Persiapan Final menghadapi USBN dan UNBK tingkat SMA

Kompilasi tips panduan belajar, latihan soal, dan pembahasan soal-soal tahun lalu dari Ujian Nasional & Ujian Sekolah USBN tingkat SMA.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2017, tapi telah disesuaikan dengan peraturan, jadwal, dan kisi-kisi USBN dan UN SMA 2018 terbaru.

Artikel kali ini gua buat khusus untuk lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA yang akan menempuh Ujian Nasional & Ujian Akhir Sekolah. Oke, buat lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12, tulisan ini wajib hukumnya untuk di-bookmark dan di-share ke semua temen-temen seangkatan lo karena pada artikel ini gua akan membagikan info penting sekaligus bahan materi belajar untuk UN dan USBN, lengkap dengan pembahasan soal-soal dari tahun-tahun lalu.

Nah, sebelum gua ngasih bahan materi belajar, gua mau pastikan dulu lo udah up-to-date tentang mekanisme ujian nasional dan ujian akhir sekolah pada tahun ajaran yang sekarang (2017-2018). Kalo pada tahun ajaran sebelumnya, kakak-kakak angkatan lo punya mekanisme Ujian Nasional seperti ini:

Mekanisme pelaksanaan ujian akhir SMA tahun ajaran 2016-2017

Pada tahun lalu, ada 3 tipe ujian: Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). UN diselenggarakan negara dengan standar nasional, meliputi 4 mata pelajaran yang diklasifikasikan berdasarkan program penjurusan (IPA, IPS, Bahasa) seperti yang bisa lo lihat di atas pada tabel warna biru. Kemudian selain 4 pelajaran tersebut, sekolah setingkat SMA dan sederajat juga menyelenggarakan USBN, di mana komposisi soalnya merupakan racikan para guru tiap sekolah plus soal standardisasi dari pemerintah. Mata pelajaran yang diujikan meliputi Agama, PKN, Sejarah, dan mata pelajaran jurusan sisa yang tidak diikuti pas UN (lihat tabel orange). Selain itu, ada pula US yang diselenggarakan secara independen oleh pihak sekolah dan mengujikan segala mata pelajaran yang belum diujikan di UN maupun USBN (lihat tabel hijau).

 

Mekanisme Ujian Nasional tahun ajaran 2017-2018

Nah, untuk tahun ajaran 2017-2018, mekanisme ujian akhir untuk tingkat SMA dan sederajat berubah lagi. Bedanya gimana nih? Bedanya adalah:

  • Hanya akan ada 2 tipe ujian, yaitu UN dan USBN.
  • Ujian Sekolah (US) dihapus.

Berikut beberapa hal penting yang perlu lo ketahui mengenai pelaksanaan Ujian Nasional (UN):

  • UN mencakup 4 mata pelajaran dengan standardisasi nasional.
  • Khusus untuk UN Matematika, akan ada 10% soal essay.

Sedangkan, ini adalah beberapa poin penting terkait pelaksanaan USBN:

  • USBN akan mengujikan seluruh mata pelajaran, termasuk yang sudah diujikan di UN.
  • 25% soal disiapkan oleh Kemendikbud + 75% disiapkan dari musyawarah guru.
  • 90% pilihan danda + 10% essay.

Untuk lebih mudah lo bayangkan, lo bisa lihat mekanisme UNBK & USBN untuk tahun ajarah 2017-2018 pada tabel di bawah ini:

Oke, udah cukup jelas ya tabelnya?

“Terus itu di tabel UNBK (biru), maksudnya 1 matpel sesuai jurusan itu apa?”

Nah ini maksudnya, kalo jurusan IPA, berarti lo (atau pihak sekolah) bisa memilih untuk menguji pelajaran Biologi, Kimia, atau Fisika. Jurusan IPS, bisa milih antara pelajaran Ekonomi, Geografi, atau Sosiologi. Jurusan Bahasa, bisa pilih antara jurusan Sastra Indonesia, Bahasa Asing, dan Antropologi.

Berdasarkan tabel di atas, lo juga bisa menyimpulkan bahwa untuk semua pelajaran yang masuk ke UN, akan diujikan juga di USBN. Jadi lo akan 2x ujian untuk matpel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan salah satu matpel pilihan jurusan lo.

 

Jadwal USBN dan UNBK SMA 2018

Untuk jadwal pelaksanaan USBN, pemerintah memberikan keleluasaan kepada tiap sekolah. Sekolah diperbolehkan menentukan jadwal USBN sebelum atau setelah UN, dengan mempertimbangkan guru telah menuntaskan kurikulum atau pembelajaran para siswanya. Terlepas sekolah lo melaksanakan USBN sebelum atau sesudah UN, pemerintah memberikan rentang waktu pelaksanaan USBN, yaitu antara 19 Maret – 28 April 2018.

Nah, UNBK sendiri akan dilaksanakan di awal April. Jadwalnya seperti ini:

 

3 Hal Penting seputar Ujian Nasional

Ada 3 hal penting yang perlu lo ketahui terkait UNBK dan USBN tingkat SMA pada tahun ajaran ini:

  1. Ujian Nasional, baik USBN maupun UNBK, TIDAK menjadi indikator kelulusan dari pemerintah. Artinya, keputusan dari kelulusan kalian berada di tangan sekolah masing-masing. Walaupun ga menjadi indikator kelulusan oleh pemerintah, bukan berarti UN diabaikan sepenuhnya ya. Kalo misalnya lo nekat ga ikut UN terus nilainya nol semua, ya bisa aja lu ngga dilulusin karena keputusan dari pihak sekolah.
  2. Secara umum, kisi-kisi soal UN dari pemerintah (SKL) bisa dikatakan SAMA untuk siswa yang menjalani 3 Kurikulum yang berbeda, yaitu Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi. Artinya, soal-soal UN nanti adalah irisan dari materi yang dipelajari dari 3 kurikulum nasional yang berjalan sekarang. Sederhananya, buat lo yang menjalani kurikulum 2013 ga usah pusing belajar materi K13 Revisi atau KTSP, begitu juga yang menjalani KTSP, ga usah pusing belajar dari materi K13 atau K13 revisi. Fokus saja dengan kisi-kisi dan materi yang sudah kalian pelajari selama SMA.
  3. Ujian Nasional, baik USBN dan UNBK tidak menjadi pertimbangan dalam penilaian SNMPTN.

****

Oke, demikianlah info penting seputar Ujian Nasional tahun 2018 ini. Walaupun info ini bersifat nasional, tapi ada baiknya lo crosscheck ke sekolah masing-masing. Karena berdasarkan pengalaman UN tahun-tahun lalu, ada aja beberapa kendala yang membuat sekolah tertentu tidak serentak mengikuti UN sebagaimana yang sudah diatur. Tapi idealnya secara nasional, USBN dan UN akan berjalan sesuai dengan aturan dan jadwal di atas.

 

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMA 2018

Selain soal mekanisme dan jadwal pelaksanaan, gua yakin lo semua juga rada khawatir dengan tipe soal essay yang muncul di UN dan USBN.

“Duh, gimana nih nanti soal essay di USBN dan UN? Soal pilihan ganda aja udah bikin bingung!”

Di sini, gua mau sharing beberapa perspektif ke lo. Pertama, komposisi soal essay di USBN dan UN hanya 10%. Jadi, se-enggak bisanya lo ngerjain soal essay tersebut, lo masih punya peluang ngejar nilai di 90% soal pilihan ganda. Kedua, soal essay di UN dan USBN ga akan menuntut lo untuk menjawab panjang lebar. Soal essay di UN dan USBN hanya meminta lo memberi jawaban isian singkat. Ketiga, kalo dari awal lo belajarnya udah bener, mau bentuk soalnya dijungkirbalikkan kayak apapun, lo ga perlu pusing. Kalo beneran paham dengan materi yang akan diujikan, lo pasti bisa jawab. Intinya, lo ga usah terlalu panik berlebihan menghadapi soal essay di UN Matematika nanti.

Secara umum, kisi-kisi USBN dan UN yang dikeluarkan pemerintah untuk semua mata pelajaran kurang lebih sama. Jadi, ketika lo belajar USBN, lo sekalian belajar buat UN. Begitu juga sebaliknya. Nah, untuk persiapan UN & USBN SMA, gua akan membagi klasifikasinya berdasarkan mata pelajaran. Dalam setiap mata pelajaran, tercantum panduan belajar dan pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Oke langsung aja kita masuk ke referensi belajar masing-masing pelajaran:

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – MATEMATIKA IPA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – MATEMATIKA IPS

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA BAHASA INDONESIA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA BAHASA INGGRIS

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – BIOLOGI

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – KIMIA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – FISIKA

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – SOSIOLOGI

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – GEOGRAFI

 

PERSIAPAN UNBK / USBN SMA – EKONOMI

 

PERSIAPAN USBN SMA – SEJARAH

Oke, pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah nggak pernah mengikutsertakan pelajaran Sejarah pada UN SMA. Jadi Zenius nggak punya dokumentasi soal-soal tahun lalu. Walaupun begitu, gua akan ngasih lo link ke beberapa video pembahasan materi dan latihan yang gua susun berdasarkan kisi-kisi materi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Karena emang sebelumnya ga pernah ada UN Sejarah, jadi jangan heran kalo gua ngasih link ke pembahasan materi SBMPTN Sejarah. Pada intinya, apa yang dibahas konteks sejarah yang sama kok. Berikut adalah link pembahasan materinya:

Beberapa latihan soal yang sesuai dengan SKL USBN dari pemerintah:

****

Nah, demikianlah seluruh referensi dari zenius untuk persiapan UNBK & USBN tingkat SMA 2018. Rasa-rasanya sih referensi di atas yang gue kasih itu bisa dibilang lumayan lengkap untuk jadi patokan lo buat belajar mempersiapkan UNBK & USBN dengan cukup efektif dan tepat sasaran. Okay Guys, semoga kumpulan link di atas bermanfaat buat lo semua, good luck yah ujiannya!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Glenn tentang persiapan Ujian Nasional SMA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional dan juga SBMPTN, zenius sangat merekomendasikan beberapa artikel di bawah ini untuk kamu baca selanjutnya:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.