Persiapan Final menghadapi USBN dan UNBK tingkat SMA

Kompilasi tips panduan belajar, latihan soal, dan pembahasan soal-soal tahun lalu dari Ujian Nasional & Ujian Sekolah USBN tingkat SMA.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2017, tapi telah disesuaikan dengan peraturan, jadwal, dan kisi-kisi USBN dan UN SMA 2018 terbaru.

Artikel kali ini gua buat khusus untuk lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA yang akan menempuh Ujian Nasional & Ujian Akhir Sekolah. Oke, buat lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12, tulisan ini wajib hukumnya untuk di-bookmark dan di-share ke semua temen-temen seangkatan lo karena pada artikel ini gua akan membagikan info penting sekaligus bahan materi belajar untuk UN dan USBN, lengkap dengan pembahasan soal-soal dari tahun-tahun lalu.

Nah, sebelum gua ngasih bahan materi belajar, gua mau pastikan dulu lo udah up-to-date tentang mekanisme ujian nasional dan ujian akhir sekolah pada tahun ajaran yang sekarang (2017-2018). Kalo pada tahun ajaran sebelumnya, kakak-kakak angkatan lo punya mekanisme Ujian Nasional seperti ini:

Mekanisme pelaksanaan ujian akhir SMA tahun ajaran 2016-2017

Pada tahun lalu, ada 3 tipe ujian: Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). UN diselenggarakan negara dengan standar nasional, meliputi 4 mata pelajaran yang diklasifikasikan berdasarkan program penjurusan (IPA, IPS, Bahasa) seperti yang bisa lo lihat di atas pada tabel warna biru. Kemudian selain 4 pelajaran tersebut, sekolah setingkat SMA dan sederajat juga menyelenggarakan USBN, di mana komposisi soalnya merupakan racikan para guru tiap sekolah plus soal standardisasi dari pemerintah. Mata pelajaran yang diujikan meliputi Agama, PKN, Sejarah, dan mata pelajaran jurusan sisa yang tidak diikuti pas UN (lihat tabel orange). Selain itu, ada pula US yang diselenggarakan secara independen oleh pihak sekolah dan mengujikan segala mata pelajaran yang belum diujikan di UN maupun USBN (lihat tabel hijau).

 

Mekanisme Ujian Nasional tahun ajaran 2017-2018

Nah, untuk tahun ajaran 2017-2018, mekanisme ujian akhir untuk tingkat SMA dan sederajat berubah lagi. Bedanya gimana nih? Bedanya adalah:

  • Hanya akan ada 2 tipe ujian, yaitu UN dan USBN.
  • Ujian Sekolah (US) dihapus.

Berikut beberapa hal penting yang perlu lo ketahui mengenai pelaksanaan Ujian Nasional (UN):

  • UN mencakup 4 mata pelajaran dengan standardisasi nasional.
  • Khusus untuk UN Matematika, akan ada 10% soal essay.

Sedangkan, ini adalah beberapa poin penting terkait pelaksanaan USBN:

  • USBN akan mengujikan seluruh mata pelajaran, termasuk yang sudah diujikan di UN.
  • 25% soal disiapkan oleh Kemendikbud + 75% disiapkan dari musyawarah guru.
  • 90% pilihan danda + 10% essay.

Untuk lebih mudah lo bayangkan, lo bisa lihat mekanisme UNBK & USBN untuk tahun ajarah 2017-2018 pada tabel di bawah ini:

Oke, udah cukup jelas ya tabelnya?

“Terus itu di tabel UNBK (biru), maksudnya 1 matpel sesuai jurusan itu apa?”

Nah ini maksudnya, kalo jurusan IPA, berarti lo (atau pihak sekolah) bisa memilih untuk menguji pelajaran Biologi, Kimia, atau Fisika. Jurusan IPS, bisa milih antara pelajaran Ekonomi, Geografi, atau Sosiologi. Jurusan Bahasa, bisa pilih antara jurusan Sastra Indonesia, Bahasa Asing, dan Antropologi.

Berdasarkan tabel di atas, lo juga bisa menyimpulkan bahwa untuk semua pelajaran yang masuk ke UN, akan diujikan juga di USBN. Jadi lo akan 2x ujian untuk matpel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan salah satu matpel pilihan jurusan lo.

 

Jadwal USBN dan UNBK SMA 2018

Untuk jadwal pelaksanaan USBN, pemerintah memberikan keleluasaan kepada tiap sekolah. Sekolah diperbolehkan menentukan jadwal USBN sebelum atau setelah UN, dengan mempertimbangkan guru telah menuntaskan kurikulum atau pembelajaran para siswanya. Terlepas sekolah lo melaksanakan USBN sebelum atau sesudah UN, pemerintah memberikan rentang waktu pelaksanaan USBN, yaitu antara 19 Maret – 28 April 2018.

Nah, UNBK sendiri akan dilaksanakan di awal April. Jadwalnya seperti ini:

 

3 Hal Penting seputar Ujian Nasional

Ada 3 hal penting yang perlu lo ketahui terkait UNBK dan USBN tingkat SMA pada tahun ajaran ini:

  1. Ujian Nasional, baik USBN maupun UNBK, TIDAK menjadi indikator kelulusan dari pemerintah. Artinya, keputusan dari kelulusan kalian berada di tangan sekolah masing-masing. Walaupun ga menjadi indikator kelulusan oleh pemerintah, bukan berarti UN diabaikan sepenuhnya ya. Kalo misalnya lo nekat ga ikut UN terus nilainya nol semua, ya bisa aja lu ngga dilulusin karena keputusan dari pihak sekolah.
  2. Secara umum, kisi-kisi soal UN dari pemerintah (SKL) bisa dikatakan SAMA untuk siswa yang menjalani 3 Kurikulum yang berbeda, yaitu Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi. Artinya, soal-soal UN nanti adalah irisan dari materi yang dipelajari dari 3 kurikulum nasional yang berjalan sekarang. Sederhananya, buat lo yang menjalani kurikulum 2013 ga usah pusing belajar materi K13 Revisi atau KTSP, begitu juga yang menjalani KTSP, ga usah pusing belajar dari materi K13 atau K13 revisi. Fokus saja dengan kisi-kisi dan materi yang sudah kalian pelajari selama SMA.
  3. Ujian Nasional, baik USBN dan UNBK tidak menjadi pertimbangan dalam penilaian SNMPTN.

****

Oke, demikianlah info penting seputar Ujian Nasional tahun 2018 ini. Walaupun info ini bersifat nasional, tapi ada baiknya lo crosscheck ke sekolah masing-masing. Karena berdasarkan pengalaman UN tahun-tahun lalu, ada aja beberapa kendala yang membuat sekolah tertentu tidak serentak mengikuti UN sebagaimana yang sudah diatur. Tapi idealnya secara nasional, USBN dan UN akan berjalan sesuai dengan aturan dan jadwal di atas.

 

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMA 2018

Selain soal mekanisme dan jadwal pelaksanaan, gua yakin lo semua juga rada khawatir dengan tipe soal essay yang muncul di UN dan USBN.

“Duh, gimana nih nanti soal essay di USBN dan UN? Soal pilihan ganda aja udah bikin bingung!”

Di sini, gua mau sharing beberapa perspektif ke lo. Pertama, komposisi soal essay di USBN dan UN hanya 10%. Jadi, se-enggak bisanya lo ngerjain soal essay tersebut, lo masih punya peluang ngejar nilai di 90% soal pilihan ganda. Kedua, soal essay di UN dan USBN ga akan menuntut lo untuk menjawab panjang lebar. Soal essay di UN dan USBN hanya meminta lo memberi jawaban isian singkat. Ketiga, kalo dari awal lo belajarnya udah bener, mau bentuk soalnya dijungkirbalikkan kayak apapun, lo ga perlu pusing. Kalo beneran paham dengan materi yang akan diujikan, lo pasti bisa jawab. Intinya, lo ga usah terlalu panik berlebihan menghadapi soal essay di UN Matematika nanti.

Secara umum, kisi-kisi USBN dan UN yang dikeluarkan pemerintah untuk semua mata pelajaran kurang lebih sama. Jadi, ketika lo belajar USBN, lo sekalian belajar buat UN. Begitu juga sebaliknya. Nah, untuk persiapan UN & USBN SMA, gua akan membagi klasifikasinya berdasarkan mata pelajaran. Dalam setiap mata pelajaran, tercantum panduan belajar dan pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Oke langsung aja kita masuk ke referensi belajar masing-masing pelajaran:

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – MATEMATIKA IPA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – MATEMATIKA IPS

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA BAHASA INDONESIA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA BAHASA INGGRIS

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – BIOLOGI

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – KIMIA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – FISIKA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – SOSIOLOGI

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – GEOGRAFI

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – EKONOMI

 

PERSIAPAN USBN SMA – SEJARAH

Oke, pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah nggak pernah mengikutsertakan pelajaran Sejarah pada UN SMA. Jadi Zenius nggak punya dokumentasi soal-soal tahun lalu. Walaupun begitu, gua akan ngasih lo link ke beberapa video pembahasan materi dan latihan yang gua susun berdasarkan kisi-kisi materi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Karena emang sebelumnya ga pernah ada UN Sejarah, jadi jangan heran kalo gua ngasih link ke pembahasan materi SBMPTN Sejarah. Pada intinya, apa yang dibahas konteks sejarah yang sama kok. Berikut adalah link pembahasan materinya:

Beberapa latihan soal yang sesuai dengan SKL USBN dari pemerintah:

****

Nah, demikianlah seluruh referensi dari zenius untuk persiapan UNBK & USBN tingkat SMA 2018. Rasa-rasanya sih referensi di atas yang gue kasih itu bisa dibilang lumayan lengkap untuk jadi patokan lo buat belajar mempersiapkan UNBK & USBN dengan cukup efektif dan tepat sasaran. Okay Guys, semoga kumpulan link di atas bermanfaat buat lo semua, good luck yah ujiannya!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Glenn tentang persiapan Ujian Nasional SMA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional dan juga SBMPTN, zenius sangat merekomendasikan beberapa artikel di bawah ini untuk kamu baca selanjutnya:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.

  • aliefrn

    Jadwalnya kok beda, ni kemarin rabu dan kamis sudah mulai. Rabu agama, kamis biologi. Terus Senin, selasa, rabu, kamis sesuai urutan jadwal.

    • pada prakteknya, memang dikondisikan dengan kebijakan provinsi dan sekolah masing-masing. tahun ini adalah tahun pertama ujian nasional dipecah jadi UNBK dan USBN, jadi ya pelaksanaannya juga biasanya sih masih ga akan mulus. kalo boleh tau kamu di sekolah mana?

  • Dwi Kurniawan

    Apapun jadwalnya belajarnya tetep buat SBMPTN :v

    • jangan lupa juga belajar utk menggali ilmu ya. 😉

    • Amma Dwiqi

      awalnya aku mah gitu, tapi lama kelamaan malah kececeran yang disekolahnya. nah dari situ aku merasa dilema banget, belajar mana dulu ini. (walaupun udah tau kalo SBM harus dipelajari). dan akhirnya sempet drop sampe gak nerusin materi hampir bulan2an. dan sekarang mulai bangun lagi

  • lolca

    bukannya unbk itu sama kayak usek, masuk nilai ijazah juga. berarti mempengaruhi kelulusan kan ‘-‘

    • iya, masuk ijazah. tapi dari perspektif pemerintah itu ga mempengaruhi kelulusan. kalo angkatan2 dulu, ada syarat batas minimum nilai agar siswa diluluskan, sekarang ngga ada batas nilai minimum. walaupun demikian, status kelulusan kamu ditentukan oleh pihak sekolah. jadi kalo nilai UNBK kamu parah banget, ya bisa jadi pihak sekolah mempertimbangkan kelulusan kamu.

  • Rizky Anggita

    terus berusaha untuk memperberat siswa/i

  • Calvin

    Apakah nanti USBN ada essaynya juga seperti US, terus bukannya nilai USBN yg menentukan lulus gk nya setau saya gitu hehe

    • kalo dari pola tahun-tahun lalu, UN itu pilihan ganda semua. nggak ada essay. harusnya sih setelah namanya berubah sekarang ini jadi UNBK dan USBN, tetap PG semua ya.

    • Yusril A

      Saya dari Surabaya dan telah melakukan USBN. USBN terdapat essaynya 5 nomor.

      Oiya bang glen, setauku usbn itu 50% sama uprak dengan nilai minimal nilai mata pelajaran 55 dengan rata-rata semua mata pelajaran 60.

      • Adzila Mastika

        Bukannya usbn serentak ya 20 maret nanti? Kok udah duluan aja :v

  • lolca

    itu link sejarah kenapa eurgava

  • meutia

    bang, maaf oot. saya pernah liat salah satu postingan bang glenn yang isinya (kayanya) email tentang orang2 yang nanya mendingan gap year atau kuliah aja walaupun ga sreg.

    saya boleh minta email bang glenn ga ya? 🙁 mau nanya2, tapi rada ga enak kalo di sini. makasih.

