Panduan Belajar UN SMA Sosiologi 2018

Artikel ini membahas kisi-kisi UN SMA Sosiologi yang akan membantu menentukan prioritas belajar, lengkap dengan kumpulan latihan soal UN SMA Sosiologi.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Februari 2016 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN Sosiologi 2018 terbaru.

Gak kerasa bentar lagi udah mau UN. Lo udah harus mulai siap-siap dari sekarang. Lo buka artikel ini juga kayaknya dalam rangka siap-siap UN, sih. Gimana nih persiapan UN kalian? Udah mulai rada mantap atau masih bingung mau mulai dari mana?

Nah, pada kesempatan kali ini, gue akan bantu kalian dalam mempersiapkan diri buat UN Sosiologi. Dalam mempersiapkan diri, pertanyaannya biasanya adalah, apa yang harus disiapin? Baca semua buku paket Sosiologi dari awal sampe akhir? Yang ada, lo gila. Buanyak banget materinya, bro!

Sebelum gue masuk ke materi apa aja yang mesti dipersiapkan untuk UN SMA Sosiologi nanti, gue mau ngomongin dikit berbagai stereotype terkait pelajaran Sosiologi di SMA.

"Ah pelajaran Sosiologi gampanglah. Ga perlu belajar banget. Tinggal gue rasa-rasa aja jawabannya ntar."

Eh taunya jelek nilai ulangan/ujian Sosiologi tuh anak. Hahaha. Gue sering banget ngeliat yang kaya gini nih selama ngajar Sosiologi. Banyak anak yang kelewat pede dan ngeremehin Sosiologi. Mereka kira mereka bisa gitu ngerasa-ngerasa aja waktu jawab soal Sosiologi, kayak pelajaran PKN atau Kewarganegaraan pas SD dulu. Salah besar, bro! Sosiologi itu adalah salah satu cabang ilmu. Artinya, Sosiologi itu juga termasuk sains (sosial) yang ada standar dan pakemannya. Jadi engga bisa cuma lo rasa-rasa aja. Lebih jelasnya, gue langsung masuk aja ya ke strategi belajar Sosiologi.

 

Strategi Belajar untuk UN SMA Sosiologi

1. Back to basic

Nah, kalau gue perhatikan, walaupun udah 3 tahun belajar Sosiologi, masih ada aja dari lo yang ga ngerti sebenarnya ilmu Sosiologi itu apa. Untuk lo yang merasa seperti ini, gue saranin tonton dulu video ini deh biar dapet konsep jelas, sebenernya Sosiologi tu ilmu yang mempelajari apa sih? Semua dijelasin di situ. Kalo lo udah dapat pegangannya, ke depannya lo bisa lebih nyerap konsep-kosep yang dipelajari di ilmu ini. Ngga nerawang asal-asalan lagi.

2. Masih menghafal atau udah kuasai konsep?

Kalo lo udah dapet pegangan dasar di ilmu Sosiologi, lo bisa lanjut belajar berbagai bab di Sosiologi. Tapi sayangnya, masih ada yang begini nih:

"Duh, materi di Sosio tuh banyak banget, gimana cara gue ngafalnya?"

Nah, dalam mempersiapkan diri lo buat belajar buat UN nanti dan kalo lo mau sekalian menyicil buat SBMPTN, penting banget bagi lo untuk menguasai, bukan menghafal! Bedanya apa tuh? Langsung aja gue kasih contoh penggunaannya.

jabat tangan

Soal ini keliatannya gampang. Norma apa tuh? Ternyata pertanyaan sesimpel ini masih banyak yang salah. Coba jawab dulu sebelum nerusin baca.

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Jawabannya: kebiasaan

Pasti ada yang jawab cara, kan? Soal kaya gini bisa bikin lo salah kalo lo gak menguasai konsepnya, cuma hafal. Untuk lebih jelasnya, soal ini udah gue bahas di video pembahasan: Soal UN Sosiologi 2014 No 3.

Oke, contoh soal lain:

warga

“Wah, kalo sering kerja sama dengan berbeda SARA, pasti jawabannya menghilangkan Perbedaan Sosial. Karena masyarakatnya jadi bersatu.”

Yakin?

KLIK-DI-SINI-UNTUK-MELIHAT-JAWABANNYA

Salah! Perbedaan Sosial tidak bisa dihilangkan, kecuali dengan genocide atau pembantaian massal. Suatu masyarakat bersatu (integrasi) tidak dengan menghilangkan perbedaan sosial. Mindset bahwa perbedaan sosial berarti perpecahan (buruk) itu adalah salah besar. Kalo lo masih punya mindset begitu, artinya lo masih belom ngerti konsep --apa itu perbedaan sosial.

Soal ini gue bahas di video pembahasan: Soal UN Sosiologi 2014 No 33

Nah gimana? Dari pilihan jawaban lo untuk dua soal di atas bakal keliatan apakah selama ini lo cuma ngafal doang atau beneran menguasai konsepnya. Coba lo kuasai konsep, bukan sekedar hafal istilah. Ini penting banget buat lo bisa jawab soal-soal Sosiologi, ga tebak-tebakan atau terjebak dengan pilihan soal. Kalo lo gak menguasai konsep, lo bakal pede banget jawab soal karena lo ngerasa soalnya gampang, padahal jawaban lo ngaco.

Selain itu, terkadang ada soal UN Sosiologi nggak ada hubungannya sama sekali dengan Sosiologi. Liat ni soal.

kawin

Apa coba?! Ini bukan pertanyaan ilmu pengetahuan. Mungkin sang pembuat soal lagi curhat, atau kebanyakan nonton sinetron. Ini video gue yang  berusaha menjawab “soal” ini: Soal UN Sosiologi 2014 No 19.

3. Membuat mindmap pembagian antarbab di Sosiologi

Nah, ketika lo udah tau pentingnya menguasai konsep daripada sekedar ngafal, trus gimana dong cara belajar pake konsep itu?

Langkah awalnya adalah sebisa mungkin coba lo klasifikasikan bab materi Sosiologi jadi bagian-bagian sendiri di otak lo. Coba lo inget kelas 10 tuh apa aja babnya? Bab 1 apa, bab 2 apa, bab 3 apa.

Materi Sosiologi Kelas 10

Setelah lo bagi gitu, coba inget suatu istilah munculnya di bab apa. Misal: Joint-Venture. Itu apa sih? Intinya dua perusahaan bergabung untuk mencari laba. Nah, istilah ini ada di bab apa? Sebelom lo bagi ke bab, sebenernya joint-venture itu bagian dari apa? Bagian dari salah satu perilaku asosiatif, yaitu kerja sama. Baru dari sini lo tarik lagi ke atas, bab apa sih yang ngomongin perilaku asosiatif?

jv

Contoh lain: Non-etis. Ini istilah apa? Intinya adalah salah satu ciri ilmu pengetahuan yang menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan itu tidak mempermasalahkan baik atau buruk. Istilah ini bagian dari apa? Masuknya ke bab apa?

ne

Lo harus bisa ngebagi gini. Istilah apa bagian dari bab apa. Dengan lo terbiasa memetakan tiap istilah ke bab-bab tertentu, lo bisa lebih cepet memahami dan meraba artinya. Punya mind-map sendiri di kepala lo bakal ngebantu lo banget supaya ga overwhelmed (kelimpungan) dengan materi yang perlu dikuasai.

Nah, masalahnya. Kalo misalnya ada istilah yang masuk ke lebih dari satu bab, gimana hayo? Contohnya: koersi. Jadi gimana bedain babnya kalo kayak gini? Yak, masuk ke poin selanjutnya.

4. Memahami Arti Kata atau Istilah

Arti kata koersi apa sih? Pemaksaan (bukan kekerasan). Istilah "Koersi" ini muncul di bab Pengendalian Sosial dan bab Interaksi Sosial. Kalo dibikin pemetaan babnya, kira-kira jadi seperti ini.

koersi

Ya artinya sama aja, pemaksaan.

  • dalam konteks Akomodasi Konflik (penyelesaian konflik), koersi maksudnya ya konflik selesai karena ada suatu paksaan dari salah satu pihak yang bertikai.
  • dalam konteks Pengendalian Sosial, ya berarti anggota masyarakat dikendalikan secara paksa.

Kalau istilah itu diartikan per kata, jadi gampang.

Contoh lain: Etnosentris. Ini sebenernya kan terdiri dari dua kata, Etno dan Sentris. Etno itu ya "etnis", atau suku. Sentris itu sebenernya center, atau pusat. Jadi etnosentris itu berpusat di suku. Memandang suku sendiri sebagai suku terbaik.

Contoh lagi: XenosentrisXeno adalah bahasa latin yang artinya "asing". Jadi, arti kata Xenosentris adalah berpusat pada asing. Memandang hal asing sebagai hal terbaik --memuja hal-hal di luar budaya sendiri.

 

Kisi-kisi UN SMA Sosiologi 2018

Oke deh, kalo lo udah tau gimana cara belajar Sosiologi yang efektif, baru deh kita bisa ngomongin materi yang bakal keluar di Ujian Nasional nanti.

Mungkin masih ada dari lo yang bingung, soal UN 2018 nanti pake materi KTSP, K13, atau K13 Revisi yah? Yes, sekarang ada 3 kurikulum yang berjalan di pendidikan Indonesia. Tapi santae ae, kalo lo udah ngikutin Panduan Belajar UN SMA 2018 untuk berbagai mata pelajaran yang udah Zenius share sejak awal tahun ini, seharusnya lo udah tau lah ya kalo materi yang bakal keluar di UN 2018 nanti adalah materi irisan KTSP, K13, dan K13 Revisi. Khusus untuk Sosiologi, gak ada masalah karena bab Sosiologi untuk KTSP, K13, dan K13 Revisi kurang lebih sama. Jadi, belajar dari KTSP, K13, K13 Revisi? Sama aja!

Tabel di atas adalah sepenggal kisi-kisi UN Sosiologi 2018. Aslinya, sebenarnya lebih panjang lagi. Ada pula level kognitif Pengetahuan, Aplikasi dan Penalaran. Lebih lengkapnya, lo bisa lihat sendiri di sini nih: KISI-KISI UN GABUNG SMA 2018.

Tapi akhirnya gue cuma ambil sepenggal tabel di atas karena gue mau ambil bab besarnya. Bab besar pada tabel yang gue penggal udah cukup meng-cover semua materi yang biasanya masuk di UN Sosiologi. Gue juga ga mau lo terpaku pada level kognitif, karena setelah gue telusuri, ga jauh beda dengan UN tahun sebelumnya.

Nah, Sosiologi SMA itu bisa dibilang terbagi menjadi 4 bidang besar, yaitu Ilmu SosiologiInteraksi Sosial dan DampaknyaMasyarakat Multikultural dan Perubahan Sosial, dan Penelitian Sosial.

Keempat hal di atas terbagi menjadi bab-bab yang lo bisa liat di tabel rinciannya. Bagian yang paling bikin bingung kayaknya adalah bagian “Kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya”. Bagian itu banyak babnya, tapi kok jadi bagiannya sama? Nah, karena sebenernya itu semua adalah dampak dari Interaksi Sosial. Untuk lebih jelasnya, gue akan jelasin di bagian Strategi Belajar di bawah.

 

Persebaran Materi Sosiologi di UN Tahun Sebelumnya

Nah, seperti yang udah gue sebutkan sebelumnya, bab Sosiologi di KTSP, K13, dan K13 Revisi itu sama aja. Trus, kalo dilihat dari kisi-kisinya, ternyata materi yang keluar juga sama aja dengan UN tahun-tahun sebelumnya. So, kita bisa menentukan prioritas belajar dengan melihat persebaran soal di UN Sosiologi tahun-tahun sebelumnya.

Oke, kalo diliat dari grafik di atas, dari UN Sosiologi 2013-2017, materi yang paling banyak muncul adalah Penelitian Sosial. TAPI, materi Penelitian Sosial itu terdiri dari empat bab. Jadi kalo dibagi, sebenernya ya bisa dibilang
frekuensi kemunculannya kurang lebih sama dengan bab lain. Peringkat kedua bab yang paling sering keluar adalah Struktur sosial, Lembaga Sosial, Interaksi Sosial, dan Perubahan Sosial. Keempat bab ini sama-sama di peringkat kedua karena jumlah frekuensi kemunculan soalnya kurang lebih sama.

Kelompok Sosial dan Penyimpangan Sosial adalah dua bab yang paling jarang keluar lima tahun belakangan. Peringkat kedua bab yang jarang keluar adalah Pengendalian Sosial, Sosiologi, dan Mobilitas Sosial.

Sekarang kalo kita perhatiin pola soal di tahun 2015-2017 lebih spesifik lagi, frekuensi munculnya soal dari bab Modernisasi dan Globalisasi serta Kelompok Sosial cenderung meningkat. Di tahun 2015, materi Modernisasi dan Globalisasi gak muncul sama sekali, tapi di tahun 2017 soal yang muncul dari bab ini justru paling banyak (bahkan lebih dari bab Penelitian Sosial).

Nah, di sini gue juga pengen jelasin bahwa 8 soal dari bab Modernisasi dan Globalisasi yang muncul di soal UN 2017 mencakup 3 soal dari bab tentang Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas. Jadi sebenernya jumlah soal yang bahas tentang Modernisasi dan Globalisasi di UN 2017 ada 5. Ketiga soal tentang Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas gue klasifikasiin ke bab Modernisasi dan Globalisasi karena di kisi-kisi UN 2018 gak ada tentang Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas. Selain itu, Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas dari isi materinya emang merupakan lanjutan pembahasan Modernisasi dan Globalisasi.

 

Menyusun Prioritas Belajar Bab di Sosiologi untuk Ujian Nasional

Jadi apa yang harus lo lakuin untuk persiapan UN nanti berdasarkan grafik persebaran soal di atas? Pertama, lo harus bisa ngatur waktu lo. Diliat dari banyak atau engga soal yang keluar, lo bisa prioritasin tuh. Bab apa yang harus lo ngerti dulu dibanding yang lain.

Urutannya apa berarti? Penelitian Sosial? Bukan! Inget, Penelitian sSsial itu ada empat bab. Kalo diliat dari persebaran di atas, berarti ya kurang lebih sama aja kaya bab lain. Bab yang harus lo ngerti duluan adalah Masyarakat Multikultural, Perubahan Sosial, dan Lembaga Sosial.

Setelah lo udah ngerti tiga bab itu, lo harus kuasain Nilai dan Norma. Loh, kenapa Nilai dan Norma, padahal soal yang keluar sedikit? Inget, bukan cuma hafal istilah yang ada di bab Nilai & Norma, tapi ngerti dari mana datangnya norma, kenapa harus ada norma, yag disebut norma itu apa aja sih dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa? Karena bab Interaksi Sosial, Sosialisasi dan Kepribadian, Penyimpangan Sosial, Pengendalian Sosial, hingga Lembaga Sosial, itu punya hubungan sebab dan akibat dengan bab Nilai dan Norma ini. Jadi, kalo lo udah ngerti banget nih nilai dan norma itu apa, semua bab yang gue sebut di atas tadi pasti bisa lo jawab.

Kalo udah semua, baru deh jajal bab Penelitian Sosial. Bab ini paling berat karena gak berhubungan sama bab lain. Ini kayak bab sendiri gitu di Sosiologi.

****

Oke deh, gue rasa itu aja yang perlu lo perhatikan dalam mempersiapkan diri buat UN Sosiologi. Sebagai penutup, gue buat kesimpulannya ya.

1. Prioritas Belajar Bab Sosiologi untuk Ujian Nasional

Pelajari bab yang kemungkinan keluarnya lebih banyak dulu dan diurutkan berdasarkan prinsip dasar dan keterhubungannya dengan bab lain.

  1. Masyarakat Multikultural, Perubahan Sosial, dan Lembaga Sosial

  2. Nilai dan Norma

  3. Penelitian Sosial

2. Konsep, bukan sekedar hafal

Kuasai konsep. Sebab, akibat. Kenapa, bagaimana. Terutama bab Nilai dan Norma. Karena inti dari ilmu Sosiologi adalah nilai dan norma

3. Latihan soal

Coba kerjain soal-soal UN Sosiologi tahun-tahun sebelumnya. Lo bisa temuin koleksi lengkap soal UN Sosiologi di sini:

Itu kesimpulan singkat yang harus lo lakuin. Simpel, kan? Semoga berhasil ngerjain UN Sosiologi!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Pio tentang persiapan UN SMA Sosiologi, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.

  • Alfinsa EP

    Cocok buat gue siswa IPS dan ngambil Soshum di SPMB nanti.
    By the way, diagram di atas berlaku buat pelajaran sosiologi di SPMB gak, atau cuma buat UN aja? Trus, bab masyarakat multikultural masuknya ke kelompok sosial atau integrasi sosial?

    Thanks

  • Rizvan Khan

    yang buat sbmptnya donk... ditunggu ye

  • Dhoola Ivanoov

    yang buat sbmptn gimana bang pio ??

  • Pio

    yang buat sbmptn nanti ya hahah tenang aja pasti gue tulis.

  • arij faiha

    kak kalo bab penelitian sosial itu udah ada videonya belum?

  • Niki Septinandiv

    numpang nanya kak, di zenius net ada materi sosiologi tentang penelitian sosial gx?sebab saya udah cari2 tentang penelitian sosial gx nemu2,klo ada tolong bisa kasih link nya thx

  • Nadya

    Kak, kok yang Sosiologi SBMPTN cuman sedikit ya kak, soal2nya?

  • Dany Ahmed

    Bang, update donk buat panduan un sosiologi 2017, kisi2nya bikin pusing
    Thank you.

  • salsabila nds

    Halo kak artikel nya sangat membantu. Doain aku bsk unbk sosiologi ☺️. Makasi

  • Eva Kartika

    Kak ada alamat fb atau Instagram ndak