Aturan Lengkap & Info Penting seputar SBMPTN 2017

Aturan Lengkap & Info Penting seputar SBMPTN 2017

(Artikel ini ditulis Januari 2016 dan telah disesuaikan dengan aturan SBMPTN 2017 terbaru)

Selamat Tahun Baru 2017! Ga kerasa ya liburan 2 minggu cepet banget berakhir. Dimulai dengan film Home Alone yang tayang di TV tiap liburan dan Natal dan diakhiri dengan pesta kembang api yang menjadi penutup tahun. Kini, semua orang sudah mulai menatap lembar demi lembar di tahun yang baru ini. Nah, gimana nih udah nyusun resolusi buat tahun 2017 belum? Biasanya sih awal tahun digunakan buat sebagian orang buat nyusun resolusi atau target yang pengen dicapai selama setahun kedepan.

Apapun resolusinya, gue berharap lo bisa benar-benar memperjuangkan apa yang lo inginkan. Satu hal yang jelas, dalam mencapai apa yang kita cita-citakan, kerja keras doank belum cukup, diperlukan strategi dan komitmen yang kuat untuk terus memperjuangkannya.

Buat lo kelas 12 atau alumni yang akan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, gue yakin banget salah satu target yang pengen lo capai tahun ini adalah diterima di perguruan tinggi impian lo.

resolusi
sumber gambar: http://helloitsrara.blogspot.co.id

Tapi apakah mencapai target masuk PTN tersebut merupakan sesuatu yang mudah? Atau mungkin merupakan sesuatu yang susah dicapai sehingga butuh usaha ekstra?

Well, buat menjawabnya sih sepertinya ga cukup diwakilkan dengan satu kata "mudah" atau "susah" aja. Sebagai gambaran berikut ini statistik penerimaan SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2015, dua jalur penerimaan yang biasanya diandalkan untuk masuk PTN.

Seleksi Jumlah Peserta Peserta Yang Lolos Persentase Penerimaan
SNMPTN-2016 645.202 115.178 18%
SBMPTN-2016 721.236 126.804 17%

 

Dari data di atas, bisa lo lihat bahwa pendaftar SNMPTN ada 645 ribu peserta. Dari jumlah tersebut ada 115 ribu peserta (18%) yang lolos dan sisanya sebanyak 630 ribu peserta harus rela tersingkir. Sementara, di jalur seleksi tertulis SBMPTN, dari 721 ribu jumlah total peserta, peserta yang dinyatakan lolos ada sebanyak 126 ribu peserta (17%) sementara setidaknya 595 ribu peserta ditolak kampus impiannya. Kemungkinan besar, pola yang sama (tingkat penerimaan sekitar 17%) juga akan terjadi pada SNMPTN dan SBMPTN tahun 2017.

Ditolak gebetan aja rasanya udah sakit banget, apalagi ditolak kampus impian? 🙁

Bisa lo lihat sendiri tingkat persaingan di jalur SNMPTN dan SBMPTN tersebut dengan peluang diterima sekitar 17%. Di awal tahun 2017 ini, kemungkinan ada jutaan orang yang pengen diterima PTN. Sementara ada ribuan atau puluhan ribu orang yang mengincar jurusan yang sama persis dengan yang lo incar.

Antara SNMPTN atau SBMPTN... fokus yang mana?

Terlepas dari itu, lo bisa memperjuangkan jurusan yang lo inginkan baik di SNMPTN maupun SBMPTN. Tapi gue selalu ngasih saran agar lo jangan berharap terlalu banyak dengan SNMPTN. Kenapa? Pertama, karena dari tahun ke tahun, jalur SNMPTN ini terkenal sebagai jalur PHP, banyak yang ngarep dan kepedean diterima tapi ujung-ujungnya gagal. Kita lihat beberapa contoh keluhan dari angkatan lalu:

Gue ga ngerti kenapa fanbase EXO ikutan ngetweet tentang SNMPTN, tapi kalo dilihat dari username akunnya, sepertinya itu udah cukup menjawab.

Nah, di antara berbagai tweet tentang PHP SNMPTN, ada satu tweet bijak, dari seseorang yang mungkin udah terlalu sering di PHP-in

Yep! Terlalu berharap. Tiap tahun selalu banyak banget anak yang terlalu berharap diterima di SNMPTN. Berharap sih boleh aja, tapi seharusnya lo juga perlu untuk mempersiapkan kemungkinan terburuknya. Dengan perbandingan persentase diterima dan tidak diterima 18% : 82%, tentunya bergantung di angka yang jauh lebih kecil tersebut merupakan sesuatu yang nekat. Seperti yang mungkin sebagian besar kita ketahui bersama, seleksi SNMPTN hanya akan melihat nilai raport lo sampe semester 5 kemarin aja. Jadi buat lo siswa kelas 12 yang udah masuk semester 6, sebetulnya udah ga ada hal yang bisa dilakukan lagi untuk memperbaiki nilai atau prestasi. 

BEDANYA dengan SBMPTN... di SBMPTN lo masih bisa memperjuangkan persiapannya. Masih ada waktu belajar sekitar 5 bulan lagi yang bisa lo pergunakan sebaik-baiknya agar peluang lo diterima di jurusan impian lo makin gede. Masih ada waktu buat lo buat belajar SBMPTN mati-matian, masih ada waktu buat ngulang materi kelas X sampai dengan XII. Dengan syarat: dibarengi dengan komitmen dan konsistensi belajar.

Jadi gue sih selalu ngasih arahan:

Belajarlah SBMPTN segiat-giatnya, seolah olah kamu udah pasti ga diterima SNMPTN

Dengan sudah terlihatnya "hilal" SBMPTN, udah saatnya lo move on dari masa lalu. Yang biasa males belajar, yang tiap malem kerjaannya galau stalking TL mantan, yang biasanya rajin ke “kuil suci FX Sudirman”, yang biasanya tiap sore nonton sinetron Anak Jalanan meskipun Boy udah mati, dan berbagai hal yang ga berhubungan dengan persiapan SBMPTN sebisa mungkin lo kurangi demi masa depan lo sendiri.

Nah dalam rangka menyambut SBMPTN 2017, gue akan mencoba ngasih lo gambaran, mengajak lo yang mungkin masih kurang familiar memahami proses SBMPTN secara umum, agar lo punya bayangan terhadap sistem seleksi ini.

Apa aja sih persyaratan mengikuti SBMPTN?

Persyaratan mengikuti SBMPTN 2017:

  • Lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2015, 2016, dan 2017. (berarti yang lulus tahun 2014, 2013 dan seterusnya udah gak bisa ya)
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,- dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Kantor Pos setempat, atau ATM Bersama.

Bagaimana Cara Pendaftaran SBMPTN?

Tata cara pendaftaran SBMPTN secara umum terdiri dari 3 langkah:

  1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,- untuk mendapatkan KAP dan PIN.
  2. Melakukan pendaftaran di website http://pendaftaran.sbmptn.or.id menggunakan KAP dan PIN yang telah dimiliki.
  3. Mencetak kartu tanda peserta ujian.

Namun begitu, langkah-langkah diatas bisa jadi ga sama persis bagi lo yang ikut beasiswa bidik misi atau udah punya nomor KAP dari SNMPTN. Detail tata caranya akan diupload ketika pendaftaran SBMPTN dibuka nanti.

Pemilihan Jurusan/Prodi

Hal yang perlu dipahami, ketika mendaftar SBMPTN, bisa dibilang lo meninggalkan semua embel-embel masa lalu lo saat sekolah, seperti jurusan sekolah, asal sekolah, provinsi sekolah, ataupun prestasi semasa sekolah dulu. Berbeda dengan SNMPTN yang mana beberapa hal tersebut bisa mempengaruhi penilaian seleksi.

EE_Image_20160105_095305
embel-embel waktu sekolah dulu ga berlaku di SBMPTN

 

Di SBMPTN seleksinya pure kompetisi saat tes. Kecuali jurusan Kedokteran yang harus berasal dari SMA IPA, semua jurusan / program studi boleh dipilih oleh siapa aja tanpa terkecuali, entah apapun jurusan ketika sekolah dulu.

Lo dapat memilih maksimal 3 jurusan / program studi. Apapun jurusan sekolah lo sekarang, lo boleh memilih kelompok jurusan IPA semua, boleh kelompok IPS semua, bisa mix IPA dan IPS, bisa ketiganya berada di satu perguruan tinggi, bisa ketiganya berbeda-beda perguruan tinggi.

Kelompok Ujian Mana yang Harus Gue Ambil?

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

  1. Kelompok Ujian Saintek / IPA
  2. Kelompok Ujian Soshum / IPS
  3. Kelompok Ujian Campuran / IPC

sbmptn3

Perlu diperhatikan bahwa kelompok ujian SBMPTN tidak ditentukan dari asal jurusan SMA/SMK lo. Jadi bukan berarti kalo lo anak IPA berarti lo harus ikut Ujian Saintek, bukan berarti juga kalo lo anak IPS berarti Soshum. Ingat ujian SBMPTN ini sama sekali tidak melihat latar belakang SMA/SMK/STM/MA lo sebelumnya. Jadi walaupun lo anak jurusan bahasa, SMK, atau madrasah, lo tetap berhak ambil paket ujian manapun di SBMPTN. Terus darimana dong kita menentukan kelompok ujian yang akan kita hadapi? Berdasarkan jurusan kuliah yang nantinya mau lo ambil.

Kelompok ujian yang akan lo jalani tergantung dari jurusan / program studi yang lo ambil, katakanlah lo ambil jurusan kuliah dari kelompok IPS (misalnya manajemen, akuntansi, bisnis, sastra, dll.), maka lo akan diminta untuk mengikuti kelompok ujian Soshum / IPS. Begitu pula sebaliknya, kalo lo ambil jurusan kuliah bernuansa IPA (misalnya MIPA, kedokteran, teknik, pertanian, dll.), maka lo akan diminta untuk mengikuti kelompok ujian Saintek / IPA. Perlu diingat bahwa lo harus selalu melakukan pengecekan ulang pada website resmi universitas yang lo incar, karena beberapa universitas memiliki persepsi yang berbeda terhadap sebuah jurusan. (misalnya Psikologi UI masuk ujian Soshum, sementara Psikologi Unpad masuk ujian Saintek, padahal sama-sama Psikologi).

Nah, apabila jurusan yang lo ambil merupakan mix jurusan kelompok IPA dan IPS, maka lo mesti mengerjakan kelompok ujian campuran atau IPC.

Beberapa kesalahan umum tentang kelompok ujian campuran atau IPC:

  • Lo ga mesti ambil IPC apabila "murtad" dari jurusan SMA lo. Jadi kalo lo anak IPA tapi mau ambil jurusan hukum, lo tinggal langsung ambil SBMPTN Soshum, gak perlu ambil IPC.
  • Tes IPC bukan berarti 2 kalinya tes kelompok ujian IPA dan IPS. Karena lo ga tes TKPA dua kali, tapi cukup sekali saja. (lihat di pembahasan Pelaksanaan Ujian)
  • Untuk yang mulai belajarnya agak telat, zenius menyarankan fokus di 1 kelompok ujian saja (saintek atau soshum), jangan ambil IPC karena bahan materinya sangat banyak.

Apa Aja Materi yang Diujikan?

Nah setelah mengetahui kelompok ujian yang akan lo kerjakan, dari sini bisa lo lihat materi yang akan diujikan:

  1. Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek
  2. Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum
  3. Kelompok Ujian Campuran / IPC dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

sbmptn

Materi ujian dan jumlah soal SBMPTN terdiri dari:

Kebijakan Lokasi Ujian

Untuk kebijakan lokasi ujian coba kita berpatokan pada SBMPTN 2015 yang lalu yang diikuti oleh 63 PTN dan dibagi menjadi 4 wilayah, yaitu:

  1. Wilayah 1 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sumatera, Kalimantan Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat (+ Untan);
  2. Wilayah 2 meliputi seluruh PTN yang ada di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta;
  3. Wilayah 3 meliputi seluruh PTN yang ada di Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan (- Untan); dan
  4. Wilayah 4 meliputi seluruh PTN yang ada di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua.

Lokasi ujian SBMPTN disebut dengan panitia lokal (panlok). Di sebuah provinsi, biasanya ada beberapa panlok, misalnya di Jatim ada Panlok Surabaya, Panlok Malang dan Panlok Jember. Berikut ini dua aturan terkait dengan wilayah tes yang harus diperhatikan:

  1. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di wilayah manapun.
  2. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.

Kalo bingung bayanginnya, berikut ini gue kasih ilustrasi beberapa contoh:

  • CONTOH #1: Naomi ikut SBMPTN cuma milih FKG UI, pilihan 2 & 3 kosong. Maka sesuai poin 1 di atas, Naomi bebas milih tempat tes (panlok) dimana aja di Indonesia, mau dari ujung Aceh sampai Papua diperbolehkan! Naomi bisa tes di Panlok Jakarta, Panlok Papua, Panlok Medan, Panlok Surabaya, Panlok Yogyakarta, dll.
  • CONTOH #2: Ghaida milih FMIPA ITB (wilayah I), Hukum UGM (wilayah II) & Fisika ITS (wilayah III), maka Ghaida bisa milih tempat tes panlok dimana saja asalkan berada di wilayah I, II atau III, tetapi gak boleh di wilayah IV. Jadi Ghaida bisa tes di Panlok Jakarta, Panlok Medan, Panlok Surabaya, Panlok Yogyakarta, dll. Tetapi Ghaida ga bisa tes di Panlok Papua karena Papua termasuk di wilayah IV.
  • CONTOH #3: Veranda memilih FK Unair (Wilayah III) dan Teknik Industri ITS (Wilayah III) pilihan ketiga kosong. Karena memilih lebih dari 1 jurusan namun semua pilihan jurusannya berada di wilayah III, maka Veranda cuma bisa tes di wilayah III dan gak boleh di panlok wilayah I, II, dan IV. Jadi Veranda bisa tes di Panlok Malang, Panlok Surabaya, Panlok Samarinda, dll. Namun Veranda ga bisa tes di Panlok Yogyakarta (Wilayah II), Panlok Bandung (Wilayah I) dan Panlok Papua (Wilayah IV).

Pelaksanaan Ujian

Ujian tertulis SBMPTN dilaksanakan dalam 2 sistem ujian, yaitu CBT (computer based test) dan PBT (paper based test). Lo bisa milih apakah akan melaksanakan ujian tertulis SBMPTN secara CBT atau PBT. SBMPTN CBT dan PBT dilaksanakan pada hari yang sama yaitu 16 Mei 2017. Tanggal 16 Mei 2017 bersamaan waktu pelaksanaan daftar ulang bagi siswa yang telah diterima melalui jalur SNMPTN 2017.

Rangkaian kegiatan ujian SBMPTN, berdasarkan pelaksanaan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, bisa dilihat di gambar di bawah:

rundown H SBMPTN

Jadi bagi yang mengerjakan kelompok ujian saintek (TKD Saintek dan TKPA) akan ujian pagi sampai siang, bagi yang mengerjakan kelompok ujian soshum (TKD Soshum dan TKPA) akan ujian siang sampai sore dan bagi yang mengerjakan kelompok ujian campuran akan ujian pagi sampai sore. Jadi bisa dilihat bahwa anak IPC tes TKPA cukup sekali. Adapun nilainya nanti digabung dengan TKD Saintek untuk pemeringkatan jurusan IPA, dan digabung dengan TKD Soshum untuk pemeringkatan jurusan IPS.

Lebih baik SBMPTN CBT atau PBT?

Mending ikut SBMPTN CBT atau PBT nih? beberapa saat setelah pengumuman, banyak banget anak yang nanyain hal tersebut. Sebenernya sih hal ini sangat tergantung pada masing-masing anak, mana yang paling membuat lo nyaman dan mana yang paling membuat lo merasa optimal ngerjainnya.

Tapi kalo lo masih bingung milih, mungkin beberapa hal berikut ini bisa lo jadikan pertimbangan:

(+) Keunggulan sistem ujian CBT

  • Meminimalisasi human error
  • Lebih efisien, misalnya dalam pengisian biodata atau jawaban
  • Lebih santai, ga takut kertas ujian sobek atau basah

(-) Kelemahan sistem ujian CBT

  • Bagi yang ga terbiasa berada di depan komputer, mungkin mata akan capek bila mantengin monitor selama beberapa jam
  • Tidak bisa coret soal. Meski nanti akan dikasih kertas HVS, tapi banyak anak yang udah terbiasa corat-coret di soalnya langsung

(+) Keunggulan sistem ujian PBT

  • Sebagian besar sudah terbiasa dengan sistem PBT
  • Bisa langsung corat-coret di kertas soal

(-) Kelemahan sistem ujian PBT

  • Proses penghitaman jawaban memakan cukup banyak waktu
  • Lebih repot kalo mau ganti-ganti jawaban

Yang jelas, dengan infrastruktur yang terbatas, peserta ujian CBT juga bakal dibatasi. Jadi apabila lo minat dengan CBT, sebaiknya daftar pada periode awal pendaftaran.

Ujian Keterampilan

Di SBMPTN terdapat tes tambahan, di luar ujian tulis, khusus bagi pendaftar yang memilih jurusan seni dan/atau olahraga. Misal dalam 3 pilihan lo terdapat 1 jurusan seni atau olahraga, maka lo wajib mengikuti ujian keterampilan tersebut.

Ujian keterampilan SBMPTN disesuaikan dengan jenis seni jurusan yang dipilih, misal untuk jurusan seni rupa/desain, maka tes keterampilannya menggambar (bentuk, suasana, ekspresi); Jurusan seni musik menyanyi atau memainkan alat musik, dll.

Bagaimana Mekanisme Penilaian SBMPTN?

Acuan penilaian di SBMPTN sebagaimana yang telah resmi diumumkan panitia hanyalah terkait dengan penghitungan nilai mentah yaitu:

  • Benar +4
  • Kosong 0
  • Salah -1

Namun pengolahan lebih lanjut nilai tersebut tidak dijabarkan secara detail.

Screen Shot 2015-05-19 at 23.55.20

Sumber: Panduan Penerimaan UI 2010 Page 19 (link: http://penerimaan.ui.ac.id/doc/PenerimaanUI2010.pdf)
Screen Shot 2015-05-19 at 21.48.32

Sumber: Panduan Penerimaan UI 2013 Page 13 (link http://simak.ui.ac.id/wp-content/uploads/files/Panduan_PMB_2013_versi_2013_01_16-1.pdf)

Setelah diolah menjadi nilai nasional, maka nilai tersebut dialokasi sesuai dengan pilihan dan kuota yang tersedia oleh sistem.

sbmptn2

Gambar di atas merupakan ilustrasi penilaian sebuah program studi di SBMPTN. Karena kuota yang disediakan jurusan tersebut adalah 6, maka akan dipilih 6 nilai tertinggi berdasarkan nilai tesnya, dalam contoh di atas adalah 53%. Perlu lo perhatikan bahwa penilaian SBMPTN agak berbeda dengan SNMPTN. Berdasarkan pengamatan gua beberapa tahun ke belakangan, pengaruh (Pilihan I, II, III) cukup berpengaruh terhadap saringan SNMPTN tapi tidak terlalu berpengaruh pada SBMPTN.

Bisa lo lihat dari illustrasi gua di atas, dimana si F dengan nilai 53% akan tetap lebih diutamakan untuk lolos walaupun pilihan III, dibandingkan si G yang nilainya beda dikit padahal pilihan I.

Perlu lo ketahui juga bahwa batas nilai terendah ini bisa berubah-ubah tiap tahun, bisa aja tahun lalu lebih rendah, misal 50% atau lebih tinggi misal 54%. Sedangkan passing grade yang beredar, berusaha memperkirakan nilai terendah tersebut (itu pun yang beredar di internet entah tahun berapa). Oleh karena itu gue ga menyarankan lo buat berpatokan dengan passing grade, tapi passing grade bisa berguna buat latihan soal atau target di try out aja.

Berikut ini tweet dari akun official penerimaan UI


Selain itu urutan pilihan jurusan ga menentukan seleksi. Misal Si C, dengan nilai 63%, dia ga diterima di pilihan I, maka dia dilempar ke pilihan II nya. Di jurusan pilihan II, dia ternyata menempati urutan ketiga atau masuk dalam kuota penerimaan.

Jadwal Penting SBMPTN 2017

Jadwal SBMPTN sebagaimana telah diumumkan di website resmi adalah sebagai berikut:

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran CBT dan PBT 11 April - 5 Mei 2017
Ujian Tulis CBT dan PBT 16 Mei 2017
Ujian Keterampilan 17 dan/atau 18 Juni 2017
Pengumuman Hasil 13 Juni 2017

 

Perbedaan aturan SBMPTN 2017 dan 2016

Secara umum aturan SBMPTN tahun ini dan tahun lalu relatif sama. Cuma tanggal pelaksanaannya aja yang tahun ini dilaksanakan 2 minggu lebih cepet dari tahun lalu. Tahun lalu SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 31 Mei, sedangkan tahun ini tanggal 16 Mei.

Kuota yang disediakan pun sama, baik tahun lalu maupun tahun ini, kuota untuk SBMPTN masing2 PTN minimal 30%. Tapi kemungkinan tahun ini bertambah karena ada limpahan kuota SNMPTN yang awalnya minimal 40%, menjadi minimal 30% di tahun ini. Jadi tergantung kebijakan di PTNnya, apakah selisih kuota 10% itu tetep digunakan di SNMPTN, atau dialihkan ke SBMPTN.

Persentase Penerimaan SBMPTN Nasional (2013-2016)

Berikut adalah persentase penerimaan/kelolosan ujian SBMPTN skala nasional selama 3 tahun terakhir, yaitu dari tahun 2013-2015

Tahun Jumlah Peserta Peserta Yang Lolos Persentase Penerimaan
2016 721.236 126.804 17,58%
2015 693.185 121.653 17,55%
2014 664.509 105.862 15,78%
2013 585.789 109.853 18.75%

Nah, di sini lo bisa lihat bahwa tingkat persaingan ujian SBMPTN juga bisa dibilang sangat ketat. Belum lagi, kalo misalnya lo mengincar jurusan-jurusan favorit di universitas top nasional. Kemungkinan besar untuk jurusan-jurusan favorit tingkat persaingannya jauh lebih ketat lagi, contohnya seperti ini :

  • Untuk Jurusan Pendidikan Dokter UI ada 2.947 peminat pada tahun 2014 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2015) sebanyak 54 kursi atau persentasenya 1,8%.
  • Untuk Jurusan Ekonomi Manajemen UI ada 3.069 peminat pada tahun 2014 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2015) sebanyak 45 kursi atau persentasenya 1,5%.
  • Untuk Jurusan Ilmu Komunikasi UI ada 3.,077 peminat pada tahun 2014 dengan daya tampung (untuk jalur SBMPTN tahun 2015) sebanyak 27 kursi atau persentasenya 0,09%.

Nah, berdasarkan jumlah peminat dan ketersediaan jumlah kursi di atas, lo bisa hitung sendiri berapa % tingkat penerimaan dari jurusan favorit di universitas top nasional. Gua saranin sebelum lo daftar SBMPTN, ada baiknya lo telusuri dulu di website resmi universitasnya untuk mengetahui bocoran berapa % tingkat penerimaan jurusan yang lo incer untuk kemudian disesuaikan dengan kesiapan lo mengikuti ujian SBMPTN.

****

Oke deh, sekian dulu ulasan singkat gue tentang sistem SBMPTN. Semoga ulasan gue ini bisa membuat lo semakin familiar dengan medan tempur satu ini dan semakin mantap untuk memulai (atau meneruskan) persiapan belajarnya. Udah bukan saatnya lagi menggalaukan "aduh, masih sempat ga ya kalo gue baru mulai belajar sekarang?!" dan hal-hal lain yang ga terlalu relevan dengan SBMPTN. Sekarang benar-benar saatnya buat belajar! Semangat ya, guys..

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau nanya lebih lanjut ke Ari seputar teknis SBMPTN, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Ari Candra bertanggung jawab sebagai administrator untuk semua account social media Zenius Education seperti twitter, facebook, instagram. Saat ini Ari juga aktif mengurus berbagai portal web info pendidikan Indonesia, termasuk akun twitter info_SNMPTN. Ari merupakan lulusan spesialisasi D-III Akuntansi Pemerintahan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
 

Follow Twiiter Ari di @aricandra

  • minionpuffs_

    Ka itu kita tempat testnya nanti berdasarkan sekolah kita atau gimana?

  • AlbaihaqiOS

    ka saya pengen tanya mengenai KAP dan PIN untuk pendaftaran sbmptn ! apakah KAP dan PIN SBMPTN 2015 yang lalu masih berlaku bila dipergunakan untuk mendaftar SBMPTN 2016 .

    • Ari Candra Arista

      Kalo buat SBMPTN 2016 bikin baru lagi

      • Malik

        kak kalo gak ikut tes keterampilan bakalan ngaruh gak sama yang bukan jurusan olahraga?

        • Widi Baka

          Di situ dikatakan "wajib mengikuti". Kemungkin bakalan ngaruh, Bang.

    • weh bang ujian tahun ini dipercepat ye, buset dah makin greget http://www.pendidikann.info/

      • Proud of My Name

        kayaknya karena mentok puasa sih

  • Ahmad Nur Fauzi

    Bang apa bener ITB hanya nrima anak smk untuk jurusan FSRD & SBM doang,
    mohon bantuannya

    • Ananda Mutiara

      bisa dibaca ya.. pingin tanya2 ttg ITB? kepoin aja akun askfm @AkuMasukITB

      • Rigel Raimarda

        Ngga juga ah. temen ku anak SMK ada yang lulus FTSL ITB di SNMPTN 2015 kemarin

    • Ari Candra Arista

      Kalo buat SNMPTN iya, lebih tepatnya, anak SMK bisa daftar di FSRD aja untuk jalur SNMPTN

      Nah kalo SBMPTN, seperti yang gue jelasin di atas, latar belakang sekolah ga berpengaruh. Meski lo SMK atau bahkan IPS, lo bisa aja diterima di jurusan teknik atau semacamnya asal bisa ngalahin anak-anak lainnya yang berminat di jurusan yg sama di kelompok ujian saintek / IPA

      • Ahmad Nur Fauzi

        okay, makasih penjelasannya 😀

  • Safira Anggani

    kak kalo pilih 3jurusan tapi cuma 1 PTN tetep boleh kan?

  • Dicky Firmansyah

    kak saya pengen nanya nih, jadi kalau misalkan saya minat hanya di satu jurusan yaitu teknik informatika. saya pengen daftar sbmptn TI di UI, ITB, sama ITS. apakah boleh begitu? pilih satu jurusan di 3 univ berbeda. ohiya kalau daftarnya tuh pake nama Fakultas terus ntar bebas mau pilih prodi apa, atau langsung pilih prodinya sih? soalnya kakak diatas kasih contoh ada yg daftar langsung Teknik Industri, ada yang daftar FMIPA UI. tolong dijawab dengan jelas dan lengkap kak! makasih 😀

    • 18 | 9 | 6 | 1

      Menurut pengalaman saya di tahun 2015, langsung milih prodinya

      • Dicky Firmansyah

        kalo milih 3 univ terus prodinya sama semua bisa gak kak?

        • 18 | 9 | 6 | 1

          Seingat saya sih max 2 ptn dek (kalau ga salah ya)

    • Ari Candra Arista

      Untuk ITB milih Fakultas, lainnya milih prodi

      • alunawasi

        yang ini gw belum paham, kan di itb harus milih fakultas , gmna pemilihan prodi yg sama untuk ptn lain

        "Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di wilayah manapun"

        dk ugm gak ada teknik informatika
        kalau saya minat stei itb, ilmu komputer ugm, teknik informatika its itu gmna boleh gak?

  • Alwi

    ka? "mungkin" ga, satu peserta ternyata berhasil di tiga pilihan sekaligus?,misalnya karena passing grade ketiga pilihanya lolos semua tuh..

    • Ari Candra Arista

      Kalo pilihan I udah diterima, pilihan selanjutnya diabaikan

  • Aji Putera T

    Apa ada kemungikinan peraturan baru muncul ya? Karena januari da launching biar disosialisasikan sejak dini.. apalagi ada isu kuota snmptn dikurangi dan dialihkan ke sbmptn min?

  • Rinjani

    gue pengen zenius bahas beda lingkungan kampus negeri dan swasta. Tentang akademik, kehidupan sosial, dan senioritas yang ada dikampus.
    Karena gue sekarang diswasta dan pengen ikut sbm tahun lagi tahun ini. dan gue merasakan kuliah jauh banget dari apa yang gue harapkan. Thanks

  • Wahyu Gumilang

    kak saya pengen tanya dan memastikan sekali lagi, jadi kalau memilih tiga jurusan berbeda saat daftar sbmptn. itu tiga-tiganya jurusan bisa di satu universitas ? terimakasih banyak kak

    • Ari Candra Arista

      Yap bisa.

    • Bisaa. Asalkan jgn salah panlok pas ujiannya nnti 🙂 sesuai wilayah.

  • Faishal

    Ka, di SBMPTN yg mesti murni dari jurusannya (kaya Kedokteran mesti SMA IPA) apa aja?

    • Ari Candra Arista

      Kedokteran aja yang harus dari SMA IPA. Jurusan lainnya ga ada aturan yg mengikat.

      • Sidik Mustofa

        ka info soal ini sumber nya dimana ya kak.

      • Deluna Hyrx

        Kak saya lulusan sma tahun 2016 jurusan ips. Sekarang udah kuliah, tapi pengen tes sbm lagi. Kalau mau ngambil jurusan kedokteran itu bisa ngga ya? Atau udah bener-bener ngga bisa?

  • thesa tiara

    Ka, alumni masih bisa daftar bidik misi gak? Kalo bisa, gimana cara nya?

    • Ari Candra Arista

      Kalo berdasarkan peraturan tahun 2015 lalu, alumni bisa, dengan syarat:
      - belum diterima kuliah
      - alumni 1 tahun sebelumnya

      Sekarang peraturan bidik misi 2016 belum keluar

  • SAP

    Malam kak,mau nanya kalo misalnya saya mau ngambil Akuntansi UGM,Manajemen UGM,sama Kriminologi UI
    Tapi tesnya di lampung bisa?
    terimakasih kak sebelumnya

    • Ari Candra Arista

      UGM: wilayah 2
      UI: wilayah 1

      Jadi lo bisa tes dimanapun di wilayah 1 atau 2

  • Aditya Anugrah

    ka kok semua video soal sbmptn gabisa diplay yah? padahal yg teori semuanya bisa

    • Ari Candra Arista

      Setelah login masuk ke profile zenius.net/profile trus setting video playernya ganti dari HTML5 ke FLASH

  • Alfinsa EP

    writernya wotaaa 😀

  • Mhd Ryan Pranata

    kak ari , mau nanya nih . Saya mau ambil nanti pas di sbmptn 2016 prodi SI ITS, ILKOM UNAND , TI UIN SUKA . Tapi saya ini berada di medan , apakah boleh jika saya memilih ptn yg berada di luar saya ujian? tetapi masih dalam wilayah 1 . Misalnya saya ujian di medan , tetapi saya tidak memilih ptn yg di wilayah medan(usu,unimed) , tp saya memilih di Unand (padang) yg termasuk wilayah 1 juga? apa boleh begitu kak ari? makasih.

    • Ari Candra Arista

      Bisa tes di semua kota, asal berada di wilayah 1 (UNAND, UIN SUSKA) dan 3 (ITS). Ga harus di medan.

      • Mhd Ryan Pranata

        Jadi kak, yg berhak memilih kita ujian dimana itu siapa? apa kah saya atau pihak sbmptn nya? . Yang saya takutkan ketika saya memilih ITS,UNAND,dan UIN SUKA nanti malah ujian nya di antara PTN yg saya pilih , sedangkan saya berada di medan . Kan gak mungkin saya harus ke padang buat tes sbmptn nya kak . Makasih kak mohon dijawab Hehehe 😀

        • Ari Candra Arista

          Kota terserah, kamu yg milih, kalo lokasi dipiluhkan panitia sepanjang berada di dalam kota yg kamu pilih

          • Mhd Ryan Pranata

            Ohh berarti saya pilih kota nya yg di medan aja gitu kan kak tapi ga mesti milih PTN yg di medan . Makasih kak saran nya 🙂

  • znabilap

    Ka mau tanya, setahu saya SNMPTN hanya memakai nilai rapot sems 1-5.
    Lalu nilai UN kita digunakan untuk apa ka? Apa digunakan saat daftar ulang SNMPTN atau pas SBMPTN??
    Makasih sebelumnya

    • Ari Candra Arista

      Nilai UN ga digunakan di SBMPTN
      Nilai UN biasanya digunakan:
      1. Buat daftar kuliah di luar negeri (NTU, NUS, Beasiswa Monbukagakusho)

      Sedangkan untuk SNMPTN, mulai dari tahun kemarin, Kemenristek dikti udah mengeluarkan surat edaran agar nilai UN dipertimbangkan ke SNMPTN 🙂

  • hafi

    Videonya itu bisa di download gak setelah daftar?

    • Ari Candra Arista

      Video yang ada di zeniusnet ga bisa didownload, tapi untuk ditonton secara online. Apabila kamu membutuhkan bahan belajar offline, kamu bisa menggunakan produk CD satuan atau paket xpedia 2.0 🙂

  • mas OO

    Bang,kasih tips dong buat anak smk jurusan teknik kelistrikan biar suskses diterima diptn bang,sama kasib liat dong,univ mana aja yg nerima anak smk palinh banyak sesuai data,makasih bang 🙂

  • Alfinsa EP

    Ngomong-ngomong, mau tanya nih. SBMPTN itu kan ada tiga pilihan. Emang bener ya, pilihan ketiga itu harus PTN regional?

    • Ari Candra Arista

      coba baca lagi artikel tentang lokasi ujian ya 🙂

  • Handaru

    kak mau tanya, saya kan punya cd zenius yang sma dan alumni2 itu ya, kalo mau nanya saran2 ke tutornya itu sekiranya kontak ke mana ya kak?

    makasihh

    • iya betul, karena jadwal test SBMPTN bersamaan dgn waktu pelaksanaan daftar ulang bagi siswa yang telah diterima melalui jalur SNMPTN. Jadi kalo kamu ambil SNMPTN, artinya kamu gak bisa ikut SBMPTN. Kecuali kamu mau mengorbankan SNMPTN, kamu bs ambil SBMPTN.

  • Afif Ramadhan

    Kak Ari, ada rumor kalo kita udah keterima SNMPTN gabisa ikut SBMPTN, bener gak tuh?

    • Ari Candra Arista

      Jadwal test SBMPTN bersamaan dgn waktu pelaksanaan
      daftar ulang bagi siswa yang telah diterima melalui jalur SNMPTN. Jadi
      kalo kamu ambil SNMPTN, artinya kamu gak bisa ikut SBMPTN. Kecuali kamu
      mau mengorbankan SNMPTN, kamu bs ambil SBMPTN.

  • Atika Meilani

    Kak ari, gue masih kurang ngeh. Jadi yang nentuin kita ujian SBMnya dimana itu siapa? Gue sendiri yg milih atau pihak panitia SBMnya?
    Jadi misalnya gue pilih (1) UGM, (2) Unair. Kan itu ada di wilayah II dan III. Nah, gimana caranya gue tau gue harus ngikutin ujian di univ X (yang di wilayah II dan III)? Yang nentuin itu panitia SBMnya atau bebas terserah gue mau ikut ujian SBM di univ manapun asalkan ttep ada di wilayah tersebut? Semoga paham wkwk -.-v

    • Ari Candra Arista

      Kota nya milih sendiri, asal berada di wilayah II dan III. Lokasinya dipilihkan panitia, sepanjang di dalam kota yang kamu pilih tersebut

      • syahdani

        kak kok kartu peserta aku...lokasi ujiannya di sma...?

  • Dewi Merita

    Kak,kalo saya pilih Akuntansi-UI,Akuntansi-UGM,lalu pilihan ketiga pilih UI lagi boleh tidak ya sebenarnya?

    • Ari Candra Arista

      boleh aja

  • Joel

    kak saya ipa tpi nnti lintas ke ips. klo dri skrng saya sbm mulai bljr duluan , terus bljr bwt un h-2 minggu sblum ujian kira2 bagus ga?

    • boleh2 aja, asal pas sambil belajar SBMPTN kamu juga sekalian belajar yg bener utk matpel yang diujikan pas UN. jadi nanti pas belajar H-2 minggu kamu tinggal latihan soal dari UN tahun2 lalu doang.

  • Rani

    kak, rencananya gue di SBMPTN mau ambil SAINTEK aja, tapi di SIMAK UI pengennya ambil FK sama Administrasi. Berarti kan Campuran. Kira2 gimana ya, cara belajarnya? Prioritas utamanya itu buat lulus di yg Saintek, sedangkan soshum buat cadangannya aja. Ada saran ngga, kak?

  • Danurwenda E. P

    Kak, belakangan ini aku dengar kalo sbmptn tahun ini peluang Alumni lulus lebih kecil daripada yang masih kelas 12. Apa itu benar kak?

  • Laila

    bang, kalau anak smk bisa ambil sastra di ui jalur snmptn nggak?

  • Gatrik

    Jadi, SBMPTN itu hanya diadakan sehari serentak di seluruh Indonesia?
    Kalau misalnya saya memilih 2 prodi di fakultas dan ptn yang sama apakah boleh?

  • Joel

    kak saya ipa saya mau ngambil jurusan ips nanti pas SNMPTN , tapi kta temen saya gabisa , pas snmptn cmn bisa tarok jurusan ipa doang,, artikel2 kaya gini bisa di baca di mana?

  • Afif Putra

    Kak, saya pengen tanya, ini emang ga ada hubungannya sama post ini sih. Ada yang dibilang d Zenius Learning SBMPTN (Self Concept nmor 2), kan d saranin mnum tablet yang ada Omega 3 nya, kan speaker ga nyebutin merk tuh. Jdi saya coba beli aja d apotek, tpi hrganya murah bgt Kak dibanding yg d sebutin. Takutnya mlah knp2, bisa email in saya ga merk yg recommended apaan ya? (afifputra95@gmail.com) Mkasih bnyak 😀

  • Muhammad Nurmansyah

    Kalau fikom unpad masuknya ke soshum ya? Atau??

    • zenians

      soshum

  • Handaru

    Kak, saya mau minta saran dong.. kan saya lulusan tahun 2015 dan keterima di UB, dan nantinya saya ingin coba untuk ikut tes SBMPTN tahun 2016 ini.. sekiranya boleh minta sarannya nggak, cara belajar nya mungkin atau bagi waktu antara jadwal perkuliahan sama belajar sbm kak makasihh banyakk kakk

    • Andi Sahrul

      emang tahun ini keterima di ub jurusan apa bro ?

  • Fathi

    Ka Saya mau nanya.. Kalo ranking paralel itu digabung sama kelas IPA IPS juga gak ?

  • azka nurina

    Kak ada aturan untuk penempatan pilihan I,II, dan III, apakah sesuai passing grade terbesar dulu untuk di tempatkan di pilihan I? aturan penempatan SNMPTN dengan SBMPTN sama?

  • fachri izzudin

    kak, pingin tau cara ngitung passing grade yang bener itu gmn?, terima kasih kak

  • Aditya Nugraha

    kak saya masih belum paham yg itu prioritas pilihan diatas. kalo
    misalkan passing grade saya di pilihan 1 gak keterima tapi di pilahan 2
    keterima. itu bakal masuk pilihan ke 2 kak?

  • syndrome99

    Kak maaf nih aku clueless banget. Nanti daftar SBMPTN itu harus pake data apa aja ya? Raport sama nilai UN gitu gitu atau gimana? Kalo raport iya, raport dari semester berapa?

    • Ari Candra Arista

      Ga pake data apa2. Cuma identitas diri aja.

  • Bobby Linggom

    Gan.. mau nany.. kalo daftar Sbmptn harus daftar di univ. dulu y?

    • hasanah

      bantu jawab yah, kalau untuk daftar tes SBMPTN kamu daftarnya di web SBMPTN gak perlu di univ. kalau untuk daftar di univ (web) itu biasanya untuk ujian mandiri.
      kalau kamu lulus SBMPTN baru deh nanti kamu isi data diri kamu di web PTN(univ) tempat kamu lulus

      • Bobby Linggom

        Ok.. thx..

  • beel

    yang gue bingung kalau CBT dan PBT waktu tesnya nggak bersamaan itu nanti kalau soalnya sama berarti bisa bocor dong?

  • Haidar Si Otonk

    kak mau tanya tentang ujian keterampilan seni

    saya, mau ngambil jurusan dkv sama desain interior
    pilihan pertama fsrd itb (wilayah 1)
    pilihan kedua uns dkv (wilayah 2)
    pilihan ketiga uns desain interior (wilayah 2)
    nah, yang mau saya tanyain, apakah saya harus ujian keterampilan di 2 wilayah juga, atau cukup satu aja?
    mohon penjelasannya

  • KKDA

    ka bner ga kalo misalnya diterima lewat SNMPTN trus ga diambil, sekolah kita bakal kena black list dari PTN yg udh nerima kita lewat SNMPTN itu?

  • kikin

    haloo min... mau tanya nih, aku kan ingin masuk stan tapi aku juga ingin ikut sbmptn psikologi. krn memang dari awal aku ingin sekali masuk stan. tp mulai kelas 11 semester awal aku sering baca buku tentang psikologi nah maka dari itu min aku juga tertarik sm psikologi. Aku jurusan ipa min. nah aku msh bingung harus belajar darimana dan yang mana dulu min yang harus dipelajari.. anyway aku masih kelas 11 sih:'') boleh dong min dikasih saran hehehe

    • Ari Candra Arista

      Kalo ga mau ribet, kamu bisa milih SBMPTN di UNPAD atau UNS yang psikologinya masuk IPA. Kalo mau psikologi yang IPS, tentu saja kamu mesti belajar materi2 IPS untuk SBMPTN nanti.

      Kalo masih bingung, sebaiknya kamu pelajari dulu zenius learning dan TKPA dulu.

  • Bella

    kak misalkan aku cuma pilih prodi psikologi tp ptn nya ui, ugm, unair boleh ga?

    • zenians

      boleeh

      • Bella

        Berarti ntar bisa tes di bekasi ya?

        • hasanah

          bantu jawab yah, bisa kok sesuai data yang kamu isi nanti pas daftar sbmptn

  • Syaida

    Bg mau nanya. Inikan aku anak alumni yg ikutan sbmptn lagi. Nah waktu SMA aku itu jurusannya IPA. Jadi, sekarang aku kepengen ambil sbmptnnya jurusan Kedokteran. Nah, disatu sisi aku juga minat ambil jurusan Psikologi. Kebanyakan jurusan Psikologi itu programnya IPS. Tentunya aku nanti ambilnya ke IPC. Tapi aku lebih minatnya buat ke Kedokteran. Yg aku mau tanya, berpengaruh gak sih bg kalau aku ambil program IPC untuk ambil Kedokteran? Soalnya aku denger-denger kedokteran itu hanya perioritasin Org yg dari program IPA dan ambil program SBMPTN nya IPA/saintek. Jadi harus gimana ya itu bg? Salah gak itu aku ambil IPC?
    Mohon bantuannya, terimakasih.

    • Ari Candra Arista

      Ga ngaruh kok. Yang dilihat nanti nilai IPAnya aja.

      • Syaida

        Tapi banyak yg bilang kalau ambil IPC nilainya dibagi 2, jadi passing gradenya jadi kecil. Gimana bg saya bingung mana yg bener-_-

  • Chairul Amin

    Untuk CBT keknya sama kek UN yang pernah Saya alami tahun lalu.

    CBT punya waktu mundur yang tampil di sana jadi lebih mudah ngatur strategi. Kalo ada gangguan listrik atau konektivitas, CBT otomatis ngelindungin jawaban sementara sampe gangguannya hilang. dan Jawabannya gak terkirim langsung melainkan disimpan sementara di jaringan lokal dalam ruangan lalu disinkronisasi ke server pusat. Ada waktu tertentu sih kalo soal sinkron data, tergantung panitia. (Kalo ada UPS, Alhamdulillah.)

    Terus kalo bagi yang merasa cukup mentalnya, siap-siap dengan bank soal ala database yang penuh randomnya tiap kursi.
    Tapi hati-hati. kalo kedapetan "Jackpot" berupa soal yang jawabannya di monitor sama dengan yang lainnya, Jangan langsung ikutan. Percayain diri sembari di pikir lagi sambil di analisis. (karena soal random pasti ada peluang buat nyontek juga akhirnya. meskipun kecil.)

    Kelemahannya, Waktu untuk tes CBT kadang gak difokusin banget sama panitianya. Proktor lebih mengutamakan waktu realtime di jam dinding/tangan daripada di timer CBT. Meskipun udah atur strategi di timer kita masih kudu cepat juga.

    Dan bagi yang baru nyentuh komputer, sebaiknya belajar bentar tentang dasar antarmuka sistem operasi (mis: Windows yang dipake di khalayak rame - Windows XP atau 7), dan diagnosa komputer dasar. (mis: kalo komputer mati tapi tombol powernya kelap-kelip di monitor/CPU, berarti standby)
    Kalo sering ke warnet nanti tahu sendiri.
    Soal mata lelah keknya harus biarkan mata melihat pemandangan jauh sekitar 10 detik, kedip-kedip lalu lanjutin kerjaan.

    tl;dr: Ikut CBT itu cuma modal WYSIWYG, dan ikuti instruksi, kalo ada masalah jangan panik.

    Sekian opini dari pengalaman saya. Yang baru tahu semoga berguna.

  • Desrina Anandatama

    Bg, nilai UN gak bakalan jadi masalah kan? Apa perlu gue ikutan UN perbaikan? Nilai UN gue ancur banget soalnya -_- dan banyak guru yang ngomong rumor menakutkan tentang masuk PTN kalo gak ikut UN perbaikan. Mohon pencerahannya ya Bg.

    • Ari Candra Arista

      ga jadi pertimbangan kok di SBMPTN

  • Ananda Mutiara

    Kak, bedanya sbmptn 2016 cbt sama pbt apa sih? kok yg cbt sampek 3 hari gitu?._.

    • Ari Candra Arista

      3 hari tebakan gue sih biar bisa diikuti oleh banyak peserta, soalnya memang infrastruktur CBT itu masih terbatas banget

  • Muhammad Ainur Rofiq

    kak, menurut kakak bagus gak nih, kalo kuasain dulu materi smp dan sma, terus lanjut kuasain tkpa habis itu saintek. gmana ? atau minta sarannya deh kak urutan yang bagus mulai dari mana belajarnya kalo dari zenius.net ini

  • Sinta Septining Kusuma Dewi

    Ka, berarti yg angkatan 2013 gak bisa ikutan ?

  • Sinta Septining Kusuma Dewi

    Ka

  • Sinta Septining Kusuma Dewi

    Ka, berarti yg lulusnya tahun 2013 gak bisa ikutan ?

    • Ari Candra Arista

      ga bisa ikut

      • Eko Teguh

        apa harus ngulang dari kelas 12 lagi trus bisa ikut atau harus ngluang dari kls 10?

  • Novia

    kak mau tanya, kan kalo SBMPTN itu milih 3 jurusan.. kita bisa gak milih 3 jurusan berbeda di 3 univ yg beda juga?

  • Muhamad Fauzan

    kak, apakah lulus un menjadi syarat wajib untuk mengikuti SBMPTN ?

  • Belly Waruwu

    kak ada gak lulusan SMK di zenius yang berhasil lewt FK jalur SBMPTN?

  • Rifqi Raza Bunahri

    Berarti Kalau sbmptn bisa memilih 1ptn daerah kita ujian dan 2ptn bebas dmna aja dengan syarat masing2 ptn memilih 1 prodi? Kalau smnptn cuma bisa maksimal 2ptn? Bener gitu gak?
    Tes sbmptn itu di ptn yg diinginkan atau dimana? Kita tes sbmptn cuma sekali trus hasilnya di pakai buat masuk ke ptn-ptn yg kita pilih?

  • Hhuda Himawari

    Bang ,kalau lulusan MA tahun 2012 ,bisa ikut ptn gak..

  • Dimas Indiarto

    Min kalau hubungan antara unas sama sbmptn apa ya? Relevansi atau dampaknya gitu... Makasih

  • Fariz Adji

    kak, untuk SBMPTN sama sekali gk lihat nilai UN?

  • tiara

    kak, kalo kita udah daftar sbmptn tapi ternyata kita snmptn keterima itu gimana ya? kan duluan daftar sbmptn daripada pengumuman snmptn.

  • dhiracitta

    semisal diterima snmptn 2016 terus gak diambil dan ikut sbmptn 2016 bisa tidak ya?

    • alifah

      bisa kok 🙂

      • dhiracitta

        trimakasih atas balasannya, kata guru bimbel saya kalau lolos snmptn bisa ikut sbmptn tapi gabakal diterima sama ptn, benar ga ya?

  • hhks

    Kalo saya milih pilihan prodi 1 di wilayah 2 dan pilihan 2-3 diwilayah 3. Apa nantinya saya bisa ujian di wilayah apapun asalkan bukan wilayah 4?? Atau malah saya ujiannya di wilayah 3 aja??

  • Jefri

    Mau tanya ni kak . Aku kurang ngerti si dari penjelasan di atas
    Tapi langsung aja . Aku anak ips tapi ingin sekali masuk IT tertarik sama code2 dll sejak aku sering main warnet dari smp ..
    Tapi aku lemah di mtk gagal paham karna dlu gak pernah serius belajar disekolah
    Kata teman ku gak bisa masuk jurusan ts ..karna itu aku jadi dilema .. minta masukan nya kak

  • Alwi

    mas maaf.. kalo milih tiga jurusan di universitas yang sama, bisa ga?

  • Rizky Rivai

    Maaf Kak mau Tanya,apakah ada penilaian lain dlm SBMPTN ini? Contohnya seperti NISN nah kebetulan Nama NISN ada yg salah (nama belakang salah satu huruf) kira2 itu berpengaruh tidak? Terima kasih

  • Eenk Sutrisna

    Ka mau tanya nih, kan saya ikutan jalur SNMPTN nih ya terus kan barusan aja saya daftar SBMPTN juga tapi belom transfer untuk pembayaran.. Apakah jalur SNMPTN saya akan gugur atau ngga ka?? Saya bingung

    • Yurie Arsyad Temenggung

      Up

  • Sitti Aysah

    kak aku mau pilih 2 jurusan di 3 PTN. apa bisa?

  • Muhammad Alghiffary

    kak misalnya suatu ptn nyelenggarain sbmptn cbt, tapi saya mau milih ikut sbm nya yang pbt, itu bisa gak kak?

  • Muhammad Alghiffary

    tempat penyelenggaraan sbmptn itu dimana biasanya kak? trims

    • Ari Candra Arista

      Bisa di sekolah atau universitas.

  • Tito

    numpang tanya
    *maaf kalo sblmnya pernah ditanyakan
    saya sudah mengikuti snmptn...
    lalu saya mendaftar sbmptn dengan alasan tidak begitu yakin dengan snmptn.
    tiba2 saya lulus seleksi snmptn padahal sudah mendaftar sbmptn.
    nah apakah saya harus membiarkan sbmptn atau ada prosedur utk membatalkan keikutsertaaan sbmptn?
    terima kasih

    • Ari Candra Arista

      Kalo diterima SNMPTN, tinggal ga dateng pas tes SBMPTN, ga perlu dibatalkan.

      • Tito

        ow gitu ya makasih infonya 😀

  • Fransisca Rosalinda

    Kak kl aku terlanjur daftar untuk kap dan pin terus belum bayar sampai batas yg ditentukan gimana ya? Apa bisa daftar lg setelah itu ? ;(

  • Yurie Arsyad Temenggung

    Kak saya mau nanya,saya daftar sbmptn dan sudah dapat slip tapi blom dibayarkan,
    Saya juga masih menunggu pendaftaran snmptn
    Apa jika saya tidak membayar apa saya tidak bisa ikut sbmptn lagi?

  • Yurie Arsyad Temenggung

    Kak saya mau nanya,saya daftar sbmptn dan sudah dapat slip tapi blok dibayarkan,
    Saya juga masih menunggu pendaftaran snmptn
    Apa jika saya tidak membayar apa saya tidak bisa ikut sbmptn lagi?

    • Ari Candra Arista

      Harusnya sih bisa aja.

  • Sonny William

    Kak Saya mau tanya ,sebelumnya saya SMA di Indonesia, tapi pas kelas 11 pindah ke Afrika Selatan. Kira2 kalau lulus sekolahnya dari sini bisa ikutan SNMPTN atau SBMPTN gak ?
    Makasih..

    • Ari Candra Arista

      Kalo sekolahnya di sekolah indonesia yg ada di luar negeri (SRI), bisa ikut

  • Ghea Soraya

    kak saya mau nanya. Apakah benar kalau sbmptn pilihan pertama misalnya ambil UNPAD, maka kalau tesnya di bandung akan mendapatkan poin+? Kabar burungnya sih gitu, hehe terima kasih

    • Ari Candra Arista

      UNPAD emang ada program "Unpad Nyaah ka Jabar" yang memprioritaskan anak asal Jawa Barat untuk kuliah di Unpad. Tapi itu setau gue khusus di SNMPTN aja, kalo di SBMPTN sih enggak.

      • Ghea Soraya

        Okee 😀
        Pendaftar snmptn yang ikut daftar sbmptn maka snmptn-nya ngga hangus kan kak? Masih simpang siur beritanya, nelpon hello center sbmptn aja susah. Jadi bingung mau ndaftar sekarang atau nunggu pengumuman snm -_-

        • Ari Candra Arista

          ga hangus

  • Fannisa

    Kak, klo untuk tempat tes sbmptn itu sendiri, tempat yg nentuin kita mau kemana aja asal diwilayah yg kita pilih atau tempatnya ditentuin pihak sbmptn? Mohon jawabannya. Terima Kasih

    • Devi

      ditentuin pihak sbmptn

  • Sheila Maizan

    Kak, kalo milih 2 jurusan 3 univ boleh gak?

    • Ari Candra Arista

      boleh

      • Andre Paskah Partogi Sitorus

        trus ujiannya dmna itu? mesti 1 wilayah sama salah 1 dri ke 3 ptn tersebut?

  • kak saya mau nanya kan saya milih ITB kria yang kelas cirebon nah itu kan program peminatan, apakah benar program peminatan peluang untuk lolos nya besar?

    • Ari Candra Arista

      iya, lebih diprioritaskan, jangan lupa kirim form program peminatannya

  • Devi

    kak tempat tes ngaruh ga sama peluang diterimanya di ptn?
    misalnya pilihan 1 ui, pilihan 2 its, tempat tes di malang
    yang tes di ui peluangnya lebih besar daripada yg tes di malang

  • Ulaa Muntaza

    Jadi buat sbmptn kita kita yang dari jurusan ipa g masalah langsung ambil ujian yg soshum? soaalnya pernah denger harus ambil ipc buat yg mau crossing path.

    • Ari Candra Arista

      ga harus ipc, boleh langsung soshum

  • Grace Angelia

    ka saya mau tanya, setelah melakukan pembayaran di bank sebesar 200 ribu, kemudian log in, apa borang formulir pendaftaran online harus segera diisi? apa boleh nanti2 saja namun masih dalam jangka waktu yang diberikan.

    • Ari Candra Arista

      boleh kapan2 sebelum penutupan

      • Grace Angelia

        okay. saya pikir harus segera di isi. Thanks ka

  • Andre Paskah Partogi Sitorus

    min, kalau gini boleh,
    1.FTTM(ITB)
    2.Teknik Geologi(Unpad)
    3.Teknik Geodesi(Undip)
    Boleh gak min?

  • Gita Palupi

    Kak aku mau tanya ni, kalo di pilihan 1 , ke 2 dan ke 3 aku ambil prodi yang sama tapi beda universitas boleh gak sih? Dan peluangnya gimana mohon penjelasannya?

  • EkaR

    ka klo misalnya kesalahanya ada pada kartu ujian nya gimana? saya gak tau kenpa tpi di kartu ujian saya malah tahun ijasah 2015 bukan 2016?
    apa itu patal? terus aku mesti gimana ka?
    apa harapan aku buat ikut sbmptn udah gagal?

  • Abdul Rahim

    Kalo ujiannya CBT itu komputernya udh di sediain atau bawa laptop sendiri bg?

  • Muhammad Anton

    Bang kalo di web resmi sbmptn 2016 di situ dikatakn bahwa urutan pemilihan prodi menyatakan prioritas? So, sistem penilaian dlm seleksinya mirip2 kayak snmptn?

  • armanita yulanda29

    Kak, saya mau tanya, kalau misalnya kita terlambat dalam membayar uang pendaftaran sebesar 200k, berarti data kita akan dihapus dari calon peserta sbmptn. Jadi, kalau kita mau daftar lagi masih bisa gak kak?

  • Fitriyani G

    kak aku mau nanya..sayakan lulusan tahun 2010,terus aku daftar sbmptn udah bayar 200rbunya jg,,tpi baca blog nya kakak, lulusan 2010 udah gabisa ya?? kalopun bisa bagaimana caranya kak??

  • Rizka Devita

    kak saya kan daftar sbmptn, tapi saya juga mau daftar vokasi buat cadangan. nah pengumuman vokasi itu ternyata lebih dulu daripada sbmptn, trus katanya kalau diterima vokasi sbmptnnya bakal hangus. bener ga sih? makasih kak

  • Jannet Sailendra

    Ka kalau misal pembayaran ke bank tapi tanggalnya udah kelewat, apa bisa kita daftar lagi?

  • herani

    kak bantu jawab yah jadi gini saya stay makassar jadi pilihan ptn sya itu 1.kedok umum unhas 2.kedok umum untad terus pilihan ke-3 mesti di makassar juga yah kak ?biar panloknya bisa di mkassar

  • Attaroqqi

    bang, kalo ikut sbmptn itu harus lulus UN ya? kalo kedinasan kan harus lulus sekolah dan lulus UN kalo sbmptn sama atau gimana bang?

  • Afyan Cholil Asy’ari

    Kak, jurusan sma saya ipa, terus kalo mau masuk kuliah jurusan ekonomi manajemen berarti saya cuma ikutan tes soshum? Enggak usah ikut yang saintek?
    Sayaasih kelas 11 sih. Terima kasih

  • Bagas Ramadhani

    kak apakah nilai UN berpengaruh trhdap sbmptn??

  • Siti Intan Syamsiah

    Ka mau nanya .. pilih 3 jurusan sbmptn .. semuanya di UI bisa ga ?

  • Ilhak Saprudin

    Ka mau tanya nilai un yang kecil berpengaruh tdk di sbmptn..

  • Novia

    Kak, mau nanya nih. misal yaa ambil ipc, tpi krena aku anak ipa jadi kaga ngarti ips, aku cuma bljr ipanya, jwb yg ips cuma biar kaga hangus doang nilainya. Terus ntr sistem nilainya gimana? penilaian antara ips sma ipa dijadiin satu apa di beda2in ? thank you ..

  • Rezky_AP

    Siang Mas, saya mau bertanya tentang pilihan prodi dan PTN.....
    Jadi saya ingin Memilih Arsitektur-UI, Sistem Informasi-UPNVJ, Teknik Informatika-UPNVJ
    Nah yang sya ingin tanyakan, apakah boleh memilih prodi seperti itu?? Karena Itu semua berada Di Wilayah I dan saya masih beranggapan kalau untuk option prodi tersebut harus ada yang diluar wilayah (Luar Wil.1). Apa benar setelah kita memilih prodi di wilayah saya, saya juga harus memilih di luar wilayah saya untuk SBMPTN 2016 ini? takutnya saya harus merelekan salah satu PTN itu (entah UI atau UPNVJ nya)

  • Azizah A Salsabila

    apakah berpengaruh ke sbmptn kalo daftar SIMAK UI?

  • Arum Dwiky’s

    kak kalo kita udah daftar sbmptn tapi tiba2 pas pengumuman snmptn lulus, jadi apa masih bisa ikut tes sbmptnnya?

  • Gilang Prasetya

    min, numpang nanya nih. kalau misalnya saya mendaftar di aceh 2 program studi dan di padang 1 prodi. keduanya di wilayah 1. apakah saya bisa mengikuti ujian di wilayah 1 lainnya ? seperti di riau atau dimana

  • Gladis

    kak mau tanya, aku baru lulus tahun 2015 udh jadi mahasiswa juga disalah satu ptn skrg. Rencananya mau ikutan lagi sbmptn 2016, bisa ga ya? status kemahasiswaanya bakal gugur ga?

  • Nila Noviyanti

    kak, mau tanya dong. kmrn sy kan sdh dftr sb tp klewatan tglnya buat trf kan jaraknya cuman 3 hari tuh. nah klo sya dftr ulang lagi apa tdk papa? brti kode pembayaran yg sy pake yg pendaftaran sy yg kedua kan? itu ngaruh tdk ke pembayaran? tktnya krna sdh prnh trdaftar tp tdk trasnfer jdi di block?

  • AngeLish S

    kak saya mau bertanya, Saya berasal dari Sumatra utara (wilayah 1)
    saya mau pilih
    pilhan 1: Pend B.indonesia - UNIMED (Wilayah 1)
    pilhan 2: Adm.negara - USU (Wilayah 1)
    piilhan 3 : adm. bisni - USU ( Wilayah 1)
    semua dari wilayah yang sama apa bisa??
    mohon dikoment kak

  • Nofri Tawaldi

    ka" saya mau nanya, tadi kurang jelas kak.
    pertanyaannya, apakah bisa mahasiswa yang aktif kuliah di suatu universitas negri mengikuti sbnptn?
    dan apakah nantinya tidak berdampak kepada kita, misal nya kita di DO, atau di skorsing.

    mohon penjelasannya kak.

  • winardo

    ka mau nanya,saya kan sudah keterima lewat snmptn tapi saya mau ikut utul ugm...apakah saya masih bisa ikut utul ugm? terima kasih ka

  • Mega Indah

    ka saya ga sengaja daftar 2 kali tapi belum bayar bank, saya harus pilih kap dan pin yg pertama atau kedua?

  • Ester lidya

    Terimakasih atas infonya yg sangat berguna ini. Maaf saya mau tanya kalau misal sayakan soshum, trus dimata pelajaran ekonomi point saat tes sbm saya nol atau minus apa berpengaruh dengan kelulusan kita diterima diuniv yg kita ingin? Terimakasih sebelumnya.

  • arisa momoka

    mau nanya, kalau ambil SENI, ikut IPC atau nggak? (misal jurusannya 2 IPA 1 SENI) tanpa ada prodi IPS lainnya..

  • Amelia Yahya

    Kak mau tanyaa. Alhamdulillah aku kan keterima di UPNVJ jurusan komunikasi. Aku dari anak ipa ga nyangka bisa dapet itu. Nah dari awal kan emang sama sekali ngga ngerpin snm soalnya aku sadar bakal ga keterima. Anak ipa kok ngambil ips haha nah dari semest 1 aku udah les ips karena aku pejuang sbm haha nah aku mau ikut sbm boleh ga kak ? soalnya cita"nya kan unpad. Tapi ga mau ngelepas yang snm juga. Tetep daftar ulang tapi ikut sbm. Bisa ga kak ?

  • Muhammad Firdaus

    Kak saya mau tanya, saya daftar sbmptn di prodi Teknik Informatika di PTN unsri, unand, dan di unpad, tapi saya ikut tes nya di bengkulu, apa bisa kak...?

  • Muhammad Firdaus

    Kak saya mau nanya, saya daftar sbmptn di prodi Teknik Informatika di PTN unsri (Palembag), unp (Padang) , unpad (Bandung), ( Wilayah 1 ), tapi saya tes nya di Bengkulu ( Wilayah 1 ) bisa gak kak..?
    Tolong Fast Respon Kak...
    Terima Kasih

  • Almira Refriani

    Kalau tata cara berpakaian saat sbm nanti gimana ya buat yang wanita?

  • reztu prawira

    Kak mau nanya soalnya masih ragu, hehe.. jadi milh prodi pas sbmptn gapapa ya ga milih univ yang satu provinsi dengan sekolah? soalnya kan di snmptn gitu... makasih kak

  • Christanty

    Itu benar ya..
    Walaupun kita milih pilihan kedua atau ketiga dengan persentase tinggi tetap diterima?
    Misalnya
    Pilihan pertama nggak lulus tpi pilihan kedua dan ketiganya lulus
    Itu sudah pasti di terima atau gimana?

    Mohon jawabannya ^^

  • Putri Sanggita Padmayani

    hai kak, kalo semisal pilihan pertama ada di PTN A prodi A dan pilihan ke 2 dan 3 di PTN B prodi A dan B boleh ga sih ka? dan itu bakalan mempengaruhi lolos atau enggaknya ga kak?

  • Lauren K.

    Kalau saya sudah daftar dan input data dan kartu sudah keluar tetapi saya salah memilih univ berarti saya harus daftar ulang dan melakukan pembayaran lagi kan? Bagaimana dengan kartu pertama yang sudah jadi? Apakah saya menghubungi panlok tempat saya ujian untuk membatalkan kartu pertama tadi?

  • intan

    kak mau tanya bener gak sih domisili kita berpengaruh sama peluang kita lulus di sbmptn? misalkan di univ ugm yg dari malang kuotanya cuma 2 orang, surabaya cuma 4 orang sedangkan yg domisili di jogja lebih banyak . bener gak tu kak?

  • Rifdah Azzura

    kak apa benar kalau di sbmptn kita keterima jurusan di ui, ketika simak kita gak akan keterima lagi?

  • aristia Dian

    Kak, kan aku salah nentuin jurusan ya nah niatnya aku mau daftar dari awal lagi untuk sbm ini, kira2 bisa ga sih kak kita daftar lagi tp udah dapet kartu ujiannya?

  • Indah Kurnianda

    Kak, boleh nanya gak? Jadi, kalau misalnya aku ikut sbmptn tp ikut jalur mandirinya juga, apa berpengaruh dipenyaringannya? Contoh, pengumuman mandiri aku lolos (krn pengumuman mandiri lbh cepat dibanding sbm) dg catatan aku milih prodi dan univ yg sama utk sbm&mandiri, maka pd pengumuman sbmptn nantinya nama sy dicoret krn sdh ditrima jalur mandiri. Apa sprti itu? Mohon penjelasannya. Terima kasih

  • Ikma Meilita

    kak mau tanyak, soal sbmptn itu se indonesia sama apa tergantung universitasnya masing2?

  • Sitti Suharni

    Kak, ada yg kasusnya kyk gini :
    Tadi aku daftar pilihan pertama unsoed ambil agrotek, trs pilihan kedua unsoed agribis (tadi rencana mau agrotek tp di pilihan kedua ga ada prodi agroteknya cuma ada univ nya doang) Trs pilihan ke tiga mau unsoed ga ada ka. pas d simpen malah kembali ke laman awal.
    jd aku milih cancel, takut salah.
    gimana nih? boleh kyk gitu?

    (jadi, si anak ini baru daftar sbmptn, trus dia milih 1 PTN 3 prodi)
    mohon dibantu jawab kak

  • syifa hanina syafanah

    Kak mau tanya dong tp mungkin ini OOT
    Kalau pas daftar sbmptn no hp kita salah, itu kaya gimana efeknya? Kesalahan fatal atau engga ngaruh kedepannya?

  • Riski Suprihatin

    Kak saya kan daftar SBMPTN dengan ketiga jurusan semuanya ambil di IPB, sedangkan IPB berada di Panlok Bogor. Tetapi saya salah ga kalau ujiannya di Panlok Bandung ? Mohon jawabannya kak dan Makasih banyak kak

  • Atikah Hasna Anggriana

    mau nanya dong kalo sbm surat keterangan lulus yang dibawa harus asli atau boleh foto kopian yang dilegalisir? kalo harus yg asli. nanti surat keterangan lulusnya diambil panitia apa bagaimana?

  • Muthazhar Alrasyid H

    TS-nya ngidol parah ahaha.... oh ya kk, jadi mmg SBM itu betul2 objektif kan??? jadi sebenarnya kalo masalah pilihan satu ato dua ato tiga itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan kan kk?

  • Samudra Cahyono

    bang , kalo sbmptn diterima tapi ga ambil gimana ? apakah ada sanksi atau tidak

  • Agnes Angelia

    Kak pengen tanya , kalo misal sudah daftar sbmptn, tapi mau daftar lagi gara2 jurusannya salah, gpp kak ?

  • Abraham Kurniawan

    saya ingin tanya. apakah seleksi penerimaan sbmptn dilakukan oleh PTN langsung atau melalui panitia pusat ?

  • Bram erlambang

    kak, bener gak sih klo di SBMPTN itu ada nilai mati, misal ada satu mata pelajaran yang gak diisi sama sekali itu langsung nggak diterima?

  • Gheavanya Azhari

    Kaa, mau tanya. Kalo identitas diri buat sbm ntar kalo pake rapot boleh ngga?

  • Ady Hasan

    Misalkan dalam SBM besok saya mengkosongkan sepenuhnya bahasa Inggris dan saya optimalkan pelajaran lain. Apa berpengaruh ya terhadap nilai nasional? Terimakasih atas informasinya

  • candra pramanda

    bang, pilihan kita gak harus berada di provinsi kita kan pada saat sbmptn16?

  • Erald David

    Kak mau tanya....
    Mungkin agak remeh banget ya, tapi di SBM itu apa disediakan nilai-nilai dari konstanta yang bakalan dipake di soal??
    Misalnya h (konstanta Planck) = berapa atau c = berapaa..
    Dari kemaren ribut sama temen masalah ginian..... Kalau disediakan kan gak perlu ngafal plus tambah enak belajar konsep doang....
    Btw, thank you for the nice article d^^b (pliss dijawab ya kak, udah H-8)

  • Sri Murdiani

    Kak ari mohon dibales ya.
    Kak. Misalnya aku milih pendidikan dokter di 2 univ yg berbeda. Nnti klo PG ku mencukupi untuk diterima di kedua univ, apakah aku bakaln lolos di kedua univ itu? Atau klo misalnya PG ku udh bisa lolos di univ yg pertama, apakah aku ga bakalan diikutkan utk penyeleksian di univ yg kedua karna aku udh lolos di univ yg pertama itu?

  • AguNk Marshelo

    Kak kalau waktu sbmptn boleh pakai jam tangan analog maupun digital ngga? kata orang bolehnya pakai jam tangan analog doang

  • muhammad rizkyk

    Ka mau nanya dong kan ujian tinggal bberapa hari lagi nih saya ikut sbmptn campuran( pilihan pertama 1 itb fsrd soshum dan pilihan ke 2 arsitektur ui saintek ) tapi saya berubah pikiran lbih milih ui kira2 kalo saya nanti ngerjain yg saintek aja dan ga ikut Uk Seni berpengaruh ga ke pilihan yg ke 2 ( arsitektur )?

    • Typan

      kak boleh tanya gak?

  • Tta

    Kak jika NISN salah berpengaruh di SBMPTN nggak ?

  • krnlubis

    Kak mau nanya mengenai jalur mandiri,apa peserta yg dibolehkan ikut tes jalur mandiri adalah peserta yg pernah mengikuti sbmptn? Atau boleh aja mengikuti tes jalur mandiri padahal sebelumnya gak pernah daftar sbmptn?

  • Malik

    Min saya lagi kurang sehat,Kalo gak ikut tes keterampilan ngaruh gak sih sama pilihan yang bukan olahraga,seni?

  • Dwi Ernawati 1999

    kak saya ingin tanya . kalo mau ngambil jurusan IT nanti tesnya mengikuti yang campuran atau yang lain kak

  • Rachman Arifin

    Mas mau nanya, klo ada 2 mapel yg sama sekali gak di isi untuk sbmptn 2016 itu bakal kena dis gak ya ?

  • Arif

    kak saya mau tanya apakah jika ada satu mapel yang tidak diisi sama sekali otomatis langsung gugur

  • Dewi Yustika

    Kak mau tanya, apakah kalo kita ngosongin Salah satu mapel pada saat sbm kita bisa gak lolos?

  • Cindy Riannie

    kalau lulusan 2013 ga bisa ikut sbm 2016 ya? nanti 2017, yg lulusan 2014 juga ga bisa ikut sbm ya?

  • Dena Djayusman

    ka mau tanya ,kalau masuk polban itu bisa jalur sbmptn ?

  • Hanifa diena

    mau tanya, hari ini kan pengumuman hasil sbmptn dan alhamdulillah aku lolos pilihan 2. di laman sbm nya aku dinyatakan lulus tp di laman univ nya aku tdk dinyatakan lulus. itu bagaimana ya? bingung TT

  • Melisa Ester

    Kak mau tanya, kalo udah lulus sbmptn nih di USU. Tapi nilai UN kemarin ada satu yang di bawah kkm. Masih bisa lolos kah saat daftar ulang?

  • Aprilyana Sari

    Saya sudah keterima di ptn melalui sbmptn, tapi ptn yg menerima bukan ptn impian. Bolehkah saya mendaftarkan diri ke ptn impian melalui Seleksi Mandiri?(1), namun disela-sela menunggu hasil seleksi mandiri, saya akan tetap mengisi dan mengirim data diri saya ke ptn yg menerima saya melalui sbmptn.
    Apakah ada dampak untuk ptn yg menerima saya melalui sbmptn(2)?
    Saya ingin melakukannya karena saya sangat ingin belajar di ptn impian saya, saya juga tidak ingin untuk tidak berjuang lagi jika seandainya itu bisa saya lakukan. Mohon segera jawab ya kak...

  • Aprilyana Sari

    Saya sudah keterima di ptn melalui sbmptn, tapi ptn yg menerima bukan ptn impian. Bolehkah saya mendaftarkan diri ke ptn impian melalui Seleksi Mandiri?(1), namun disela-sela menunggu hasil seleksi mandiri, saya akan tetap mengisi dan mengirim data diri saya ke ptn yg menerima saya melalui sbmptn.
    Apakah ada dampak untuk ptn yg menerima saya melalui sbmptn(2)?
    Saya ingin melakukannya karena saya sangat ingin belajar di ptn impian saya, saya juga tidak ingin untuk tidak berjuang lagi jika seandainya itu bisa saya lakukan. Mohon segera jawab ya kak...

  • Elisa Natalia Sentoso

    Kakk.. mau tanya nih, di SNMPTN kan ada tuh yang namanya "PT yang tidak mau dinomor-2 kan" nah bagaimana dengan SBMPTN? terus kalau saya pilih ITB sama Unair horror ga tuh?
    Thanks

  • Sri Hartinah Titin

    Mas Ari mau nanya, boleh ngak kita pilih 2 jurusan yg sama tapi universitasnya berbeda, misalnya saya mau ngambil jurusan kedokteran, pilihan 1 di UI dan di UGM pilihan 2, jurusan kedokteran jg. Mohon penjelasannya. Makasih

  • Nuzul qurnia

    Kak, kalo kita ikut jurusan seni atau olahraga, harus ikut tes saintek/soshum juga ga? Atau hanya ikut tes keterampilan aja?

  • Eva Nindhi

    Ka kalo saya dari jurusan ips mau ambil prodi kesehatan masyarakat trs sbmptn nya gimana?

  • Laura Jacobs

    Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi hari ini kami melalui e-mel supaya kita boleh memberikan syarat-syarat pinjaman dan syarat-syarat kami di: (saintloanss@gmail.com)

  • Ranu Sinaga

    gan .. kalo saya keterima jalur mandiri UB terus saya mengundurkan diri. itu kena sanksi apa biasanya kak..galau saya. trimakasih kak.

  • Arya Theresia

    KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Ibu Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari MRS CHRISTY MORRIS PINJAMAN FIRM karena begitu banyak lender palsu kredit di sini di internet dan juga untuk membiarkan Anda tahu bahwa saya adalah korban dari penipu internet selama 6 kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat handal disebut MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp850,000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
    Jika Anda memerlukan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui email: aryatheresia750@gmail.com
    Anda dapat menghubungi perusahaan langsung pada pinjaman mereka
    Email: christymorrisloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    arya Theresia

  • zha fauzi

    kak saya mau tanya, penilaian sbmptn tergantung pilih fakultas? misalnya nih kita mau ambil fk farmasi untuk pilihan pertamanya sedangkan untuk ke 2 dan ke 3 dgn fakultas yg berbeda misalnya psikolog, apa itu mempengaruhi penilaian? soal nya aku pernah denger2 kalo penilaian sbmptn itu tergantung pemilihan fakultas nya

  • Fariz Kurnia

    kalo udah kuliah di ptn tahun ini(2016) apakah boleh ikut sbmptn tahun depan(2017)? dan apabila diterima di ptn di tahun 2017, apakah ada sanksi tersendiri apabila mengundurkan diri/keluar dari ptn sebelumnya?

  • I Wayan Bagus

    Kak,saya dari pontianak, mau tanya apakah bisa jika saya ambil jurusan Ilmu Komputer di ITB,UI,dan UGM, saya dengar dari temen pilihan ke tiga harus milih di untan ya? apakah benar? trims

  • martin

    Kak kalau nilai ijazah kecil.. Berpengaruh ga si dalam sbmptn?

  • opara gerrard

    Anda perlu pinjaman? Adakah anda seorang lelaki atau perempuan dan anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan perniagaan anda ?? Adakah anda memerlukan modal untuk memulakan perniagaan? Apa masalah kredit anda mungkin, di sini datang bantuan anda kerana kami menawarkan pinjaman kepada individu dan syarikat pada kadar yang rendah dan berpatutan yang menarik. Hubungi kami hari ini di (OPARAGERRARD@GMAIL.COM)

  • Chloe Morrison

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir mendapatkan untuk mengakhiri tahun ini dan kami berada di Chloe Firm Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________

    CHLOEMORRISLOANFIRM
    (chloemorrisloanfirm@gmail.com)

  • Sri Wahyuni Mansyur

    kak mau nanya, kalo sbmptn nanti misalnya saya ngambil Psikologi UNAIR (wilayah III), administrasi perpajakan UB (wilayah III), psikologi UNY (wilayah II). trus misalnya sya ikut tesnya di panlok samarinda yg masuk wilayah III, itu bisa kan kak?

  • Muhammad Akbar

    Kak Ari. Terimakasih banyak atas infonya. Dan saya punya beberapa pertanyaan. Yang pertama kak,jika kita sekarang berstatus mahasiswa baru di PTN dan ikut kembali seleksi SBMPTN dan ternyata tidak lulus pada seleksi tersebut,nah apakah pada saat kita terdaftar mengikuti SBMPTN tersebut secara otomatis kita akan didrop out dari PTN yang sebelumnya kita masuki ?. Pertanyaan kedua,apakah di SBMPTN ketika diseleksi oleh badan terkait,berlaku yang namanya jumlah alumni sma yang masuk ke PTN yang kita piih sebelumnya tersebut ?. Terimakasih banyak kak. Dimohon jawabannya.

  • Muhammad Akbar

    Kak Ari.Terimakasih banyak atas infonya. Dan saya punya beberapa pertanyaan. . Yang pertama kak,jika kita sekarang berstatus mahasiswa baru di PTN dan ikut kembali seleksi SBMPTN dan ternyata tidak lulus pada seleksi tersebut,nah apakah pada saat kita terdaftar mengikuti SBMPTN tersebut secara otomatis kita akan didrop out dari PTN yang sebelumnya kita masuki ?. Pertanyaan kedua,apakah di SBMPTN ketika diseleksi oleh badan terkait,berlaku yang namanya jumlah alumni sma yang masuk ke PTN yang kita piih sebelumnya tersebut ?. Terimakasih banyak kak. Dimohon jawabannya.

    • Ari Candra Arista

      Lo bisa ikut SBMPTN tanpa keluar atau diketahui kampus dan itu juga gpp. Banyak kok yang kayak gitu. Yang repot itu kalo pas ujian SBMPTN bersamaan dengan ujian di kampus.

      Trus kalo SBMPTN udah ga ada hubungan dengan sekolah asal. Jadi ga peduli seberapa banyak alumni SMA lo, itu ga membantu.

  • Sam R

    di SBMPTN itu ada ga sih sistem spt ini... misal saya pilih
    1. ITB STEI
    2. ITS FTIF
    3. ITS .....prodi lainnya
    apa ada kemungkinan walaupun score saya memenuhi masuk ITS, tetapi saya tidak diterima di its dengan alasan saya menjadikan ITS sebagai pilihan kedua? karena berkali2 saya mendengar teman-teman saya, katanya ITS tidak ingin menerima yang menjadikan ITS sebagai pilhan kedua dari ITB. saya menjadi takut buat daftar ITS dan ITB secara bersamaan..

  • Suci Devi26

    Kak mau nanya nihh, kan aku pingin daftar sbmptn Psikilogi di UI, karna aku anak ipa. Itu kita klo uda lolos snmptn di univ lain gabisa ikut sbmptn ya kak?
    Trus masalah wilayah tes sbm bisa ga kak klo tes sbm UI di luar kota. Lampung misalnya? Trus tau informasi tes panlok kaya gitu dimana ya kak?
    Tolong penjelasannya kak 🙂

  • Anni Sherry

    Apakah Anda memiliki kredit yang buruk ?
    Anda perlu uang untuk membayar tagihan ?
    Anda perlu memulai bisnis baru ?
    Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai untuk pendanaan di tangan orang-orang miskin ?
    Anda perlu uang untuk berinvestasi dalam beberapa bidang spesialisasi yang akan menguntungkan Anda ? dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan .

    Saya Bapak Alex Moore , seorang pemberi pinjaman uang pribadi. Aku memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% per tahun dalam jumlah $ 500,00 sampai $ 20.000.000,00 sebagai tawaran pinjaman . Proyek pembiayaan 100 % dengan pinjaman aman dan tidak aman tersedia. Kami menjamin untuk menyediakan jasa keuangan bagi banyak pelanggan kami di seluruh dunia . Dengan paket pinjaman yang fleksibel , pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam sesegera mungkin . Kami beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dimengerti dan kami menawarkan pinjaman dari segala jenis untuk klien tertarik, perusahaan , perusahaan , dan semua jenis organisasi bisnis , individu swasta dan investor real estate . Cukup hubungi kami di alamat email kami :ramzanhelp31@gmail.com , kami berharap untuk respon cepat dan langsung .
    ..
    EMAIL kami di: ramzanhelp31@gmail.com

  • Rendi Rely

    Ka misal kalo saya lulus SNMPTN pilihan ke 2 tapi belum puas, jadi saya ikut sbmptn biar bisa diterima di pilihan pertama. Apakah SNMPTN pilihan kedua tersebut otomatis gugur?

    • Ari Candra Arista

      Karena tanggal tes SBMPTN bersamaan dengan daftar ulang SNMPTN, maka kalo lo ikutan tes SBMPTN otomatis ga bisa daftar ulang SNMPTN yang telah diterima. Kalo ga daftar ulang, maka akan gugur, soalnya daftar ulang ga bisa diwakilkan 🙂

  • kelvin clay

    jangan Anda memiliki semua jenis masalah keuangan? Anda Perlu pinjaman untuk melunasi utang? adalah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan
    Perusahaan berwenang untuk mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 untuk maksimal 100 juta.
    menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
    Pinjaman pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Perbaikan rumah
    * Pernikahan Mortgage
    * Kesehatan Loan, dll
    Jadi .. jika Anda tertarik, silakan kembali ke kami melalui email kami kelvinclayloanfirm@gmail.com

    Allah segala sesuatu mungkin.

  • Hani yuliani

    Ka saya mau tanya, saya anak ipa tapi saya kan mau ambil soshum semua dan pngin ambil jurusan Filsafat UI nah pas sbm otomatis kan ikut soshum yaa??? Brhbung filsafat ini tuh "pola pikir" trus ada tes tambahan gitu gak kaya yang mau ambil seni ? Makasihh sblumnya ☺

    • Ari Candra Arista

      Iya soshum. Semua jurusan ga ada tes tambahan, kecuali jurusan seni dan olahraga yang ada ujian keterampilan. Dan ketika kuliah nanti bakal dijelasin dari nol kok 🙂

  • Daria Fernanda Delgado

    Perhatian !!! Perhatian !!!
    Anda membutuhkan pinjaman? Atau apakah Anda membutuhkan uang tunai mendesak untuk memecahkan masalah keuangan Anda? Tidak terlihat lagi karena kami menawarkan 100 pinjaman% dijamin pada tingkat bunga rendah dari 2%.
    Email kami di: (MARIAFERNANDADELGADOLOAN@GMAIL.COM)

  • Dzurria Masari

    kak kata kakak kelas ku kalau jurusan di sma nya ipa mau ngambil soshum walaupun soshum semua pilihannya ambilnya tetap harus ipc, apa benar kak? mohon informasinya lagi kak makasih:)

    • Ari Candra Arista

      Enggak kok, bisa langsung soshum aja 🙂

  • Angron Sari

    Kak, aku anak smk jurusan farmasi, tapi apa bisa mau ngambil fk? Tadi aku baca fk cuma bisa buat anak ipa...

  • Sarah Evangelista

    Mau nanya ya kak.

    (1) "Gue ga ngerti kenapa fanbase EXO ikutan ngetweet tentang SNMPTN, tapi kalo dilihat dari username akunnya, sepertinya itu udah cukup menjawab." Menjawab apa?

    (2) "Untuk yang mulai belajarnya agak telat, zenius menyarankan fokus di 1 kelompok ujian saja (saintek atau soshum), jangan ambil IPC karena bahan materinya sangat banyak." Apa itu termasuk dalam daftar kesalahan atau saran yang ditulis di paragraf baru?

    Terima kasih.

  • Rista Nuna

    kak, kalo yg nanti lulus SMA thn 2017 bisa daftar pas awal2 april atau harus nunggu dapat ijazah dulu? soalnya kalo bisa aku pengen daftar lebih cepat

  • Fachrizal Rustam

    kak bahas tentang dunia perkuliahan khususnya untuk fakultas teknik 🙂

  • Rista Nuna

    kak, kalo buat yg lulusan tahun 2017, apa harus nunggu dapat ijazah dulu baru bisa daftar?

    • Putri Mawang

      bantu jawab, ya. untuk lulusan tahun 2017 atau fresh-graduate itu bisa pakai surat keterangan lulus (skl) atau ijazah sementara dari pihak sekolah. ijazah hanya wajib bagi lulusan 2015 dan 2016. tapi kalo sekolah kamu ngeluarin ijazahnya lebih cepat ya lebih baik 🙂

      • Rista Nuna

        thx putri 🙂

  • Michael90

    bang saya kls 12 ipa mau tny, saya mau ambil jurusan sastra cina, kira" peluangnya besar ga utk msk lwt jalur SBMPTN, soalnya itu ranah soshum tapi saya blm pny bekal pelajar IPS ?

  • Oxlade

    Kak, mau tanya.

    Untuk penilaian SBMPTN 2017 ada prioritas tentang usia gk ya bang? Misalnya lulusan tahun 2017 lebih diutamakan daripada lulusan 2015 atau 2016 (alumni) walaupun skor nasional alumni lebih besar daripada skor nasional anak 2017?

    Atau penilaiannya murni dengan skor tertinggi yg diprioritaskan sesuai daya tampung? TQ

  • Fauzan Nurramadhan

    Kak kalo kita milih tiga jurusan yang sama di 3 ptn berbeda boleh ga? Saya mau milih :
    1.Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB,
    2.Teknik Mesin ITS,
    3.Teknik Mesin UNDIP
    TERIMA KASIH KAK

  • scott theodora

    Apakah Anda berpikir tentang mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman komersial dan pinjaman usaha dan segala macam pinjaman bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (theodoraloanfirm@gmail.com)

  • Alfinsa EP

    Maaf OOT.
    Bagian ini https://www.zenius.net/c/4831/latihan-reading-6-inference-questions ngga ada PDF soalnya. Bagian yang lain ada. Bisa tolong diupload PDF-nya gak? Makasih.

  • Walidz

    ka saya rencananya mau ambil pil1 teknik arsitek pil 2 ekonomi bisnis tuh bljrnya saintek/soshum?

  • P Alfisyahril

    Kak.. Saya skrg kls 11
    Kalo belajar sbm dari sekarang, apakah worth atau kagak?
    Saya soalnya gk memperdulikan snm, dan langsung fokus sbm

    Apalagi saya lihat banyak testi dari sini, yg awalnya kurang baik, setelah belajar sbm disini jadi masuk ptn ternam

    • Locaya Imanda

      bagus, belajar aja dari sekarang. Gue nyesel kenapa gak belajar dari kelas 11 dan sekarang 3 bulan lagi udah sbm

  • Walidz

    ka saya rencananya mau ambil pil1 teknik arsitek pil 2 ekonomi bisnis tuh bljrnya saintek/soshum?

  • yosapat nashulah

    Bang kalo saya mau masuk jurusan it, ntar tes sbmptn nya yang keluar materi apa aja?

    (Gimana si pola /tata cara /pengelompokanya gimana aja bang? )

  • candida

    BAGAIMANA MEMENUHI pemberi pinjaman UANG NYATA DAN ASLI DARI USA
    Halo semua, nama saya candidabuinton Dari indonesia, saya tinggal di sini di Bekasi, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan semua indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh ke tangan scammers dan Fraudstars, ada banyak pemberi pinjaman palsu di sini di internet, beberapa dari mereka adalah asli mengapa ada juga yang tidak, saya ingin memotong kesaksian bagaimana Allah mengarahkan saya ke pemberi pinjaman uang yang sah dan nyata yang mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya yang Tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman di sini di internet, saya telah kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, asuransi, pajak dan setelah pembayaran saya belum menerima pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan ditipu sejumlah besar uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan sehingga saya menjadi begitu putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru menerima pinjaman online, kita bahas pada subjek dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang pria bernama halaman Mr james yang merupakan CEO dari Badan halaman Loan. Jadi, saya mendaftar untuk jumlah pinjaman (250 ribu dolar AS) dengan tingkat bunga rendah 3%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah, tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam Kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman diendapkan di bank saya. Jadi saya ingin menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi dia cepat sekarang dalam emailnya di (james.page@financier.com). Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini, saya berdoa agar Tuhan akan memberkatinya untuk hal yang baik yang telah dilakukan dalam hidup saya..

  • Quicken Loans

    Halo, apakah Anda membutuhkan pinjaman pada bunga rendah dari 2% Apakah Anda telah ditolak pinjaman bank karena Anda tidak memiliki agunan atau memiliki kredit buruk? Apakah Anda lelah stres Bank Kemudian Anda berada di tempat yang tepat hubungi kami sekarang melalui e-mail kami (quickenloansinternational@gmail.com)

  • hudi wahyudi

    bang, penilaian pada sbmptn itu apakah berdasarkan total skor, atau mempertimbangkan mata pelajaran yang terkait dengan jurusan, misal saya pilih jurusan teknik kimia, apakah pada sbmptn mapel kimia, matematika, dan fisika saya harus bagus? atau saya boleh menitikberatkan pada mapel biologi yang tdk ada sangkut pautnya dengan t.kimia??? makasiih

  • Susan Bowman

    Butuh kredit ekonomi yang mendesak?
    Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda
    Pelunasan dimulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang Anda di rekening bank Anda
    * Tingkat bunga rendah dari 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan biaya bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibiayai? Setelah Anda mengirimkan aplikasi pinjaman Anda,
    Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    dari keuangan 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    darimu. Hubungi perusahaan yang sah dan berlisensi ini berwenang untuk memberikan dukungan keuangan untuk Semua
    Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250,000,000.00. Max, Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam Euro, THB-Thai Baht, Sterling dan nilai tukar Dollar adalah 2% dari semua pinjaman
    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    jika Anda tertarik kembali ke kita melalui ...
    Email: Karinlookmanloancompany@gmail.com

    • Wiwin Anjab

      Apa harus transfer dulu baru dapat pinjaman

      • Susan Bowman

        contact us Via our mail and you can get the procedures on how to get your loan

  • stacy

    Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    Mahasiswa pinjaman konsolidasi utang pinjaman, pinjaman tanpa jaminan, risiko
    Modal dan dll .. Atau ditolak pinjaman bank atau bank
    Untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat
    Solusi pinjaman! Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan
    Bisnis dan individu pada tingkat bunga rendah dan harga terjangkau
    2%. Tujuan. Silahkan hubungi kami melalui email:
    financialfutureloanfirm@gmail.com

    terima kasih
    Ibu Stacy

  • pengen masuk UI

    kak saya mau nanya. misalnya saya alumni sma di sumatera utara. trus pengen kuliah di UI. Apakah ada pengaruh kalau misalnya saya mengikuti SBMPTN di Jakarta? terima kasih.

  • Dinezia Ramadhani

    kalo cuman milih 1 pilihan peluang masuknya bakalan sama kayak milih 3 pilihan ga?

  • Khalis

    Ka kalo saya pilihan pertamanya TVF UNPAD dan pilihan kedua nya AGRIBISNIS UNPAD pilih SBMPTN IPA, IPS atau IPC?

  • Hayrun Nisa

    misalkan angkatan 2014 sudah tidak bisa mendaftar SBMPTN tapi misalkan lewat jalur mandiri masih bisa atau tidak?

  • john elizabeth

    Adakah anda berfikir tentang mendapatkan pinjaman? Adakah anda serius yang memerlukan pinjaman segera untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda dalam hutang? Ini adalah peluang anda untuk mencapai keinginan anda, kami memberi anda pinjaman peribadi, pinjaman perniagaan dan pinjaman perniagaan dan semua jenis 2% pinjaman tanpa faedah untuk maklumat lanjut hubungi kami melalui e-mel (elizabethjohnfirm246@gmail.com)

  • Susan Bowman

    KABAR BAIK!

    Untuk benar memperkenalkan diri,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN PINJAMAN PERUSAHAAN]

    Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya menyediakan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tapi mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
    Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

  • fatimah h.achmad

    Ijazah 2013 kenapa gk bisa ikutan lagi bang?

  • Theo

    Mau nanya nih kak.... Aku kan sekarang alumni tp sedang kuliah. apakah universitas mau menerima seseorang yg sudah mahasiswa di universitas lain?
    yg kedua. ini seleksinya lgsg dari pusat kan ya ka? ga diserahin ke univ masingmasing? terima kasih Kak

  • Ahsana Khoirul Umam

    Kak saya mau nanya nih, saya mahasiswa aktif univ A dan nggak registrasi ulang smt genap otomatis kan mahasiswa non aktif. Apa saya boleh ikut sbmptn?

  • Rakha Zharfarizqi D

    kaa mau tanya ada ga link buat presentase keketan untuk masuk ui jalur saintek... sama tips untuk pembagian waktu buat yg kuliah tapi sambil bljr sbmptn... di video zenius itu cuma di ksh tau cara mempertahankan kemampuan kita tapi tdk d jlskan cara pmbgian wktunya trima kasih

  • rebecca williams

    Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini .

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

  • Lila

    Kak kalo smk gak bisa masuk kedokteran ya walaupun lewat jalur sbmptn?

  • Nopi Kuswati

    Kak klo daftar sbmptn sblm pengumuman snm boleh gk sih?? Trs klo misalkan keterima snm gmna?? Mhon jawabannya

  • Dinda oktariana

    Mau tanya dong kak sebenernya nilai mati itu ada gk?kalo satu mapel dikosongin atau nilainya minus itu ngaruh gk buat penilaian

  • Ghea Soraya

    apakah bisa mengambil SBMPTN dan ketiga PTN-nya di wilayah 2?

  • Davin Ezra Pradipta

    Saya mau tanya, berdasarkan yang dicontohkan di atas bahwa peserta dapat mendaftar di tiga univ yang berbeda. Apa benar demikian? Mohon responsnya, terima kasih 🙂

  • Matan Ai

    Ka mau nanya kalau milih 1 jurusan aja tapi pilihannya beda univ boleh engga kaa?
    Misalnya 1 FK UI 2 FK UNPAD 3 FK UNDIP
    Itu boleh engga? atau gimana ka?

  • Gregory Horn

    Halo

    Anda pernah dalam mencari pinjaman secara online dan tidak tahu bagaimana untuk pergi tentang itu? Menyelamatkan diri stres dan menghubungi Mrs Nilceia Teofilo, pemberi pinjaman secara online bersertifikat yang mengucurkan pinjaman untuk pelamar yang memenuhi syarat, tidak ada banyak pekerjaan kertas, bahkan dengan kredit buruk Anda, Anda masih bisa mendapatkan jumlah pinjaman yang Anda inginkan, Dia memberikan pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura dll atau Were Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan saya hanya berkata menyelamatkan diri stres! Kontak melalui email: (nilceiateofiloinvestments@gmail.com)
    Tingkat bunga sangat terjangkau dan nego terlalu tergantung pada jumlah pinjaman yang dibutuhkan.

    lokasi perusahaan. Kanada.

    Ibu Nilceia Teofilo
    nilceiateofiloinvestments@gmail.com

    • Yudhis

      Kok sekarang zenius ada ginian sih -_-

  • amel

    kak, mau tanya apa memang fk sbmptn program ipc tuh gak bisa ambil fk krna pas sma nya ips ?
    tapi kenapa kaka kelas saya banyak yang dari ips lolos di fk dengan program ipc ?

  • Taufiq Idrus

    misalnya gw pilih 3 prodi di its, tapi tesnya di makassar bisa gak ?

  • RAIHAN PASHA

    kak mau nanya bobot nilai tkpa sama tkd itu berapa persenya? apa itu 50% 50% atau tkpa 30% saintek 70%?

  • fred mantin

    Adakah anda seorang lelaki perniagaan atau perempuan? Anda memerlukan wang untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda memerlukan pinjaman untuk menyelesaikan hutang anda atau membayar bil-bil anda atau memulakan perniagaan yang bagus? Adakah anda memerlukan wang untuk projek anda? Kami menawarkan pinjaman bercagar bagi apa-apa amaun dan di mana sahaja di dunia (individu, syarikat, hartanah dan orang undang-undang) dalam kadar kami sebanyak 2% yang sangat baik. Dalam menjawab permohonan dan menghantar lebih banyak maklumat ke alamat e-mel berikut: (fredmantin@gmail.com)

  • fred mantin

    Adakah anda seorang lelaki perniagaan atau perempuan? Anda memerlukan wang untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda memerlukan pinjaman untuk menyelesaikan hutang anda atau membayar bil-bil anda atau memulakan perniagaan yang bagus? Adakah anda memerlukan wang untuk projek anda? Kami menawarkan pinjaman bercagar bagi apa-apa amaun dan di mana sahaja di dunia (individu, syarikat, hartanah dan orang undang-undang) dalam kadar kami sebanyak 2% yang sangat baik. Dalam menjawab permohonan dan menghantar lebih banyak maklumat ke alamat e-mel berikut: (fredmantin@gmail.com)

  • Fadhilatun Ni’mah

    Berarti sertifikat lomba2 nggk bisa dipake ya kalo SBMPTN?

  • rebecca williams

    Kami adalah sebuah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
    bantuan, seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda akan melalui kewangan
    masalah, jika anda mempunyai keadaan huru-hara kewangan dan anda memerlukan dana untuk
    memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau membayar
    bil, memulakan perniagaan yang baik atau anda mendapati sukar
    mendapatkan pinjaman modal dari bank-bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e - mail
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    "Jadi, jangan biarkan peluang ini berlalu begitu sahaja,
    Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

    Nama awak: ______________________
    Alamat anda: ____________________
    Negara awak: ____________________
    Tugas anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
    Tempoh pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nombor telefon: ________________
    Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
    Jika anda telah memfailkan pinjaman sebelumnya, di mana anda dirawat dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan kewangan, keadaan huru-hara, dan cabaran
    hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

  • Kelvin Ondang

    Yang jadi pembicara untuk konten video zenius "Review Teori Logika" di Bagian materi TPA SBMPTN siapa?

  • rebecca williams

    Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

  • rebecca williams

    Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

  • rebecca williams

    Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

  • medilla

    min, tentang diterima tidaknya di ptn itu gimana sih? apa penilaiannya serentak? kan kalau di snmptn ada pindah data dll, apa sbmptn itu juga sama?
    contoh si A daftar di ptn C dan D, apa mungkin A bisa diterima di 2 ptn sekaligus?

  • Yaya Ratnasari

    kak kalau pil 1 Sastra inggris UI pil 2 Ilmu komunikasi UI pil 3 Sastra Jepang UI Berarti harus tes ujian di wilayah 1 gitu ?

  • nurma

    Kak, buat KAP dan PIN nya itu gimana yaaa??

  • Emus Lihat

    Min, kalo sbmptn bisa gak memilih 3 prodi dalam 1 universitas ? Rencananya saya mau milih ekonomi, akuntansi, dan manajemen di usu saat sbmptn ini.

  • Agus Sutiono

    Mau tanya nih saya kan ingin masuk FSRD ITB lah saya dari anak IPA saya ngambilnya SBMPTN yang saintek,soshum atau IPC ya. Mohon pencerahannya

  • Susan Bowman

    Memerlukan kredit ekonomi segera?
    * Pemindahan Sangat cepat dan terus ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang anda
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan yuran bulanan
    *. Berapa lama ia akan dibiayai? Selepas anda mengemukakan permohonan pinjaman anda,
    anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang daripada 24 jam
    daripada 72-96 jam kewangan selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak. Hubungi syarikat yang sah dan berlesen ini diberi kuasa untuk menyediakan sokongan kewangan untuk Semua orang
    Kami menawarkan pinjaman antara 5,000.00 untuk 250,000,000.00. Max, Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam Euro, THB-Thai Baht, Sterling dan kadar pertukaran dolar adalah 2% daripada semua pinjaman

    Berikut adalah borang permohonan pinjaman:

    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Lokasi: ..........................................
    Bertutur dalam Bahasa Inggeris? : ........................
    Agama: .................................
    Status: .......................................
    Jantina: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: .........................
    Pinjaman Tempoh: ...................................
    nombor telefon bimbit peribadi: .......................
    pendapatan sebulan: .....................................
    Pernahkah anda memohon sebelum: ................................

    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    jika anda berminat untuk kembali kepada kami melalui ...
    E-mel: Susanbowmanloancompany@gmail.com

  • Andrew Winner

    Hello.

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak? Kami adalah lembaga keuangan Bersertifikat Handal
    persetujuan dana untuk semua jenis proyek. Pinjaman / penawaran keuangan
    Mengingat pada tingkat bunga rendah 2,00 persen, yang merupakan durasi pembayaran sangat
    pelanggan yang ramah dan nyaman. durasi pinjaman dinegosiasikan.
    Kami menyetujui pendanaan untuk sampai $ 100 juta ke atas, TERGANTUNG PADA
    Sifat bisnis. Layanan kami adalah handal dan tahan lama, Hubungi kami hari ini di
    (Andrewwinnersloan@gmail.com) Keberhasilan Anda adalah prioritas kami.

  • Okky Yunita Dwi Rahmawati

    Kak mau tanya. Misal aku sbm ngambil 2 prodi (ipa)di uns jateng aja tapi aku dari jawa timur kira" gimana ya

  • Kresimir Prević

    Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Encik Kresimir previc, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi kami hari ini melalui e-mel di: (kresimirprevic4@gmail.com)

  • kak lebih baik fokus kedinasan atau SBMPTN? soalnya materi SBMPTN masih banyak yang belum kekejar, takutnya kalau fokus dua duanya malah jatoh dua dua nya