Bedanya Persiapan UN SMA dengan SBMPTN

Bedanya Persiapan UN SMA dengan SBMPTN

Halo Guys!! Apa kabar nih, UN kalian? Buat yang belum pernah pake zenius, coba kalian perhatiin deh kalo ada yang cengar-cengir ato cengengesan abis keluar dari ruang ujian - coba tanyain doi, jangan-jangan dia udah lama pake zenius, hehe.. Apapun hasilnya UN (harusnya) udah berlalu. Nah di tulisan blog kali ini, sebenernya gua bikin untuk kalian yang udah selesai menempuh UN SMA, tapi buat yang belum beres juga boleh nyimak karena ini penting banget.

Oke, buat kalian yang udah selesain menempuh UN SMA, gua ucapkan SELAMAT! Gua saranin kalian habiskan waktu akhir pekan ini buat melepas penat, maen sama temen-temen kek, pacaran kek, ato tanding maen game, nonton ke mall, pokoknya melakukan sesuatu yang menyenangkan.. So, di zenBLOG kali ini, gua nggak akan bahas dulu hal-hal yang serius buat belajar SBMPTN, tapi lebih ke arah 'petuah' (halah!) ato bacaan ringan sembari kalian renungkan di akhir pekan. Oke?

kc753

Nah, kalo kalian yang ngerasa UN kemaren lumayan susah, berarti kalian nggak boleh terlalu santai buat persiapan belajar SBMPTN, kenapa? Karena untuk lolos SBMPTN itu jauuh lebih sulit daripada cuma sekedar lulus UN. Lho, emang apaan sih bedanya UN sama SBMPTN ?

Oke, pertama-tama kalian harus ngerti dulu tujuan dari sebuah tes ato ujian itu ada dua, yaitu ujian evaluasi dan ujian seleksi. Kalo ujian nasional, itu termasuk ujian evaluasi, artinya tujuan dari ujian ini untuk mengevaluasi atau mengetahui sejauh mana kemampuan kalian dalam penguasaan materi yang seharusnya kalian pahami sebagai lulusan SMA. Jadi semua orang tuh pada dasarnya mendukung penuh kalian untuk bisa lulus UN, baik itu orangtua kalian, guru sekolah kalian, kepala sekolah kalian, temen-temen kalian, bahkan sampe pemerintah pun kepengennya semua siswa kalo bisa lulus UN sampe 100%. Imbasnya kalian dipermudah banget oleh semua pihak supaya bisa lulus UN. Makanya, pemerintah sampe nerbitin SKL (kisi-kisi bahan UN), sekolah kalian mungkin ngadain tambahan khusus, guru sekolah kalian mungkin jadi sering banget ngebahas soal UN tahun-tahun sebelumnya.

Nah, semua 'kemudahan' itu nggak akan kalian dapetin lagi buat kalian yang mau menempuh SBMPTN atau Ujian Mandiri dari beberapa universitas keren impian kalian. Kenapa? Karena pada dasarnya bentuk ujian SBMPTN dan Ujian Mandiri itu bukan lagi bersifat ujian evaluasi, melainkan ujian seleksi. Artinya nih, kalian semua adalah kandidat yang akan diseleksi atau disaring siapa yang layak atau belum layak buat masuk universitas tertentu. Intinya sekarang ada kondisi baru yang akan kalian hadapi, yaitu kompetisi atau persaingan. Tapi jangan takut duluan, karena mau gak mau dalam hidup kalian nanti ke depannya, akan ada banyak bentuk kompetisi yang harus kalian hadapi. So coba jadiin ini justru jadi tantangan yang memicu motivasi kalian untuk bisa bersaing secara sehat, itung-itung menempa kualitas diri kalian masing-masing untuk bisa bersaing dengan ribuan siswa lain dari seluruh Indonesia.

Sebagai gambaran aja yah, untuk persentase tingkat kelulusan UN SMA tahun 2014 yang lalu itu 99,52% sedangkan tingkat kelulusan UN SMK tahun 2014 itu sebesar 99,9%! Sementara untuk dua tahun lalu, tingkat kelulusan UN tahun 2013 2 tahun lalu itu 99,48% sedangkan untuk SMK mencapai 99,95%. Wah tinggi banget, kan? Coba kalo dibandingkan dengan tingkat kelulusan SBMPTN gimana coba? Pada seleksi SBMPTN 2014 yang lalu, cuma 104.862 peserta doang yang lolos dari total 664.509 peserta, artinya cuma sekitar 15,78% peserta  yang lolos SBMPTN 2014! Sementara untuk tahun 2013, dari total 585.789 peserta ujian, jumlah yang lolos itu cuman 109.853 peserta doang. Artinya tahun 2013 jumlah peserta SBMPTN yang lolos cuma 18,75%. Itu masih dihitung secara merata loh, belum lagi kalo dihitung berdasarkan jurusan dan universitas favorit, bisa jadi persentase kelolosan di sekitar 3%--5%!

Moga-moga sekilas fakta di atas bisa jadi gambaran buat lo untuk nyadar kalo level kesulitan soal untuk SBMPTN itu jauh di atas level kesulitan soal UN SMA. Komposisi soal dalam tes seleksi yang pastinya dibuat lebih sulit karena tujuannya untuk menyaring mana kandidat yang paling pantas untuk bisa berkuliah di level universitas tertentu. Nah, sekarang coba kalian bayangin kalo kalian jadi rektor PTN yang udah beken, tahun ini peminat yang mau masuk kuliah ada  20.000 kandidat, tapi bangku/kursi yang tersedia untuk calon mahasiswa angkatan baru cuma 2.000 kursi, berarti terpaksa kamu harus membuat soal yang bisa menyaring 2.000 orang terbaik diantara 20.000 peminat kan? Sekarang kalo kalian jadi rektor nih, mahasiswa seperti apa sih yang kalian inginkan atau pantas buat masuk kampus kalian?

BmZMZXKCEAEjlXz

Kalo dugaan kita di zenius team sih, kemungkinan besar sih faktor-faktor yang jadi penilaian kampus-kampus berkualitas itu nggak cuma sebatas ngukur kemampuan akademis doank, tapi ada faktor-faktor lain yang jadi bahan pertimbangan seperti cara berpikir yang logis dan rasional, memiliki tingkat analisa yang tinggi, bisa memahami masalah, berpikir secara runut dan terstruktur, punya kreativitas yang tinggi, berwawasan luas, dll..

Nah, sekarang tipe soal semacam apa sih yang bisa mengukur cara berpikir yang rasional, kreatif, dan memiliki daya analisa yang baik? Pastinya bukan tipe soal yang bisa dijawab karena hafalin rumus ato pake cara-cara cepet. Percaya deh, kalo kalian masih ngandelin jalan pintas kayak gitu, gak akan mempan untuk di level universitas! Oke terus jadi jenis soal seperti apa yang diujikan?

Untuk komposisi soal, emang SBMPTN itu dibedakan untuk jurusan IPA dan IPS. Tapi baik jurusan IPA maupun IPS, kalian akan tetep diuji untuk mata pelajaran Matematika dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dan juga TPA. Sedangkan selebihnya, kamu menjalani test yang tergantung dengan jurusan yang akan kamu pilih.

