Panduan Belajar Soal HOTS Fisika

Artikel ini membahas soal HOTS Fisika, mulai dari definisinya, strategi belajar menghadapi soal HOTS Fisika, hingga contoh latihan soal HOTS Fisika di UN dan SBMPTN.

Perkembangan zaman menuntut manusia untuk beradaptasi. Akumulasi pengetahuan yang telah kita peroleh dari generasi sebelumnya membuat kita mampu membongkar lebih banyak misteri alam. Untuk bisa mengungkap misteri alam ini, manusia membutuhkan kemampuan berpikir yang mumpuni. Pendidikan pun dikembangkan untuk menajamkan kemampuan berpikir tersebut.

Partisipasi Indonesia ditunjukkan dengan perubahan kebijakan dalam menguji pengetahuan dan pemahaman pelajar. Digunakanlah konsep uji Higher Order Thinking Skill atau yang sering disingkat dengan HOTS.

HOTS didasari dengan sebuah konsep Pendidikan yang bernama Taksonomi Bloom. Dengan Taksonomi tersebut, Bloom membagi tujuan Pendidikan menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkatan kemampuan berpikir.  Dua pengelompokan besar tersebut adalah HOTS dan LOTS. HOTS seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sedangkan LOTS berarti Lower Order Thinking Skill. Kalo elo pengen ngebaca artikel tentang taksonomi ini secara lebih lengkap, setelah lo baca artikel gue sampe abis, lo bisa gerak ke artikel ini:

Pembahasan Lengkap Seputar Soal HOTS

Ketika tingkat pemahaman lo akan suatu materi masih cetek, mungkin lo cuma bisa nyelesain soal-soal terkait penerapan, pemahaman dan mengingat-ngingat. Tapi ketika pemahaman lo udah cukup dalam, elo akan bisa nyelesain masalah-masalah terkait analisis, evaluasi dan menciptakan sesuatu berdasarkan materi tersebut.

Kebanyakan masalah-masalah kehidupan nyata membutuhkan elo nggak cuma sekadar mengingat atau menerapkan. Terkadang masalah kehidupan nyata membutuhkan elo menciptakan suatu solusi baru berdasarkan apa yang udah lo ketahui sebelumnya.

 

Definisi HOTS dalam Fisika

HOTS dalam konteks fisika berarti soal-soal yang lo temuin bakal semakin mendekati masalah-masalah yang ada di kehidupan nyata. Kalo dulu sebagian besar soal UN maupun SBMPTN bisa lo selesaikan cukup dengan hafalan, dalam beberapa tahun ke depan jumlah soal-soal tersebut bakal berkurang. Jadi jangan harap hanya dengan menghafal saja bakal cukup. Elo harus ngerti konsepnya. Ketika elo bisa berpikir dalam orde tinggi, soal-soal yang menuntut berpikir dalam orde rendah juga bakal bisa lo kelarin, men. Ketika informasi yang diberikan tidak sama persis dengan kondisi ideal yang lo liat di latihan-latihan soal, di situ kedalaman konsep lo diuji.

Supaya lo lebih kebayang batasan antara HOTS dan LOTS, gue mau lempar dulu soal tentang energi berikut ini.

Buat nyelesain soal ini, apa yang perlu lo lakuin? Iyes. Lo cukup nginget doang apa definisi dari Energi Kinetik.

Terus lo liat lagi soal berikutnya ini.

Untuk menjawab soal yang ini lo perlu terlebih dahulu menganalisis apa yang terjadi pada sepeda tersebut. Di mana titik terendah sepeda tersebut berada dan di mana titik tertingginya? Ketika berada pada titik tertinggi, apa yang terjadi dengan kecepatannya? Lalu apa yang terjadi pada kecepatan pada saat berada pada titik terendah? Setelah lo bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, baru deh lo bisa jawab di titik di mana energi kinetik bernilai maksimum.

Nah, kedua soal diatas sama-sama menguji pemahaman lo soal energi kinetic. Tapi soal pertama  cuma sekedar nanya definisi. Sedangkan soal kedua butuh analisis sebelum lo bisa sampai pada jawaban. Coba yang mana menurut lo soal LOTS dan yang mana soal HOTS? Komen yah di bawah.

 

Soal HOTS Fisika di UN dan SBMPTN

Sebenarnya guys, soal HOTS itu dari dulu juga udah ada di dalam sistem pengujian kita. Hanya masalah labeling terhadap soal tersebut yang tidak ada.

Pada soal UN misalnya, semakin mendekati 2019, jumlah soal HOTS meningkat pesat. 10 tahun yang lalu, soal UN lebih banyak diisi dengan soal LOTS. Namun pada tahun lalu jumlah ini meningkat secara signifikan. Hal ini menandakan keseriusan pemerintah dalam menerapkan konsep Pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir orde tinggi.

Kalo contoh soal HOTS di UN bisa lo liat dari contoh soal UN tahun 2017 berikut.

Walaupun lo bisa ngeliat solusinya di zenius.net, coba lo kerjain sendiri dulu dan taro jawaban lo di kolom komentar yah. Gue pengen liat gimana lo nyelesain soal ini.

Lain cerita dengan soal-soal SBMPTN. Soal-soal SBMPTN pada dasarnya disusun untuk menyeleksi murid-murid SMA di seluruh Indonesia berdasarkan kemampuan mereka berpikir dan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu pada SBMPTN, soal HOTS sudah sangat banyak jumlahnya dari dulu.

Anyway, lo jangan langsung meneerjemahkan sulit sebagai indikator keberadaan soal HOTS yah. Soal HOTS tidak harus sulit, namun ia harus mampu menguji siswa dalam beberapa dimensi, tidak hanya satu dimensi saja.

Sebagai contoh lo bisa liat soal SBMPTN Fisika tahun 2014 berikut. Again, lo coba kerjain sendiri dulu yah baru lo liat pembahasannya di zenius.net.

 

Strategi Belajar dan Tips Menjawab Soal HOTS Fisika

Ciye selamat yah udah kenalan sama soal HOTS, tapi kita nggak berhenti sampe sini. Sekarang gue bakal kasih elo beberapa tips dan strategi untuk mengerjakan soal HOTS.

Sebelumnya perlu gue kasih tau ke lo kalo soal HOTS sering kali memerlukan elo meres informasi dari soalnya atau dari pilihan jawabannya. Makanya, untuk lo bisa nyelesain soal HOTS gue punya tips berikut.

1. Kuasai konsep-konsep dasar di Fisika

Ini udah nggak bisa ditawar lagi, men. Elo harus nguasai konsep-konsep dasar Fisikanya dulu. Konsep-konsep dasar ini ibaratnya satu bongkah batu bata yang bakal ngebantu elo ngebangun solusi dari soal-soal yang lo kerjain. Kenapa begitu? Karena soal HOTS sering banget maksa elo buat nerapin dua atau lebih konsep untuk menyelesaikan soalnya. Btw, ketika gw bilang konsep dasar di sini bukan cuma konsep fisika yah. Elo juga butuh konsep matematika. So, gali lagi konsep-konsep dasar lo di zenius.net.

Mungkin lo masih agak bingung, maksudnya pahami konsep itu gimana? Simpelnya gini, pas lo ketemu soal, jangan langsung tanya, “ini pake rumus apa ya?” Kalo lo nanya gitu, itu mah tandanya elo cuma belajar hapal rumus doang, padahal belum tentu elo ngerti tuh rumus datangnya dari mana. Ya kan? Hayoo ngaku.. Apalagi nih, kadang ada soal yang bisa diselesaikan tanpa rumus, walupun ada angka-angka di soalnya. Kalau ketemu soal, seharusnya lo bertanya, “Ini pake konsep apa ya?” Misalnya, suatu soal memerlukan konsep Energi Kinetik, lo tanya lagi, “Definisi dan syarat dari energi kinetik apa ya?

Nah, biar lebih kebayang lagi, ada baiknya lo simak panduan belajar Fisika untuk UN dan SBMPTN berikut:

2. Perhatikan informasi yang diberikan pada soal dan pilihan jawaban

Hati-hati yah, soal HOTS suka ngumpetin informasi di soal dan di pilihan jawaban. Karena memang itulah salah satu kemampuan yang mau diuji soal HOTS, yaitu analisis informasi. Penting banget buat lo bisa identifikasi informasi-informasi apa aja yang bakal lo perluin buat ngejawab soalnya. Jadi ekstraksi dulu semua informasi yang bisa lo dapetin dari soal.

Salah satu hal paling mudah yang bisa lo lakuin adalah dengan menggunakan gambar. Ketika lo gambar, lo akan jauh lebih kebayang proses fisis yang dimaksud pada soal. Setelah itu, lo juga bisa ngecek kira-kira informasi apa aja yang bisa lo dapet dari soal.

Baru deh dari informasi-informasi tersebut, konsep dasar apa yang bisa lo gunakan untuk menghubungkan semua informasi tersebut. Berikutnya lo bisa mulai menyelesaikan soal tersebut.

3. Periksa ulang logika jawaban

Setelah lo udah dapet jawabannya, jangan lupa buat ngecek lagi logika jawaban lo. Bisa jadi hasil yang lo dapet ternyata nggak sesuai dengan logika konsepnya. Misalkan, karena kesalahan lo dalam perhitungan, laju benda hasil perhitungan lo bernilai negatif. Padahal seharusnya laju benda selalu bernilai positif karena laju merupakan besaran scalar. Kalo lo nemu kesalahan, cepat koreksi. Otherwise, repeat untuk soal-soal berikutnya.

