinya, kita nggak bener-bener tahu kalau mungkin aja orang-orang yang sakit dan sembuh ini membawa coronavirus, atau bahkan varian yang baru, terutama omicron.

  1. Berkembang pada seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah

Omicron bisa aja berkembang di orang dengan kekebalan alami yang ditekan. Hal ini sama kayak seseorang yang lagi sakit kronis atau mengonsumsi obat yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Nah, kekebalan tubuh yang lemah ini bikin virus punya waktu untuk berevolusi dan bermutasi buat menghindari sistem kekebalan.

  1. Berevolusi dalam inang hewan dan lompat ke manusia

Nah, kalau teori yang terakhir ini bilang adanya kemungkinan coronavirus berevolusi jadi varian omicron di dalam inang hewan, terus baru, deh, lompat ke manusia.

Dengan adanya pandemi ini, kita jadi belajar biologi bareng-bareng di real life. Maksudnya, kalau dulu kita belajar sesuatu yang cuma bisa kita baca di buku doang, sekarang yang kita baca itu bener-bener ada di depan mata kita, dan bahkan ngaruh banget di kehidupan sehari-hari.

***

Sebenernya, emang rada ngeri-ngeri sedap sih kalau kita bahas tentang pandemi zombi di series All of Us Are Dead dengan kondisi di real life yang kayak sekarang. Karena walaupun pandemi yang terjadi sekarang nggak separah yang ada di series itu, tapi penyebabnya sama, yaitu dari virus.

Nggak apa-apa, walaupun kita isoman di rumah berhari-hari, berminggu-minggu, terus hidup udah terasa kayak zombi, setidaknya kita tidak ikut menyebarkan virus dan malah memperparah kondisi, ya, Sobat Zenius!

Kalau elo adalah salah satu orang yang sekarang sedang isoman, gue harap keadaan elo lekas membaik!

Oh, ya, gue udah bikin playlist di bawah ini supaya elo bisa ikutin episode tentang omicron dari awal sampai akhir. Oke, di episode ini, kayaknya pembahasan gue cukupkan aja. Stay safe, and healthy, sampai ketemu di episode selanjutnya!

Series Mengenal Omicron

Bagian 1: Asal Usul Omicron

Bagian 2: Apa Ciri-Ciri dan Gejala Omicron?

Bagian 3: Varian Baru Coronavirus dan Klasifikasi Varian Lainnya

Bagian 4: Setelah New Normal dan Menjadi Endemi, What’s Next?

Referensi:

SARS-CoV-2 Variant Classifications and Definitions – CDC (2022)

The origin of omicron – DW (2021)

Bagikan Artikel Ini!