Peran Peradaban Islam dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Artikel ini mengupas tuntas sejarah Zaman Keemasan Islam, tokoh-tokoh pentingnya, dan perkembangan ilmu pengetahuan di era ini. Halo semua! Tabik! Pada kesempatan kali ini gua mau ceritain lo tentang sepotong kisah perjalanan sejarah yang seru banget tapi sekaligus juga ironis dari peradaban yang telah luar biasa berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan modern. Peradaban ini adalah pemegang obor estafet kedua dari perkembangan ilmu pengetahuan umat manusia, yang pertama dimulai sejak era klasik Yunani, Romawi, …

mm

Kartini: Bukan hanya tentang Kebaya

Artikel ini mengupas kisah hidup dari salah satu Pahlawan Nasional Indonesia, yaitu R.A Kartini. Dari masa kecil, remaja, dan karya hidupnya secara lengkap. Halo guys, ada yang tau tanggal 21 April diperingati sebagai hari apa? Yak, betool hari ini adalah hari Kartini! Mungkin hampir semua orang di Indonesia tau tentang hari Kartini, hari di mana anak-anak sekolah biasanya didandanin pake kebaya dan baju daerah. Hari ceria yang menghiasi masa kecil …

Sutan Sjahrir: Arsitek di Balik Layar Kemerdekaan

Artikel ini menceritakan kisah kehidupan dan perjuangan Sutan Sjahrir sebagai arsitek kemerdekaan Indonesia yang bekerja di balik layar. Halo semua, pada artikel blog Zenius kali ini, lagi-lagi gue mau bahas topik sejarah. Buat lo yang belum tau, hari ini tanggal 5 Maret, tepat 111 tahun yang lalu telah lahir salah satu Bapak pendiri bangsa kita. Bukan Sukarno, bukan juga Hatta, tapi seseorang yang berjuang di garis belakang dengan jalan kaderisasi kaum …

mm

Newton, Penemu Teori Gravitasi yang Benci Konfrontasi

Zenius Blog kali ini membahas siapa itu Sir Isaac Newton beserta beberapa prestasi yang ditorehkannya sebagai seorang ilmuwan brilian.  Hukum Newton 1,2 dan 3 merupakan salah satu buah karya fisika klasik yang terus dipelajari hingga hari ini. Di bangku SMA, hukum Newton tetap diajarkan meski kurikulum telah berkali-kali mengalami perubahan. Namun, sudah sejauh manakah kalian mengenal tokoh dibalik hukum tersebut? Apakah hanya sebatas namanya saja? Atau malah kalian sudah lama …

R.M.P. Sosrokartono: Abang R.A. Kartini yang Jenius

Artikel ini membahas tentang kisah hidup R.M.P. Sosrokartono (abang dari R.A. Kartini), seorang Poliglot dengan segudang prestasi. Halo guys! Jumpa lagi dengan gue, yuuji-sensei. Kalo masuk bulan April gini, biasanya sekolah-sekolah memperingati Hari Kartini. Siapa sih, yang gak kenal R.A. Kartini? Salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Jepara dan menjadi tokoh pelopor kebangkitan dan emansipasi wanita di Nusantara. Setiap tahun, sekolah-sekolah di Indonesia mengenang jasa-jasa beliau dengan memperingati Hari …

Ribuan Tahun Berbentuk Kekaisaran, Bagaimana Tiongkok menjadi Negara Komunis?

Ribuan tahun Tiongkok berbentuk kekaisaran, kok sekarang malah berubah menjadi negara komunis? Artikel ini menceritakan bagaimana Partai Komunis Tiongkok bisa meraih kekuasaan dan bagaimana komunisme mempengaruhi berbagai sendi kehidupan rakyat Republik Rakyat Tiongkok. Halo, ketemu lagi sama gw Marcel di blog Zenius. Kali ini, lagi-lagi gw mau berbagi cerita sejarah yang seru banget, yaitu tentang peralihan bentuk salah satu peradaban tertua dan terbesar dalam sejarah dunia, yaitu peradaban Tiongkok. Kita semua tahu bahwa selama ribuan tahun …

John Snow: Detektif Medis yang Mengungkap Misteri Wabah Kolera

Mana yang umurnya lebih panjang, orang di zaman dulu atau orang di zaman sekarang? Buat yang sering baca artikel Zenius, pasti tahu dong ya kalau orang zaman sekarang umurnya lebih panjang. Menurut PBB, di tahun 2010-2015, life expectancy atau angka harapan hidup dunia itu sekitar 71,5 tahun. Artinya, anak yang lahir pada tahun 2010-2015, diperkirakan rata-rata akan hidup sampai usia 71,5 tahun. Di Jepang, angka harapan hidupnya bahkan mencapai 84 …

Penerapan Persamaan Kuadrat dalam Genetika

Siapa sangka persamaan kuadrat di Matematika bisa diterapkan di Biologi? Khususnya dalam menentukan distribusi gen dalam sebuah populasi. Masih inget bagaimana matematika bisa dipakai dalam penemuan Teori Genetika Mendel? Beberapa waktu yang lalu, gue pernah menulis artikel tentang itu. Kalau lu belum pernah baca, lu bisa baca artikel tersebut di sini: Penerapan Matematika dalam Hukum Hereditas Mendel Di artikel itu, gue bercerita bagaimana Mendel melakukan eksperimen terhadap puluhan ribu tanaman …