7 Langkah Mengikuti Keseruan Lokakarya Zenius untuk Guru

lokakarya Zenius untuk Guru

Selama mengajar, Bapak dan Ibu Guru seringkali menemui berbagai tantangan, mulai dari sulitnya mendapatkan bahan ajar, kebingungan tentang metode pembelajaran, sampai penyesuaian dengan kurikulum yang baru. Tapi tenang, lokakarya Zenius untuk Guru (ZenRu) hadir untuk bantu mengatasi masalah-masalah tersebut.

Secara rutin, lokakarya Zenius untuk Guru diadakan untuk mengasah keterampilan Bapak dan Ibu Guru dalam mengajar sambil mendiskusikan topik-topik terbaru dalam dunia pendidikan. Kegiatannya diadakan secara gratis dan bersertifikat hingga 64 JP.

Selain menambah pengetahuan dan keahlian sebagai guru di abad 21, lokakarya Zenius untuk Guru juga memungkinkan para peserta untuk saling berdiskusi dengan sesama tenaga pendidik lainnya di seluruh Indonesia.

Sampai sekarang, puluhan lokakarya telah diadakan, baik secara pribadi maupun dalam bentuk kerjasama dengan pihak luar. Topik yang dibahas pun beragam, contohnya blended learning, AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), diferensiasi pembelajaran, dan masih banyak lagi.

Terus, bagaimana caranya untuk ikut lokakarya Zenius untuk Guru?

1. Masuk ke Akun Zenius

Untuk berpartisipasi di lokakarya, Bapak dan Ibu Guru harus mendaftarkan diri lewat link pendaftaran yang sudah disediakan menggunakan akun Zenius. Jadi, pastikan Bapak dan Ibu Guru sudah masuk ke akun Zenius-nya masing-masing untuk mengikuti rangkaian kegiatan.

Berikut adalah cara yang bisa diikuti untuk masuk ke akun Zenius melalui aplikasi.

cara masuk akun zenius
Cara masuk ke akun Zenius. (Arsip Zenius)

Kalau belum mempunyai akun Zenius, Bapak dan Ibu Guru bisa daftar (sign up) terlebih dulu. Informasi selengkapnya tentang cara daftar akun Zenius bisa klik di sini >> Panduan Sign Up ke Zenius

2. Bergabung ke Grup Diskusi

Setelah masuk ke akun Zenius, jangan lupa untuk bergabung ke grup diskusi lokakarya ZenRu yang ada di Telegram. Seluruh informasi kegiatan mulai dari jadwal, materi, sampai tugas akan dijelaskan lewat grup ini.

3. Masuk ke Kelas Lokakarya

Bapak dan Ibu Guru harus masuk ke kelas virtual lokakarya agar bisa mengikuti rangkaian kegiatan, seperti menonton materi dan mengerjakan tugas.

Ada dua cara untuk masuk ke kelas lokakarya, pertama dengan klik tautan kelas yang sudah diberikan (nantinya akan disampaikan lewat grup Telegram), kedua dengan memasukkan kode kelas lokakarya di akun Zenius Bapak dan Ibu Guru seperti langkah  berikut ini.

kelas lokakarya zenius untuk guru
Cara masuk ke kelas lokakarya ZenRu. (Arsip Zenius)

4. Mengikuti Materi

Materi lokakarya akan dibahas di kelas virtual lokakarya dalam bentuk video. Bapak dan Ibu Guru bisa mengakses materinya dengan mengikuti langkah di bawah ini.

  • Klik nama akun, lalu pilih “Kelas Saya”
  • Pilih kelas aktif yang berjudul sesuai dengan lokakarya yang diikuti
  • Klik tab “Materi” dan pilih materi yang tersedia
  • Tonton semua video yang ada dalam materi tersebut

Setiap hari, ada lebih dari satu materi yang diberikan, jadi pastikan Bapak dan Ibu Guru menonton semua materi yang tersedia di hari yang ditentukan.

materi lokakarya zenius untuk guru
Cara mengikuti materi lokakarya di kelas virtual. (Arsip Zenius)

5. Mengikuti Kelas Tatap Muka

Selain melalui video yang ada di kelas virtual, materi lokakarya juga akan disampaikan secara langsung lewat sesi tatap muka di platform live streaming, seperti kelas live Zenius, YouTube, Zoom, atau aplikasi lainnya. Nantinya, tautan untuk mengikuti kelas akan dibagikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan lewat grup Telegram. 

Pastikan untuk mengikuti kelas tatap muka dari awal sampai akhir agar bisa memahami materi secara keseluruhan.

6. Mengerjakan Asesmen

Setiap harinya akan ada tugas yang diberikan lewat kelas virtual lokakarya. Tugas ini bertujuan agar Bapak dan Ibu Guru bisa lebih mendalami materi lokakarya yang diberikan di hari tersebut.

Untuk mengakses tugas, Bapak dan Ibu Guru bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik nama akun, lalu pilih “Kelas Saya”
  • Pilih kelas aktif yang berjudul sesuai dengan lokakarya yang diikuti
  • Klik “Tugas”, lalu pilih tab “Aktif” dan klik pada tugas yang tersedia
  • Klik “Mulai Tes” untuk mengerjakan tugas
  • Pilih jawaban yang menurut Bapak dan Ibu Guru benar. Jawaban bisa lebih dari satu. Setelah selesai, lalu klik tombol “Selanjutnya” sampai tugas selesai.
tugas lokakarya zenius untuk guru
Cara mengerjakan tugas lokakarya. (Arsip Zenius)

7. Menyelesaikan Tugas Akhir

Setelah mengikuti rangkaian lokakarya, Bapak dan Ibu Guru akan diberikan tugas akhir. Tugas ini merupakan kegiatan praktek dari materi-materi yang sudah diberikan. Berbeda dengan tugas harian, tugas ini akan meliputi keseluruhan materi lokakarya, sehingga Bapak dan Ibu Guru bisa berlatih untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan secara langsung.

Itulah ketujuh langkah yang bisa Bapak dan Ibu Guru lakukan untuk mengikuti rangkaian lokakarya Zenius untuk Guru. Bagaimana, sudah siap kan untuk mengikuti kegiatannya? 

Sampai bertemu di lokakarya Zenius untuk Guru ya!

Zenius untuk Guru

Baca Juga Artikel Lainnya

Komunitas Guru ZenRu: Tempat Berbagi Pengalaman Mengajar

Perjalanan Zenius untuk Guru di 2021

Mengenal Ragam Strategi Pembelajaran di Masa PTM

Bagikan Artikel Ini!