materi matematika kelas 2 sd

Materi Matematika Kelas 2 SD Beserta Contoh Latihan Soal

Bapak/Ibu saat ini punya anak yang masih duduk di kelas 2 dan ingin mengajarkan materi matematika kelas 2 SD dengan baik dan benar? Tak perlu khawatir, dalam artikel ini Zenius akan merangkumnya secara detail mengenai materi-materi dan contoh soalnya. 

Secara keseluruhan, mata pelajaran kelas 2 SD memang nggak begitu berbeda jauh dengan kelas 1. Siswa  akan belajar banyak hal mulai dari Matematika sampai Bahasa Indonesia.

Nah, Zenius akan coba jelaskan satu per satu mengenai materi yang akan dipelajari siswa nanti di bangku kelas 2 SD. Harapannya, siswa jadi lebih siap buat masuk ke kelas 2 nanti, ya!

Tanpa basa-basi lagi, yuk, simak artikelnya di bawah ini!

Mata Pelajaran Kelas 2 SD

materi matematika kelas 2 sd
Credit Image by pixabay.com

Pertama, Zenius akan coba memaparkan tentang mata pelajaran Matematika. Di kelas 1, siswa pasti sudah pernah belajar Matematika, kan? Nah, materi Matematika kelas 2 SD tentu akan sedikit berbeda dengan materi yang dipelajari di kelas 1 SD.

Supaya mudah dalam menjelaskan kepada siswa, Zenius akan memberikan pembahasan per bab beserta beberapa contoh soalnya. 

Bab 1 Penjumlahan dan Pengurangan

Sekarang, mari kita bahas materi kelas 2 SD Matematika mulai dari bab penjumlahan dan pengurangan.

Misalnya, nih, Anton sedang bermain kelereng dengan teman-temannya. Sebelum bermain, Anton udah pegang 10 kelereng. Kemudian, Anton ingin beli kelereng dulu di toko sebanyak 5 kelereng.

Kira-kira berapa kelereng yang Anton pegang? 10 kelereng + 5 kelereng= 15 kelereng. Yap, Anton punya 15 kelereng saat ini.

Anton pun berangkat bermain kelereng bersama teman-temannya. Saat bermain, tampaknya Anton kalah dari temannya dan memberikan 7 kelereng kepadanya.

Nah  sekarang berapa jumlah kelereng yang Anton miliki? 15 kelereng – 7 kelereng= 8 kelereng. Supaya mudah, Bapak/Ibu juga bisa mempraktikkannya secara langsung dengan membeli 15 kelereng. Lalu, setelah itu ambil 7 kelereng dan minta siswa untuk menghitung sisa kelerengnya.

Jadi, dalam menjelaskan bab penjumlahan dan pengurangan, Bapak/Ibu bisa menjelaskannya secara pelan-pelan melalui beragam aktivitas yang biasanya dilakukan oleh siswa.

Bab 2 Pengukuran Waktu, Panjang, dan Berat

Memasuki bab 2, materi Matematika kelas 2 SD berkaitan dengan panjang, waktu, dan berat.

Pertama, Zenius akan menjelaskan mengenai panjang terlebih dahulu:

1. Panjang

Pada pengukuran panjang, siswa akan belajar satuan panjang, seperti centimeter (cm), meter (m), dan lain-lain.

Dalam satuan panjang ada kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).

Km jelas lebih besar dari m, begitu juga m dengan cm. Supaya lebih mudah mengenalkannya kepada siswa, bapak dan ibu bisa melihat tangga satuan panjang di bawah ini:

materi matematika kelas 2 sd
Credit Image by rumuspintar.com

Jadi, dalam angka bilangan pun akan berbeda-beda. Contoh, 1 m kira-kira berapa cm? Yap, kalau dilihat dari tangga, tiap turun satu tangga x10. Dalam tangga, m ke cm turun dua tangga. Jadi, 10×10= 100. 1 m berarti 100 cm.

Untuk contoh soalnya bapak dan ibu bisa lihat di bawah ini:

materi matematika kelas 2 sd

Pembahasan:

Untuk menjawab contoh soal materi kelas 2 SD di atas, coba bapak dan ibu perhatikan baik-baik. Di situ, Doni punya bambu panjangnya 215 cm, sedangkan Joni 2 m. Nah, kira-kira mana yang lebih panjang?

Yap, jawabannya sudah pasti adalah Doni. Sebab, ia memiliki bambu yang panjangnya 215 cm. Lebih panjang dari Joni yang hanya 2 m atau setara 200 cm.

Terus, kira-kira berapa cm selisihnya? Oke, kita ubah terlebih dahulu satuan panjang dari bambu Joni, yaitu 2 m. 2 m = 200 cm karena 1 m sama dengan 100 cm.

Jadi, 215 cm – 200 = 15 cm. Itu dia selisih panjang bambu Doni dan Joni.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Belajar Matematika SD

2. Waktu

Satuan waktu biasanya terdiri dari detik, menit, jam, hari, bulan, tahun, dan seterusnya. Nah, materi kelas 2 SD yang satu ini bisa bapak dan ibu ajarkan lewat aktivitas sehari-hari yang biasanya dilakukan oleh siswa.

Sebagai contoh, Bapak dan Ibu bisa memberitahukan kepada anak di jam berapa mereka melakukan sebuah aktivitas. Jam 7 anak mandi, lalu setengah 8 sarapan dan siap-siap ke sekolah.

Secara tidak langsung, hal tersebut akan memperkenalkan kepada anak tentang satuan waktu berupa  jam. Untuk lebih mengasah otak anak, Bapak dan Ibu tinggal tanya kepada anak, kira-kira berapa selisih dari jam 7 sampai jam 10? Pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan 10 -7= 3. Berarti, ada selisih 3 jam dari jam 7-10.

Berikut ada contoh soal dari pelajaran kelas 2 SD Matematika yang satu ini:

contoh soal materi kelas 2 sd

Pembahasan:

Bapak dan Ibu bisa menjelaskan materi Matematika kelas 2 SD yang satu ini dengan contoh soal di atas.

Misalnya, paman pergi ke rumahku. Paman berangkat pukul 3 dan sampai pukul 5. Kira-kira berapa jam perjalanan yang ditempuh paman?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Bapak dan Ibu bisa menjelaskan kepada siswa dengan mengetahui selisih antara 3 dan 5. Selisihnya dapat diketahui dari pengurangan angka 5-3. Dengan demikian jawabannya adalah 2 jam.

3. Berat

Sama seperti satuan panjang, satuan berat juga ada macam-macam, ya, Bapak dan Ibu. Kita biasa mengenalnya dengan kilogram (kg), gram (g) hingga miligram (mg).

Untuk kedudukannya sendiri sama persis dengan satuan panjang. Berikut tangga kedudukannya:

Materi Matematika Kelas 2 SD Beserta Contoh Latihan Soal 17
Credit Image by rumuspintar.com

Jadi, 1 kg sama dengan 1000 gram. Sebab, 1 x 10 x 10 x 10= 1000. Begitu seterusnya.

Kalau ditanya, mana yang paling berat antara 1 kg dengan 100 gram. Jawabannya sudah pasti 1 kg. Sebab, 1 kg sama dengan 1000 gram dan masih berat dari 100 gram.

Bab 3 Perkalian dan Pembagian

materi matematika kelas 2 sd
Credit Image by pixabay.como

Setelah belajar penjumlahan dan pengurangan di bab 1, materi kelas 2 SD Matematika selanjutnya adalah perkalian dan pembagian.

Untuk perkalian, bapak dan ibu bisa mulai dengan hal berikut:

  • 1 x 1= 1
  • 2 x 2= 4
  • 3 x 3= 9
  • 4 x 4= 16
  • dan seterusnya

Untuk pembagian, bapak dan ibu bisa membalikkan perkalian di atas

  • 4 : 2= 2
  • 9 : 3= 3
  • 16 : 4= 4

Supaya lebih mudah menjelaskannya, bapak dan ibu bisa memperhatikan contoh soal di bawah ini:

Kelas 2 SD akan menghias kelas dengan memasang bendera. Ada 8 siswa yang masing-masing membawa empat bendera. Kira-kira berapa jumlah total bendera tersebut?

Pembahasan:

Di dalam kelas 2 SD, ada jumlah 8 siswa, masing-masing membawa empat bendera. Jadi, 8 x 4= 32. Ada jumlah total 32 bendera dalam satu kelas.

Baca Juga: Mengenal Benda Bangun Datar di Sekitar Kita

Bab 4 Bangun Datar Sederhana

Materi Matematika kelas 2 SD yang terakhir ada bab bangun datar sederhana. Di pelajaran kali ini, siswa akan diperkenalkan mengenai macam-macam bangun datar seperti:

  • Persegi
  • Persegi panjang
  • Segitiga
  • Jajargenjang
  • Dan lain-lain

Dalam bab ini, siswa akan mempelajari subbab berikut:

  • Macam-macam bangun datar sederhana
  • Mengelompokkan bangun datar
  • Mengenal titik sudut & sisi
  • Menggambar bangun datar

Tiap bangun datar mempunyai titik sudut & sisi yang berbeda-beda. Segitiga mempunyai jumlah tiga sisi kalau dilihat dari gambar di bawah ini:

Materi Matematika Kelas 2 SD Beserta Contoh Latihan Soal 18

Untuk bangun datar seperti lingkaran mempunyai 1 sisi saja, yaitu sisi lingkaran:

materi matematika kelas 2 sd

Kurang lebih seperti itu materi Matematika kelas 2 SD yang akan dipelajari oleh siswa. Bapak dan Ibu juga bisa memberikan pembelajaran kepada siswa lewat video materi yang sudah disediakan Zenius.

Selain materi, ada juga latihan soal yang akan membantu anak untuk mengasah otaknya dan mempersiapkan ujian dengan maksimal.

BabMateri dan Latihan Soal
1Penjumlahan dan Pengurangan
2Pengukuran Waktu, Panjang dan Berat
3Perkalian dan Pembagian
4Bangun Datar Sederhana
Materi Matematika kelas 2 SD

Baca Juga: Penjumlahan dan Pengurangan Sudut (Matematika Kelas 7)

Demikian penjelasan singkat dari Zenius mengenai apa saja materi kelas 2 SD yang akan dipelajari. Bapak dan Ibu mulai tingkatkan minat belajar siswa dari sekarang melalui video pembelajaran dari Zenius.

Dari video tersebut, ada banyak sekali animasi menarik yang pastinya membuat siswa tidak akan bosan untuk belajar. 

Semangat untuk mengajarkan ilmu kepada anak-anaknya, ya!

Bagikan Artikel Ini!