Panduan Belajar UN Geografi SMA 2018

Artikel ini membahas kisi-kisi UN SMA Geografi yang akan membantu menentukan prioritas belajar, lengkap dengan kumpulan latihan soal UN SMA Geografi.

Halo, guys! Perkenalkan nama gue Rifad. Sekarang, gue adalah tutor baru buat mata pelajaran Geografi di Zenius. Kali ini gue bakal bahas strategi belajar UN buat mata pelajaran yang kids zaman now anggap membosankan Geografi. Atmosfer awal tahun itu biasanya udah kerasa hawa-hawa persiapan berbagai macam ujian, kayak UN misalnya. Nah, lo sendiri persiapannya gimana nih? Udah siap tempur atau jangan-jangan masih celingukan bolak-balik liatin materi Geografi yang super-duper banyak?

Pada umumnya, orang-orang udah kemakan prasangka duluan sebelum memahami suatu hal dengan lebih dalam, termasuk ketika lo mau belajar geografi. Gagasan yang sering muncul tuh kira-kira begini:

“Apaan sih geografi cuma belajar batuan sama tanah doang!”

Guys. Emang bener kok geografi itu belajar batuan dan tanah. TAPI, gak pake ‘doang’ alias GAK HANYA BATU!

Geografi kan pada dasarnya itu ilmu mengenai persebaran berbagai fenomena yang ada di bumi ya. Bahasa kerennya, Geografi itu Science of Where. Sehari-hari lo juga menghirup udara, naik mobil di jalan tol, pergi berlibur sampe panen meme di media sosial juga lo lakuin di mana? Di planet Bumi, kan? Selama lo hidup dan tinggal di sebuah ruang yang dinamakan planet bumi, selama itu juga lo bisa liat fenomena geografi ada di sekeliling lo. Tentunya, fenomena ini bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Kok bisa beda? Nah, pertanyaan inilah yang bikin kenapa geografi muncul sebagai suatu ilmu, guys!

So, gak berlebihan dong kalo gue bilang geografi itu ilmu yang dekat sama kehidupan sehari-hari yang #gakhanyabatu aja bahasannya. Lo bisa paham berbagai karakter planet di sistem tata surya, alasan kenapa kalo mau hujan suka ngerasa kepanasan, isu ketahanan pangan dalam penyediaan sumber daya di Indonesia, sampe tahu cara kerja dan baca peta beserta kawan-kawannya. Saking luasnya bahasan geografi ini mungkin yang bikin image Geografi itu ilmu yang boring dan gak jelas arahnya kemana. Hal ini juga yang biasanya jadi excuse temen-temen gue di SMA buat males ikutan pemantapan ujian buat UN.

Eits, don’t worry! Belajar geografi itu menyenangkan banget dan gak susah ketika lo udah membiasakan belajarnya dibarengi dengan contoh yang ada di kehidupan sehari-hari. Okay deh kalo kayak gitu mending langsung aja kita bahas gimana strategi belajar Geografi buat UN.

 

Kisi-Kisi UN SMA Geografi 2018

Setelah lo tau kalo Geografi itu #GakHanyaBatu, sekarang coba tengok dulu kisi-kisi UN SMA dari Pemerintah khususnya buat Geografi.

Kalo merujuk dari tabel tersebut, hampir semua bahasan yang ada di geografi disebut di kisi-kisi dan kemungkinan besar muncul pas UN 2018 nanti.

Oh iya, kalo lo bingung ngeliat ada 3 level kognitif itu gak usah panik. Level Pengetahuan dan Pemahaman itu tingkat soal yang menguji definisi dan contoh dari suatu bahasan. Level Aplikasi lebih kepada tipe soal yang menguji lo dalam memaknai berbagai konsep dan menerapkannya ke dalam persoalan yang diuji. Sedangkan Level Penalaran adalah level soal ketika lo diharapkan bisa menganalisis persoalan kompleks dari berbagai konsep dasar yang telah diajarkan.

Jadi, bingung belajarnya kayak gimana? Intinya sih, daripada lo nebak-nebak tipe soal mana yang bakal keluar nantinya, saran gue sih mendingan lo PAHAMI KONSEP DASARNYA DULU! Setelah lo paham konsep dasarnya, lo bakal terbiasa buat ngulik berbagai topik misalnya bahasan khas geografi yang berakhiran -sfer kayak Litosfer, Atmosfer, Hidrosfer, Biosfer ataupun Antroposfer. Contohnya, di topik Hidrosfer, lo ga bakal langsung ngerti kenapa arus laut bergerak dari satu daerah ke daerah lain kalo lo ga paham konsep dasar Atmosfer tentang gimana angin bergerak. See? Belajar geografi itu sama kayak belajar ilmu yang lain, semua berawal dari KONSEP!

 

Persebaran Materi UN Geografi 2013-2017

Nah, gue udah menyisir soal-soal UN Geografi selama 5 tahun terakhir untuk melihat materi apa aja yang biasanya keluar di UN SMA Geografi.

Topik/MateriKisi-kisi UN 2018UN 2017UN 2016UN 2015UN 2014UN 2013
Hakikat GeografiAda44444
Planet BumiAda24665
AtmosferAda54244
LitosferAda74545
HidrosferAda22332
BiosferAda34434
KependudukanAda23533
Sumber Daya AlamAda74232
Pembangunan BerkelanjutanAda13112
Lingkungan HidupAda21222
PetaAda24555
Penginderaan JauhAda22222
Sistem Informasi GeografisAda22322
Interaksi Desa-KotaAda65354
Wilayah dan PerwilayahanAda12111
Negara Maju dan BerkembangAda22223

Dari tabel tersebut, lo bisa liat kalo ada bab yang konsisten banget dari jumlah itu muncul di UN yaitu Hakikat Geografi dan Penginderaan Jauh.

Sisanya itu fluktuatif dan merata gitu. Agak rekor sih UN 2017 itu munculin soal Litosfer sama Sumber Daya Alam sejumlah 7 soal. Tapi, overall, hampir semua bab di KTSP itu muncul di UN. Agak tricky emang kalo lo nyoba buat belajar secara terpisah mengingat padetnya materi geografi. Ini bakal jauh lebih gampang kalo lo tau konsepnya apa dan kaitan antar satu bab dengan yang lainnya tuh kayak apa.

Maka daripada itu, gue sarankan elo buat belajar dari beberapa konsep dasar, yaitu:

  1. Konsep Dasar Geografi

  2. Planet Bumi

  3. Lapisan Bumi

    1. Litosfer

    2. Atmosfer

    3. Hidrosfer

    4. Biosfer

    5. Kependudukan (Antroposfer)

  4. Kemampuan Geografi

    1. Peta

    2. Penginderaan jauh

    3. SIG

  5. Wilayah

    1. Interaksi Desa-Kota

    2. Wilayah dan Pewilayahan

    3. Negara Maju dan Negara Berkembang

Setelah lo paham beberapa konsep dasar tersebut, lo bisa lanjut ke materi Sumber Daya Alam, Pembangunan Berkelanjutan sama Lingkungan Hidup. Soalnya ketiga materi itu bisa disebut materi ‘bonus’ karena lebih kepada pemahaman terapan lo terkait wawasan geografi yang udah lo dapet dari kategori Lapisan Bumi.

Oleh karena itu, daripada lo pusing-pusing belajar semua bahasan di buku, gue saranin elo buat pake strategi belajar pake konsep dalam persiapan UN lo ini. Selain itu, lo juga bisa tau porsi dan intensitas belajar lo di tiap bahasan dari tabel kemunculan bahasan yang udah gue bikin di atas.

Setelah lo tau apa yang harus lo pelajarin, lo bisa coba berbagai soal-soal UN Geografi tahun sebelumnya di Zenius.net. Lo bisa langsung hajar soal-soal di bawah ini:

That’s it. Gampang, kan? Selamat belajar dan semoga lo lancar mengerjakan UN Geografi nya nanti! ^^

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Rifad tentang persiapan UN SMA Geografi, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Jangan lupa juga untuk terus main dan belajar di zenius.net.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.

  • Imad

    ini dulu kan alumni zenius jg.

    mantap, selamat berjuang.

    • Fanny Rofalina

      Hehe tau aja nih si Imad kalo Rifad ini dulu alumni zenius :p

    • Rifad Anjar Jumara

      Yap. Betul sekali, Imad! Masih inget aja nih 😀

  • Agung Trilaksono

    yang SBMPTN ka

    • Rifad Anjar Jumara

      Halo, Agung.

      Okay. Terkait panduan SBMPTN ditunggu aja, ya! ^^

  • eraan 1234

    welcome bang! bang kapan lo ngajar di zenius.net?

  • Alfinsa EP

    Beuh mancay Rifad nulis di ZenBlog sekarang 😀

    • Fanny Rofalina

      Beuh kapan nih lo nyusul? ;P

      • Alfinsa EP

        Mungkin nanti di tahun ketiga kuliah kayak Rifad 😀 *nyari literasi*

        • Fanny Rofalina

          Oke, ditunggu! Hahahaha

  • Muhammad Fawwaz

    Ditunggu video materi geografinya bang!! (terutama sbmptn)