cara mendapatkan nilai bagus

Cara Mendapatkan Nilai Bagus Bareng Zenius

Cara mendapatkan nilai bagus gimana sih?

Halo yang di sana! Iya–kamu yang lagi liatin layar hehe. Apa kabar nih sobat Zenius? Semoga selalu sehat jiwa dan raganya biar semangat terus belajarnya. Eits– bosen ya ngomongin belajar mulu? Apalagi kalau kamu dikelilingi teman-teman yang menjadikan nilai bagus sebagai satu-satunya penentu kesuksesan. 

Belajar dengan isi kepala yang dipenuhi dengan pertanyaan cara agar nilai ujian bagus bisa bikin kamu jadi salah fokus lho– bukannya ke materi itu sendiri tapi malah ke nilai bagusnya. Alhasil semangat yang elo punya bisa berganti jadi cemas, tertekan sama ekspektasi nilai bagus yang elo bangun.

Emang salah kalau kita ingin punya nilai bagus

Nggak juga kok, kalau itu bisa jadi motivasi kalian semangat belajar kenapa nggak? Semua orang punya alasan masing-masing dalam mengejar nilai bagus. Mulai dari sekedar gengsi kalau dapat nilai kecil, ingin membanggakan orang tua atau bahkan jadi cara memberi tantangan ke diri sendiri. 

Ada sebagian orang yang merasa nilai bagus itu semacam tiket masuk menuju kampus impian, seolah nilai bagus adalah tujuan akhir dari kita belajar. Nah, hal yang perlu kita inget, manfaat belajar nggak hanya melulu demi mendapat nilai bagus. Belajar bakal membantu kita untuk menerapkan apa yang kita pahami menjadi berguna di kehidupan. Mulai dari cara elo berpikir, mengambil keputusan, sampai menghadapi masalah.

Nilai bagus itu sebenernya cuma salah satu indikator yang kita pakai untuk mengukur seberapa sukses cara belajar kita dalam memahami suatu materi. Punya target memiliki nilai bagus bisa menjadi salah satu cara elo untuk mengukur kemampuan diri. 

Nah, buat elo yang ingin tau cara meningkatkan nilai bagus di sekolah berikut ini tips cara dapat nilai bagus dari gue! 

Bikin Jadwal Belajar yang Konsisten

Sebelum bikin jadwal, pertanyaan yang harus elo tanyakan ke diri sendiri adalah ‘kapan waktu terbaik gue bisa fokus?’ Ketika elo udah punya pijakan ini elo bisa mulai menganalisa apa sih yang sering mendistraksi elo saat belajar? 

Dari sini elo bisa menentukan waktu mana yang paling cocok dipakai untuk belajar. Nggak perlu bikin jadwal belajar ambis yang langsung memberatkan elo, kita bisa mulai dari hal sederhana. Misal, belajar 10 menit dulu setiap pagi, terus elo bisa kembangin lagi jadi setengah jam perhari. Kunci terpentingnya adalah menjadi konsisten dan membangun itu jadi sebuah kebiasaan. 

Jadwal belajar elo juga bakal lebih mantap kalau dibikin berdasarkan target. Misalnya nih elo punya target menguasai rumus tertentu dalam seminggu, atau menamatkan satu buku dalam sebulan. Elo bisa bikin target mingguan atau bulanan, sesuaikan sama kebutuhan lo! 

Temukan Gaya Belajar Elo

Setiap orang punya cara belajar masing-masing. Hal yang berlaku buat temen elo yang setiap hari dapat A mungkin beda sama elo. Bisa aja ketika kebanyakan orang nyaman belajar bareng temen, elo tipe yang bisa konsentrasi kalau belajar sendirian. Ada juga yang ngerasa cukup membaca buku dalam hati tapi elo lebih ngerasa membaca keras-keras bikin materi lebih nempel di otak. 

Cara Mendapatkan Nilai Bagus Bareng Zenius 9

Cara pertama buat nentuin gaya belajar yang tepat adalah dengan mengidentifikasi apakah elo tipe tim visual, auditori, kinestetik, atau kombinasi ketiganya? Apakah elo lebih suka menonton daripada mendengar, atau ternyata biar ga ngantuk lo harus belajar sambil bergerak? Coba gaya belajar yang menarik buat lo, jangan takut eksperimen! 

Belajar Bareng Mentor 

Sama kayak Jedi di Star Wars yang butuh master untuk membimbing mereka, elo pun sebagai pelajar bisa mencari mentor yang bakal ngebantu elo menjawab pertanyaan yang nggak lo temukan jawabannya di buku. 

Kadang waktu belajar di sekolah aja nggak cukup apalagi kalau elo pernah merasa ketinggalan pelajaran di kelas  yang pace belajarnya nggak sesuai sama elo. Zaman sekarang cari mentor dipermudah dengan bantuan teknologi. Kalau waktu belajar elo kurang fleksibel ikut bimbel online bisa jadi solusinya.  

Dari sekian tips yang gue share tadi, penting buat elo pahami gimana cara menerapkan semua itu dengan optimal. Salah satu caranya bisa dimulai dengan belajar bareng Zenius. 

Kenapa tuh?

Kita ga akan nyuapin sobat Zen dengan trik instan menghafal rumus, tips berhitung cepat atau bahkan cara mendapatkan nilai bagus. Yang gue kenalin ini sebuah konsep belajar bernama Yang Penting-Penting Aja (YPPA) yang bikin elo melihat proses belajar dengan persepsi baru. 

Belajar dengan Konsep YPPA membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami karena kita nggak akan berkutat soal hafalan teori atau rumus tapi cara memahami gambaran besar sebuah materi. 

Cara belajar Zenius ini bakal bawa elo untuk memahami big ideas dari apa yang elo pelajari. Kita bakal mengupas satu persatu lapisan demi lapisan materi hingga corenya. Di mana kita bisa paham dari mana sebuah hal berasal.

Pas elo paham struktur atau konsep pelajaran yang dipelajari maka elo akan punya kerangka pikiran sendiri. Hal ini yang bakal ngebantu elo memahami sebuah soal, nggak hanya secara permukaan tapi juga akarnya. Di sini kita nggak cuma menjawab pertanyaan ‘apa’ tapi juga ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’. 

Nah, kalau sobat Zenius masih sibuk mikirin cara mendapatkan nilai bagus saat ulangan ada baiknya kita mulai dengan pertanyaan ‘apa cara belajar elo sudah efektif?’ Kalau belum, gimana cara mulainya? Dan kalau sudah, gimana cara ningkatinnya? 

Berlangganan paket belajar Zenius bisa banget jadi jawaban dari pertanyaan itu. Selain lewat video pembelajaran elo juga bakal dapat latihan soal, rangkuman dan tentunya live class bareng tutor Zenius. 

Banyak fitur-fitur seru lain yang bisa elo explore di aplikasi Zenius, kayak Zenbot dan Zencore. Ini bakal ngebantu elo untuk mengecek seberapa jauh pemahaman materi lo. 

Hal penting lainnya, belajar bareng Zenius bakal mengingatkan elo kalau mencari cara agar nilai pts bagus itu bukan hal yang paling utama. Materi-materi yang dibawakan Zen Tutor bakal menyadarkan kita bahwa apa yang kita pelajari sebenarnya relevan dengan kehidupan. Selalu ada korelasi antara suatu materi dengan kehidupan sekitar. Hal ini makin seru karena Zenius bakal menantang lo dengan pertanyaan-tanyaan asik yang memancing lo berpikir kritis. Proses belajar jadi kaya akan rasa  karena Zenius membawa pemahaman kalau tujuan belajar nggak hanya demi nilai bagus.

Nah, makin penasaran kan gimana penerapannya? Sobat Zen bisa langsung cobain dengan berlangganan paket belajar Zenius. 

Zenius paham banget  kalau setiap siswa itu berbeda, jadi Zenius punya  berbagai pilihan paket yang bisa elo pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Salah satunya ada Zenius Aktiva, paket komplit ramah kantong yang bisa jadi solusi sobat Zenius yang ingin mendapatkan nilai bagus dengan cara belajar asik! Klik banner di bawah ini ya untuk lebih lengkapnya!

langganan paket belajar aktiva

Baca Juga :

Lulus SNMPTN 2023 – Info dan Tips SNMPTN Terbaru!

Dapat Nilai Jelek di Sekolah? Jangan Khawatir, Ini Tips dan Trik Memperbaikinya

Cara Belajar di Zenius – Yang Penting-Penting Aja (YPPA)

Bagikan Artikel Ini!