Trailer UN Sosiologi SMA 2016

Trailer UN Sosiologi SMA 2016

Gak kerasa bentar lagi udah mau UN. Lo udah harus mulai siap-siap dari sekarang. Lo buka artikel ini juga kayaknya dalam rangka siap-siap UN, sih. Gimana nih persiapan UN kalian? Udah mulai rada mantap atau masih bingung mau mulai dari mana?

Nah, pada kesempatan kali ini, gue akan bantu kalian dalam mempersiapkan diri buat UN Sosiologi 2016. Dalam mempersiapkan diri, pertanyaannya biasanya adalah, apa yang harus disiapin? Baca semua buku paket Sosiologi dari awal sampe akhir? Yang ada lo gila. Buanyak banget materinya, bro!

Sebenarnya dulu gue udah pernah nulis tentang tips dan trik belajar Sosiologi yang enak dan efektif di sini:

Tips & Trik Belajar UN Sosiologi

Di situ gue udah jelasin panjang lebar gimana cara belajar Sosiologi yang efektif buat UN. Nah, untuk kali ini, gue akan bantu lo untuk menentukan prioritas belajar karena di artikel ini gue akan lebih banyak membahas Kisi-kisi UN Sosiologi 2016 dan persebaran soal di UN Sosiologi tahun-tahun sebelumnya. Itulah kenapa namanya trailer. Ibarat trailer film, dengan membaca artikel ini, lo bakal tau nanti UN Sosiologi tu isinya apa aja.

Oke deh kita langsung masuk aja ke pembahasannya.

UN-sosiologi

 

Kisi-kisi UN 2016

Khusus UN tahun ini, ada masalah yang unik karena ada dualism kurikulum yang diterapkan di sekolah Indonesia. Jadi ada yang bertanya, soal UN 2016 akan dari KTSP atau K13? Kalo lo udah ngikutin Panduan UN 2016 untuk berbagai mata pelajaran yang udah zenius share sejak awal tahun ini, seharusnya lo udah tau lah ya kalo materi yang bakal keluar di UN 2016 nanti adalah materi irisan KTSP dan K13. Khusus untuk Sosiologi, gak ada masalah karena bab Sosiologi untuk K13 dan KTSP kurang lebih sama. Jadi, belajar dari KTSP atau K13? Sama aja.

kisi sosio

Tabel di atas adalah sepenggal kisi-kisi UN Sosiologi 2016. Aslinya, sebenarnya lebih panjang lagi. Ada pula level kognitif Pengetahuan, Aplikasi dan Penalaran. Lebih lengkapnya, lo bisa lihat sendiri di sini nih. Tapi akhirnya gue Cuma ambil sepenggal tabel di atas karena gue mau ambil bab besarnya. Bab besar pada tabel yang gue penggal, udah cukup meng-cover semua materi yang biasanya masuk di UN Sosiologi. Gue juga ga mau lo terpaku pada level kognitif, karena setelah gue telusuri, ga jauh beda dengan UN tahun sebelumnya.

Nah, Sosiologi SMA itu bisa dibilang terbagi  menjadi 4 bidang besar:

  1. Ilmu Sosiologi
  2. Interaksi sosial dan dampaknya
  3. Masyarakat Multikultural dan Perubahan sosial
  4. Penelitian Sosial

Keempat hal di atas terbagi menjadi bab-bab yang ada (lo liat di tabel rinciannya). Bagian yang paling bikin bingung kayaknya adalah bagian “Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya”. Bagian itu banyak babnya, tapi kok jadi bagiannya sama? Nah, karena sebenernya itu semua adalah dampak dari Interaksi Sosial. Untuk lebih jelasnya, gue saranin lagi lo buat baca panduan lengkap cara belajar UN (dan Sosiologi secara keseluruhan) yang bener, coba lo ke artikel ini

Tips & Trik Belajar UN Sosiologi

 

Persebaran Materi Sosiologi di UN Tahun Sebelumnya

Nah, seperti yang udah gue sebutkan sebelumnya, bab Sosiologi di KTSP dan K13 itu sama aja. Trus, kalo dilihat dari kisi-kisinya, ternyata materi yang keluar sama aja dengan UN tahun-tahun sebelumnya. So, kita bisa menentukan prioritas belajar dengan melihat persebaran soal di UN Sosiologi tahun-tahun sebelumnya.

2015

sosio 2015

2014

sosio 2014

2013

sosio 2013

2012

sosio 2012

2011

sosio 2011

Kumulatif 2011-2015

sosio 2011-2015

Oke, kalo diliat dari grafik di atas, dari UN Sosiologi 2011-2015, materi yang paling banyak muncul adalah Penelitian Sosial. TAPI, materi Penelitian Sosial itu terdiri dari empat bab. Jadi kalo dibagi sebenernya ya bisa dibilang frekuensi kemunculannya kurang lebih sama dengan bab lain. Peringkat kedua bab yang paling sering keluar adalah Masyarakat Multikultural, Perubahan Sosial, dan Lembaga Sosial. Ketiga bab ini sama-sama di peringkat kedua karena jumlah frekuensi kemunculan soalnya kurang lebih sama.

Modernisasi & Globalisasi adalah bab yang paling sedikit keluar, bahkan dua tahun gak keluar (tahun 2011 & 2015). Peringkat kedua bab yang jarang keluar adalah Kelompok Sosial.

 

Menyusun Prioritas Belajar

Jadi apa yang harus lo lakuin untuk persiapan UN nanti berdasarkan grafik persebaran soal di atas? Pertama, lo harus bisa ngatur waktu lo. Diliat dari banyak atau engga soal yang keluar, lo bisa prioritasin tuh. Bab apa yang harus lo ngerti dulu dibanding yang lain.

Urutannya apa berarti? Penelitian Sosial? Bukan. Inget, penelitian sosial itu ada empat bab. Kalo diliat dari persebaran di atas, berarti ya kurang lebih sama aja kaya bab lain. Bab yang harus lo ngerti duluan adalah Masyarakat Multikultural, Perubahan Sosial, dan Lembaga Sosial.

Setelah lo udah ngerti tiga bab itu, lo harus kuasain Nilai dan Norma. Loh, kenapa Nilai dan Norma padahal soal yang keluar sedikit? Inget, bukan hafal istilah yang ada di bab Nilai & Norma, tapi ngerti dari mana datangnya norma, kenapa harus ada norma, yg disebut norma tu apa aja sih dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa? Karena bab Interaksi Sosial, Sosialisasi dan Kepribadian, Penyimpangan Sosial, Pengendalian Sosial, hingga Lembaga Sosial, itu punya huungan sebab dan akibat dari bab Nilai dan Norma. Jadi, kalo lo udah ngerti banget nih nilai norma itu apa, semua bab di atas yang gue sebut tadi pasti bisa jawab.

Kalo udah semua, baru deh jajal bab Penelitian Sosial. Bab ini paling berat karena gak berhubungan sama bab lain. Ini kayak bab sendiri gitu di Sosiologi.

****

Oke deh, gue rasa itu aja yang perlu lo perhatikan dalam mempersiapkan diri buat UN Sosiologi 2016. Sebagai penutup, gue buat kesimpulannya ya.

1. Prioritas

Pelajari bab yang kemungkinan keluarnya lebih banyak dulu.

  1. Masyarakat Multikultural, Perubahan Sosial, dan Lembaga Sosial
  2. Nilai dan Norma
  3. Penelitian Sosial

2. Konsep, bukan sekedar hafal

Kuasai konsep. Sebab, akibat. Kenapa, bagaimana. Terutama bab Nilai dan Norma. Karena inti dari sosiologi adalah nilai dan norma

3. Latihan soal

Coba kerjain soal-soal UN Sosiologi tahun-tahun sebelumnya. Lo bisa temuin koleksi lengkap soal UN Sosiologi di sini:

Itu kesimpulan singkat yang harus lo lakuin. Simpel, kan? Semoga berhasil ngerjain UN Sosiologi 2016!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Pio tentang persiapan UN SMA Sosiologi, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Pio adalah Senior Tutor Sosiologi yang juga berkontribusi sebagai pengisi konten Sosiologi, Ekonomi, Bahasa Inggris, Matematika, dan Geografi di zenius.net . Pio mengambil S1 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

 
Follow Twitter Pio at @padrepijo

  • Alfinsa EP

    Cocok buat gue siswa IPS dan ngambil Soshum di SPMB nanti.
    By the way, diagram di atas berlaku buat pelajaran sosiologi di SPMB gak, atau cuma buat UN aja? Trus, bab masyarakat multikultural masuknya ke kelompok sosial atau integrasi sosial?

    Thanks

  • Rizvan Khan

    yang buat sbmptnya donk... ditunggu ye

  • Dhoola Ivanoov

    yang buat sbmptn gimana bang pio ??

  • Pio

    yang buat sbmptn nanti ya hahah tenang aja pasti gue tulis.

  • arij faiha

    kak kalo bab penelitian sosial itu udah ada videonya belum?

  • Niki Septinandiv

    numpang nanya kak, di zenius net ada materi sosiologi tentang penelitian sosial gx?sebab saya udah cari2 tentang penelitian sosial gx nemu2,klo ada tolong bisa kasih link nya thx

  • Nadya

    Kak, kok yang Sosiologi SBMPTN cuman sedikit ya kak, soal2nya?