Panduan Belajar Soal HOTS Matematika

Diskon Zenius

Artikel ini membahas soal HOTS Matematika, mulai dari definisinya, strategi belajar menghadapi soal HOTS Matematika, hingga contoh latihan soal HOTS Matematika di UN dan SBMPTN.

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Ivan Alim. Pada kesempatan kali ini, saya mau menjelaskan strategi dalam menjawab soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mata pelajaran matematika. Akhir-akhir ini, soal HOTS sepertinya sudah sering dibicarakan oleh Kemendikbud, Kemristekdikti, guru-guru sekolah, dan siswa-siswi di Indonesia, terutama dalam persiapan Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun, sepertinya kebanyakan dari siswa-siswi di sekolah belum paham apa itu soal HOTS. Nah, di sini saya akan berbagi tentang contoh soal HOTS dan bagimana strategi belajar untuk bisa menjawab soal HOTS, khususnya soal HOTS Matematika. Sebelumnya, mungkin akan membantu jika kamu baca artikel ini terlebih dahulu: Pembahasan Lengkap Seputar Soal HOTS

 

Definisi Soal HOTS Matematika

Nah, kalau di artikel tersebut Fanny sudah menjelaskan soal HOTS secara umum, di sini saya akan jelaskan soal HOTS di matematika ya. Pada dasarnya, soal HOTS adalah soal yang menguji kemampuan bernalar tingkat tinggi, di mana kalian dituntut untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi dari suatu permasalahan yang ada. Supaya kalian bisa membayangkan apa yang saya maksudkan, mari kita sama-sama melihat contoh soal berikut: Soal di atas merupakan contoh soal HOTS tentang Fungsi Kuadrat. Mengapa disebut sebagai soal HOTS? Karena untuk bisa menjawab pertanyaan di atas, kalian harus mampu:

  • menganalisis informasi yang diberikan di soal, yaitu kebun yang berbentuk persegi panjang,
  • mengevaluasi maksud dari permasalahan yang diberikan di soal,
  • menciptakan model matematika yang tepat dari cerita di atas, yaitu sebuah fungsi kuadrat serta menentukan luas maksimum dari kebun tersebut berdasarkan model matematika yang sudah didapat untuk menjawab pertanyaan di atas.

Setelah melihat contoh soal HOTS di atas, sekarang saya ingin memperlihatkan contoh soal Lower Order Thinking Skills (LOTS) atau soal yang menguji kemampuan bernalar tingkat rendah sebagai perbandingan. Mari kita sama-sama perhatikan contoh soal berikut: Soal di atas merupakan contoh soal LOTS yang menguji topik yang sama, yaitu fungsi kuadrat. Mengapa disebut sebagai soal LOTS? Karena pada soal ini, kalian hanya perlu mengingat, memahami, dan menerapkan konsep sederhana di aljabar berupa konsep melengkapkan kuadrat atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Completing the Squareuntuk menjawab pertanyaan di atas. Tidak ada kemampuan analisis informasi, evaluasi maksud soal, dan menciptakan model matematika pada soal LOTS di atas. Asal kalian ingat dan paham konsep melengkapkan kuadrat, kemungkinan besar kalian bisa jawab. Sampai di sini, saya harap kalian sudah mengetahui pengertian dasar dari HOTS dan LOTS serta memahami karakteristik utama dari soal HOTS dan soal LOTS berdasarkan contoh-contoh di atas.

Soal HOTS di UN dan SBMPTN

Setelah melihat contoh soal HOTS di atas, mungkin kalian jadi penasaran mengapa soal HOTS jarang sekali ditemui di berbagai macam ujian seperti UN dan SBMPTN. Untuk ujian seperti UN, sebagian besar soal-soalnya memang cenderung didominasi oleh soal LOTS. Namun, soal HOTS sebenarnya sudah ada di UN tahun sebelumnya walaupun jumlahnya sedikit. Sebagai contoh, kalian bisa melihat soal HOTS tentang statistika di UN SMA 2016 Matematika IPS di bawah ini: Pembahasan soal di atas bisa kalian lihat selengkapnya di sini: Pembahasan Soal UN SMA 2016 Matematika IPS – nomor 33 Sekarang, bagaimana dengan kemunculan soal HOTS pada SBMPTN? Untuk ujian seperti SBMPTN, sebenarnya soal HOTS sudah sering diujikan pada SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Sebagai contoh, kalian bisa melihat soal HOTS tentang Fungsi Kuadrat di SBMPTN 2018 Matematika Dasar Kode Soal 517 di bawah ini: Pembahasan soal di atas bisa kalian lihat selengkapnya di sini: Pembahasan Soal SBMPTN 2018 Matematika Dasar – nomor 15 Setelah melihat beberapa soal HOTS yang diujikan di UN dan SBMPTN seperti contoh di atas, saya harap kalian sudah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai bagaimana bentuk soal HOTS yang akan diujikan di UN dan SBMPTN nanti ya.

Strategi Menghadapi Soal HOTS

Oke, sekarang kalian sudah bisa membayangkan apa dan bagaimana soal HOTS itu untuk mata pelajaran matematika. Sekarang, mari kita susun strategi untuk menghadapi soal HOTS.

1. Selalu kuasai konsep-konsep dasar yang penting

Seperti yang disebutkan di atas, soal HOTS itu adalah soal yang menguji kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi dari suatu permasalahan yang ada. Itu artinya, kalian tidak bisa lagi mengandalkan metode belajar seperti menghafal rumus cepat, menghafal cara mengerjakan soal, dan sejenisnya ketika menghadapi soal HOTS. Kenapa? Karena soal HOTS itu sangat menguji kreativitas kalian dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada. Kreativitas itu hanya bisa tercipta apabila kalian memiliki penguasaan konsep dasar yang kuat sehingga lahirlah ide-ide yang berguna untuk menyelesaikan soal HOTS tersebut. Mungkin di antara kalian masih ada yang bingung atau belum punya gambaran yang jelas tentang apa dan bagaimana cara belajar dengan penguasaan konsep yang benar itu. Supaya kalian kebayang maksud saya seperti apa, mari kita sama-sama mengerjakan suatu contoh soal sebagai berikut: Sebelum saya bahas, coba kalian cari jawabannya terlebih dahulu ya. Oke, sudah dikerjakan? Ketemu jawabannya tidak? Nah, ketika berhadapan dengan soal seperti di atas, hal pertama apa yang langsung terpikirkan oleh kalian? Biasanya, kalian langsung berusaha untuk mencari nilai dari A, B, dan C satu per satu, lalu disubstitusikan ke pertanyaannya, yaitu 65A + 40B + 100C = ⋯ . Iya bukan? Ya, sebenarnya bisa saja kalian selesaikan dengan cara seperti itu. Namun, jawabannya akan menjadi sangat panjang. Terus, adakah cara yang lebih efisien untuk menyelesaikan soal ini? Jawabannya, tentu saja ada. Kalau kalian paham konsep dan jeli dalam manipulasi aljabar, soal di atas bisa diselesaikan dengan cara menjumlahkan ketiga persamaan yang diberikan di soal sehingga kita punya: Sampai di sini, bagaimana cara kita mendapatkan nilai dari yang ditanyakan di soal, yaitu 65A + 40B + 100C? Caranya adalah kita kalikan kedua ruas persamaan  dengan lima untuk mendapatkan: Jadi, nilai dari 65A + 40B + 100C adalah 500. Sederhana sekali kan penyelesaiannya kalau kita paham konsep dan jeli dalam manipulasi aljabar? Jadi, dari soal di atas, kita bisa melihat bahwa kita tidak perlu mencari tahu masing-masing nilai dari A, B, dan C karena kita hanya perlu menjumlahkan ketiga persamaan di atas untuk mencari tahu nilai dari yang ditanyakan di soal, yaitu 65A + 40B + 100C. Jadi, dari soal di atas, keliatan kan kalau kita paham konsep dan jeli dalam manipulasi aljabar, kita bisa menyelesaikan soal dengan efisien dan tidak mudah terjebak. By the way, kalau kalian masih penasaran dengan masing-masing nilai dari A, B, dan C-nya, kalian nanti seharusnya mendapatkan hasil sebagai berikut: Sampai di sini, saya harap sekarang kalian sudah punya gambaran yang jelas mengenai apa dan bagaimana cara belajar dengan penguasaan konsep yang benar itu dan mengapa hal tersebut sangat penting untuk ditekankan.

2. Selalu baca soal dengan hati-hati

Sekilas, ini mungkin kedengarannya klise atau sepele. Namun sebenarnya ini adalah hal yang penting untuk ditekankan. Mengapa? Karena seringkali orang-orang beranggapan bahwa soal HOTS itu sangat sulit untuk diselesaikan. Namun, apabila kalian benar-benar membaca soalnya dengan seksama dan memahami apa yang ditanyakan, kalian bisa lihat bahwa kadang soal HOTS itu sebenarnya simpel dan relatif mudah untuk diselesaikan. Jadi, saran saya, coba kalian biasakan untuk membaca soal minimal sampai tiga kali supaya kalian paham betul apa yang sebenarnya ditanyakan oleh soal serta catat semua informasi-informasi penting yang diberikan oleh soal tersebut. Mungkin saran saya di atas kedengarannya berat untuk diterapkan ketika kalian sedang menghadapi ujian dengan durasi waktu yang sangat singkat. Namun, apabila kalian sudah sering berlatih membaca soal dengan hati-hati ketika sedang mengerjakan soal untuk belajar, seharusnya kalian bisa memahami soal dengan lebih cepat ketika menghadapi ujian yang sebenarnya.

3. Selalu periksa jawaban yang sudah dibuat agar sesuai dengan apa yang ditanyakan di soal

Oke, ini juga mungkin kedengarannya klise atau sepele. Namun, seringkali hal ini sering dilupakan oleh orang-orang ketika mereka telah menyelesaikan suatu soal karena mereka beranggapan bahwa tugas mereka benar-benar sudah selesai. Padahal, bisa jadi jawaban mereka tidak menjawab apa yang sebenarnya ditanyakan di soal karena tidak teliti ketika berusaha menyelesaikan soal tersebut. Akibatnya, mereka malah gagal mendapat point yang seharusnya tidak perlu terjadi andaikan mereka mau meluangkan waktu untuk memeriksa kembali jawaban yang sudah dibuat. Jadi, jangan sampai hal seperti ini terjadi pada kalian ya.

Contoh Latihan Soal HOTS Matematika

Nah, sekarang kalian sudah memahami strategi yang dibutuhkan untuk menghadapi soal HOTS. Sekarang, mari kita coba terapkan strategi tersebut dengan mengerjakan dua contoh latihan soal.

Contoh Latihan Soal HOTS Matematika 1

Nah, ketika melihat soal di atas, mungkin kalian agak terintimidasi dengan angkanya yang ribet. Tapi percayalah, untuk menyelesaikannya, kalian hanya memerlukan pemahaman di konsep aljabar sederhana saja. Jangan terkecoh dengan angkanya yang kurang cantik 🙂 Pada soal ini, kita harus menganalisis pernyataan yang benar untuk menjawab soal di atas. Kalau kita lihat dan pahami setiap pilihan jawaban yang ada, kita bisa lihat bahwa yang sebenarnya ditanyakan di soal ini adalah: “Setelah beberapa tahun, nilai dari mobil tersebut sama dengan berapa sih?” Bagaimana cara menjawab soal ini? Caranya adalah kita harus pahami informasi penting yang diberikan di soal, yaitu mobil tersebut mengalami penurunan nilai sebanyak 5,5% dari harga awalnya pada setiap tahunnya dan mobil tersebut dibeli dengan harga awal $30.000. Kalau begitu, kita bisa bilang bahwa nilai dari mobil tersebut setelah satu tahun, katakanlah V1, adalah: Dengan cara yang sama, nilai dari mobil tersebut setelah dua tahun, katakanlah V2, adalah: Bagaimana dengan nilai dari mobil tersebut setelah tiga tahun, katakanlah V3? Ya, cara mencarinya tetap dengan menerapkan logika yang sama. Sehingga, kita punya:  Berdasarkan pola di atas, ternyata kita mendapatkan suatu pola yang jelas, yaitu: Sehingga, kita bisa bilang bahwa nilai dari mobil tersebut setelah n tahun, yaitu Vn, adalah: Jadi, kita bisa menyimpulkan bahwa setelah n tahun, nilai dari mobil tersebut, yaitu Vn, dapat dinyatakan dalam

Vn = $30.000(0,945)n

Jadi jawabannya (D).

Kalian bisa lihat sendiri, soal HOTS di atas diselesaikan dengan menerapkan pemahaman konsep aljabar dan pangkat sederhana. Tidak ada konsep rumit yang digunakan. Kalau kalian paham konsepnya dan berhati-hati membaca maksudnya, soal HOTS relatif simpel untuk diselesaikan.

Contoh Soal HOTS Matematika 2

Nah, supaya kalian merasa semakin mantap dengan pemahaman strategi yang dijelaskan di atas, mari kita coba mengerjakan satu contoh latihan soal lagi. Nah, ini juga mungkin soalnya terkesan padat dan ribet. Tapi sebenarnya kalian cuma butuh paham konsep aljabar dan rata-rata sederhana saja kok. Pada soal ini, lagi-lagi kita harus menganalisis pernyataan yang benar untuk menjawab soal di atas. Kalau kita lihat dan pahami setiap pilihan jawaban yang ada, kita bisa lihat bahwa yang sebenarnya ditanyakan di soal ini adalah: “Jika diketahui rata-rata dari massa bola berwarna merah dan hijau adalah 2Q kg, maka berapa rata-rata dari massa bola berwarna biru dan kuning?” Bagaimana cara menjawab soal ini? Lagi-lagi, kita harus pahami informasi penting apa saja yang diberikan di soal, yaitu rata-rata dari empat massa bola tersebut adalah 2P kg dan rata-rata dari massa bola berwarna merah dan hijau adalah 2Q kg. Di sini, kita perlu memahami konsep dari rata-rata , yaitu: Selain itu, kita juga perlu membuat model matematika dari persoalan di atas. Pertama-tama, kita perlu membuat pemisalan. Misalkan: Dari kedua informasi yang diberikan di soal, kita bisa membentuk dua buah persamaan, yaitu: Sekarang, kita coba cari rata-rata dari massa bola berwarna biru dan kuning, yaitu . Dari persamaan (1) dan (2), kita punya: Dari hasil di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa jika rata-rata dari massa bola berwarna merah dan hijau adalah 2Q kg, maka rata-rata dari massa bola berwarna biru dan kuning adalah

(4P — 2Q) kg

Jadi jawabannya (A). Lagi-lagi, kalau kalian paham konsepnya dan berhati-hati membaca maksudnya, soal HOTS relatif simpel untuk diselesaikan.

Bahan Latihan Soal HOTS

Sekarang, kalian sudah tahu bagaimana bentuk soal HOTS dan bagaimana cara menghadapinya. Saatnya lengkapi pengetahuan yang saya share di sini dengan latihan soal sebanyak mungkin. Ini saya berikan latihan soal tambahan untuk soal HOTS. Kalian bisa coba kerjakan soal-soalnya di sini:

Oh ya, bukan cuma soal Matematika aja, Zenius juga udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa kalian download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Setiap soalnya juga sudah pasti mengandung soal HOTS. Kalo kalian mau download soalnya, kalian bisa download soalnya GRATIS di zenius.net ya (ada pembahasannya juga lho).

Demikian penjelasan dari saya mengenai strategi dalam menjawab soal HOTS untuk mata pelajaran matematika. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kalian yang berhubungan dengan hal ini. Ingatlah selalu untuk belajar dengan penguasaan konsep yang benar supaya kalian tetap tenang ketika menghadapi soal matematika yang divariasikan seperti apapun. Selamat belajar ya. Be prepared in advance!

—————————CATATAN EDITOR—————————

Jika kamu ingin bertanya lebih lanjut ke Ivan seputar soal HOTS Matematika, silakan post pertanyaan kamu di kolom komentar, ya! Dan jika kamu tertarik untuk mendiskusikan contoh-contoh soal HOTS Matematika di atas, silakan share juga jawaban kamu di kolom komentar.


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini