Mengenal 20 Jenis Teks Bahasa Inggris dan Penjelasannya

Ilustrasi siswa sedang melihat buku kumpulan teks Bahasa Inggris.

Halo, Sobat Zenius! Kalau elo ditanya, apa jenis teks Bahasa Inggris yang ada di benak elo saat ini?

Kalau gue, sih, announcement text. Itu lho, yang isinya pengumuman. Misalnya, pengumuman kalau elo udah lulus SMA dan mau ngadain syukuran kelulusan di rumah. Bisa juga sebuah pengumuman yang berisi kehilangan hewan peliharaan.

Mayoritas orang tentu sedih kalau kehilangan sesuatu, apalagi hewan peliharaan. Oleh karena itu, dibuatlah pengumuman dan disebarkan supaya lebih banyak orang yang bantu kita buat mencarinya. Kayak kucing Pororo yang sempat hilang beberapa waktu lalu terus bikin panik jagat TikTok. Beruntung, dia udah kembali ke pelukan pemiliknya.

Nah, untuk memberikan suatu pengumuman itu nggak bisa kita asal nulis. Ada struktur yang perlu diperhatikan supaya pengumuman tersebut bisa tersampaikan dengan baik. Di sinilah kita akan belajar mengenali jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris, salah satunya adalah announcement text.

Explanation Text

Explanation text adalah jenis teks yang berisi penjelasan secara detail tentang bagaimana sesuatu bisa terjadi. Misalnya, elo penasaran tentang bagaimana proses pembentukan pelangi. Nah, explanation text lah yang akan menjelaskan prosesnya secara detail.

Ciri-ciri dari teks jenis ini antara lain:

  • Menggunakan simple present tense.
  • Memakai passive voice.
  • Menggunakan noun phrase dan active verbs.
  • Memakai chronological connector.
  • Menggunakan adverbial phrase.

Pelajari lebih lanjut materi tentang Explanation Text di sini: Explanation Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 11.

Procedure Text

Lagi ingin masak mi ala Korea gitu, deh. Tapi, gimana cara bikinnya, ya? Hmm, tenang, guys. Karena, sekarang kita bisa cari referensi resepnya di internet.

Nah, ketika elo menemukan resep di internet, elo akan disuguhi beberapa prosedur cara pembuatannya. Ternyata, apa yang elo baca itu adalah procedure text, lho. Menurut elo, procedure text itu apa, sih?

Procedure text adalah jenis teks yang berisi perintah atau instruksi melakukan sesuatu. Tujuannya tentu saja untuk menguraikan kepada pembaca bagaimana cara mencapai atau membuat sesuatu melalui urutan kegiatan atau langkah-langkah.

Teks prosedur ini sangat mudah dikenali, lho. Utamanya berisi penjelasan mengenai how to atau bagaimana cara melakukan sesuatu. Nah, struktur dari teks ini adalah goal (maksud dan tujuan dari teks), materials (berisi daftar bahan-bahan), dan steps (uraian langkah-langkah kegiatan secara berurutan).

Instruction-Procedure-Text-Zenius
Cuplikan video belajar Zenius tentang procedure text membuat es teh manis. (Arsip Zenius)

Pelajari lebih lanjut materi Procedure Text di sini: Procedure Text – Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh.

Signage

Kalau elo berada di tempat yang baru, supaya nggak nyasar, elo akan mencari penunjuk arah, kan? Nah, penunjuk arah merupakan salah satu contoh dari signage.

Apa itu signage? Signage adalah jenis grafis atau gambar yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada orang yang melihatnya. Ada yang menggunakan rancangan gambar tertentu, ada juga yang berupa lambang atau simbol.

Tujuan dari penggunaan signage antara lain untuk periklanan dan pemasaran, menarik perhatian, menyampaikan informasi, penunjuk arah, dan menampilkan nama atau brand.

Ilustrasi penunjuk jalan sebagai salah satu contoh signage.
Signage digunakan sebagai penunjuk arah. (dok. Wikimedia Commons)

Invitation Text

Saat elo mengadakan acara ulang tahun, tentu elo ingin mengundang teman-teman terdekat, kan? Gimana, sih, cara elo mengundang teman-teman untuk hadir di acara perayaan ulang tahun elo?

Misalnya elo mengundang mereka lewat chat, tentu ada pembukanya dulu, kan? Misalnya, ditujukan untuk siapa, kemudian isi pesannya. Nah, isi pesan undangan biasanya nggak jauh-jauh dari nama acaranya (di sini elo akan mengadakan perayaan ulang tahun yang ke-17), tidak lupa juga untuk mencantumkan hari dan tanggal perayaannya, waktu, dan tempatnya.

Setelah itu, baru elo cantumkan di akhir nama elo sebagai yang mengundang mereka.

Nah, undangan perayaan ulang tahun itu merupakan salah satu contoh invitation text, guys. Invitation text adalah jenis teks yang mengajak atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu atau pergi ke suatu tempat.

Pelajari lebih lanjut materi Invitation di sini: Definisi dan Struktur Invitation Letter.

Report Text

Jenis teks Bahasa Inggris selanjutnya adalah report text. Elo yang sering melakukan praktikum secara nggak langsung udah mengenal jenis teks ini, lho.

Report text adalah jenis teks yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca mengenai hasil penelitian atau detail suatu objek.

Sama seperti laporan hasil praktikum. Setelah melakukan praktikum atau pengamatan terhadap sesuatu, tentu elo akan menuangkan hasilnya ke dalam suatu tulisan. Nah, itulah yang disebut dengan report text.

Lalu, apa bedanya report text dengan explanation text? Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menjelaskan suatu kejadian. Namun, report text ditulis berdasarkan riset atau observasi yang sistematis. Sedangkan, explanation text nggak perlu seperti itu.


Materi Video Report Text

Buat yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, kamu bisa pelajari lebih dalam materi Report Text beserta perbedaannya dengan Explanation Text. Jangan lupa login dulu untuk mengaksesnya!


Postcard Text

Sesuai dengan namanya, postcard atau kartu pos merupakan sebuah kertas yang bentuknya persegi panjang. Tampilannya ada dua sisi, sisi pertama berupa foto, ada yang berupa pemandangan atau tempat wisata, sisi kedua merupakan tempat untuk menulis.

Nah, di sisi yang kedua itu juga terbagi lagi menjadi dua bagian. Bagian yang pertama untuk menuliskan pesan dan tanggal penulisan, sedangkan bagian lainnya untuk menuliskan alamat penerima dan menempelkan perangko di sisi kanan atasnya.

Kenapa, sih, orang-orang membuat postcard? Postcard digunakan untuk menulis dan mengirimkannya tanpa menggunakan amplop. Selain itu, postcard juga sering digunakan sebagai cinderamata bagi para wisatawan.

Seperti ini tampilan postcard.

Gambar postcard.
Nah, ini dia tampilan dari postcard. (dok. Wikimedia Commons)

Review Text

Apa yang elo bayangkan ketika mendengar kata review text? Apakah suatu jenis teks untuk me-review sesuatu, seperti film?

Review text adalah jenis teks yang bertujuan untuk menilai atau meninjau suatu karya, bisa buku, film, dan lainnya. Kenapa perlu dinilai? Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan informasi kepada publik mengenai kelebihan dan kekurangan suatu karya.

Secara garis besar, dalam menulis review text, elo perlu membaginya menjadi empat bagian. Struktur review text, yaitu introduction (pembuka yang berarti sebuah gambaran umum), evaluation (evaluasi atau penilaian berupa detail suatu karya), interpretation (pendapat atau pandangan pribadi penulis), dan summary (rangkuman berupa kesimpulan suatu karya yang telah direview).

Recount Text

Di kelas 10, elo akan bertemu dengan jenis teks yang satu ini. Selain itu, mungkin banyak di antara elo yang rajin nulis buku diari. Nah, kalau elo tahu buku diari, berarti elo udah nggak asing lagi sama yang namanya recount text.

Recount text adalah jenis teks yang menceritakan tentang kejadian di masa lalu. Sama seperti saat elo nulis buku diari. Elo ceritakan semua kejadian di hari ini dalam sebuah tulisan. Elo juga bisa menceritakan pengalaman ketika liburan ke Nusa Penida bareng keluarga.

Tujuan dari recount text tentu saja untuk memberikan informasi, memotivasi, dan menghibur pembaca. Ya, walaupun buku diari itu bukan untuk konsumsi publik. Namun, setidaknya apa yang tertulis di situ bisa menjadi kenangan buat elo yang suatu saat nanti akan menjadi sumber informasi, motivasi, sekaligus hiburan saat elo baca kembali.

Pelajari lebih lanjut materi Recount Text di sini: Recount Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh.

Greeting Text

Biasanya, elo kalau menyapa teman itu gimana, sih? Sekarang, coba elo menyapa teman menggunakan bahasa Inggris. Nah, kalimat sapaan dalam bahasa Inggris disebut dengan greetings.

Contohnya gimana, sih? Sama seperti ketika elo menyapa orang, kok. Bisa “Hi, halo, what’s up, good morning, how do you do, nice to meet you, how are you doing, long time no see, dan howdy!

Pelajari lebih lanjut materi Greetings di sini: Jenis dan Contoh Greetings.

Discussion Text

Seperti halnya orang sedang berdiskusi, discussion text adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu hal dengan cara memaparkan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Berhubung informasi tersebut dipaparkan dari sudut pandang yang berbeda, maka tentu saja teks ini nggak lepas dari adanya pro dan kontra. Selain itu, topik yang dipaparkan dalam teks ini juga bersifat problematik, dan disampaikan oleh para ahli di bidangnya.

Descriptive Text

Irfan: “Di, kemarin gue ketemu Shinta di perpustakaan.”

Aldi: “Oh iya? Kayak gimana dia sekarang?”

Irfan: “Nggak beda jauh kayak waktu zaman SMP, kok. Rambut dia masih panjang sebahu, tapi sekarang lebih modis, curly, dan rambutnya dicat ash grey gitu. Terus, dia pakai setelan jeans gitu, keren, deh!”

Hmm, elo sadar nggak, kalau apa yang disampaikan Irfan itu kemudian dituangkan ke dalam tulisan, maka jadilah sebuat descriptive text, guys.

Descriptive text adalah suatu teks yang mendeskripsikan atau memberi penjelasan mengenai seseorang, hewan, atau benda. Nah, deskripsi tersebut meliputi bentuk, sifat, jumlah, dan hal lainnya.

Namun, kalau dituangkan dalam teks, elo perlu mengikuti struktur teksnya. Struktur descriptive text, yaitu identification (identifikasi atau gambaran umum suatu topik) dan description (penjelasan berupa gambaran atau ciri-ciri sesuatu).

Pelajari lebih lanjut materi Descriptive Text di sini: Descriptive Text – Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contoh.

Exposition Text

Exposition text adalah jenis teks untuk menjelaskan pandangan suatu hal atau opini seseorang dan berusaha untuk mempengaruhi pembaca supaya setuju dengan opini tersebut.

Contoh dari teks ini adalah essay. Nah, elo sering dengar atau bahkan disuruh guru untuk membuat essay, kan? Di essay, elo biasanya diminta untuk membawakan isu-isu tertentu yang sedang viral atau hangat dibicarakan oleh orang-orang.

Nah, elo diminta untuk menuliskan pendapat elo mengenai isu tersebut. Berhubung teks ini merupakan isi pikiran atau pendapat seseorang, maka jangan heran kalau essay atau exposition text menyebabkan banyak pro dan kontra dari berbagai orang.

Ketika membaca exposition text, dalam hati elo berkata, “Ih iya betul banget, gue juga mikirnya gitu”. Hal itu karena jenis teks ini berusaha untuk mengajak pembaca supaya setuju dengan opini penulis.

Pelajari lebih lanjut materi Exposition Text di sini: Exposition Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 11.

Narrative Text

Elo ingat cerita tentang Cinderella, nggak? Cerita tentang Putri Tidur? Gimana kalau yang lebih mainstream, yaitu cerita Si Kancil?

Waktu kecil, kita erat dengan cerita-cerita seperti itu. Ternyata, cerita Cinderella, Putri Tidur, dan Si Kancil itu termasuk jenis narravite text, lho.

Narrative text adalah jenis teks yang menghubungkan rangkaian kejadian. Bisa berupa cerita fiksi, maupun cerita nonfiksi. Intinya, tujuan dari teks ini adalah untuk menghibur pembaca dan menceritakan kisah yang telah terjadi di masa lalu. Jenisnya bisa fairy tale, fable, legend, slice of life, dan folk tales.

Nah, narrative text juga punya struktur kepenulisannya. Berikut ini struktur narravite text.

struktur narrative text
Struktur Teks Naratif dalam Bahasa Inggris. (Arsip Zenius/Dwi Julianti)

Pelajari lebih lanjut materi Narrative Text di sini: Narrative Text – Pengertian, Struktur, dan Contoh Soal.

News Item Text

News item text adalah jenis teks Bahasa Inggris yang memberikan informasi mengenai suatu peristiwa penting kepada pembaca. Elo tentu udah nggak asing dengan berita atau news, kan? Nah, berita itu termasuk dalam news item text, guys.

Untuk strukturnya sendiri, news item text terbagi menjadi tiga, yaitu main event (peristiwa utama), background event (latar belakang peristiwa), dan source (sumber).

Pelajari lebih lanjut materi News Item Text di sini: News Item Text – Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh.

Announcement Text

Seperti yang udah gue sampaikan di awal, bahwa announcement text atau teks pengumuman itu contohnya pengumuman kelulusan dan kehilangan hewan peliharaan.

Kalau kita definisikan, announcement text adalah jenis teks yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain. Selain contoh yang udah gue sebutkan di atas, contoh lainnya dari announcement text antara lain:

  • Iklan.
  • Pencarian orang hilang.
  • Pengumuman ditemukannya sesuatu
  • Pengumuman keberangkatan dan tibanya sebuah pesawat.
  • Lowongan pekerjaan.
  • Pengumuman kelulusan.

Jenis teks yang satu ini cukup penting, kan, untuk memberikan informasi kepada publik. Oleh karena itu, elo perlu memperhatikan struktur teksnya terlebih dahulu. Struktur announcement text, yaitu:

  • Goals (topik yang ingin diumumkan).
  • 5W+1H (berisi jawaban atas apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana. Nggak harus menjawab semuanya, namun cukup lengkap untuk disampaikan).
  • Pursuing attention (permintaan untuk pembaca supaya bisa memperhatikan hal-hal penting pada tulisan).
  • Closing (penutup berupa terima kasih atau for further information, please contact Aldi on 0821 7777 6565. Thank you!”

Pelajari lebih lanjut materi Announcement Text di sini: Announcement Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 10.

Argumentative Text

Argumentative text adalah jenis teks yang berisi pendapat-pendapat seseorang, beserta bukti sebagai penguatnya. Tidak lupa juga menyertakan alasan dan contoh terkait pendapat tersebut supaya pembaca semakin yakin dan percaya terhadap argumen si penulis.

Contoh argumentative text photos tentang lagu “Hati-Hati di Jalan” karya Tulus.
Contoh argumentative text. (Arsip Zenius/Aulia Rahma Qonita)

Kalau dilihat-lihat, argumentative text ini memang mirip dengan teks persuasif, guys. Keduanya sama-sama mengandung unsur bujukan secara halus supaya pembaca percaya terhadap apa yang mereka baca.

Nah, berhubung kita perlu membujuk seseorang secara halus, maka kita perlu memperhatikan strukturnya dulu, nih. Struktur dari argumentative text adalah pembuka (argumen dasar), tubuh argumen (argumen-argumen pendukung untuk menguatkan argumen dasar).

Pelajari lebih lanjut materi Argumentative Text di sini: Argumentative Text – Pengertian, Struktur, dan Contohnya.

Caption Text

Caption text adalah jenis teks pendek yang mengikuti media visual dan memberikan sedikit penjelasan mengenai visual tersebut. Dengan kata lain, caption text itu biasanya ada di bawah gambar untuk mendeskripsikan apa yang ada di gambar tersebut.

Memang, apa pentingnya suatu caption, sih? Caption text penting untuk memberikan informasi kepada pembaca terkait suatu gambar, meningkatkan kredibilitas, untuk mempromosikan sesuatu kepada pembaca secara lebih baik melalui copywriting, dan dibutuhkan dalam jurnalistik.

Nah, struktur dari caption text sendiri perlu adanya penjelasan mengenai “who, what, where, dan when”, kemudian di akhir dicantumkan juga “credit” gambar tersebut.

Contohnya seperti ini.

Contoh gambar beserta caption textnya.
Contoh caption text. (Arsip Zenius)

Pelajari lebih lanjut materi Caption Text di sini: Caption Text, Struktur dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 12.

Anecdote Text

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, kita juga mengenal yang namanya teks anekdot. Teks ini digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa untuk membuat pembaca tertawa atau merenungkan topik yang dibawakan.

Umumnya, cerita yang dituliskan dalam anecdote text merupakan cerita yang nggak biasa, guys. Seperti kejadian yang nggak terduga gitu.

Struktur dari anecdote text sendiri, yaitu abstract (cuplikan suatu kejadian), orientation (berisi tokoh, waktu, dan tempat kejadian), crisis (menjelaskan kembali hal yang unik atau ganjil dalam cerita, namun lebih detail), incident atau reaction (penyelesaian dari hal unik yang diceritakan), dan coda (bagian penutup dan evaluasi dari cerita).

Spoof Text

Apakah elo pencinta cerita komedi? Kalau iya, bisa jadi elo suka membaca spoof text.

Spoof text adalah cerita komedi yang berangkat dari pengalaman pribadi. Kejadian masa lalu yang diceritakan tersebut secara tiba-tiba, namun bisa membuat orang lain kaget hingga tertawa.

Kalau elo suka nonton standup comedy, teks ini mirip dengan naskah standup comedy.

Advertisement Text

Singkatnya, advertisement text adalah jenis teks iklan yang bertujuan untuk mengajak orang lain membeli atau mencoba suatu produk.

Elo sering lihat iklan tersebar di mana-mana, kan? Misalnya di TV atau poster di jalanan. Biasanya, advertisement text itu memiliki kalimat akhiran berupa ajakan yang familiar bagi kita, seperti “Cobain, kuy!”

Intinya, advertisement text ini perlu ditulis secara creative, hard hitting atau mencolok supaya orang mau nengok iklan tersebut, memorable supaya orang dengan mudah mengingat produk atau brand kita, clear atau jelas, informative, dan distinctive.

Pelajari lebih lanjut materi Advertisement di sini: Mengenal Advertisement – Pengertian, Ciri-Ciri dan Komponen-komponennya.

Gimana, gimana? Dari beberapa teks bahasa Inggris di atas, manakah yang paling sering elo buat? Coba share hasil tulisan elo di kolom komentar, dong, supaya gue dan teman-teman  yang lain bisa lihat teks buata elo. Oh iya, elo juga bisa belajar bahasa Inggris dengan nonton video belajar Zenius, lho. Klik banner di bawah ini dan pastikan elo udah login ke akun Zenius, ya.

banner zenius bahasa inggris

Contoh Soal Jenis Teks Bahasa Inggris dan Pembahasannya

Gimana gimana, udah paham dengan berbagai jenis teks dalam Bahasa Inggris, kan? Supaya makin paham, elo bisa kerjakan contoh soal di bawah ini, dan simak juga pembahasannya. Cekidot!

Contoh Soal 1

What is the function of the announcement text?

A. To describe a person or a noun.

B. To state important facts about something.

C. To announce important information.

D. To persuade readers to agree or disagree about an issue.

E. To inform readers about an issue.

Jawab: C. To announce important information.

Pembahasan:

Apa, sih, announcement text itu? Yap, announcement text merupakan jenis teks Bahasa Inggris yang bertujuan untuk memberikan pengumuman atau mengumumkan (to announce) suatu informasi penting supaya diketahui oleh publik.

Contoh Soal 2

Which one of these is not a title of narrative text?

A. The Red Riding Hood.

B. How to Get A Coronavirus Test.

C. Naruto Shippuden.

D. Goldilocks and The Three Bears.

E. Sitti Nurbaya: A Love Unrealized.

Jawab: B. How to Get A Coronavirus Test.

Pembahasan:

Narrative text merupakan jenis cerita fiksi dan nonfiksi yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur pembaca. Nah, di antara pilihan jawaban di atas, yang bukan termasuk narrative text adalah B. Karena, poin B merupakan jenis teks prosedur atau procedure text.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang jenis-jenis teks Bahasa Inggris? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi Bahasa Inggris lainnya di video Zenius. Elo juga bisa mencoba melatih kemampuan dengan level soal yang mirip UTBK beneran dengan klik link di bawah ini!

Try Out bareng Zenius

Referensi:

Modul Pembelajaran SMA Bahasa Inggris – Kemdikbud (2020).

Bagikan Artikel Ini!