Panduan Belajar Fisika untuk UN SMA 2017

Artikel ini akan berbagi tips belajar untuk UN SMA Fisika 2017 serta membandingkan kisi-kisi UN 2017 dengan soal UN Fisika tahun-tahun lalu.

Zenius pernah melakukan survei di social media (twitter dan facebook) dengan ukuran sampel besar, sekitar 1200an responden. Pertanyaan di survei itu ada lumayan banyak, tapi yang mau gue sebutin di sini cuma salah satunya aja, yaitu pertanyaan “Apa aja pelajaran yang lo benci?”. Melihat lagi judul artikel ini, harusnya lo bisa nebak lah ya pelajaran apa yang menduduki peringkat satu dari hasil survei itu? 🙂 Yah, ini hasil surveinya:

pelajaran yang dibenci siswa
untuk memperbesar gambarnya, tinggal di-klik aja

 

Seneng juga sih bahwa ternyata rata-rata pengguna Zenius lebih sedikit yang benci Fisika. Lebih sedikit yang yang benci Matematika juga. Hehe… Tapi tetep, Fisika seperti yang momok menyebalkan bagi para murid.

Sebenernya hasil survei ini nggak terlalu mengherankan sih. Sejak gue masih jadi murid SMA, sampai sekarang jadi guru, anak-anak memang paling benci ya sama Fisika ini. Kasihan deh Fisika, padahal dia kan nggak salah apa-apa. 🙁

Kebencian sama Fisika ini adalah salah satu masalah utama dalam belajar. Gimana lo mau niat belajar coba kalau denger kata Fisika aja bawaannya udah eneg duluan? Mungkin lo udah sadar bahwa lo harus segera mulai belajar Fisika, entah itu untuk ulangan sekolah, UN, atau SBMPTN nanti. Tapi, ketika lo inget lagi bahwa yang mau lo pelajari ini adalah hal yang lo benci, maka mulainya pun berat, bawaannya pun males. Nah, makanya sebelum gue ngomongin beberapa tips belajar Fisika untuk UN 2016 nanti, mending kita berusaha atasin dulu masalah utamanya.

Kenapa bisa benci sama Fisika?

Pertama, kenapa benci sama Fisika? Beberapa orang yang benci Fisika, selalu jawabannya nggak jauh-jauh dari ini:

  • Nggak ngerti sama yang diajarin
  • Gurunya nggak enak
  • Susah, banyak rumusnya
  • Hitung-hitungannya susah
  • Nggak tau gunanya buat apa

Kalau dilihat dari polanya sih, menurut gue sumber masalahnya cuma satu: nggak ngerti. Iya nggak sih? Awalnya waktu lo nggak tau apa-apa tentang Fisika, mungkin biasa aja. Terus ketika dapet Fisika yang susah-susah, terus nggak ngerti, lo jadi benci. Bahkan ketika lo bisa ngerjain soalnya, atau bahkan bisa dapet nilai bagus ketika ulangan, lo tetep nggak suka kalau lo nggak bener-bener ngerti sebenernya maksud yang diajarin di fisika itu apa.

 

Gimana caranya supaya nggak benci Fisika dan belajarnya jadi asik?

Kalau gitu, gimana dong cara mempersiapkan diri untuk UN 2016 nanti kalau cara pandang gue sama Fisika masih begini? Okay, kali ini tips yang akan gue kasih cuma satu, tapi ini powerful banget kalau lo bener-bener ikutin:

Berhenti belajar Fisika untuk bisa menjawab soal. Mulai belajar Fisika untuk bener-bener mengerti konsepnya.

Kedengerannya klise nggak sih? Mungkin iya klise, tapi jujur aja, meskipun sering diomongin, masih banyak loh yang belajar Fisika cuma untuk bisa jawab soal. Belajar Fisika dengan cara begitu adalah cara paling efektif untuk bikin lo benci sama Fisika. Hehe… serius. Biar kebayang maksud gue apa, coba kerjain soal ini deh (soal UN Fisika tahun 2014):

massa

Bisa? Soalnya sebenernya nggak susah. Di salah satu buku pembahasan UN Fisika, soal itu dibahas begini:

jawaban massa

Jawabannya C. Beres.

Kalau lo ikutin cara ngerjainnya, tentu lo akan bisa ngerjain juga kalau ketemu soal yang sama. Tinggal jumlahin berapa massa seluruh partikel sebelum reaksi, terus jumlahin lagi berapa massa seluruh partikel setelah reaksi, lihat selisihnya. Terakhir, konversi sma itu ke dalam MeV. Beres.

Tapi, sekarang coba lo sedikit lebih kritis dan cari tahu lebih dalem dari apa yang ditanya di soal. Lo bisa mulai dari pertanyaan-pertanyaan ini:

  • 1 sma = 931 MeV itu maksudnya apa sih?
  • Kenapa massa sebelum reaksi bisa beda sama massa setelah reaksi?
  • Terus setelah reaksi, energinya ke mana?

Kalau lo belum bisa jawab pertanyaan di atas, berarti lo belum bener-bener mengerti maksud soalnya meskipun udah bisa ngerjain. Nah, sekarang coba tonton pembahasannya di sini deh:

Wuih… ternyata ada hubungannya sama persamaan Einsein yang terkenal itu, E = mc^2. Jadi hukum kekekalan energi nggak berlaku di sini. Hukum kekekalan massa juga nggak berlaku. Yang ada adalah hukum kekekalan massa dan energi. Bahkan lo bisa telusuri lagi konsep ini dengan baca-baca artikel tentang energi di zenius blog. Di situ dijelasin kenapa konsep energi bisa nyambung ke mana-mana. Bisa juga lo lanjutin belajar tentang relativitas khusus untuk cari tahu persamaan E = mc^2 itu dapet dari mana.

Belajar dengan cara seperti ini awalnya memang rada berat. Untuk bisa kritis, aktif nyari tau kenapa begini kenapa begitu, pastinya butuh effort yang jauh lebih berat dibanding cuma yang penting bisa ngerjain soal. Tapi ketika lo beneran ngerti sampai dapetin “O.. moment” (maksudnya sampe lo bisa bilang “Ooo… ngerti!”), nah itu rasanya puas banget deh.

Baca lebih lanjut: Gimana cara mengatasi pelajaran yang paling kita Benci?

 

Persiapan UN SMA Fisika

Okay. Sekarang, kalau mental lo dalam belajar Fisika udah berubah, baru deh kita ngomongin persiapan UN Fisika. Soal Ujian Nasional ini dari tahun ke tahun sebenernya polanya gitu-gitu aja. Ada kisi-kisinya pula. Kisi-kisi UN Fisika 2017 ini juga ternyata hampir nggak ada bedanya dengan kisi-kisi UN Fisika tahun sebelumnya, 2016. Meskipun begitu, lo jangan menganggap bahwa kisi-kisi ini semacam "bocoran" untuk mengintip tipe-tipe soal yang akan keluar nanti. Tetap lebih baik pelajari aja semuanya tanpa pilih-pilih. Toh hampir setiap bab Fisika yang sudah dipelajari dari kelas 10, 11, sampai kelas 12 itu ada di kisi-kisi. Coba kita lihat lebih detil ya:

Kisi-kisi UN SMA Fisika 2017

Dari kisi-kisi tersebut, coba kita bandingkan dengan UN tahun-tahun sebelumnya.

KELASTOPIKKISI UN 2017UN 2016UN 2015UN 2014UN 2013
Kelas 10Besaran, Satuan, dan Vektorada1 soal1 soal1 soal2 soal
Gerak Lurusada3 soal2 soal1 soal1 soal
Gerak Melingkar Beraturanada2 soal-1 soal1 soal
Dinamika Partikel & Hukum Newtonada1 soal1 soal1 soal 1 soal
Optika Geometriada1 soal1 soal1 soal1 soal
Listrik Dinamisada1 soal1 soal1 soal1 soal
Suhu dan Kalorada3 soal2 soal2 soal2 soal
Gelombang Elektromagnetikada-1 soal1 soal1 soal
jumlah soal kelas 1012 soal9 soal9 soal10 soal
Kelas 11Kinematika dengan Analisis Vektorada1 soal1 soal1 soal-
Hukum Newton dan Gravitasiada-1 soal-1 soal
Elastisitasada1 soal1 soal1 soal1 soal
Gerak Harmonik Sederhana-----
Usaha dan Energiada1 soal2 soal1 soal2 soal
Impuls dan Momentumada2 soal2 soal2 soal2 soal
Dinamika Rotasiada2 soal1 soal1 soal1 soal
Kesetimbangan Benda Tegarada1 soal1 soal3 soal1 soal
Fluida Statis dan Dinamisada3 soal2 soal2 soal2 soal
Teori Kinetik Gasada1 soal1 soal1 soal1 soal
Termodinamikaada1 soal1 soal1 soal2 soal
jumlah soal kelas 1113 soal13 soal13 soal12 soal
Kelas 12Gelombang Mekanikada1 soal1 soal 1 soal1 soal
Bunyiada4 soal2 soal2 soal2 soal
Optika Fisisada1 soal1 soal1 soal1 soal
Listrik Statisada1 soal3 soal3 soal3 soal
Magnetada2 soal3 soal3 soal3 soal
Listrik Bolak-Balik (AC)ada2 soal3 soal3 soal3 soal
Fisika Kuantum / Atomada2 soal2 soal2 soal2 soal
Fisika Intiada2 soal2 soal2 soal2 soal
Relativitas--1 soal1 soal1 soal
jumlah soal kelas 1215 soal18 soal18 soal17 soal

Kalau kita lihat tabel di atas, ada dua bab yang tidak terdapat pada kisi-kisi 2017, yaitu bab:

  • Relativitas
  • Gerak Harmonik Sederhana (GHS)

Selain kedua bab tersebut, materi yang lo pelajari selama 3 tahun di sekolah itu keluar semua. Kalau gitu, apakah bab relativitas dan GHS kita skip aja ketika mempersiapkan diri menghadapi UN? Nah, ini terserah lu aja. Tapi gue mau kasih gambaran sedikit tentang kedua bab tersebut untuk membantu lo membuat keputusan.

Pada GHS, lo mempelajari gerak naik-turun yang biasanya terjadi di pegas. Pada gerak tersebut, lo akan mendapatkan persamaan posisi, kecepatan, dan percepatan dalam bentuk persamaan trigonometri (sinusoidal). Nah, kalau lo nggak menguasai ini, gue rasa lo akan kesulitan ketika masuk ke bab tentang Gelombang Mekanik. Karena pada gelombang mekanik, lo bukan cuma mempelajari gerak naik-turun, tapi lo mempelajari gelombang yang bergerak kiri-kanan juga. Sehingga persamaannya mirip dengan persamaan GHS, tapi lebih kompleks lagi. Gelombang Mekanik itu ada di kisi-kisi 2017, dan untuk paham sama konsep Gelombang Mekanik, lo butuh paham GHS juga.

Berikutnya Relativitas. Relativitas, bersama dengan dua bab lainnya (Fisika Kuantum/Atom dan Fisika Inti), itu adalah bagian dari Fisika Modern. Antara Relativitas dan dua bab lainnya tersebut bisa dipelajari terpisah sih, tapi kalau lo pelajari semuanya sekalian, menurut gue sih akan lebih mudah konsep Fisika Modern secara keseluruhan.

So, kira-kira gitu deh hubungan GHS dan Relativitas dengan bab-bab lain di Fisika. Kalau lo pelajari semuanya sekalian, benefitnya ada dua. Yang pertama, lebih mudah paham sama konsepnya karena lo bisa melihat bagaimana hubungan antar bab. Kedua, ya sekalian untuk mempersiapkan SBMPTN. Kebetulan di zenius.net, kita juga udah punya video materi per bab yang digabung dalam bab-bab inti pada Fisika (Mekanika, Getaran-Gelombang-Bunyi, Zat dan Kalor, Listrik dan Magnet, dan Fisika Modern). Itu semua ada di Materi Fisika Ringkas.

Terakhir, untuk menguji apakah pemahaman lo terhadap materi udah bener-bener OK, lo bisa uji dengan ngerjain soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Ini gue kasih daftarnya di sini:

Itu daftar untuk UN Fisika 5 tahun terakhir aja. Kalau mau lihat lebih banyak lagi, lo bisa buka link ini:

Soal dan Pembahasan UN SMA Fisika

Okay deh, gitu aja. Selamat berjuang yah! 🙂

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Wisnu tentang persiapan UN SMA Fisika, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • M Rizky Arifianto

    Kalau ngehadepin UN Fisika sih gue udah bisa dibilang siap banget bang, eh tapi kenapa giliran ngerjain soal SBMPTN fisika gue selalu bingung nyari penyelesaiannya . Gue salah dimana nya ya bang ?

    • Bagus dong kalau udah siap. Berarti materi tiap-tiap bab udah mantab? Yauwes, untuk SBMPTN kalau gitu tinggal banyakin latihan soal campuran aja sih.

      • Lutfi Dwi Rahardian

        mending ngerjain duu to bang. baru lhat pembahasan nya?

  • Reza Aditya

    bang coba kasih panduan kaya kimia dong bang :') pas saya belajar kimia cara belajar saya meningkat banget karena pas belajar ada soal UN tahun tahun sebelumnya + "konsep" udah saya pegang dan sangat membantu banget :') https://www.zenius.net/blog/6794/kisi-soal-un-sma-kimia-2015

  • tiara

    Kak, mau tanya dong... kalo mau belajar buat sbmptn + un fsika skaligus bagusnya pake yang daftar bab yg diatas atau yg babnya kyk mekanika dasar mekanika lanjutan, ggb, zat dan kalor, listrik, dkk...? Soalnya saya bisa dblg lemah dlm fisika 🙁 trus, blajar sbm sm un nya dipisah apa skaligus dgabung, gmna ya kak? tlong sarannya ya kak 🙁 makasii

  • Fadhil Aulia

    haha fisika mah harus tetap diprioritaskanlah(Demi Teknik Fisika 😀 haha) ,kalo liat fisika un sih kgk sulit2 amat ,kak lo bilangkan kalo pelajari yg lo bilang di atas bakal wokee tuh sbmptnnya ,tapi kok gua agak kurang srek ya ama yg soal-soal sbmptn fisika , gmana tuh yaah ?? oiya kak yang ngajar fisika kan kak sabda ama kak wisnu ,tapi ada satu laagi bapak yg suaranya agak serak, itu siapa ya kak?btw ada gak rekaman kakak yg materinya sama yg di ajarin bapak tuh ?

    • elfandy

      bukannya si bapak itu emg kak wisnu?? suaranya emg agak serak2 metal??

      • Bapak tsb namanya Pak Meldi, cmiiw. :3

        • Muhammad Anton

          Pak Medy Suharta mungkin.

    • Muhammad Anton

      Btw mau fistek mana Def?

      • Def

        Btw gua udah di Fistek UGM sekarang anton

        • Muhammad Anton

          hehe. ini postingan thn lalu ya.
          fistek UGM? Wah keren kak (y). Yg lagi aku perjuangin skarang itu. Btw sukses ya kak sbmnya thn lalu?

          • Def

            Iyaps, semangat yaa, kalo iti , aku kebetulan di snmptn udah nyangkut , jadi ga ikut sbm lagi

          • Muhammad Anton

            O. Dari mana kak?

    • Mohammad Ammar Alwandi

      iya bener ada yang serak serak gitu. Siapa ya??

    • hapid pradipta

      sy juga bingung siapa aja yang ngisi suaranya. kalo math and physic sih kalo ga salah Sabda, Wisnu Subekti atau Wisnu OPS (yang mana nih), satu lagi Ivan Alim.

  • Agastya Tarumaijaya

    gw pengguna zenius.net, kalo mau nanya-nanya lewat apa ya?

  • RDaffa

    Berarti gua harus merubah mindset nih, biar paham ampe ke ujung ujung nya 😀 .. Doa'in aje ya bang & temen" zenius 😀

  • Nadia Nurahma

    bang cara inget rumus fisika biar terus nempel diotak gimana si bang?

  • barari

    Bang kenapa soal sbmptn fisika yang di urutkan per bab gak lengkap
    Masa cuma mekanika aja yang lengkap tapi yang lain masih belum lengkap
    Sebentar lagi dah mau sbmptn jadi mohon lengkapkan lah soal2 yg di urutkan per bab itu tadi (koreksi kalau saya salah )
    -siswa zenius

  • Mzssuradin

    kak, gue bingung ... rumus vt kuadrat = vo kudrat + 2as dipake dimana aja sih? bingung bnyk bgt soalnya

  • Ambar Isminingtias

    gini bang, sampe sekarang saya belum menemukan apa sih insight dari kimia dan fisika. jdi rada susah paham juga sih. ada artikel nggak bang tentang yang kaya kaya gitu. biar pikirannya terbuka gitu.. terima kasih

  • Muh. Hanif Muallif

    Apakah Efektif Belajar SBMPTN terlebih dahulu,
    karena yang ane pikir kalau kita sudah Bisa SBMPTN Jawab Soal UN akan lebih mudah

  • Rafli Iman Firdaus

    bang wisnu.. mana nih panduan UN buat fisikanya yg un thn 2016?

    • Maksudnya prediksi UN Fisika 2016 ya? Kita nggak berencana untuk mengeluarkan prediksi sih.

  • Ulfah Zulfa S

    kak, belum ada yang tahun 2016nya ya?

    • UN 2016 kan memang belum dilaksanakan, jadi memang belum ada. 🙂

  • Eh bang, itu video pembahasannya nggak bisa diputer keknya,

  • Bang, saya tuh tipe orangnya mudah lupa gitu. jadi kalo misal hari ini saya belajar fisika bab fluida, nah 3 hari lagi pas belajar fisika lagi saya malah suka lupa konsepnya. Menurut bang wisnu, apa yang musti saya change biar sy gk mudah lupaan lagi ?

    • Udah mulai belajar pakai Fisika ringkas di zenius.net belum? Biasanya salah satu penyebab gampang lupa adalah karena antara bab yang satu dengan bab yang lain di Fisika itu berasa nggak nyambung. Nah, belajar Fisika dengan fisika ringkas itu adalah salah satu cara supaya lo bisa melihat hubungannya itu.

      • Belom, selama belajar di zenius saya baru belajar pelajaran kls XI sama tkpa utk sbm, krn masih kelas 11 bang, btw thanks ya bang, ntar saya coba deh belajar pake fisika ringkas di zenius.net

  • Steve

    [oot] bang, kok bisa luas daerah yang dibatasi kurva pada grafik fungsi kecepatan terhadap waktu sama dengan jarak, sama juga dengan luas daerah yang dibatasi kurva grafik fungsi gaya terhadap waktu sama dengan impuls? jadi seperti luas daerah yang dibatasi kurva suatu fungsi sama dengan hasil integral dari fungsi tersebut.....

  • Monicii Attasih

    bang, yang gelombang elektromagnetik sama listrik dinamis, materinya kok g ada di zenius.net (di fisika SMA kelas 10 kur 13?

  • Reika Cahya

    Kenapa ya setiap buka link nya, videonya ga bisa dibuka.Tulisannya "Video format or MIME type is not supported" Ada yg bisa bantu?

    • coba kamu ubah profile setting videonya, ada option html5 & flash. Kalo kamu tonton di desktop, pilih yang flash. Kalo kamu nonton di smartphone/tablet, pilih yg html5

      • Reika Cahya

        Tutorial dong kak masih bingung ini

        • Yovie Lathifah

          di bawah tulisan premium member ada tulisan profile, nah klick deh habis itu scroll dan pilih flash kalau kamu buka lewat desktop, kalau buka lewat hp buka html5

          • Yovie Lathifah

            ininih

  • roberta
    • roberta

      ekh udh ada yg tanya ternyta. maaf 🙂

  • Ryan

    Kak bikin soal prediksi un 2016 dong sesuai skl yang baruu soaalnya kan bedanya lumayan banyak tuuh terus dibikin video pembahasanya kak boleh ga? hehe makasiih

    • Nggak mau ah. Nanti pada banyak yang cuma ngandelin dari prediksi itu doang, terus malah belajar dengan cara ngafalin tipe soalnya aja. Hehe...

  • Hello sorry sangat oot, gue mau tanya nih. Beberapa hari ini gue gabisa nonton video pembahasan semua lat soal. Kenapa ya kalau boleh tau? Dan ada solusinya?.-.

    • coba kamu cek format video yg kamu pakai di setting profile. kalo pake desktop/laptop ubah ke format flash, kalo pake smartphone/tablet, pakai format html5

  • Diput Sari

    Kak saya kok masih takut ya kalo pas ngerjain un fisika ? gimana kak ngilangi rasa takut sama percaya diri?

  • Faizin9/11

    Ka Untuk UN gimana caranya nguasain konsep fisika yang babnya banyak dan dengan waktu terbatas?

  • bagus

    kak ga bikin list "video mana yg harus ditonton buat un fisika 2016" ?

  • Nurul Rizki

    kak mau nany dong, un sma fisika ny kok pada g bisa dibuka ya? pdhl udh jd mmber prmium znius

  • Aryokuncoro Widyanindito

    kak ini juga fisika tolong pemetaannya dong:)))

  • lolca

    ada link untuk tiap bab gak???

  • lolca

    ini cara belajar un fisika 2017 gimana kak? nonton pembahasan yg soal UN? atau pelajari per bab?

  • Alvin Yoga Fanany

    Kak tolong buat Persiapan Belajar Fisika untuk UN SMA 2017 dong kaak, butuh banget niih buat belajar fisika soalnya sekarang ada USBN jugaa toloong yaa kaak terimakasiiih

  • Fahriza Bagus

    saya ingin berlangganan Zenius.net tapi saya tidak melihat materi tentang Geografi
    tapi ada soal UN Geografi di website nya , saya ingin belajar Geografi di Zenius.net Bagaimana ?

  • Aziz Nugroho

    Please help, mohon bantuannya, disini adakah pengguna ubuntu?, saya pengguna ubuntu 16.04.2 lts, dan pengguna zenius xpedia alumni, mohon bantuannya siapa saja, adakah yang tau caranya buat memutar CD xpedia di ubuntu????