Panduan Belajar UN Geografi SMA 2019 41

Panduan Belajar UN Geografi SMA 2019

Artikel ini membahas kisi-kisi UN SMA Geografi yang akan membantu menentukan prioritas belajar, menjawab soal HOTS, lengkap dengan kumpulan latihan soal UN SMA Geografi.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Februari 2018 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN SMA Geografi 2019 terbaru.

Halo, guys! Perkenalkan nama gue Rifad. Sekarang, gue adalah tutor baru buat mata pelajaran Geografi di Zenius. Kali ini gue bakal bahas strategi belajar UN buat mata pelajaran yang kids zaman now anggap membosankan Geografi. Atmosfer awal tahun itu biasanya udah kerasa hawa-hawa persiapan berbagai macam ujian, kayak UN misalnya. Nah, lo sendiri persiapannya gimana nih? Udah siap tempur atau jangan-jangan masih celingukan bolak-balik liatin materi Geografi yang super-duper banyak?

Pada umumnya, orang-orang udah kemakan prasangka duluan sebelum memahami suatu hal dengan lebih dalam, termasuk ketika lo mau belajar geografi. Gagasan yang sering muncul tuh kira-kira begini:

“Apaan sih Geografi cuma belajar batuan sama tanah doang!”

Guys. Emang bener kok Geografi itu belajar batuan dan tanah. TAPI, gak pake ‘doang’ alias GAK HANYA BATU!

Geografi kan pada dasarnya itu ilmu mengenai persebaran berbagai fenomena yang ada di bumi ya. Bahasa kerennya, Geografi itu Science of Where. Sehari-hari lo juga menghirup udara, naik mobil di jalan tol, pergi berlibur sampe panen meme di media sosial juga lo lakuin di mana? Di planet Bumi, kan? Selama lo hidup dan tinggal di sebuah ruang yang dinamakan planet bumi, selama itu juga lo bisa liat fenomena geografi ada di sekeliling lo. Tentunya, fenomena ini bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Kok bisa beda? Nah, pertanyaan inilah yang bikin kenapa geografi muncul sebagai suatu ilmu, guys!

So, gak berlebihan dong kalo gue bilang geografi itu ilmu yang dekat sama kehidupan sehari-hari yang #gakhanyabatu aja bahasannya. Lo bisa paham berbagai karakter planet di sistem tata surya, alasan kenapa kalo mau hujan suka ngerasa kepanasan, isu ketahanan pangan dalam penyediaan sumber daya di Indonesia, sampe tahu cara kerja dan baca peta beserta kawan-kawannya. Saking luasnya bahasan geografi ini mungkin yang bikin image Geografi itu ilmu yang boring dan gak jelas arahnya kemana. Hal ini juga yang biasanya jadi excuse temen-temen gue di SMA buat males ikutan pemantapan ujian buat UN.

Eits, don’t worry! Belajar geografi itu menyenangkan banget dan gak susah ketika lo udah membiasakan belajarnya dibarengi dengan contoh yang ada di kehidupan sehari-hari. Okay deh kalo kayak gitu mending langsung aja kita bahas gimana strategi belajar Geografi buat UN.

Panduan Belajar UN Geografi SMA 2019 42

Kisi-Kisi UN SMA Geografi 2019

Setelah lo tau kalo Geografi itu #GakHanyaBatu, sekarang coba tengok dulu kisi-kisi UN SMA dari Pemerintah khususnya buat Geografi.

Panduan Belajar UN Geografi SMA 2019 43

Kalo merujuk dari tabel tersebut, hampir semua bahasan yang ada di geografi disebut di kisi-kisi dan kemungkinan besar muncul pas UN 2019 nanti.

Oh iya, kalo lo bingung ngeliat ada 3 level kognitif itu gak usah panik. Level Pengetahuan dan Pemahaman itu tingkat soal yang menguji definisi dan contoh dari suatu bahasan. Level Aplikasi lebih kepada tipe soal yang menguji lo dalam memaknai berbagai konsep dan menerapkannya ke dalam persoalan yang diuji. Sedangkan Level Penalaran adalah level soal ketika lo diharapkan bisa menganalisis persoalan kompleks dari berbagai konsep dasar yang telah diajarkan. Nah, Level Penalaran ini yang termasuk kategori soal HOTS.

Jadi, bingung belajarnya kayak gimana? Intinya sih, daripada lo nebak-nebak tipe soal mana yang bakal keluar nantinya, saran gue sih mendingan lo PAHAMI KONSEP DASARNYA DULU! Setelah lo paham konsep dasarnya, lo bakal terbiasa buat ngulik berbagai topik misalnya bahasan khas geografi yang berakhiran -sfer kayak Litosfer, Atmosfer, Hidrosfer, Biosfer ataupun Antroposfer. Contohnya, di topik Hidrosfer, lo ga bakal langsung ngerti kenapa arus laut bergerak dari satu daerah ke daerah lain kalo lo ga paham konsep dasar Atmosfer tentang gimana angin bergerak. See? Belajar geografi itu sama kayak belajar ilmu yang lain, semua berawal dari KONSEP!

Dan cara belajar pake konsep ini juga senjata oke buat menjawab soal HOTS yang membutuhkan penalaran. Biar lebih jelas, lo bisa baca tentang soal HOTS di sini: Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS.

 

Persebaran Materi UN Geografi 2013-2017

Nah, mari kita bandingkan kisi-kisi UN 2019 dengan kisi UN 2018:

Panduan Belajar UN Geografi SMA 2019 44 Panduan Belajar UN Geografi SMA 2019 45

Secara umum, perbedaan utama kisi-kisi di atas adalah lingkup materi “Hakikat Geografi” dan “Informasi Geografi” dijadikan satu. Walaupun demikian, ternyata isi poin materinya sama aja kok.

Trus, gue udah menyisir soal-soal UN Geografi selama 5 tahun terakhir untuk melihat materi apa aja yang biasanya keluar di UN SMA Geografi.

[table id=27 /]

Dari tabel tersebut, lo bisa liat kalo ada bab yang konsisten banget dari jumlah itu muncul di UN yaitu Hakikat Geografi dan Penginderaan Jauh.

Sisanya itu fluktuatif dan merata gitu. Agak rekor sih UN 2017 itu munculin soal Litosfer sama Sumber Daya Alam sejumlah 7 soal. Tapi, overall, hampir semua bab di KTSP itu muncul di UN. Agak tricky emang kalo lo nyoba buat belajar secara terpisah mengingat padetnya materi geografi. Ini bakal jauh lebih gampang kalo lo tau konsepnya apa dan kaitan antar satu bab dengan yang lainnya tuh kayak apa.

Maka daripada itu, gue sarankan elo buat belajar dari beberapa konsep dasar, yaitu:

  1. Konsep Dasar Geografi

  2. Planet Bumi

  3. Lapisan Bumi

    1. Litosfer

    2. Atmosfer

    3. Hidrosfer

    4. Biosfer

    5. Kependudukan (Antroposfer)

  4. Kemampuan Geografi

    1. Peta

    2. Penginderaan jauh

    3. SIG

  5. Wilayah

    1. Interaksi Desa-Kota

    2. Wilayah dan Pewilayahan

    3. Negara Maju dan Negara Berkembang

Setelah lo paham beberapa konsep dasar tersebut, lo bisa lanjut ke materi Sumber Daya Alam, Pembangunan Berkelanjutan sama Lingkungan Hidup. Soalnya ketiga materi itu bisa disebut materi ‘bonus’ karena lebih kepada pemahaman terapan lo terkait wawasan geografi yang udah lo dapet dari kategori Lapisan Bumi.

Oleh karena itu, daripada lo pusing-pusing belajar semua bahasan di buku, gue saranin elo buat pake strategi belajar pake konsep dalam persiapan UN lo ini. Selain itu, lo juga bisa tau porsi dan intensitas belajar lo di tiap bahasan dari tabel kemunculan bahasan yang udah gue bikin di atas.

Setelah lo tau apa yang harus lo pelajarin, lo bisa coba berbagai soal-soal UN Geografi tahun sebelumnya di Zenius.net. Lo bisa langsung hajar soal-soal di bawah ini:

Lo bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma Geografi, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo lo mau download soalnya, lo bisa download aja di zenius.net ya!

That’s it. Gampang, kan? Selamat belajar dan semoga lo lancar mengerjakan UN Geografi nya nanti! ^^

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Rifad tentang persiapan UN SMA Geografi, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Bagikan Artikel Ini!