7 Kelebihan dan Cara Seru Belajar Online di Rumah

Belajar Online di Rumah

Hi Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Kali ini gue mau kasih tahu kelebihan dan kekurangan belajar online di rumah. 

Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa kita kenal Covid-19 masih ada di Indonesia, sehingga memaksa kita melakukan semua aktivitas dari rumah. Salah satunya kegiatan belajar mengajar

Sudah hampir dua tahun nih kita dihadapkan dengan situasi ini, tentunya elo semua sudah mulai terbiasa dong dengan kegiatan belajar online. 

Belajar online merupakan kegiatan yang lumayan baru di dunia pendidikan Indonesia, sebelumnya selalu terbiasa dengan kegiatan belajar secara langsung di sekolah.

Sebagai pembelajar yang sekarang juga turut mendapatkan pengalaman belajar online, jujurly gue sih lebih nyaman belajar secara daring. 

Gue gak perlu membagi uang jajan yang dikasih orang tua untuk naik ojek online, lebih hemat waktu dan biaya. Cuma ya, suka duka belajar online tuh gak bisa berinteraksi secara langsung kalau lagi tugas kelompok.

Ok Sobat Zenius, sekarang gue mau kasih tau nih kelebihan dan kekurangannya belajar online.

Elo juga bisa nih berbagi pengalaman belajar online seusai baca tulisan ini. Yuk lanjut!

Kelebihan Belajar Online di Rumah

Ada baiknya hal yang pertama gue lakukan adalah spill kelebihan belajar online di rumah. Nanti keluh kesah belajar onlinenya boleh elo bagi setelah gue kasih kekurangannya yang gak lebih banyak dari kelebihannya kok!

1. Perkembangan Pendidikan Indonesia 

Adanya sistem belajar online di rumah membuat pendidikan Indonesia lebih maju. Salah satu kemajuannya dengan memanfaatkan teknologi mutakhir kelas online dengan sarana yang variatif.

Pengajar dapat mensupervisi seluruh kegiatan siswa dengan e-meeting menggunakan berbagai aplikasi.

Tidak hanya menggunakan e-meeting, sekolah juga bekerja sama dengan perusahaan Edu-Tech salah satunya Zenius untuk melengkapi sarana kegiatan belajar dan mengajar.

2. Hemat Waktu 

Kelebihan belajar online di Rumah adalah fleksibilitas waktu. Kalau elo belajar di sekolah, terkadang pasti merasa kalau 24 jam tuh nggak cukup deh untuk membagi waktu belajar dan kegiatan lainnya. 

E-learning atau pembelajaran berbasis digital merupakan solusinya. Waktu belajar dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat jam belajar.

Elo dapat dengan mudah mengakses materi pembelajaran dengan media belajar online yang beragam.

Salah satu contohnya adalah live class yang ada di Zenius, isinya video interaktif dari para tutor ahli dan asik. Tentu saja Zenius merupakan platform belajar online yang menyediakan banyak fitur.

3. Tempat 

Dampak positif belajar online selanjutnya adalah elo bisa belajar di mana aja, senyamannya elo.

Mau di dalam ruangan, di kamar, di beranda rumah, ruang tamu, bahkan di dapur sekalipun. Bisa lho! 

Hal ini dapat memudahkan elo ngerjain tugas sembari bantu Ibu. Eits, tapi tetap ya elo kudu komitmen buat belajar nih. 

Elo harus siap di ruangan yang memadai sebagai tempat belajar, agar dapat menyimak dan memahami materi pelajaran dengan baik. 

Tips belajar online dan memilih tempat dari gue adalah, pilih yang menurut elo nyaman dan bersih. Inget kan kita masih dalam kondisi pandemi, jadi jaga kebersihan juga wajib, Sobat Zenius!

4. Perjalanan 

Manfaat belajar online ini berkaitan dengan fleksibilitas waktu dan tempat adalah perjalanan. 

Iya nih Sobat Zenius, dengan belajar online elo gak perlu lagi berangkat ke sekolah. Bangun tidur, mandi, sarapan terus cari tempat cozy di rumah buat kegiatan belajar daring deh.

Sehingga hal ini membuat elo sedikit mengeluarkan tenaga, elo bahkan bisa sambil makan dan minum.

Oh iya, karena kemungkinan besar biasanya elo berjalan kaki menuju sekolah atau kantin, porsi jalan kaki yang biasanya elo lakuin bisa diganti dengan workout lainnya seusai kelas daring.

5. Hemat 

Elo gak perlu lagi nih pakai uang jajan harian untuk ongkos ojek online atau angkutan umum. Belajar online membuat elo duduk diam di rumah aja tapi elo bisa melakukan kegiatan belajar.

Tentunya elo mau kan menambah ilmu pengetahun tanpa kendala keuangan. Dengan bermodalkan internet, elo udah bisa nih mengakses berbagai materi pembelajaran tanpa khawatir ketinggalan pelajaran. 

Ikut bimbel di Zenius juga, deh. Harganya terjangkau, dan sekarang lagi ada potongan harga mencapai 84%. Klik di sini ya!

Dampak positif belajar online tuh banyak banget, elo jadi bisa hemat untuk segala aspek. Biaya, waktu, dan tenaga.

6. Akses yang Mudah 

Karena namanya saja belajar online, kegiatan belajar ini tentunya diakses menggunakan smartphone atau perangkat teknologi komunikasi lainnya, seperti laptop yang terhubung dengan internet. 

Elo dapat dengan mudah mengakses materi yang ingin dipelajari. Dengan belajar online elo dapat tadi melakukan kegiatan belajar mulai dari mana aja, kapan aja.

7. Dapat Mengembangkan Diri

Salah satu dampak positif belajar online lainnya adalah tidak memakan waktu yang banyak sehingga elo masih punya waktu untuk melakukan pengembangan diri.

Elo suka bahasa Korea? Bisa nih, Zenius punya program belajar bahasa Korea yang dapat elo ikuti. Cari tahu infonya di sini ya.

Elo juga bisa melakukan hobi lain, seperti membaca, menulis atau menggambar. Dengan begitu gak cuma belajar materi sekolah aja deh, elo bisa sekaligus mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki.

Sobat Zenius, di bawah ini gue lampirkan pembagian waktu optimal kerja otak ya!

belajar online di rumah
Kerja optimal otak. (Dok: Zenius)

Kekurangan Belajar Online di Rumah

Tadi gue udah kasih 7 kelebihan dari belajar online di rumah. Segala sesuatunya memiliki dua sisi kan? Hehehe… 

Sekarang gue perlu juga nih memberikan kekurangan dari belajar online di rumah. Ada kekurangannya, tapi tidak sebanyak kelebihannya kok. Dan kekurangan itu akan semakin minim kalau elo ikut cara belajar online yang efektif dari Zenius.

1. Minimnya Pengawasan

Kurangnya pengawasan dalam pembelajaran online membuat gue terutama, ini mengakui kelemahan gue ya, Sobat Zenius. Kadang gue kehilangan fokus.

Dengan semua kemudahan akses, beberapa kali gue cenderung menunda-nunda waktu belajar. Perlu kesadaran diri sendiri dan pengingat agar proses belajar dengan metode daring menjadi terarah dan mencapai tujuan.

So, gue minta orang tua gue untuk ikutan salah satu paket belajar di Zenius, agar gue termotivasi belajarnya. Zenius Apps punya aplikasi untuk menjadi reminder waktu belajar gue.

2. Kurang Interaksi

Nah itu tadi keluh kesah belajar online gue di awal. Belajar daring ini membuat kita semua kekurangan interaksi. Baik terhadap teman serta tenaga pengajar.

Tapi tenang aja deh, Zenius ada ZenCore. Di mana elo dapat berinteraksi dengan Sobat Zenius yang lain. Bisa belajar bareng dan push rank pengetahuan elo di sana.

belajar online di rumah
e-meeting membuat kurangnya interaksi. (Dok: Unsplash)

3. Akses Internet 

Akses internet tentunya menjadi bagian paling krusial dari kegiatan belajar online di rumah. 

Tentunya kegiatan belajar akan terhambat nih Sobat Zenius kalau koneksinya buruk. Kalau tadi gue bilang belajar online di rumah tuh menghemat beberapa aspek, ya borosnya di paket data sih. 

Bagi elo yang tinggal di kota besar, mungkin tidak dapat permasalahan dengan koneksi buruk terlalu sering. 

Tapi, teman-teman kita yang berada di bagian Indonesia lain, yang masuk ke daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) masih belum terjangkau akses internet. Hal ini menyebabkan belajar daring masih dianggap sebagai sebuah keistimewaan untuk mereka.

Sobat Zenius, gue sudah berikan kelebihan dan kekurangan belajar online di rumah. 

Gue mau tau dong pendapat elo tentang belajar online, atau mungkin elo mau memberikan pesan dan kesan selama belajar online di rumah. Boleh lho tinggalin pesan di kolom komentar.

Elo bisa juga nih baca testimonial Sobat Zenius lain yang sudah belajar bareng di Zenius, di bawah ini:

Pengalaman Jerome Polin Belajar di Zenius

Testimoni Murid Zenius yang Lulus SNMPTN 2020

Catatan Perjuangan Murid Zenius yang Lolos UTBK SBMPTN 2019

Catatan Perjuangan Murid Zenius yang Lolos SBMPTN 2018

Gue tunggu update pengalaman belajar online elo ya, Sobat Zenius. Jaga kesehatan dan see you!

Bagikan Artikel Ini!