  • Gefy Caesarati

    Bang,bikin materi sama pembahasan usbn,enakan belajar pake zenius.

    • lha itu link yg dikasih itu materi dan pembahasan UN tahun2 lalu. pembahasan usbn ya belum ada, karena baru tahun ini diadakan dengan nama usbn

  • Hikmatul Adhimah

    Ada yang UN nya PBT?

    • Nur Aslinda

      kak ada kisi2 smk unbk dan usbn kak?

      • Hikmatul Adhimah

        Ada

  • Shellyn

    kak, saya mau numpang Tanya niih untuk pelajaran biologi. Di kisi-kisi kan ada topik alur energi dan daur materi pada ekosistem. Boleh minta kode kontennya ga kak? karena sepertinya cuma dikit ada di pembahasan UN tahun tahun sebelumnya

  • shella leviana

    Kak kasih soal baru buat UN SMK dong

  • Reza Fathianto

    Waktu play video sejarah yang demokrasi liberal Indonesia videonya crash mulu (balik ke awal di tengah2) -__-” perangkat: smartphone, chrome ver. terbaru, android Lollipop 5.11, internet stabil… mohon bantuannya soalnya buat selasa…

    • utk masalah teknis, coba kamu konsultasi ke customer service di zenius.net/cs

  • Mau tanya oot dari postingan min, lebih baik fokus belajar buat daftar kedinasan atau SBMPTN? takutnya kalau ngandelin dua duanya malah jatoh

    • menurut gua pribadi sih, kalo belajar sbmptn itu bisa sekalian belajar buat semua jenis tes masuk universitas. karena kebanyakan yg dites di ujian mandiri atau kedinanasan itu juga bagian dari pelajaran yg diujikan di sbmptn

  • Afif Farhan

    Ka saya anak IPA, nanti SBMPTN mau ngambil soshum. tapi bingung sekarang mau belajar buat UASBN & UN atau SBMPTN. Dan kalo belajar SBMPTN waktunya masih keburu gak? Makasih

    • Nevier

      Ga ada yg ngga keburu, kalo ga belajar dari sekarang dan cuma tanya tanya dalam hati “keburu ga ya?” tidak akan berhasil 🙂 kalau bisa mengatur waktu pasti bisa. Coba baca baca artikel artikel di zenius mungkin bisa memotivasi.

  • Abu Dzar

    Kak mau nanya dong, kalo misalnya kita udah pelajarin semua materi UN dan SBMPTN yang baru terus kita mau belajar soal UN atau SBMPTN itu dari soal-soal yang lumayan udah lama banget bisa ga sih ka ? misalnya dari SBMPTN 2009 atau UN 2006 itu masih bisa atau soal sekarang udah di update jadi materi yang lama itu udah ga relevan dengan materi sekarang ?

  • Andi Nurul Fajriana

    Klau pendidikan agama islam kisi2 dan pembahasannya gk ada ya?

  • Hani Anggraini Hutagaol

    Bang glen, mau nanya nih. Kisi2 USBN buat PKN gak ada ya?
    Dan buat kisi2 yang esay dari semua pelajaran gak ada ya?

    • Adde Nanda C.P

      Baruu aja mau nanyain hal yg sama 😀

    • adam

      Iya ni sama pelajaran PKN kira2x ada gak kisin2xnya?

  • dasairyzia

    Kak beneran UNBK ga ngaruh buat SNMPTN? Soalnya kepsek aku baru2 ini bilang kalau nilai UN bakal jadi pertimbangan univ buat nerima peserta. Terus salah satu syarat buat unduh kartu peserta snmptn juga harus masukkin nomor UN. Fungsinya masukkin nomor peserta un buat apa ya kak? mungkin kk tau, thankyouu

  • ahmad gibran

    gimana sih ka cara belajar yg efektif di zenius, soalnya terkadang suka mumet otak terlalu banyak teori yg di terima, tips nya yaa kaa

    • kalo otak lagi mumet, coba istirahat dulu. pastikan sebelum belajar, istirahat/tidur yang cukup. sblm belajar cukup minum. 🙂

  • kenzi lam

    Kak, itu video yang mengatakan snmptn dari rapor saja itu dari UI (saya lihat bendera UI disana). Nah, apakah hal itu berlaku juga di PTN-PTN lain ? Terimakasih kak Glenn

  • Sarah Ridhowani

    Masih agak bingung nih mulai belajar dari mana. Walau msh lama tapi lebih baik dari skrg. Klo di zenius kan materinya ada yg ktsp, k13 sama k13 revisi, kalo kita mau belajar un 2018 dri skrg pelajari dari mana nih???

  • Michael Siregar

    Untuk tahun ini, usbn pkn sama sejarah ada tambahan rangkuman atau materi ga kak? Enak belajar pake zenius soalnyaa

  • Meili_수호

    Bang gapengen bikin video ujian praktik IPA gitu??

  • Dwi Arya Pradana

    Kak, berdasarkan kisi-kisi UN tahun 2017 dan tahun 2018, materi UN Bahasa Indonesia program kelas Bahasa berbeda dengan program kelas IPA dan IPS.

    • Fanny Rofalina

      Halo Dwi,

      Yes benar sekali. Makanya pada tabel di atas, juga ditunjukkan kalo UN Bahasa & Sastra Indonesia untuk SMA jurusan Bahasa beda dengan UN Bahsa Indonesia untuk SMA IPA dan IPS. Perhatikan lagi deh, ada garis pemisahnya di tabel atas.

  • Dwi Arya Pradana

    Saran aja buat teman-teman, SBMPTN memang penting, tapi soal UN masih wajib untuk dilatih soalnya pada beberapa seleksi perguruan tinggi memiliki standar nilai UN untuk lolos, contohnya USM STAN yang nilai rata-rata UN harus 7.0. Seleksi beasiswa luar negeri juga biasanya menggunakan nilai UN.

  • UN biasanya tipe soal nya sama2 terus setiap tahun, semoga dengan diberi kemudahan, nilai2 ku paling bagus se indonesia

    • Fanny Rofalina

      Bagus banget semangat kamu Ahmad. Good luck ya

  • Julius Renhard

    kak, UN Matematika yg Essay itu diisi dengan jawaban hasil akhirnya saja atau ada dibuat proses pengerjaannya?
    contohnya kan saya kerjai tuh soal, dapat hasil akhirnya = 3, apakah saya hanya buat angka tiga itu atau saya buat juga jalan pengerjaannya?

    • Fanny Rofalina

      Hai Julius,

      Siswa cuma diminta untk menulis hasil akhir saja, tidak perlu menulis gimana cara dapatnya

  • Jimmi Ramadhani

    bukannya ada bbrp ptn yang jadiin nilai un sbg indikator penerimaan snmptn ya ka??
    https://ugm.ac.id/id/berita/9000-gunakan.7.kriteria.penilaian.ugm.terima.3316.mahasiswa.baru.jalur.snmptn

  • R. Diah

    Kalau USBN sama tidak soalnya dengan kurikulum K13 dengam Ktsp?

  • Dianra Benedikta Tambunan

    kenapa gak ada soal usbn tahun lalu ka?

  • Muhammad Fadzar Axelle

    Bang kalau zenius itu sudah bekerja sama pihak terkait yang membuat soal? Terus usbn itu hasil nilai nya di random lagi atau pure nilai kita dari usbn nya itu? Tingkatan usbn buat eksakta nya lebih sulit mana dengan unbk mohon penjelasan nya?

  • SIHGI NUR BAETY

    yang susah itu manajemen waktu buat gua pribadi. kadang suka ngelakuin hal yang ga penting banget kaya ngabisin waktu buat stalking orang ampe berjam jam dan nganggep enteng semuanya. sekarang udah di penghujung akhir masa sma dan timbul penyesalan, kenapa si gua gamanfaatin waktu buat belajar/mendalami pelajaran dari kls x dan malah leha leha? gua sempet nyesel juga karena ga lolos snmptn dan sekarang gua harus berjuang untuk sbm yang tinggal menghitung hari. skrg, usbn udah berakhir dan selamat datang untuk un dan sbmptn. semoga dengan zenius gua bisa manfaatin waktu lebih baik dan bisa mengejar ketertinggalan terutama dalam pelajaran matematika:))

    #THENEXTYELLOWJACKET
    #FKMUI2018
    aamiin allahumma aamiin

  • ode

    Kalo ga ikut usbn bsa lulus ga si ?
    Ane paket c ,lg ad mslah ekonomi soalnya

  • Dayat Mansur

    Min, kisi2 SMA bahasa ngga ada yah?