Rumus Mencari Kalor, Cara Menghitung & Contoh Soal

Rumus Mencari Kalor, Cara Menghitung & Contoh Soal

Hai Sobat Zenius! Kali ini kita bakal belajar mengenai rumus mencari kalor. Tapi elo tau gak sih, apa itu kalor? 

Jadi kalo berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalor adalah tenaga panas yang diterima atau diteruskan oleh satu benda ke benda yang lain. 

Kalian pernah nggak merasa bingung kenapa saat kita sedang makan mie rebus, mangkuk yang menjadi wadahnya ikutan panas? 

Atau kalian pernah nggak merasa aneh kenapa saat camping, udara di dekat api unggun terasa lebih hangat?

Nah, hal ini disebabkan adanya kalor atau energi yang berpindah dari kuah mie rebus ke mangkuk dan dari api unggun hingga akhirnya terasa deh ke tangan.

Antoine Laurent Lavoisier penemu Hukum Kekekalan Massa (Arsip Zenius)
Antoine Laurent Lavoisier penemu Hukum Kekekalan Massa (Arsip Zenius)

Istilah kalor pertama kali dikenalkan oleh Antoine Laurent Lavoisier (1743-1794), seorang ahli kimia dari Prancis. 

Dahulu, kalor dianggap sebagai sesuatu yang tak kasat mata. Meskipun tak terlihat, kalor bisa mempengaruhi perubahan suhu dan perubahan wujud zat.

Berbeda dengan suhu, lebih tepatnya kalor adalah energi yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda dengan suhu yang lebih rendah. 

Bisa dibilang juga kalor adalah suatu kuantitas atau jumlah panas baik yang diserap maupun dilepaskan oleh suatu benda. 

Alat untuk mengukur besar kalor disebut kalorimeter.

Ilustrasi komponen mesin Kalorimeter (dok: Encyclopedia Britannica)
Ilustrasi komponen mesin Kalorimeter (dok: Encyclopedia Britannica)

Kalor didasari oleh beberapa teori, salah satunya teori yang diperkenalkan oleh ilmuwan dari Amerika yang bernama Benjamin Thompson. Pak Thomson mengatakan bahwa kalor dapat terjadi karena adanya suatu gesekan antar benda.

Buktinya, coba deh kalian gesekkan kedua telapak tangan kalian, nah rasa hangat yang kalian rasakan membuktikan bahwa adanya energi kalor pada proses gesekan tersebut.

Atau, elo pernah bertanya-tanya, bagaimana kalor dihasilkan dari api yang kecil? Apakah apinya harus gede banget, kayak api unggun?

Tentu saja sekecil apapun api, bisa menghasilkan kalor. Intinya adalah bukan seberapa besar atau panas api tetapi adanya suhu yang lebih renda di sekitarnya sehingga energi panas dari api yang kecil itu bisa berpindah ke materi lain yang suhunya lebih rendah. 

Karena kalor merupakan salah satu bentuk energi sehingga kalor dapat berpindah namun tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan. Yaaa mirip-mirip lah sama kenangan masa lalu yang tidak bisa dimusnahkan~

Karena kalor merupakan salah satu bentuk energi, maka satuannya disamakan dengan satuan energi yaitu Joule (J) atau kalori (kal).

Nah, dengan semua elemen-elemen yang berkaitan dengan kalor tersebut, elo bisa menggunakan rumus berikut sebagai cara menghitung kalor

Q = m . c . 𝚫T

Dengan
Q   : Kalor (J)
m   : Massa benda (kg)
c    : Kalor jenis (J/kg°C)
𝚫T : Perubahan suhu (°C)

Tapi sebelum lanjut ke bagian selanjutnya dalam artikel rumus mencari kalor ini, gue punya informasi penting nih. 

Elo tau gak sih kalo elo ternyata bisa latihan soal tentang cara menghitung kalor lengkap dengan penjelasan komprehensif dalam bentuk video dari tutor-tutor professional. 

Dan selain materi Fisika, elo juga bisa belajar berbagai mata pelajaran. Caranya gampang banget, elo tinggal download aplikasi Zenius dan login dengan klik banner di bawah ini.  

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Kalor Jenis

Kalor jenis adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 g massa benda sebesar 1°C. 

Rumus kalor jenis ini digunakan juga untuk menghitung suhu akhir pada perhitungan kalor.

Kalor jenis juga dianggap sebagai kemampuan benda dalam melepas atau menerima kalor. Satuan Internasional (SI) untuk kalor jenis adalah J/kg°C dengan simbol c (huruf kecil ya). 

Rumus kalor jenis bisa elo cek di bawah ini!

Rumus Mencari Kalor, Cara Menghitung & Contoh Soal 25

Kapasitas Kalor

Kapasitas kalor adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu sejumlah tertentu massa benda sebesar 1°C. 

Kapasitas kalor ditulis dengan menggunakan simbol C (huruf kapital).

Rumus Mencari Kalor, Cara Menghitung & Contoh Soal 26

Nah, gimana? Rumus mencari kalor diatas mudah untuk diaplikasikan kan? 

Gak afdol rasanya kalo belajar Fisika kalo gak langsung praktik. Di bawah gue udah menyiapkan beberapa contoh soal sehingga elo bisa langsung mempraktikkan cara menghitung kalor dengan rumus yang udah elo pelajari. 

Contoh Soal Mencari Kalor (1)

Rosé sedang memanaskan ½ kg air dari suhu 28°C menjadi 78°C, berapa sih kalor yang dibutuhkan oleh Rosé jikalau kita ketahui kalor jenis air sebesar 400 J/Kg°C

Jawab:

m = 0,5 Kg
c = 400 J/Kg°C
𝚫T = 78°C – 28°C = 50°C

Nah, untuk menjawab soal ini elo perlu tau bahwa soal ini sebenernya menyuruh kita untuk menghitung banyak kalor yang digunakan.

Ingat, kita gunakan rumus mencari kalor berikut ini:

Q = m . c . 𝚫T

Q = 0,5 Kg . 400 J/Kg°C . 50°C

Q = 10.000 J

Contoh Soal Mencari Kalor (2)

Irene membutuhkan energi kalor sebesar 6 x10⁵J untuk memanaskan 5 kg zat cair dari suhu 25°C menjadi 85°C. Berapa sih kalor jenis dari zat tersebut?

Jawab:

Q = 6 x10⁵J
m = 5 Kg
𝚫T = 85°C – 25°C = 60°C

Sekarang kita gunakan rumus kalor jenis

c = Q / m . 𝚫T

c = 6 x 10⁵ J / (5 Kg . 60°C)= 2.000 J/Kg°C

Contoh Soal Mencari Kalor (3) 

Berapa sih kapasitas kalor air yang bermassa 7 kg kalau kalor jenisnya 400 J/Kg°C

Jawab:

m = 7 Kg
c = 400 J/Kg°C

Untuk menghitung kapasitas kalor kita gunakan rumus

C = m . c

C = 7 Kg . 400 J/Kg°C

C = 2800 J/°C

Well, gimana sobat Zenius? Sekarang kalian sudah paham kan apa itu kalor, dan juga bagaimana cara menggunakan rumus mencari kalor, rumus kalor jenis dan rumus kapasitas kalor?

Elo ternyata bisa banget lho jadi master dalam pelajaran Fisika, dan gak cuman Fisika tapi juga mata pelajaran lain. 

Caranya dengan akses ke ribuan video materi pelajaran, latihan soal, tryout dan fitur premium lainnya, elo bisa langganan paket belajar Zenius Aktiva Sekolah Plus. Cek info selengkapnya dengan klik di bawah ini, ya!

cta zenius aktiva sekolah basic

Dan semisal elo ingin mempelajari materi yang satu ini lebih dalam lagi, elo bisa banget belajar lewat video pembahasan dari Zenius.

Untuk mengaksesnya, elo tinggal klik banner di bawah ini, ya! Kemudian, ketikkan materi pelajaran yang ingin elo pelajari di kolom pencarian.

Dan semisal elo ingin mempelajari materi yang satu ini lebih dalam lagi, elo bisa banget belajar lewat video pembahasan dari Zenius.

Untuk mengaksesnya, elo tinggal klik banner di bawah ini, ya! Kemudian, ketikkan materi pelajaran yang ingin elo pelajari di kolom pencarian.

Rumus Mencari Kalor, Cara Menghitung & Contoh Soal 27

Agar lebih paham dengan penerapan rumus kalor lebih lanjut Sobat Zenius juga bisa langsung cek pengertian kalor dan kapasitas kalor ini ya!

Baca Juga Artikel Lainnya:

Mengenal 4 Skala Suhu dan Cara Konversinya

Kenapa Udara yang Kita Tiup Lebih Dingin Daripada Suhu Tubuh?

Originally published:  September 3, 2021
Updated by:  Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!