Buat yang belum tau, TPA itu adalah Tes Potensi Akademik atau disebut juga TBS (Tes Bakat Skolastik). Intinya TPA itu terdiri dari 4 jenis kemampuan yaitu:

1. Verbal (sinonim, antonim, dan relasi verbal)
2. Penalaran Matematis (artimatika, geometri, perhitungan skala)
3. Analisa Pola ( pola barisan dan pola gambar )
4. Logika ( logika analitik, logika proporsi, dan diagram venn)

Okay, sekarang untuk pembagian kategori soal ujian, yang pertama kalian semua (baik pemilihan program studi kategori Saintek atau Soshum) akan sama-sama berhadapan dengan tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA), yang soal-soalnya terdiri dari:

Untuk program studi Saintek (IPA), seperti jurusan kodekteran, teknik, mipa, dkk. Maka mata pelajaran yang diujikan adalah:

Untuk program studi Soshum (IPS), seperti jurusan ekonomi, psikologi, hubungan internasional, hukum, dkk mata pelajaran yang diujikan adalah:

Nah, lagi-lagi nih.. buat kalian yang udah tau zenius, kalian udah enak banget karena di zenius.net kita udah sediain kumpulan teori yang penting banget buat kamu kuasai untuk bisa paham konsep dasar dari semua mata pelajaran di atas. Kalian tinggal coba klik aja nama mata pelajaran yang gua tulis di atas, nanti akan langsung kita arahin ke video pembahasan materi SBMPTN lengkap, untuk masing-masing mata pelajaran tsb.

kc3gi
Abis itu, kamu juga bisa dapet video pembelajaran yang berisi teori lengkap dari seluruh mata pelajaran yang jadi bahan soal SBMPTN. Asiknya lagi disini kamu juga bisa dapetin Kumpulan soal SNMPTN super komplit dari jaman SPMB 2002 sampai dengan SNMPTN 2014 lengkap beserta dengan video pembahasannya!

Selain itu, kamu juga bisa download semua soal lengkap UMPTN, SPMB, SIMAK UI, USM ITB sampai soal-soal kapita selekta. Kapita salekta adalah pilihan-pilihan soal yang dibuat supaya kamu makin ngerti konsep dasarnya dan nggak cuma menghafal pola soal. Di zenius.net, kamu juga bisa liat kompilasi video tips belajar efektif, penjabaran masalah-masalah klise dalam belajar dan solusinya, serta sharing dari kita tentang kisah-kisah sukses murid-murid zenius yang uda berhasil tembus universitas pilihannya. Jadinya kamu bisa tau lebih dalem dan detail rahasia sukses kakak-kakak angkatan kalian yang udah ngalamin langsung gimana rasanya menempuh SBMPTN.

Oke deh, sekian dulu petuahnya. Sekarang selamat menikmati weekend kalian dengan maen sepuasnya! Abis itu, kalian persiapin pertarungan terakhir buat bisa kuliah di universitas impian kalian, Oke?

Oya, btw kalo kalian ada yang mau curcol dan mau sharing ke kita gimana perjuangan kalian dalam menempuh UN, ato mau kasih testimonial buat yang udah nyoba pake zenius jangan malu-malu buat comment di bawah ya. 🙂

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Bang, gue coba ngerjain USM.nya STIS dah pusing banget baru liat soal.nya . .
    gimana nih . .? padahal tesnya tgl 4 mei . . tinggal 2 minggu lagi . .

    • Ah masa? gue sempet liat soal USM STIS thn 2011 tuh gampang banget kok !
      Biasanya STIS itu testnya dibagi jadi materi akademis dan pengetahuan umum. Materi akademis yang dibahas biasanya seputar ekonomi, pkn, sosiologi, dan komputer..

      Oya, selain itu kamu juga harus jaga kesehatan soalnya ada tes kesehatan juga lho 🙂

      • @glenn_ardi:disqus Bang, sekali-kali bahas soal PTK dong 😀

  • Kenapa sih ditahun 2013 semuanya serumit ini?? -_-

  • Saya ingin ngerti banget matematika.. Harus dari mana saya memulai dan apa saja materi yg harus saya perdalam untuk menempuh SBMPTN dan bahkan untuk test2 lain exp:STIS, AMG, dll ?? Tolong dibales ya 😀

  • Chipmunk

    Yuk deh discuss 🙂

  • Chipmunk

    Coba gue bantu jawab ya, utk ngerti math lo mulai dulu dr basic skills bagian mathnya dan jgn lupa kuasain "postulat" sabdanya itu hehe, abis itu baru deh step by step kuasain konsep2nya kyk bikin anak tangga aja. Karna materi math itu ada hubungannya 1 sm lain kok (berkaitan) haha. Kudu hardwork emg, gabisa instan. Goodluck ya

  • kak, yang efektif itu sehari belajar berapa jam ya? apalagi untuk materi sbmptn yang banyak dan cukup rumit ini 🙂

    • Halo Andari.
      sebenarnya efektifnya belajar setiap hari itu tergantung sama 2 hal, yang pertama daya konsentrasi kamu, yang kedua kesiapan kamu saat ini dengan hari H SBMPTN. Kalo gua pribadi dulu sih belajar sehari ya putus nyambung sama makan, mandi, dlsb.. bisa kurang lebih 4-5 jam.. tapi harus rutin dan konsisten yah !

      • Chipmunk

        Haha mas Glenn bener bgt tuh. Belajar gausah terlalu diforsir, asal rutin dan kualitas dr bljrnya oke (ga cuma ngafal tp pahamin) gua rasa bgs2 aja.

      • Anjellyna Rgg

        Bg, apa sih beda ny soal2 b.ing di USM STAN dgn STIS .. Trus klo di STIS itu kan juga ada pengetahuan2 umum gitu, aku kurang nya di situ... -,- sprti komputer gitu dll.

  • Brahma

    setelah tau UN tahun ini kacau balau, saya jadi menyesal karna dari awal semester 2 saya fokusnya ke UN bukan ke SBMPTN, apakah dengan waktu yang tersisa (sekitar 1-2 bulan) ini sempat untuk mengejar materi2 SBMPTN? kalau bisa caranya bagaimana? tolong tipsnya, terimakasih banyak.

    • Chipmunk

      Lo ipa/ips btw? Gausah mikir hasil, yg penting prosesnya. Seberapapun waktu, walaupun 2 bulan asal lo serius & disiplin insyaAllah bisa. Yg penting ada kemauan dr lo. Yg pasti juga akan menyita wkt lebih bnyk bro
      Keywords: Serius & Disiplin.
      Goodluck masbro

      • Brahma

        saya dari jurusan ipa. tapi yang saya khawatirkan ialah materi MIPA yg super banyak dan belum lagi belajar untuk TPA-nya, bagaimana mengefisiensikan waktu? terimakasih.

        • Halo Brahma, menurut gue nih.. lu ga perlu terlalu bingung waktunya cukup atau nggak, soalnya emang waktu itu ga bisa ditambah dan mau gak mau emang cuma segitu waktu yang tersisa. Sekarang yang perlu jadi pikiran kamu adalah, gimana caranya memanfaatkan waktu yang tersisa jadi optimal.

          Kalo kamu serius dan konsisten, waktu yang tersisa ini bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin

          Untuk TPA / TBS kamu ga perlu khawatir, kamu bisa review seluruh teori dan latihan soal utk ngerjain soal TPA disini
          http://www.zenius.net/cg/82/basic-skills-dan-tpa

          Sedangkan untuk mata pelajaran MIPA, kamu bisa banyak latihan di zenius.net kok, disini materinya udah super lengkap banget deh
          http://www.zenius.net/cg/45/persiapan-sbmptn-snmptn-simak-ui-ujian-mandiri

  • @nickygumgum

    zeniuz nyediain tempat pembelajaran di mana ae gan?

