Panduan Belajar Fisika untuk UN SMA 2019 33

Panduan Belajar Fisika untuk UN SMA 2019

Artikel ini akan berbagi tips belajar untuk UN SMA Fisika 2019, termasuk cara menghadapi soal HOTS di UN,  serta membandingkan kisi-kisi UN 2019 dengan soal UN Fisika tahun-tahun lalu.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Februari 2015 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN Fisika 2019 terbaru.

Zenius pernah melakukan survei di social media (Twitter dan Facebook) dengan ukuran sampel besar, sekitar 1200-an responden. Pertanyaan di survei itu ada lumayan banyak, tapi yang mau gue sebutin di sini cuma salah satunya aja, yaitu pertanyaan “Apa aja pelajaran yang lo benci?”. Melihat lagi judul artikel ini, harusnya lo bisa nebak lah ya pelajaran apa yang menduduki peringkat satu dari hasil survei itu? 🙂 Yah, ini hasil surveinya:

pelajaran yang dibenci siswa
untuk memperbesar gambarnya, tinggal di-klik aja

Seneng juga sih bahwa ternyata rata-rata pengguna Zenius lebih sedikit yang benci Fisika. Lebih sedikit yang benci Matematika juga. Hehe… Tapi tetep, Fisika seperti yang momok menyebalkan bagi para murid.

Sebenernya hasil survei ini nggak terlalu mengherankan sih. Sejak gue masih jadi murid SMA, sampai sekarang jadi guru, anak-anak memang paling benci ya sama Fisika ini. Kasihan deh Fisika, padahal dia kan nggak salah apa-apa. 🙁

Kebencian sama Fisika ini adalah salah satu masalah utama dalam belajar. Gimana lo mau niat belajar coba kalau denger kata Fisika aja bawaannya udah eneg duluan? Mungkin lo udah sadar bahwa lo harus segera mulai belajar Fisika, entah itu untuk ulangan sekolah, UN, atau SBMPTN nanti. Tapi, ketika lo inget lagi bahwa yang mau lo pelajari ini adalah hal yang lo benci, maka mulainya pun berat, bawaannya pun males. Nah, makanya sebelum gue ngomongin beberapa tips belajar Fisika untuk UN 2019 nanti, mending kita berusaha atasin dulu masalah utamanya.

Kenapa bisa benci sama Fisika?

Pertama, kenapa benci sama Fisika? Beberapa orang yang benci Fisika, selalu jawabannya nggak jauh-jauh dari ini:

  • Nggak ngerti sama yang diajarin
  • Gurunya nggak enak
  • Susah, banyak rumusnya
  • Hitung-hitungannya susah
  • Nggak tau gunanya buat apa

Kalau dilihat dari polanya sih, menurut gue sumber masalahnya cuma satu: nggak ngerti. Iya nggak sih? Awalnya waktu lo nggak tau apa-apa tentang Fisika, mungkin biasa aja. Terus ketika dapet Fisika yang susah-susah, terus nggak ngerti, lo jadi benci. Bahkan ketika lo bisa ngerjain soalnya, atau bahkan bisa dapet nilai bagus ketika ulangan, lo tetep nggak suka kalau lo nggak bener-bener ngerti sebenernya maksud yang diajarin di fisika itu apa.

Gimana caranya supaya nggak benci Fisika dan belajarnya jadi asik?

Kalau gitu, gimana dong cara mempersiapkan diri untuk UN 2019 nanti  yang pake soal HOTS kalau cara pandang gue sama Fisika masih begini? Okay, kali ini tips yang akan gue kasih cuma satu, tapi ini powerful banget kalau lo bener-bener ikutin:

Berhenti belajar Fisika cuma untuk bisa menjawab soal. Mulai belajar Fisika untuk bener-bener mengerti konsepnya.

Kedengerannya klise nggak sih? Mungkin iya klise, tapi jujur aja, meskipun sering diomongin, masih banyak loh yang belajar Fisika cuma untuk bisa jawab soal. Belajar Fisika dengan cara begitu adalah cara paling efektif untuk bikin lo benci sama Fisika. Hehe… serius. Biar kebayang maksud gue apa, coba kerjain soal ini deh (soal UN Fisika tahun 2014):

massa

Bisa? Soalnya sebenernya nggak susah. Di salah satu buku pembahasan UN Fisika, soal itu dibahas begini:

jawaban massa

Jawabannya C. Beres!

Kalau lo ikutin cara ngerjainnya, tentu lo akan bisa ngerjain juga kalau ketemu soal yang sama. Tinggal jumlahin berapa massa seluruh partikel sebelum reaksi, terus jumlahin lagi berapa massa seluruh partikel setelah reaksi, lihat selisihnya. Terakhir, konversi sma itu ke dalam MeV. Beres!

Tapi, mindset belajar seperti itu ga akan membantu lo sama sekali untuk mejawab soal HOTS yang membutuhkan penalaran. Sekarang coba lo sedikit lebih kritis dan cari tahu lebih dalem apa yang ditanya di soal. Lo bisa mulai dari pertanyaan-pertanyaan ini:

  • 1 sma = 931 MeV, itu maksudnya apa sih?
  • Kenapa massa sebelum reaksi bisa beda sama massa setelah reaksi?
  • Terus setelah reaksi, energinya ke mana?

Kalau lo belum bisa jawab pertanyaan di atas, berarti lo belum bener-bener mengerti maksud soalnya meskipun udah bisa ngerjain. Nah, sekarang coba tonton pembahasannya di sini deh:

Wuih… ternyata ada hubungannya sama persamaan Einsein yang terkenal itu, $$E = mc^2$$. Jadi hukum kekekalan energi nggak berlaku di sini. Hukum kekekalan massa juga nggak berlaku. Yang ada adalah hukum kekekalan massa dan energi. Bahkan lo bisa telusuri lagi konsep ini dengan baca-baca artikel tentang energi di Zenius Blog. Di situ dijelasin kenapa konsep energi bisa nyambung ke mana-mana. Bisa juga lo lanjutin belajar tentang relativitas khusus untuk cari tahu persamaan $$E = mc^2$$ itu dapet dari mana.

Belajar dengan cara seperti ini awalnya memang rada-rada berat. Untuk bisa kritis, aktif nyari tau kenapa begini kenapa begitu, pastinya butuh effort yang jauh lebih berat dibanding cuma yang penting bisa ngerjain soal. Tapi ketika lo beneran ngerti sampai dapetin “O.. moment” (maksudnya sampe lo bisa bilang “Ooo… ngerti!”), nah itu rasanya puas banget deh. Bonusnya, lo jadi ga kaget lagi menghadapi soal HOTS.

Baca lebih lanjut:

Panduan Belajar Fisika untuk UN SMA 2019 34

Persiapan UN SMA Fisika

Okay. Sekarang, kalau mental lo dalam belajar Fisika udah berubah, baru deh kita ngomongin persiapan UN Fisika. Soal Ujian Nasional ini dari tahun ke tahun sebenernya polanya gitu-gitu aja. Trus, ada kisi-kisinya pula.

Dengan dimasukkannya soal HOTS di UNBK 2019 nanti, kisi-kisi UN Fisika 2019 agak berbeda dengan kisi-kisi UN Fisika 2018. Coba kita bandingkan ya:

Panduan Belajar Fisika untuk UN SMA 2019 35
Kisi-kisi UN Fisika 2018
Panduan Belajar Fisika untuk UN SMA 2019 36
Kisi-kisi UN Fisika 2019

[table id=19 /]

Dengan dimasukkannya soal HOTS di UNBK 2019 nanti, ini perbedaan umum kisi-kisi UN 2019 dari UN 2018:

  • Pengukuran, Kinematika, Dinamika, Usaha, Energi dan Tumbukan disatukan menjadi satu topik besar, yaitu Mekanika.
  • Soal Pengetahuan dan Pemahaman yang pada dasarnya tinggal masuk rumus atau diselesaikan dengan menghafal, jumlahnya berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Di UN 2019, porsi soal Penalaran diperbanyak.
  • Materi yang hendak diujikan menjadi lebih detail untuk setiap topik.

Berikut perubahan pada setiap topik:

1. Mekanika

1.a. Aplikasi:

  • Medan Gravitasi Umum berubah menjadi Gerak Planet dan Satelit.
  • Soal Impuls dan Momentum berbentuk aplikasi dan penalaran

1.b. Penalaran:

  • Elastisitas diujikan dalam bentuk penalaran
  • Titik Berat tidak diujikan dalam bentuk penalaran

2. Gelombang dan Optik

Beberapa bahan yang membutuhkan pemahaman konsep karena sekarang diujikan dalam bentuk soal Penalaran:

  • Gaya dan getaran
  • Cara Kerja alat optic
  • Gelombang berjalan
  • Gelombang stasioner

3. Termodinamika

3.a. Pemahaman:

  • Hanya mengujikan Sifat dan Gas Ideal

3.b. Aplikasi:

  • Terapan Azas Black, Gas Ideal dan Hukum Termodinamika.

4. Listrik, Magnet dan Fisika Modern

Gelombang Elektromagnetik tetap diujikan namun topiknya dipindah di topik ini

4.a. Aplikasi:

  • Relativitas Khusus masuk ke dalam materi tahun ini

4.b. Penerapan:

  • Induksi Faraday dan Gejala Kuantum perlu dipelajari lebih dalam karena ada kemungkinan keluar dalam bentuk penalaran

Walaupun gue udah bantu jabarkan di atas, lo jangan menganggap bahwa kisi-kisi ini semacam “bocoran” untuk mengintip tipe-tipe soal yang akan keluar nanti. Tetap lebih baik pelajari aja semuanya tanpa pilih-pilih. Toh hampir setiap bab Fisika yang sudah dipelajari dari kelas 10, 11, sampai kelas 12 itu ada di kisi-kisi.

Terakhir, untuk menguji apakah pemahaman lo terhadap materi udah bener-bener OK, lo bisa uji dengan ngerjain soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Ini gue kasih daftarnya di sini:

Itu daftar untuk UN Fisika 5 tahun terakhir aja. Kalau mau lihat lebih banyak lagi, lo bisa buka link ini:

Soal dan Pembahasan UN SMA Fisika

Lo bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma Fisika, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

Okay deh, gitu aja. Selamat berjuang yah! 🙂

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Wisnu tentang persiapan UN SMA Fisika, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Baca Juga Artikel Tentang Materi Fisika Lainnya

Materi Konsep Termodinamika

Belajar UTBK Fisika

Persiapan UNBK SMA 2020

Bagikan Artikel Ini!