Panduan Belajar UN SMA Biologi 2019 25

Panduan Belajar UN SMA Biologi 2019

Artikel ini akan membandingkan kisi-kisi UN Biologi 2019 dengan soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya sekaligus memberi panduan belajar per topik sesuai kisi, termasuk soal HOTS.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2017 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN SMA Biologi 2019 terbaru.

Ga terasa sebentar lagi Ujian Nasional SMA 2019 bakal digelar. Pastinya para siswa kelas 12 lagi heboh persiapan belajar buat UN. Semangat deh ya.

Pada kesempatan kali ini, gue akan membantu lo untuk membahas kisi-kisi UN SMA Biologi 2018. Pendidikan Indonesia saat ini berjalan dengan 3 kurikulum, yaitu KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi. Tapi lo ga usah terlalu mengkhawatirkan UN 2019 nanti pake kurikulum apa karena materi yang keluar adalah bab yang dipelajari di ketiga kurikulum. Jadi kita bisa meraba dan mulai persiapan belajar menggunakan pola-pola UN tahun-tahun sebelumnya.

Oke deh, langsung aja yuk kita intip SKL atau kisi-kisi UN SMA Biologi 2019.

Panduan Belajar UN SMA Biologi 2019 26

 

Sejak 2016, kisi-kisi Ujian Nasional ga hanya menampilkan topik-topik yang diujikan, tapi juga menampilkan level kognitifnya (tingkat kesulitan soal). Ada 3 level kognitif yang terdapat di kisi-kisi, yaitu:

  1. Level Pengetahuan dan Pemahaman (paling gampang)
  2. Level Aplikasi
  3. Level Penalaran (paling susah)

Melihat kisi-kisi di atas mungkin lo tergoda untuk mencari topik apa aja yang level soalnya paling gampang sampe paling susah. Tapi kalo lo perhatikan, banyak topik materi yang masuk ke beberapa level kognitif sekaligus. That’s why, daripada lo sibuk hafalin tipe soal atau sibuk nebak-nebak topik dan level kesulitannya, mending lo belajar dengan cara aman dan yang paling bener aja deh, yaitu belajar memahami tiap bab secara konseptual dan menyeluruh. Dengan begitu, lo bisa menguasai topik untuk semua level kognitif, termasuk soal HOTS yang membutuhkan penalaran. Selain itu, dengan mulai belajar memahapi konsep tiap babnya, lo bisa sekaligus nyicil belajar buat SBMPTN yang rata-rata soalnya emang butuh pemahaman konsep dasar yang kuat. Jadi strategi belajar UN lo ga bertentangan dengan strategi belajar SBMPTN dan ujian masuk universitas lainnya yang kemungkinan besar bakal lo hadapi juga.

Panduan Belajar UN SMA Biologi 2019 27

Perbandingan Kisi-kisi UN SMA Biologi 2019 dengan Soal UN Biologi Tahun-tahun Sebelumnya

Berikut perbandingan lebih rinci SKL atau kisi-kisi UN SMA Biologi 2019 dengan UN Biologi tahun-tahun sebelumnya.

[table id=20 /]

Berdasarkan tabel di atas, ada beberapa hal yang bisa kita highlight:

  • Materi “Cabang Ilmu Biologi” ga pernah dan ga akan masuk UN.
  • Materi “Keanekaragaman Hayati” baru muncul di UN 2016, disebut di kisi UN 2017 tapi ternyata ga keluar pas UN 2017 kemarin.
  • Materi “Virus” ga pernah dan ga akan masuk UN.
  • Materi “Ciri-ciri dan Peran Makhluk Hidup” bisa muncul 3-5 soal, tapi ga bisa ditebak Kingdom mana yang bakal ditanyain.
  • Materi “Sistem Organ Manusia” bisa muncul hingga 8 soal, sebaiknya pahami setiap sistem organ yang ada.

Untuk lebih jelasnya, kita akan bedah kisi-kisi UN SMA Biologi 2019 tersebut per topik supaya lo tau apa aja yang mesti disiapkan untuk menghadapi topik tersebut, dilengkapi contoh-contoh soal per topik yang pernah muncul pada UN tahun sebelumnya.

 

BIDANG KEANEKARAGAMAN HAYATI & EKOLOGI

1. Keanekaragaman Hayati

2. Klasifikasi Makhluk Hidup

3. Ciri-ciri Kelompok Makhluk Hidup dan Perannya dalam Kehidupan

Topik ini mengambil porsi 50% lebih materi kelas 10 Biologi SMA. Itu lho.. tentang 5 Kingdom kehidupan (Archaebacteria dan Eubacteria, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia). Topik ini bisa muncul 3-5 soal di UN. Tapi ga bisa ditebak Kingdom mana yang bakal keluar karena polanya selalu berubah di UN tiap tahunnya. Berikut beberapa contoh soal topik ini di UN sebelumnya:

4. Ekologi/Ekosistem

 

BIDANG STRUKTUR & FUNGSI MAKHLUK HIDUP

1. Jaringan Tumbuhan

2. Jaringan Hewan

3. Sistem Organ Manusia

Topik ini mengambil porsi 70% materi kelas 11 Biologi SMA, mulai dari Sistem Gerak sampe Sistem Imunitas. Topik ini pun bisa muncul hingga 8 soal di UN. Jadi ada baiknya lo pelajari semua sistem organ yang ada.

4. Pertumbuhan dan Perkembangan

 

BIDANG BIOMOLEKULAR & BIOTEKNOLOGI

1. Struktur, Fungsi, dan Susunan Kimia Sel

2. Metabolisme Sel

3. Materi Genetik

4. Pembelahan Sel

5. Pola Hereditas

6. Mutasi

7. Evolusi

8. Bioteknologi

****

Lo bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma Biologi, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

Oke deh, semoga bedah tuntas kisi-kisi UN 2019 ini bisa membuat lo siap dan lebih tenang dalam menghadapi UN Biologi 2019 nanti. Semangat ya..

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Fanny tentang persiapan UN SMA Biologi 2019, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Bagikan Artikel Ini!