    • Guest

      1. Kamu bisa belajar online dari video pembelajaran zenius di zenius.net

      2. Kalo mau belajar offline, kamu juga bisa belajar pake CD Multimedia zenius

      3. Kalo kamu mau belajar online + offline, berarti cocoknya sama paket zenius Xpedia 2.0

      4. Terakhir kalo kamu mau belajar langsung sama tutor-tutor zenius, kalian bisa ke zenius-X

      selengkapnya kamu bisa baca di tulisan blog sebelumnya
      http://www.zenius.net/blog/859/semua-tentang-produk-zenius-gimana-cara-dapetinnya

  • Ardy Suoth

    gan klatanya ada yg keliru dari soal yang satu ini..
    http://www.zenius.net/c/2442/un-sma-ekonomi-2012-a87
    soalnya gw baca dari bberapa buku ada yg berbeda..
    terima kasih... 😀

    • bisa tolong kamu beritau lebih detail soal nomor berapa / video nomer berapa? Nanti kita cek disini

  • nickygumgum

    saya mau beljar alias mau ikutan bimbel bwat SBMPTN,, zenius ada gak tempat bimbelnya di surabaya?

  • gimana caranya kak biar efektif cara belajarnya buat ipc? soalnya saya ngerasa materi ips beda banget sama materi ipa hehehe bisa ga ya kekejar selama 1-2bulan ini

    • Halo Nad, menurut gue sih masalah kekejar ato gak, gak usah dipikirin.. sekarang manfaatin aja waktu yang tersisa buat bisa dioptimalkan. Materi IPS itu sbenernya gampang kok kalo kamu udah ngerti prinsipnya. 🙂

  • cerberus

    dengan waktu yang cuman kurang dari 2 bulan lagi, cukup ga sih belajar dari zenius doang? apa materi yang di zenius udah cukup banget (khususnya materi IPSnya)? soalnya gw sama sekali ga bimbel, persiapan masih nol besar plus gw niatnya dari IPA pengen ujiannya IPS otomatis materi di kepala gw masih kosong. mana kata temen gw yang bimbel kls IPA harus ngambil IPC lah. gw pengennya cuman IPS soalnya kalo 2 bulan belajar IPA+IPS pasti ga kekejar 🙁

    • Kalo dari pengalaman murid-murid zenius sebelumnya sih kalo dari IPA cenderung lebih mudah utk mengejar materi IPS. Untuk di zenius.net sendiri materi IPS yang diberikan udah lengkap banget dibahas secara detail dan mendalam utk setiap bab + latihan soal yang byk bgt utk standar soal SBMPTN.

  • annisa maya

    kak kalo dr ipa ikut ipc berarti nilai yg lebih di liat ipanya atau ipsnya?

    • Halo Annisa, sbenernya itu tergantung jurusan apa yang kamu pilih. Kalo kamu ambil kedokteran ya pastinya nilai IPA kamu akan lebih dilihat dibandingkan IPS, sebaliknya kalo kamu pilihan keduanya Ekonomi, utk lolos nilai IPS kamu yang lebih diperhitungkan

  • sean

    kak saya kan dari IPA,tpi ad keinginan masuk jurusan IPS gitu,lbih baik IPS murni ato IPC y ?
    trs untuk ujian mandiri itu materi yang diujikan apakah sama dengan SBMPTN ?
    thanks b4

    • Sebenernya ngambil IPS murni ato IPC itu tergantung pilihan jurusan yang kamu minati sih.. kalo di salah satu pilihan kamu di jurusan yang IPA, ya mau gak mau kamu harus ambil IPC. Kalo semua pilihan jurusannya IPS ya berarti kamu cuma ambil tes jurusan IPS doank.

      Untuk ujian mandiri sebenernya tergantung ujian mandiri universitas apa dulu sih, setiap universitas kan punya kategorisasi masing-masing calon mahasiswa seperti apa yang diinginkan, jadi ujian mandirinya pun bisa beda-beda. Tapi kalo kamu mau coba SIMAK UI, di zenius.net ada banyak banget kumpulan soal SIMAK dari tahun-tahun lalu yang bisa kamu pelajari.

      • sean

        oh okok deh kak thank banget hehe
        kalo UM UGM kak ?:D

  • Darling

    Halo kak, sebenarnya soal sbmptn kali ini sm soal2 snmptn tahun ini materinya satu sm lain dibedakan atau materinya sama dr tahun ke tahun cuman dlm varian berbeda? Kan paketnya banyak bgt tuh ya... Terutama matdas sm soshum.

    • Glenn Ardi

      Halo Darling 😉

      Kita sih sebenernya gak bisa jamin gimana pola soal di SBMPTN, cuma emang kalo diliat dari tahun ke tahun.. Emang materi yang ditanyakan relatif sama. Cuma karena tingkat kesulitannya lumayan tinggi, jadi kadang terkesan materi tiap tahun beda-beda..

  • gunarta

    Min, zenius ini pembelajaran bentuk gimana ? Dari kaset ? Buku ? Atau apa ?
    Cara pembeliannya juga gimana ?

  • Nengsih Pasaribu

    halo kak bdw punya bentuk2 soal um-undip gak ?

  • Nabila Octalia

    Sebenernya saya masih bingung, untuk SBMPTN belajar yang pas itu gimana. Udah beli banyak banget buku, pas diliat...... lupa semua cara jawabnya gimana. Belajar lagi dari masing-masing bab..... eng..... banyak (banget) dan seringnya masih jauh dibawah dari soal-soal SBMPTN, menurut kakak gimaan sih cara belajar dan nyicil untuk SBMPTN yang bagus?

  • del

    menurut kakak gimana cara belajar dan nyicil untuk SBMPTN yang bagus?

  • Qoritia

    Hallo kak...
    Kak Sayakan jurusan di SMAnya progam IPA nih..nah pas nanti ikutan sbmptn, saya ngambil test yang IPC, soalnya jurusan yang saya minati ada di program ips,,, kak di zenius ada pembahasan khusus sbmptn buat program ipc nggk? atau saya harus menguasai konsep" soal sbmptn ipa dan ips....

  • Online!

    gmn dong kak aku mau banget masuk itn cu,a yang ada cuma takut aja giut. mau sih usaha mau banget tp kadang kalo ngerjain 1 bab aja bisa sampe 3 jem an gitu jd akan lama banget buat kelarinnyaa

  • Kheril Avi

    min,saya frustasi ikut sbmptn
    gimana caranya tembus di ptn favorit
    dan gimana cara berpikir cepat tentang soal-soal?

  • Yanto

    Kakak.. artikel di zenius.net keren2 & bagus2.. bolehkah saya share di blog? (Tentunya dgn menyertakan alamat nya). Terima kasih

    • Glenn Ardi

      Boleh, tapi jangan kopas sama persis yah. Coba kamu bikin pake kata-kata kamu sendiri, terus nanti kasih referral ke artikel blog zenius yang terkait dengan tulisan kamu itu

  • Marcellina Anggreani Leksono

    kak kalo univ swasta apa kayak gini jg??

  • Ivlen

    bang, mau tanya nih, klo mau masuk FKUI, apa aja nilai yg perlu di tingkatkan? trus brapa soal minimal yg betul? mkasih bang.

  • Amalia Yolanda

    kak minta soal sbmptn th 2014 juga ya. trimakasih

  • Yoel William George

    Permisi Bang, gue mau nanya kalo jurusan Agribisnis termasuk IPA atau IPC ???

  • mia novianthree

    kak low belajar yang baik, kalo sudah ngantuk mending cari solusi biar seger, apa mending di tidurin aja sih,?

  • kak belajar yang baik itu kalo udah ngantuk, kita cari cara biar seger lagi, apa kita tiduri aja sih ka ?

  • Sarah Lasroma Manalu

    menurut abang kalo pola belajar aku tuh dimalam hari dan melihat contoh cara mengerjakan soal dan mengukang2nya sampe begadang udh bener blm?soalnya ada masukan jgn terlalu maksain kaya gt.jadi cara blajar aku hrs gmn yah?

  • Hafizh A Permana

    Ka memang materi yang ada pada sbmptn dengan un beda ya? Soalnya aku sempat berpikir kalau belajarnya itu sama aja, kita mempelajari materi cuma beda nya di level soal aja. Kalo emang materinya beda apa aja tuh ka yang beda?(bukan di TPA tapi materi per bab. Kalo TPA jelas lah) Oh iya bedanya matematika ipa dan dasar apa sih ka? Perasaan hampir sama, ga bisa bedain.

  • Ade Wahyudi

    Salam olahraga ??

    dia mah gitu orangnya :v

  • HM

    hello om zen yang laen? eh mau tanya dong? saya kelas 11 rencana mau sbmptn 2016.. nah saya udah bimbel di zenius, persiapan buat sbmptn 2016 nanti, menurut om zen gmn thd perjuanganku?

    apakah saya dapat lulus ITB??? saya optimis bisa 🙂

    • Mulya Noval N.

      Bantu jawab ya
      ------
      Mksd pertanyaan kamu gmn nih? Sbnrnya wajar sih minta penilaian org lain. Tapi kalo 'saya bisa lulus ngga?' itu pertanyaan yg shrsnya kita jawab sendiri, krn kita yg pny kemampuan. Lagipula kamu kan udh bimbel di zenius, bukannya bisa konsultasi sama tutor2nya?

      • HM

        maksudnya gini, kan buat persiapan sbmptn itu kata kak sabda harus dipelajari 5-8 bulan sebelum hari H, nah saya angkatan 2016, saya udah mempelajarinya dari sekarang, apakah usaha saya udah tepat? :).. om zen, emangnya kalau bimbel di zenius lewat online bisa konsultasi sama tutornya?

        • Mulya Noval N.

          zzz kiran bimbel beneran di zenius-x. itu mah belajar mandiri -_-

          • yudhis

            wkwkwkw , bantu ngakaks

  • Cut Alna Fadhilla TA

    Bg pernah tau soal PBSB gak ?

  • Amirr Biqhi

    ko soal soalnya gx bisa di download sih

  • Fadur Zaki

    jadi kalo tes sbmptn untuk ptn yang berbeda bisa gak tes nya di lakuin di kota asal?

  • abdul aziz

    bang, mungkin ini mewakili pertanyaan gue dan temen temen gue, bisa ngga sih kita nanya soal ke zenius.net, atau lewat online gitu

  • Dewi Fortuna

    Kalo sy nanya skrg gpp kan ka..................... 🙂
    Sy pngen bgt jago kimia, bio, sama fisika. Gmn carany y,sy pngen tes mandiri kak, tnggal kurang dr 1 bulan lagi 🙁

  • Tia Muthiarawaty

    Masih bingung banget tentang SBMPTN, aku mau di sastra jepang. Jenis SBMPTN nya apa ya:((

  • sriee maulani

    apa yang harus di siapin saya belum UN tapi saya juga udh mikirin gimana caranya supaya masuk kampus impian saya?? tolong solusinya

  • JAR

    Kak kalo UN gue jelek, apakah bisa lolos SBMPTN? dengan asumsi bahwa materi UN adalah materi dasar, sedangkan SBMPTN levelnya diatas UN. Atau, jangan gue bandingin UN sama SBMPTN karena both of them ada pada bidang yang berbeda? pencerahannya bang... galau.

  • Ardan

    makasih banget yg punya blog ini, bermanfaat sekali. semoga ente masuk surga karna bisa berbagi ilmu dengan yg lain walau tidak saling kenal 🙂

  • Lisa Ttanlis

    Ini kalo misal aku nyiapin lebih khusus buat SBMPTN dibanding UN bahaya gak ya?

  • Ahmad Raihan

    Bang glen mau nanya kalau un berpengaruh sama snmptn gak?