Panduan Belajar UN SMA Ekonomi

Diskon Zenius

Artikel ini akan berbagi tips belajar untuk UN SMA Ekonomi 2019, teermasuk cara menghadapi soal HOTS. Ada pula perbandingan kisi-kisi UN 2019 dengan soal UN Ekonomi tahun-tahun lalu.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Januari 2018 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN SMA Ekonomi 2019 terbaru.

Halo halo.. Gak kerasa ya udah mau UN aja nih. Gimana persiapan lo? Semoga kalian udah mulai belajar ya..

Kali ini gue mau share sedikit info dan juga tips untuk ngebantu lo persiapin diri buat ngadepin UN SMA Ekonomi. Biasanya nih, banyak orang suka salah kaprah:

“Ah, pelajaran ekonomi itu isinya hafalan semua!”

Menurut gue sih itu nggak sepenuhnya bener. Karena kalo lo ngerti konsep dasarnya, lo nggak perlu ngafalin semua hal tentang ekonomi kok. Pastinya ada beberapa hal yang perlu lo hafal, misalnya aja berbagai hukum dan juga beberapa tokoh penting dalam ilmu ekonomi. Tapi kalo untuk rumus, grafik, dan konsep; ini sebaiknya sih lo ngertiin, jangan dihafal, karena pusing juga kan menghafal buta banyak hal tanpa ngerti sama sekali.

Lagi pula, menghafal buta bukanlah strategi yang bisa lo andalkan untuk menjawab soal HOTS. Soal HOTS akan menuntut lo untuk menganalisis maksud soal, bahkan kadang menuntut lo untuk membuat model matematika berdasarkan hukum ekonomi yang bersesuaian. Untuk menyiasati soal seperti ini, kembali lagi, lo butuh ngerti mendalam setiap konsep yang ada di Ekonomi.

Baca lebih lanjut: Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS

Nah sebelum gue masuk ke kisi-kisi yang dikeluarin sama Pemerintah untuk UN 2019 ini, gue mau ngingetin lo kalo ekonomi adalah cabang ilmu sosial yang cukup kompleks. Tapi jangan khawatir, kebanyakan fenomena ekonomi tuh bisa lo liat kok dalam kehidupan sehari-hari di sekitar lo.

Misalnya aja nih, lo pernah nggak sih mau beli tiket konser salah satu penyanyi atau band favorit lo? Pas lo cek harganya sekitar sebulanan sebelum hari H-nya, kok mahal amat ya? Coba deh lo go-show, alias lo dateng langsung ke lokasi konser pas hari H-nya. Terus lo coba cari penjual tiket informal (calo) di sekitar tempat konsernya. Apalagi kalo lo belinya 5 menit setelah konser dimulai. Pasti harganya jauh lebih murah dibanding harga yang lo liat sebulan sebelum konsernya main deh. Kenapa gitu? Ya soalnya tingkat permintaan (demand) untuk tiket konser itu udah turun drastis, sedangkan tingkat penawaran (supply) tiketnya masih ada. Jadi sebenarnya kan di situ ada kelebihan penawaran (excess supply) yang mengakibatkan turunnya tingkat harga. Iya nggak?

Atau misalnya lo mau liburan ke Bali. Lo cek harga tiket pesawat di website salah satu penyedia jasa penerbangan. Penerbangan yang berangkat di hari Jumat sampai dengan Minggu akan lebih mahal dibanding penerbangan di hari Senin sampai dengan Kamis. Kenapa gitu? Ya soalnya kan banyak juga orang yang mau liburan di weekend, misalnya. Apalagi kalo ada libur di hari Jumat atau Senin, alias ada long weekend di minggu itu. Pasti harga tiket pesawat melonjak gila-gilaan, mungkin bisa dua kali lipat harga di hari-hari biasanya. Nah ini kan sebenernya disebabkan oleh kelebihan permintaan (excess demand), padahal tingkat penawaran (supply) dari si penyedia jasa penerbangan itu ya segitu-gitu aja. Alhasil, harga tiket pun melambung setinggi langit.

Jadi jangan khawatir, nggak susah kok belajar ekonomi. Kalo lo udah terbiasa belajar dimulai dari konsepnya terlebih dahulu dan mengaitkannya dengan contoh di kehidupan sehari-hari, belajar ekonomi itu bisa jadi seru!

Kisi-kisi UN SMA Ekonomi 2019

Oke, kalo lo udah mulai bisa mengubah perspektif lo dalam belam belajar ekonomi, sekarang kita liat kisi-kisi yang dikeluarin oleh Pemerintah untuk UN tahun ini.

Nah kalo lo liat kisi-kisi di atas, ada 3 level kognitif tuh ya?

  • Level Pengetahuan dan Pemahaman adalah yang paling gampang. Intinya lo “cuma” perlu ngerti definisi dan bisa ngasih contoh berbagai hal.
  • Level Aplikasi, di mana lo bisa mengartikan dan juga menghitung berbagai konsep dalam ilmu ekonomi.
  • Level Penalaran, di sini lo diharapkan bisa menganalisis dan menyimpulkan isu-isu ekonomi. Nah, level kognitif Penalaran ini yang masuk kategori soal HOTS.

Terus mulai belajarnya dari mana dong?

Kalo menurut gue sih, lo jangan terlalu banyak ngabisin waktu untuk ngeliat topik mana yang mungkin bisa lo kuasain di level Kognitif yang paling gampang aja, terus baru mulai ke topik pada level Penalaran yang paling susah. Soalnya, ilmu ekonomi ini saling berhubungan satu sama lain. Ketika lo belajar suatu topik, pasti membutuhkan pemahaman di topik lain dalam ilmu eknomi. Misalnya aja nih ya, Lo akan sangat sulit pelajarin topik Elastisitas kalo lo nggak ngerti konsep Permintaan dan Penawaran. Hubungannya erat banget!

Jadi menurut gue sih sebaiknya lo mulai belajar dari beberapa konsep dasar, yaitu:

1. Konsep Ilmu Ekonomi

Di sini termasuk juga definsi ilmu ekonomi, berbagai sistem ekonomi, sampe ke Peran Pelaku Ekonomi. Terus lanjut ke Keseimbangan Pasar, yang di dalemnya ada Permintaan dan Penawaran, termasuk juga Elastisitas.

2. Pendapatan Nasional

Di sini lo bakal belajar juga tentang Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi suatu negara, termasuk berbagai Permasalahan yang dihadapi dan Kebijakan yang bisa diambil oleh Pemerintah untuk ngatasin masalah-masalah ekonomi. Nah masalah-masalah ekonomi ini antara lain adalah Inflasi dan Pengangguran, yang bisa diatasi dengan Kebijakan Fiskal dan juga Kebijakan Moneter.

3. Ekonomi Internasional

Nah, di sini lo bakal ketemu sama isu-isu tentang hubungan antar negara dan pastinya dari sisi ekonominya, seperti Perdagangan dan Kerja sama Internasional. Selain itu, lo akan ketemu sama yang namanya Nilai Tukar Mata Uang (Kurs) dan Mata Uang (Valuta) Asing.

4. Akuntansi

Kalo ini, lo bakal belajar tentang berbagai bentuk laporan keuangan dan jurnal pembukuan sebuah perusahaan, baik Perusahaan Dagang maupun Jasa.

Nah, dengan mempelajari empat topik besar di atas, bisa dibilang lo udah nguasain ilmu ekonomi dari kelas X sampe kelas XII tuh. Tapi inget yaaaa… Jangan cuma dihafal aja isu-isunya, tapi dimengerti dalem-dalem konsepnya!

 

Perbandingan Kisi-kisi UN SMA Ekonomi 2019 dengan Soal UN Ekonomi Tahun-tahun Sebelumnya

Sekarang coba kita bandingkan kisi-kisi UN 2019 dengan kisi UN 2018:

Kisi-kisi UN Ekonomi 2018
Kisi-kisi UN Ekonomi 2019
Topik/MateriKisi-kisi UN 2019UN 2017UN 2016UN 2015UN 2014UN 2013
Ilmu Ekonomi dan PermasalahannyaAda24453
Konsep Dasar dalam Perekonomian (Permintaan & Penawaran dan Elastisitas)Ada52223
Manajemen & Badan UsahaAda4225-
Pendapatan NasionalAda22234
Dasar-dasar AkuntansiAda55414
Pembangunan dan Pertumbuhan EkonomiAda-1111
Kebijakan Moneter dan Kebijakan FiskalAda21121
Peran Pelaku Kegiatan EkonomiAda12222
Bank dan Lembaga Keuangan Bukan BankAda111--
KoperasiAda2111-
Akuntansi Perusahaan JasaAda42454
Permasalahan KetenagakerjaanAda11111
Akuntansi Perusahaan DagangAda24665
Sistem dan Alat Pembayaran (Uang)Ada-11-1
Ekonomi InternasionalAda25521
APBN & APBDAda1111-
Perpajakan--1111
Indeks Harga dan InflasiAda12211
Pasar ModalAda111-1

Berdasarkan tabel di atas, hampir semua topik di ilmu ekonomi masuk di kisi-kisi dan bakal keluar pas UN 2019 nanti. Tapi berikut, beberapa perbedaan dari 2018 ke 2019:

Level Kognitif – Pengetahuan dan Pemahaman

  • Konsep Ekonomi: Ada tambahan materi baru, yaitu konsep Pasar Input dan Pasar Output.
  • Akuntansi Perusahaan Jasa: Ada tambahan materi baru, yaitu Jurnal Penutup dan Neraca Saldo Setelah Penutupan.
  • Akuntansi Perusahaan Dagang: Dihapusnya materi karateristik dan konsep perhitungan Pembebanan PPH, seperti Perpetual dan Periodik.

Level Kognitif – Aplikasi 

  • Akuntansi Perusahaan Jasa: Ada tambahan materi baru, yaitu Persamaan Dasar Akuntansi dan Jurnal Penutup

Level Kognitif – Penalaran

  • Konsep Pembangunan: Ada tambahan materi baru, yaitu APBN, APBD dan Fiskal.

Lalu, kalo dibandingkan dengan soal-soal UN tahun sebelumnya:

  • pertanyaan tentang Konsep Dasar Ilmu Ekonomi dari UN tahun 2013 sampe 2017, banyak banget keluarnya!
  • pada UN Ekonomi tahun 2017 juga, banyak pertanyaan tentang Konsep Pasar (Permintaan & Penawaran) dan Manajeman & Badan Usaha.
  • di UN tahun 2015 dan 2016, banyak pertanyaan yang berhubungan sama Ekonomi Internasional, khususnya Perdagangan Internasional.
  • untuk topik-topik Akuntansi, dari tahun ke tahun biasanya soalnya kurang lebih seimbang tuh.

Makanya kembali lagi, kalo lo udah nguasain 4 topik besar yang tadi udah gue sebutin di atas, gue yakin lo nggak akan kesulitan deh ngerjain soal-soal UN Ekonomi 2019 nanti. Lo bisa pelajari satu per satu semua materinya dari awal. Angka kemunculan soal pada tabel perbandingan di atas juga bisa lo pake sebagai panduan seberapa besar porsi belajar yang mesti lo habiskan untuk setiap materi.

Jangan lupa lo latihan juga coba ngerjain soal-soal UN Ekonomi tahun-tahun sebelumnya. Kebetulan di Zenius.net ada semua nih pembahasannya. Link di bawah ini adalah pembahasan UN ekonomi 5 tahun terakhir:

Lo bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma Ekonomi, Zenius juga udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

Segitu aja deh tips dari gue. Semoga UN Ekonomi lo lancar. Good luck ya!?

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Meby tentang persiapan UN SMA Ekonomi 2019, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini