greetings

Jenis dan Contoh Greetings – Materi Bahasa Inggris Kelas 7

Suka menyapa teman pakai Bahasa Inggris? Nyapanya pakai bahasa formal apa non formal nih? Aku mau bahas greetings atau menyapa dalam bahasa Inggris, guys.

Berapa banyak orang yang kamu temui dalam sehari? Berapa banyak orang yang kamu jumpai di sekolah? Rumah? Tempat les? Tongkrongan? Ada berapa orang yang berpapasan denganmu? Dari sekian banyak orang yang kamu temui tersebut, berapa orang kah yang kamu ajak bicara?

Saat berbicara dengan orang yang kamu temui tersebut, apakah kamu langsung masuk ke inti pembicaraan atau kamu memulainya dengan menyapa terlebih dahulu? Jika kamu bukan termasuk dalam golongan orang yang suka menyapa sebelum mulai berbicara, cobalah untuk menyapa terlebih dahulu.

Terkadang, hal-hal yang mungkin terlihat sepele dapat berdampak besar seperti sekadar mengucapkan ‘hi’, ‘what’s up’. 

Berbicara soal sapa menyapa, dalam bahasa Inggris kita mempelajarinya dalam materi greetings. Seperti halnya jika kita menyapa dalam bahasa Indonesia. Greetings juga membahas kata sapa seperti ‘halo’,’selamat pagi’, dan kata-kata sapa lainnya. Jika ada satu hal yang harus banget diperhatikan adalah penggunaannya. Kenapa begitu?

Beberapa kata sapa mungkin memang sama saja jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Misalkan adalah good night dan good evening yang dalam bahasa Indonesia artinya selamat malam. Namun, kedua kata tersebut memiliki penggunaan yang berbeda.

Satu hal lagi, seperti halnya kata sapa dalam bahasa Indonesia. Ada kata sapa yang sifatnya formal dan ada juga yang non formal. Lebih lengkapnya akan aku bahas sedikit di bawah ini. Let’s go!

Formal Greetings

Kita awali dari formal greetings atau juga bisa kita sebut dengan istilah business greetings. Formal greetings digunakan dalam suasana yang formal seperti rapat, pidato, presentasi, atau dalam keadaan formal lainnya.

Formal greetings juga digunakan saat kita berinteraksi dengan orang yang lebih tua atau dengan orang asing. Kan enggak lucu kalau kamu dianggap sok akrab sama orang asing hanya gara-gara salah menggunakan kata sapaan tidak pada orang yang tepat. 

greetings
Sebaiknya jangan gunakan non-formal greetings ketika bertemu orang yang lebih tua, bahkan yang belum kamu kenal.

Contoh Formal Greetings 

  • Good Morning, Good Afternoon, Good evening

Tiga kata sapa yang erat hubungannya dengan waktu ini mungkin sudah kamu pelajari sejak duduk di bangku SD. Tahukah kamu kalau ketiga kata sapa tersebut sebenarnya bersifat formal? Kamu dapat menggunakan ketiganya tergantung pada waktu yang sedang berlangsung. Jadi, saat kamu sedang berjumpa dengan orang tua atau orang asing pada pagi hari, kamu bisa mengawali obrolan dengan mengucapkan “good morning” terlebih dahulu. 

  • How do you do

Mungkin ini adalah salah satu kata sapa paling sulit dicari padanannya dalam bahasa Indonesia. Selain itu, ‘how do you do’ juga bersifat sangat formal. Biasanya digunakan saat berkenalan dengan orang asing. Untuk menjawabnya, kamu bisa menggunakan frasa “I’m doing well” atau juga cukup kamu jawab dengan “how do you do?” juga. 

  • Nice to meet you, pleased to meet you

Yang namanya pertama kali berjumpa orang asing, tentunya kamu ingin terlihat sebagai pribadi yang baik dan ramah lagi pandai bergaul. Sebagai tanda bahwa kamu senang bertemu dan berkenalan dengan orang yang kamu temui, kamu bisa mengucapkan “Nice to meet you”.

  • How have you been

Greeting yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menyapa orang yang sebenarnya sudah pernah kamu temui, hanya saja mungkin karena kesibukan masing-masing jadi lama tidak bertemu. Bisa juga kamu gunakan greeting ini kepada orang yang kamu kurang akrab dengannya.  

Non Formal Greetings 

Kata sapa non formal atau non formal greetings bisa kamu gunakan saat berinteraksi dengan teman-teman baikmu atau orang-orang yang memang sudah kamu kenal lama. Ya sebenarnya kayak dalam bahasa Indonesia saja. 

greetings
Non-formal greetings akan lebih baik digunakan ketika sudah saling akrab.

Contoh Non Formal Greetings

  • Hi, hey 

Alih-alih mengucapkan selamat pagi atau selamat siang saat bertemu teman, aku cenderung akan mengucapkan ‘Hai’ saja. Apakah kamu juga sama sepertiku? 

  • How are you doing

Untuk menjawab sapaan tersebut, kamu cukup katakan ‘good’ atau ‘fine’ saja supaya singkat. Atau kalau mau agak panjang kamu bisa jelaskan keadaan yang sedang kamu alami misalnya kamu sedang banyak ulangan harian. 

  • What’s up

Mungkin ini adalah salah satu sapaan paling beken yang bisa kamu temui di youtube. Biasanya dalam satu kalimat “Yo, what’s up guys. Welcome back to my channel”. Suka pakai kata sapa ini juga?

  • Good to see you

Bertemu dengan teman adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa kok gunakan kalmiat “good to see you” sebagai wujud bahwa kamu senang bisa bertemu temanmu itu. 

  • It’s been a while, long time no see

Terkadang kita tidak bertemu dengan teman kita setiap hari. Terlebih jika kita tinggal di kota yang berbeda dengannya. Kalimat tersebut bisa kamu gunakan untuk itu. 

  • Howdy!

Selain kalimat non-formal, sebenarnya masih ada bahasa slang yang sah-sah saja untuk kamu pakai. Ya seperti ‘howdy’ gitu yang berasal dari singkatan kalimat “how do you do”. Biasanya bahasa slang satu negara dengan negara lainnya berbeda. Misalkan bahasa slang di Amerika Serikat dan New Zealand. Keduanya memang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Namun tetap saja ada bahasa slang yang digunakan sehari-hari di setiap negara. 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Greetings

penggunaan modals
Tidak semua kalimat dalam Bahasa Inggris bisa diterjemahkan secara mentah ke Bahasa Indonesia (Foto dari Pexels).

Secara bahasa “How are you” bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “apa kabar”. Namun ternyata tidak sesederhana itu, Ferguso. Kabar yang dimaksud bukanlah kondisi kesehatan melainkan keadaan yang sedang kamu alami. Misalkan kamu sedang sibuk bekerja atau sedang banyak masalah. Intinya, how are you tidak terbatas pada kesehatan semata. 

Satu lagi, nih. Good evening dan Good night kalau diterjemahkan memang sama-sama ‘selamat malam’. Akan tetapi secara penggunaan keduanya benar-benar berbeda. Good evening digunakan saat berjumpa sedangkan good night untuk menyatakan perpisahan.

Di samping itu, good night juga digunakan untuk mengucapkan ‘selamat tidur’. Ingat, good night dan good evening mempunyai perbedaan.

Kalau kamu mau belajar selengkapnya tentang greetings, yuk tonton materi belajar Zenius di link ini. Have a nice day, guys!

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Bahasa Inggris:

5 Ungkapan Maaf Dalam Bahasa Inggris

5 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Anti-Bosan

7 Salah Kaprah Penggunaan Bahasa Inggris

Bagikan artikel ini