belajar un

4 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Pengumuman UTBK 2021

4 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Pengumuman UTBK 2021 9

Halo, para pejuang PTN tahun ini! Empat hari jelang pengumuman UTBK 2021, kalian jadi ngecekkin kalender terus gak? Seluruh rangkaian seleksi UTBK memang udah rampung nih. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) diadakan dalam dua gelombang: Pertama, 12- 18 April 2021. Kedua, 26  April – 2 Mei 2021. Tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi pada 14 Juni mendatang.

Pengumuman UTBK 2021

Menurut laporan kompas.com, pengumuman hasil seleksi akan mulai bisa diakses pada pukul 15.00 WIB. Di hari H nanti, peserta bisa mengecek pengumuman melalui situs resmi LTMPT dan 28 laman mirror PTN masing-masing.

Apa aja yang perlu disiapin?

Seperti yang udah ditegaskan berkali-kali sama pihak LTMPT, hasil pengumuman UTBK 2021 bersifat pribadi sehingga gak bisa diakses secara umum. Hanya mereka yang dibuktikan dengan kepemilikan data peserta UTBK yang bisa mengakses hasil seleksi. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan supaya kamu bisa mengecek hasil pengumuman UTBK 2021. Apa aja?

  1. Nomor pendaftaran
  2. Tanggal lahir
  3. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  4. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

Tiap peserta akan mendapat hasil UTBK dalam bentuk sertifikat digital yang berisi informasi skor atau nilai UTBK. Sertifikat ini bisa dipakai peserta yang belum lolos UTBK untuk mengikuti jalur masuk lain yang disediakan tiap PTN. Seperti yang kalian tahu, seleksi masuk PTN lewat jalur UTBK termasuk sangat ketat.

Karena UTBK sifatnya seleksi, kalian akan bersaing dengan banyak sekali peserta dari berbagai daerah dari seluruh penjuru Indonesia. Nah, emang seketat apa sih persaingannya? Setiap tahunnya, kurang lebih hanya ada sekitar 20%-an peserta yang lolos. Berikut adalah data keketatan persaingan SBMPTN tiga tahun terakhir.

 

Pengumuman UTBK 2021

Gak Lolos UTBK, Harus Apa?

Tiap PTN menyediakan jalur ujian mandiri yang bisa jadi pilihan kalian seandainya belum bisa tembus seleksi UTBK tahun ini. Setelah pengumuman UTBK 2021, sejumlah ujian mandiri PTN bakal menyusul. Dalam waktu dekat akan diadakan SIMAK UI, ujian mandiri bagi kalian pejuang jaket kuning. Ujian SIMAK bakal dimulai pada 19 Juni sampai 21 Juni 2021. Informasi lengkap seputar pendaftaran ujian mandiri di sejumlah PTN bisa kamu akses lewat tautan di bawah ini.

Informasi Daya Tampung dan Pendaftaran SIMAK UI 2021

Jadwal Ujian Mandiri 2021: UI, Undip, Unair, ITS, dan IPB

Selma UB 2021: Jadwal, Syarat, dan Biaya Pendaftaran

SMMPTN 2021: Informasi Pendaftaran, Jadwal, dan Pembahasan

Seleksi Mandiri ITS: Jadwal, Syarat, dan Informasi Pendaftaran

UM UGM 2021: Ujian Tulis (UTUL) dan Jalur Prestasi

UM IPB 2021: Pendaftaran, Jadwal, dan Syarat Ujian Mandiri UTM-BK IPB (Lengkap)

Informasi Lengkap UM UNY 2021

Informasi Lengkap Pendaftaran UM UNDIP 2021

Informasi Jalur Mandiri UNP (Universitas Negeri Padang) 2021

Informasi Jalur Mandiri UPN Jogja 2021

PMB ISI Yogyakarta 2021: Jalur Mandiri

Informasi Jalur Mandiri UIN Walisongo 2021

Terakhir, saran dari Zenius, selain persiapin data peserta, kamu juga perlu persiapan mental. Kenapa? Sebagaimana udah disebut di awal tulisan, jalur UTBK memang udah terkenal menjadi ajang persaingan masuk PTN yang super ketat. Salah satu alasannya, daya tampung tiap PTN sangat terbatas dan itu pun udah dibagi porsinya untuk jalur-jalur masuk lain, seperti SNMPTN.

Dalam seleksi SNMPTN tahun ini, total daya tampung yang tersedia untuk seluruh PTN adalah 113.203. Dari hasil seleksi, sudah 110.459 orang mengamankan kursi di kampus PTN.

Nah, apapun hasil pengumuman UTBK 2021 yang kamu dapat di akun pesertamu nanti, jangan patah semangat ya! Kamu masih bisa berharap meraih kursi di kampus impian lewat ujian mandiri PTN. Kamu bisa pantengin situs resmi penerimaan mahasiswa baru tiap PTN buat dapet informasi ter-update. Boleh juga mampir di Blog Zenius karena bakal ada juga perbaruan info buat persiapan masuk kuliah. Kamu gak sendirian! Good luck ya!

Baca Juga:

Cara Belajar yang Efektif: Deliberate Practice (DP)

Bagaimana Cara yang Paling Tepat untuk Memotivasi Seorang Pembelajar?

Bagaimana Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar?

Bagikan artikel ini: