Preposition of place

Preposition of Place dan Penggunaan There Is dan There Are – Materi Bahasa Inggris Kelas 8

Contoh dan penggunaan preposition of place, penggunaan there is dan there are, ilustrasi, hingga contoh soal beserta pembahasannya disediakan di artikel ini. Yuk, simak artikel ini dan jadi semakin ahli dalam berbahasa Inggris!

Hai Sobat Zenius! Kalian tim yang kalau habis pergi menaruh sepatu di dalam rak atau di lantai nih? Atau ditaruh di lantai dulu baru kalo inget dipindah ke dalam rak? Hehehe. Ngomongin tempat menaruh sepatu nih, sebenarnya di artikel ini, kita akan membahas cara menginformasikan letak suatu benda tapi pakai Bahasa Inggris Sobat. Jadi, selain lo bisa bilang “Gue naruh sepatu di rak sepatu”, lo juga bisa bilang “I put my shoes in a shoe rack”. Mantapkan?

Untuk menyatakan letak suatu benda, kita akan menggunakan contoh preposition of place dan kata there is dan there are. Apa itu preposition of place, there is dan there are? Bagaimana cara penggunaanya? Yuk, simak artikel ini untuk tahu jawabanya!

Contoh Preposition of Place dan Pengertianya

Preposition adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan sebuah kata benda dengan kata benda lain dalam satu kalimat. Contohnya dalam kalimat “I put my pen on the table”. Dalam kalimat tersebut, preposition on digunakan untuk menunjukan hubungan antara kata benda my pen dengan the table. Hubungannya merupakan hubungan letak, penggunaan kata on menunjukan bahwa pensilku terletak di atas meja itu. Nah, penggunaan kata on dalam kalimat tersebut merupakan penggunaan contoh preposition of place yang akan kita bahas di dalam artikel ini.

Preposition of place adalah kata-kata yang digunakan untuk menyatakan informasi lokasi atau letak suatu benda. Kalau menurut buku Bahasa Inggri yang berjudul Collins Cobuild English Guides, Prepositions (1991) sih preposition itu terdiri dari 100 kata. Tapi tenang, kita hanya akan membahas beberapa contoh preposition of place yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari saja kok.

Contoh preposition of place apa aja sih? Contohnya adalah on, in, under, beside, behind, between, above, below, next to, dan among. Untuk tahu artinya, Sobat bisa cek tabel di bawah ini ya.

On & Above di atas
In di dalam
Under & Below di bawah
Beside di samping
Behind & Next to di belakang
Between & Among di antara
In front of di depan

Gue juga punya gambar yang bisa membantu lo memahami dan menghafalkan preposition-nya nih.

Preposition of Place
Ilustrasi Contoh Preposition of Place

Nah, kalau pakai gambar jadi lebih bisa ngebayangin kan? Arti dari masing-masing preposition tersebut sangat mudah untuk dipahami dan dihafalkan kok Sobat. Nah, supaya pahamnya nggak setengah-setengah, gue akan menjelaskan lebih detail lagi beberapa contoh prepositions of place di atas yang artinya sama namun berbeda dalam penggunaanya.

On and Above

Yang pertama adalah kata on dan above yang artinya sama-sama “di atas”. Kata on digunakan ketika dua benda yang dihubungkan posisinya bersentuhan seperti pada gambar burung yang hinggap di sebuah box. Sedangkan, above digunakan ketika kedua benda terpisahkan oleh jarak, seperti pada gambar burung yang terbang di atas box.

Under and Below

Yang kedua adalah penggunaan kata under dan below. Kali ini artinya sama-sama “di bawah”. Jika kata under digunakan, maka artinya ada satu benda yang menutupi benda lainnya, seperti pada gambar kucing yang berada di bawah kursi. Biasanya kalau ada kucing ngumpet dibawah kursi kan suka nggak keliatan karena ketutupan kan? Nah, makannya disini memakai kata under. Lalu, penggunaan kata below itu ketika benda tidak ada yang menutupi benda lainnya. Contohnya adalah kelinci yang ada di bawah lampu. Jadi walaupun di bawah lampu, kita masih bisa melihat kelinci itu dengan jelas.

between and among

Yang terakhir adalah penggunaan contoh prepoition of place between dan among. Keduanya sama-sama memiliki arti “di antara”. Perbedaanya adalah, kalau between itu di antara dua benda saja, sedangkan among berarti di antara lebih dari dua benda.

Sampai sini bisa dipahami kan Sobat? Kita lanjut kebagian rumus kalimat penggunaan preposition of place  ya.

Rumus Penggunaan Preposition of Place dalam Prepositional Phrase

Dalam sebuah kalimat, sebuah preposition hampir selalu diikuti dengan kata lainnya yang berbentuk kata ganti (pronoun) atau awalan benda (determiner) yang diikuti dengan kata benda (noun). Contohnya pada kalimat “I put my pen on the table”, kata on diikuti oleh kata determiner “the” dan sebuah kata benda atau nountable”. Nah, gabungan dari preposition place yang diikuti pronoun atau determiner dan noun itu ada namanya lho! Namanya adalah prepositional phrase. 

Supaya lebih mudah dipahami, nanti gue akan sediakan lo rumus dan contoh prepositional phrase-nya, tapi sebelum itu lo bisa lihat tabel dibawah ini tentang contoh kata-kata dari masing-masing jenis katanya terlebih dahulu ya.

PrepositionDeterminerNounPronoun
In, on , under, above, beside, behind, between, among, next to, etc.The, a, anTable, chair, room, box, shoe rack, class, television, etc.He, she, it, I, you, they, we, your, him, us, them, mine, yours, this, that, etc.

preposition of place

S + To be (is/am/are) + Prepositional PhraseThe popcorn is on the table.

The table is between the sofa and the television.

The popcorn is among the glasses.
S + To be + V-ing + Prepositional PhraseDad is sitting between his wife and son.

Jack is sitting next to his dad.

They are sitting on a sofa.

*Catatan: khusus untuk duduk di sofa atau tempat duduk lainnya yang bisa dipakai beramai-ramai, preposition of place yang kita gunakan adalah on.

Dari Tabel di atas, lo bisa tau kalau dalam penggunaan preposition of place ini lo bisa memakai dua rumus. Nah, supaya lo terbiasa menyusun kalimatnya, lo bisa coba mengerjakan contoh soal preposition of place dibawah ini ya.

Contoh Soal Preposition of Place dengan Gambar

Untuk mengerjakan latihan soal di bawah ini, lo hanya perlu untuk memilih preposition of place yang tepat untuk melengkapi kalimat percakapan yang ada berdasarkan gambar yang tersedia. Jangan lupa untuk pilih jawabanmu terlebih dahulu sebelum scroll down ke bagian pembahasanya ya. Yuk, kita latihan soal sama-sama!

Preposition of Place
Preposition of Place (Foto: Freepik)
  1. Sophie: Where is the chair?
    Jack: The Chair is __________ the window.
    A. Between
    B. On
    C. In front of
  2. Sophie: Where is he bunny?
    Jack: The bunny is __________ the box.
    A. In
    B. On
    C. Above
  3. Sophie: Where are Jill and Josh?
    Jack: They are sitting __________ the sofa.
    A. Beside
    B. On
    C. In
  4. Sophie: Where is the hanging lamp?
    Jack: It is __________ the rabbit.
    A. On
    B. Above
    C. Under

Pembahasan:

  1. Jawabannya adalah C. In front of, kursinya  terletak di depan jendela.
  2. Jawabannya adalah A. In, kelincinya terletak di dalam box.
  3. Jawabannya adalah B. On, mereka duduk diatas sofa.
  4. Jawabannya adalah C. Above, lampu gantungnya ada di atas kelinci namun terpisahkan jarak.

Pengertian dan Penggunaan There Is dan There Are

Kalau tadi kita sudah membahas tentang penggunaan preposition of place, berarti sekarang waktunya kita untuk membahas tentang penggunaan there is dan there are untuk menyatakan keberadaan suatu benda. Ungkapan there is dan there are ini gunanya adalah untuk menyatakan eksistensi dari sebuah benda yang kalau diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris artinya adalah “ada” atau “terdapat”. Jadi, kalau dalam Bahasa Inggris kita bilang “There is three people in the room” maka dalam Bahasa Indonesia artinya “Ada tiga orang di dalam ruangan.”

Terus kapan lo bisa pakai there is dan kapan pakai there are? Jawabannya adalah menyesuaikan dengan jumlah benda yang ditunjukan. There is digunakan untuk menunjukan keberadaan benda yang berjumlah hanya satu yang sering disebut singular noun atau yang termasuk dalam uncountable nouns (benda yang tidak bisa dihitung satu persatu) seperti water, hair, sugar, dan air. Sebaliknya, kalau jumlah bendanya lebih dari satu maka lo harus menggunakan there are. Contoh kalimat there is dan there are ada di bawah ini.

Penggunaan There Is dan There Are
Penggunaan There Is dan There Are

Kata there is dan there are dapat digunakan dalam positive sentence, negative sentence, dan interrogative sentence. Yuk, kita tengok cara penyusunan kalimatnya menggunakan rumus kalimat!

Rumus Positive Sentence

There is + singular nounThere is a chair.
There is a table in the middle of the room.
There is only one balloon left.
There are + plural nounThere are four chairs.
There are tables in the middle of the room.
There are several malls in the city.
There is + uncountable nounThere is water.
There is some sugar in my coffee.

Rumus Negative Sentence

There is + not  + singular nounThere isn’t a book.
There isn’t a magazine on the table.
There are + not  + any + plural nounThere aren’t any books.
There aren’t any magazines on the table.
There is + not + any + uncountable nounThere isn’t any water.
There isn’t any sugar in my coffee.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan negative sentence adalah penggunaan kata any untuk kata benda yang plural atau uncountable. Sobat Zenius nggak perlu menambahkan kata any untuk kata benda yang hanya berjumlah satu atau singular dalam penggunaan there is dan there are ya.

Baca Juga

Expressing Plans and Intentions – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Cause and Effect Beserta Rumus dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Making Requests, Accepting and Declining – Bahasa Inggris Kelas 12

Rumus Interrogative Sentence

Kalau lo udah bisa membuat kalimat positif dengan penggunaan there is dan there are, membuat kalimat tanya seharusnya mudah nih buat lo. Kenapa mudah? Karena disini lo tinggal menukar posisi dari kata is dan are-nya dengan there seperti contoh dibawah ini:

Positive Sentence Preposition of Place

Kalau dirumuskan akan menjadi seperti ini:

Is + there + singular noun?Is there a book?
Is there a magazine on the table?
Are + there + any + plural noun?Are there any books?
Are there any magazines on the table?
Is + there + any + uncountable noun?Is there any caffeine in this drink?
Is there any sugar in this coffee?

Contoh Soal There Is dan There Are

Karena lo sudah mempelajari terkait penyusunan kalimat menggunakan there is dan there are, yuk sekarang kita coba latihan soalnya!

  1. There ______ people in the house.
    A. Is
    B. Are
    C. Is not
  2.  ______ there any cheese in this cake?
    A. Is
    B. Are
    C. Are not
  3. There  ______ a letter for you from John.
    A. Is
    B. Are
    C. Some 
  4. There  ______ any students in the class.
    A. Is not
    B. Is 
    C. Are not
  5. ______ homework that needs to be submitted soon?
    A.
    Is there any
    B. Are there any
    C. Is there a

Oke, kalau teman-teman sudah selesai mengerjakan, teman-teman bisa cek pembahasannya dibawah ini ya.

Pembahasan:

  1. Jawabannya adalah B. Are, karena diikuti dengan plural noun “people”.
  2. Jawabannya adalah A. Is, karena “cheese” merupakan uncountable noun.
  3. Jawabannya adalah A. Is, karena jumlah benda nya hanya satu ditandai dengan penggunaan determiner “a”.
  4. Jawabannya adalah C. Are not, karena jumlah murid lebih dari satu.
  5. Jawabannya adalah A. Is there any, karena “homework” merupakan uncountable noun.

Penutup

Yeay! Selesai sudah pembahasan kita terkait penggunaan preposition of place dan penggunaan there is, there are di artikel ini. Temen-temen pasti sudah tau apa saja contoh preposition of place, rumus kalimat penggunaan there is dan there are dan preposition of place, hingga cara mengerjakan contoh soal-soalnya. Gimana? Sudah benar semua belum jawaban latihan soal lo? Kalau sudah, artinya lo sudah cukup menguasai materi ini lho. Kalau masih ada yang salah, jangan khawatir lo bisa baca-baca materinya lagi dengan lebih cermat dan juga menyampaikan kebingungan atau pertanyaan lo di kolom komentar kok.

Kalau gitu, sekian dari gue, see you in the next article!

Referensi

ITTT. (n.d.). There Is vs. There Are. teflcourse.net. Diakses pada 22 November 2021, dari https://www.teflcourse.net/english-grammar-corner/there-is-vs-there-are/.

Prepositions: Locators in Time and Place. Guide to Grammar & Writing. (2004). Diakses pada 22 November 2021, dari http://guidetogrammar.org/grammar/prepositions.htm.

sobelanguages. (2015, July 29). ‘sit in a chair’ or ‘sit on a chair’? beach English prepositions. South Beach Languages. Diakses pada 22 November 2021, dari https://southbeachlanguages.com/sit-in-a-chair-or-sit-on-a-chair-beach-english-prepositions/.

Universitas Ottawa. (2021, November 19). The Parts of Speech. The Writing Centre. Diakses pada 22 November 2021, dari https://arts.uottawa.ca/writingcentre/en/hypergrammar/the-parts-https://arts.uottawa.ca/writingcentre/en/hypergrammar/the-parts-of-speech of-speech.

Bagikan artikel ini: