Banner Artikel Latihan Soal UNBK USBN

Panduan Belajar dan Latihan Soal US dan UNBK SMA 2020 Lengkap dan Gratis!

Kompilasi tips panduan belajar, latihan soal, dan pembahasan soal-soal tahun lalu dari Ujian Nasional & Ujian Sekolah US tingkat SMA.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2017, tapi telah disesuaikan dengan peraturan, jadwal, dan kisi-kisi US dan UN SMA 2020 terbaru.

Artikel kali ini gua buat khusus untuk lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA yang akan menempuh Ujian Nasional & Ujian Akhir Sekolah (sekarang disebut US). Oke, buat lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12, tulisan ini wajib hukumnya untuk di-bookmark dan di-share ke semua temen-temen seangkatan lo karena pada artikel ini gua akan membagikan info penting sekaligus bahan materi belajar untuk UN dan US, lengkap dengan pembahasan soal-soal dari tahun-tahun lalu.

Banner Artikel Latihan Soal UNBK USBN

Mekanisme Ujian Nasional tahun ajaran 2019-2020

Nah, untuk tahun ajaran 2019-2020, mekanisme UN untuk tingkat SMA dan sederajat itu gak terlalu banyak berubah dari tahun sebelumnya. Perubahan yang cukup signifikan terjadi di US. Mulai 2020, US sudah ditiadakan. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyebutkan bahwa pelaksanaan ujian sekolah sepenuhnya diserahkan kepada sekolah dan nama US berganti menjadi Ujian Sekolah (US). Pelaksanaan ujian sekolah diserahkan kepada masing-masing sekolah.

Jadi UN di tahun 2020 akan mirip dengan UN 2019, gitu.

Nah, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu lo ketahui mengenai pelaksanaan Ujian Nasional (UN):

  • UN mencakup 4 mata pelajaran dengan standardisasi nasional.
  • Untuk soal UN Bahasa Inggris, 30% (15 butir) dari soalnya akan berbentuk listening comprehension. Bagi penyandang tuna rungu, soal tersebut akan berbentuk reading. Selain diganti menjadi reading, peserta ujian dari semua ketunaan juga akan mendapatkan waktu tambahan pengerjaan sebanyak 30 menit.
  • Khusus untuk soal UN Matematika, akan ada 10% (5 butir) soal essay.

Untuk lebih mudah lo bayangkan, lo bisa lihat mekanisme UNBK untuk tahun ajarah 2019-2020 pada tabel di bawah ini:

Panduan Belajar dan Latihan Soal US dan UNBK SMA 2020 Lengkap dan Gratis! 17

Oke, udah cukup jelas ya tabelnya?

“Terus itu di tabel UNBK (biru), maksudnya 1 matpel sesuai jurusan itu apa?”

Nah maksudnya tuh kalo lo jurusan IPA, berarti lo (atau pihak sekolah) bisa memilih untuk menguji pelajaran Biologi, Kimia, atau Fisika. Jurusan IPS, bisa milih antara pelajaran Ekonomi, Geografi, atau Sosiologi. Jurusan Bahasa, bisa pilih antara jurusan Sastra Indonesia, Bahasa Asing, dan Antropologi.

Jadwal UNBK SMA 2020

UNBK SMA tahun ini akan berlangsung selama 4 hari mulai dari 30 Maret hingga 2 April 2020. Jadwalnya seperti ini:

Panduan Belajar dan Latihan Soal US dan UNBK SMA 2020 Lengkap dan Gratis! 18

3 Hal Penting seputar Ujian Nasional

Ada 3 hal penting yang perlu lo perhatikan terkait UNBK dan US tingkat SMA:

  1. Ujian Nasional, baik US maupun UNBK, TIDAK menjadi indikator kelulusan dari pemerintah. Artinya, keputusan dari kelulusan kalian berada di tangan sekolah masing-masing. Walaupun ga menjadi indikator kelulusan oleh pemerintah, bukan berarti UN diabaikan sepenuhnya ya. Kalo misalnya lo nekat ga ikut UN terus nilainya nol semua, ya bisa aja lu ngga dilulusin karena keputusan dari pihak sekolah.
  2. Secara umum, kisi-kisi soal UN dari pemerintah (SKL) bisa dikatakan SAMA untuk siswa yang menjalani 3 Kurikulum yang berbeda, yaitu Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi. Artinya, soal-soal UN nanti adalah irisan dari materi yang dipelajari dari 3 kurikulum nasional yang berjalan sekarang. Sederhananya, buat lo yang menjalani kurikulum 2013 ga usah pusing belajar materi K13 Revisi atau KTSP, begitu juga yang menjalani KTSP, ga usah pusing belajar dari materi K13 atau K13 revisi. Fokus saja dengan kisi-kisi dan materi yang sudah kalian pelajari selama SMA.
  3. Ujian Nasional, baik US dan UNBK tidak menjadi pertimbangan dalam penilaian SNMPTN.

****

Oke, demikianlah info penting seputar Ujian Nasional tahun 2019 ini. Walaupun info ini bersifat nasional, tapi ada baiknya lo crosscheck ke sekolah masing-masing. Karena berdasarkan pengalaman UN tahun-tahun lalu, ada aja beberapa kendala yang membuat sekolah tertentu tidak serentak mengikuti UN sebagaimana yang sudah diatur. Tapi idealnya secara nasional, US dan UN akan berjalan sesuai dengan aturan dan jadwal di atas.

PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMA 2020

Selain soal mekanisme dan jadwal pelaksanaan, gua yakin lo semua juga rada khawatir dengan tipe soal baru yang emang sekarang lagi banyak diomongin sama orang-orang. Yep, gua lagi ngomongin tentang soal jenis HOTS yang nanti bakalan muncul di UN dan US.

“Duh, gimana nih nanti soal HOTS di US dan UN? Ulangan biasa aja gue udah pusing :(“

Kalo menurut gua sih lo jangan khawatir. Karena gini, soal jenis HOTS tuh sebenernya udah ada dari dulu kok di dalam soal, cuman emang dari dulu gak pernah disebut-sebut dan diberikan label. Nah, karena sekarang soal jenis HOTS ini bakal ditingkatkan di UN, baru lah akhirnya pemerintah ngasih label ke soal-soal tersebut. Jadi tenang aja, gak usah khawatir karena soal ini tuh pasti udah pernah kalian lihat dan jawab kok.

Nah, kalo lo belum tahu apa itu soal HOTS atau pengen tahu lebih lanjut, gua saranin sih lo baca artikel dari Fanny tentang HOTS, dia ngebahas secara lengkap seputar HOTS di artikel tersebut (Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS).

Selain itu, alasan lain kenapa lo gak perlu khawatir dengan soal HOTS juga adalah karena gini: US dan UN yang dikeluarkan oleh pemerintah itu udah ada kisi-kisinya secara lengkap. Yep, jadi ketika lo belajar, lo gak usah bingung-bingung lagi karena udah ada kisi-kisinya. Selalu inget aja bahwa soalnya tuh gak bakal melenceng dari kisi-kisi, dan selama lo belajar, pasti lo akan bisa menjawab soal-soal tersebut dengan baik.

Nah, untuk persiapan UN & US SMA, gua akan membagi klasifikasinya berdasarkan mata pelajaran. Dalam setiap mata pelajaran, tercantum panduan belajar dan pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Udah ada juga panduan belajar soal HOTS untuk masing-masing mata pelajaran. Oke, langsung aja kita masuk ke referensi belajar masing-masing pelajaran:

PERSIAPAN UNBK / US SMA – MATEMATIKA IPA

PERSIAPAN UNBK / US SMA – MATEMATIKA IPS

PERSIAPAN UNBK / US SMA BAHASA INDONESIA

PERSIAPAN UNBK / US SMA BAHASA INGGRIS

PERSIAPAN UNBK / US SMA – BIOLOGI

PERSIAPAN UNBK / US SMA – KIMIA

PERSIAPAN UNBK / US SMA – FISIKA

PERSIAPAN UNBK / US SMA – SOSIOLOGI

PERSIAPAN UNBK / US SMA – GEOGRAFI

PERSIAPAN UNBK / US SMA – EKONOMI

PERSIAPAN US SMA – SEJARAH

Oke, pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah nggak pernah mengikutsertakan pelajaran Sejarah pada UN SMA. Jadi Zenius nggak punya dokumentasi soal-soal tahun lalu. Walaupun begitu, gua akan ngasih lo link ke beberapa video pembahasan materi dan latihan yang gua susun berdasarkan kisi-kisi materi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Karena emang sebelumnya ga pernah ada UN Sejarah, jadi jangan heran kalo gua ngasih link ke pembahasan materi SBMPTN Sejarah. Pada intinya, apa yang dibahas konteks sejarah yang sama kok. Berikut adalah link pembahasan materinya:

Beberapa latihan soal yang sesuai dengan SKL US dari pemerintah:

Ada juga panduan belajar soal HOTS Sejarah di sini:

****

Nah, lo bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma US/UNBK aja, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS, mulai dari SBMPTN, UTUL UGM, SIMAK UI, dan banyak lagi. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya! Jangan lupa juga buat belajar bareng Zenius App yang bisa nemenin lo belajar di mana aja dan kapan aja. 

Nah, demikianlah seluruh referensi dari zenius untuk persiapan UNBK & US tingkat SMA 2020. Rasa-rasanya sih referensi di atas yang gue kasih itu bisa dibilang lumayan lengkap untuk jadi patokan lo buat belajar mempersiapkan UNBK & US dengan cukup efektif dan tepat sasaran. Okay Guys, semoga kumpulan link di atas bermanfaat buat lo semua, good luck yah ujiannya!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Glenn tentang persiapan Ujian Nasional SMA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional dan juga SBMPTN, zenius sangat merekomendasikan beberapa artikel di bawah ini untuk kamu baca selanjutnya:

Bagikan Artikel Ini!