 

Contoh Soal HOTS Fisika

Sekarang gue kasih contoh yah gimana menerapkan strategi di atas ketika menjawab soal HOTS. Untuk soal berikut ini gue nggak bakal ngasih lo jawaban akhirnya sekarang, tapi gue bakal nuntun elo nyelesaikan soalnya.

Contoh Soal HOTS Fisika 1

Oke sekarang kita coba terapin strategi yang udah gue urai diatas yah.

1. Konsep-konsep dasar

Hayo coba, sekilas dari soal yang udah lo baca kira-kira konsep apa aja yang harus lo kuasain? Lo harus nguasain Hukum Gerak Newton yang pertama, kedua dan ketiga secara bersamaan dan juga Torsi. Kalo konsep matematikanya yang perlu lo kuasain apa? Iya, lo harus nguasain aljabar untuk nyelesaiin soal ini, men.

2. Perhatikan informasi pada soal

Coba informasi apa yang bisa lo peras dari soal tersebut?

Kalo yang gw temuin sih kira-kira ada di list ini:

  • Massa balok adalah m dan massa silinder M. Katrol diasumsikan tidak bermassa.
  • Hubungan antara balok, katrol dan silinder pejal.
  • Rotasi silinder dipengaruhi oleh dua permukaan kasar lantai dan tembok.

Nah dari semua informasi yang lo temuin, coba lo cari hubungan di antara kesemua informasi tersebut. Di “dapur” gue, gue bisa nemuin empat persamaan yang menghubungkan semua informasi yang bisa kita peras dari soal. Setelah itu lakukan substitusi sampai kita bisa menyatakan semua ke dalam koefisien gesek seperti yang diminta pada soal.

3. Periksa ulang logika jawaban

Setelah lo dapet jawabannya, coba cek lagi logika jawabannya. Apa di antara langkah-langkah lo sampe ke jawaban, ada logika yang salah ato nggak. Misal buat dapetin gaya geseknya, lo ngitung pake gaya normal atau gaya yang mana? Nah cek setiap langkahnya supaya bener. 

Oke kak, jadi jawabannya apa untuk soal yang ini? Ayo taro dulu jawaban lo di kolom komentar!

Contoh Soal HOTS Fisika 2

Coba liat soal yang ini. Informasi disembunyikan di jawaban dan juga di pilihan jawaban. Untuk soal ini, nggak ada transfer konsep yang perlu lo lakuin. Oops, barusan gue ngasih clue terbesar dari soal ini. :p

Kalo elo maen ngerjain soal ini dengan memasukkan ke rumus, selamat! Lo mengerjakan dengan cara LOTS. Di soal ini, mungkin lo bisa jawab. Di soal lain, lo bisa pusing atau malah kejebak. Hati-hati yah, jangan lupa langkah ketiga untuk ngecek pilihan jawaban dengan logika konsep yang udah lo pelajarin.

Nah, untuk soal yang ini gue nggak mau breakdown per langkah kayak soal sebelumnya karena auto-kejawab. Hahaha. Khusus soal yang ini gw pengen liat elo ngerjain secara step-by-step kayak yang gue kerjain di atas. Lo komen di bawah dengan format begini:

1. Konsep-konsep dasar:

2. Informasi:

  • Tegangan
  • Hambatan
  • Blablabla

3. Cek ulang logika jawaban: Sesuai/tidak sesuai dengan konsep.

 

Bahan Latihan Soal HOTS Fisika

Setelah lo ngebaca artikel ini, sekarang saatnya buat lo latihan lebih banyak lagi. Kata Bruce Lee, bukan orang yang latihan seribu tendangan sebanyak satu kali yang dia takutin, tapi orang yang latihan satu tendangan sebanyak seribu kali. Sekarang coba lo kerjain soal-soal yang ada di sini:

Lo bisa download soal-soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo mentok, tersedia juga video pembahasannya. Dan bukan cuma soal Fisika aja, Zenius juga udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Setiap soalnya juga sudah pasti mengandung soal HOTS. Kalau lo mau download soalnya, lo bisa download aja soalnya di zenius.net ya!

Demikian celoteh gue tentang HOTS pada Fisika. Semoga gue bisa ngebantu lo menghadapi ketakutan terhadap HOTS dan Fisika. Anyway, selamat berlatih!

 

—————————CATATAN EDITOR—————————

Jika kamu ingin bertanya lebih lanjut ke Steve seputar soal HOTS Fisika, silakan post pertanyaan kamu di kolom komentar, ya! Dan jika kamu tertarik untuk mendiskusikan contoh-contoh soal HOTS Fisika di atas, silakan share juga jawaban kamu di kolom komentar.


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini