rumus gaya

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal

Artikel ini akan membahas tentang rumus gaya dalam fisika beserta pengertian, macam-macamnya, beserta soal dan pembahasannya.

Halo, Sobat Zenius! Lo tau ngga gaya itu apa? gaya menurut KBBI adalah dorongan atau tarikan yang akan menggerakkan benda bebas; besaran yang mempunyai besar dan arah tertentu; suatu interaksi yang bila bekerja sendiri menyebabkan perubahan keadaan gerak benda.

Pengertian Gaya dalam Fisika

Pada ilmu fisika khususnya di materi dinamika partikel, gaya adalah suatu perlakuan yang diberikan kepada benda yang dapat mempengaruhi gerak benda. Penjelasan lebih lanjutnya bisa kalian liat di video ini.

Rumus Gaya

Gaya dinotasikan dengan F yang artinya adalah force dengan satuan Newton. Cara mendapatkan besaran gaya adalah dengan menggunakan prinsip hukum Newton.

Hukum I Newton

Merujuk dari laman Edukasi Kemdikbud, “Bila resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol atau tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut, maka setiap benda akan bergerak terus dengan kelajuan tetap pada lintasan lurus (gerak lurus beraturan) atau tetap diam”. Persamaannya dapat ditulis seperti ini:

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 89

Keterangan:

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 90 : resultan gaya (Newton)

Apa itu Resultan Gaya? Kalian bisa mempelajarinya di artikel berikut ini: Konsep Resultan Gaya dan Cara Menghitungnya.

Hukum II Newton

Merujuk dari laman Edukasi Kemdikbud, “Percepatan yang dihasilkan oleh resultante gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan resultante gaya, searah dengan resultante gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda”. Persamaannya dapat ditulis seperti ini:

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 91

Keterangan:

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 90 : resultan gaya (Newton)

m: massa (kg)

a: percepatan (Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 93)

Hukum III Newton

Merujuk dari laman Edukasi Kemdikbud, “Jika benda pertama mengerjakan gaya pada benda kedua, maka benda kedua akan mengerjakan gaya pada benda pertama yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan”

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 94

Gaya aksi dan reaksi sama besarnya tetapi berlawanan arah dan bekerja pada dua benda yang berbeda.

Keterangan:

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 90 : resultan gaya (Newton)

Untuk memperdalam materi Hukum Newton, kamu bisa baca artikel berikut: Materi Lengkap dan Contoh Soal Hukum Newton 1, 2, 3.

Macam-macam Gaya

Gaya terbagi menjadi dua, yaitu gaya fundamental dan gaya non-fundamental.

Gaya Fundamental

  1. Gaya Nuklir Kuat: dalam fisika partikel, interaksi kuat adalah mekanisme yang bertanggung jawab untuk gaya nuklir kuat (juga disebut gaya kuat, gaya kuat nuklir), dan merupakan salah satu dari empat interaksi fundamental yang dikenal, yang lain adalah elektromagnetisme, interaksi lemah dan gravitasi.
  2. Gaya Nuklir Lemah: gaya nuklir lemah adalah salah satu dari empat gaya dasar di alam. Gaya nuklir lemah dikenal se­bagai perantara peluruhan radioaktif.
  3. Gaya Elektromagnetik: gaya yang diakibatkan oleh medan elektromagnetik terhadap partikel-partikel yang bermuatan listrik. Gaya elektromagnetik menjaga elektron-elektron dan proton-proton tetap bersama dalam suatu atom.

Gaya Non-fundamental

  1. Gaya Normal: gaya reaksi yang timbul ketika suatu benda diletakkkan secara tegak lurus di atas sebuah permukaan bidang. Besarnya gaya normal yang terjadi pada suatu benda ditentukan oleh besarnya gaya lain yang juga bekerja pada benda pada saat yang sama.
  2. Friksi: gaya yang menahan gerakan slidding atau rolling satu benda terhadap benda lainnya.

Untuk mengetahui lebih jelas apa itu Gaya Normal, kamu bisa baca artikel berikut: Gaya Normal – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal.


Materi Video Jenis-Jenis Gaya

Tonton materi tentang Jenis-jenis Gaya dan Penjelasannya beserta kumpulan contoh soal berkualitas di website Zenius. Login atau daftar terlebih dulu untuk mengaksesnya.


Contoh Soal Gaya dan Pembahasan

  • Sebuah kayu bermassa 10 kg (berat w = 100 N) digantung dengan tali dan diikatkan pada atap. Jika kayu diam maka berapakah tegangan talinya?

Pembahasan:

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 89

T-w = 0

T-100 = 0

T = 100 N

Jadi, tegangan talinya jika kayu diam adalah 100 N.

  • Motor-motoran bermassa 4 kg diam di atas lantai licin, kemudian diberi gaya tertentu dan bergerak dengan percepatan 20 Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 93 . Berapakah gaya yang diberikan pada motor-motoran?

Pembahasan:

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 91

F = 4.20

F = 80 N

Jadi, gaya yang diberikan pada motor-motoran adalah 80 N.

  • Sebuah tas diletakkan di atas meja. Pada sistem benda tersebut akan ada empat gaya yang bekerja pada sistem tersebut yaitu:

w: berat tas

N: gaya tekan normal meja terhadap tas

N’: gaya tekan normal tas pada meja

Fg: gaya gravitasi bumi pada tas

Tentukan pasangan gaya yang termasuk aksi reaksi!

Pembahasan:

Syarat pasangan aksi-reaksi harus sama besar, berlawanan arah, dan bekerja pada dua benda. Maka dari itu hasilnya adalah w dengan Fg dan N dengan N’.


Materi Video Fisika Kelas 10

Kuasai materi lengkap pelajaran Fisika kelas 10 lewat web Zenius. Untuk menonton video free, kamu hanya perlu login atau daftar dulu.

Oh ya, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Rumus Gaya dalam Fisika Beserta Pengertian, Macam-macamnya dan 3 Contoh Soal 99

Bagikan Artikel Ini!