Announcement Text - Materi Bahasa Inggris Kelas 10 9

Announcement Text – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Announcement text adalah teks pengumuman yang disampaikan secara lisan atau tulisan berisi informasi penting yang disampaikan kepada publik. Kita akan membahas struktur dan contohnya.

Halo, Hi, Sobat Zenius di mana pun kalian berada! Bagaimana kabarnya? Udah mulai sekolah offline atau masih online, nih? Buat lo yang mungkin sedang menjalani kelas offline, tetap jaga protokol kesehatan, ya, guys

Nah, gue yakin lo yang udah kembali sekolah pasti kangen, ya, sama suasananya. Kangen makan di kantin, bercanda di kelas, atau sekadar baca pengumuman yang menempel di mading. Selain itu, mungkin lo juga kangen suara mic dari pusat informasi yang mengumumkan beberapa hal terkait sekolah. Apalagi, kalau pengumumannya mengenai hari libur hehe.

Sobat Zenius sadar, nggak, sih, kalau saat membaca pemberitahuan di mading atau mendengar pengumuman dari mic sekolah, lo tuh lagi baca atau mendengarkan teks pengumuman. Kalau dalam bahasa Inggris biasanya disebut announcement text.

“Wih, iya juga, ya, kok, gue baru nyadar”

“Tapi tetap aja, bang, masih agak bingung tentang materinya”

Buat lo yang masih duduk di kelas 10, announcement text ini menjadi materi yang wajib dipelajari, nih, Sobat Zenius. Nah, kira-kira apa, sih, definisinya? Terus apa struktur kalimat dan fungsi dari announcement text ini? Tanpa basa-basi lagi, gue, Adieb, akan sharing sekilas mengenai materi yang satu ini. Yuk, simak bersama-sama sampai selesai!

Pengertian Announcement Text

announcement text
Pengumuman pendaftaran anggota marching band | Credit Image by kraphix via freepik.com

Sobat Zenius pasti sering mendengar pengumuman yang bertebaran di tempat publik, seperti stasiun, bandara, atau sekolahan. Nah, secara tidak langsung, pengumuman itu bisa kita sebut sebagai announcement text.

Secara harfiah, announcement text adalah pernyataan yang dikemukakan, baik itu secara lisan  maupun tulisan dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah informasi penting kepada publik atau beberapa kelompok orang.

Secara umum, announcement text ini bisa bersifat formal dan informal. Bersifat formal ketika disampaikan kepada ruang lingkup yang general, seperti pengumuman pemerintah kepada rakyat mengenai himbauan untuk di rumah aja ataupun pengumuman di sekolahan mengenai hari libur.

Di sisi lain, announcement text juga bisa bersifat informal ketika disampaikan pada ruang lingkup yang personal. Sebagai contoh, menyampaikan pengumuman kelahiran anak ataupun pernikahan.

Selain itu, masih banyak tipe announcement text yang bisa lo temukan, seperti informasi iklan, pencarian orang hilang, pengumuman keberangkatan dan tiba sebuah kereta dan pesawat, lowongan pekerjaan, pengumuman ditemukan dan hilangnya barang, dan masih banyak lagi.

“Lah, terus bedanya announcement text sama teks-teks lainnya, kayak narrative, exposition dan descriptive apa?”

Yap, kalau kita tarik ulang kembali, announcement ini  diambil dari kata announce yang artinya mengumumkan sesuatu informasi penting kepada publik.

Perbedaan announcement text dengan teks lainnya adalah jenis teks ini lebih kepada mengumumkan suatu informasi penting kepada orang-orang mengenai hal yang sudah terjadi atau akan terjadi.

Contohnya, nih, di komplek rumah lo ada pengumuman kalau nanti jam 8 malam bakalan ada pemadaman listrik. Atau mungkin, di sekolahan lo ada pengumuman pemanggilan seseorang untuk ke ruang BK.

Nah, dari contoh di atas, kita sudah bisa mendapatkan suatu informasi penting yang nantinya bisa kita sampaikan juga ke orang-orang terdekat.

Baca Juga: Expressing Plans and Intentions – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Struktur Announcement Text

“Cara membuat announcement text bagaimana, ya, bang? Gue pengen menulis berita buat kehilangan kucing gue, nih!”

Yap, sejatinya nggak sulit, kok, untuk membuat announcement text. Hal pertama yang harus lo temukan adalah menentukan tujuan dari dibuatnya teks pengumuman tersebut. Misalnya, tadi lo bilang kalau pengen mengumumkan kucing yang sedang hilang. Nah, lo bisa tentukan, deh, tujuan dibuatnya adalah berita kehilangan kucing dan minta tolong kepada siapapun yang pernah melihat atau menemukannya untuk menghubungi lo dan mengembalikan kucing tersebut.

Selain itu, struktur yang perlu lo perhatikan adalah memasukkan 5W+1H.

“Waduh, kayak mau wawancara aja”

Iya kelihatannya memang seperti itu. Akan tetapi, sebenarnya tidak semua unsur 5W+1H harus lo masukkan ke announcement text, kok. Hal tersebut tergantung dari sebuah pengumuman yang pengen lo sampaikan. Kalau seandainya butuh mencantumkan nama tempat dan waktu, otomatis lo juga harus mencantumkan “where”. Kalo nggak perlu, nggak usah dicantumin juga sah-sah aja.

Nah, supaya semakin memudahkan lo dalam memahami strukturnya, gue punya satu contoh announcement text, nih!

announcement text adalah
contoh announcement text kucing hilang

Pembahasan

Lo bisa lihat poster di atas mengenai kucing hilang. Sudah jelas, tujuan dibuatnya pengumuman tersebut adalah untuk memberitahukan bahwa ada kucing hilang.

Kemudian, di bagian paling atas poster ada tulisan “Dicari Kucing Hilang”. Tulisan tersebut memasukkan unsur “What” karena sedang membicarakan mengenai apa yang sedang terjadi, yaitu kucing hilang.

Di bawahnya lagi, ada unsur “Who” yang menjelaskan kalau kucing yang hilang bernama Paijo. Tidak hanya menyebutkan nama, si penyebar pengumuman juga mencantumkan informasi mengenai ciri-ciri dari Paijo, yaitu kucing britania yang punya bulu pendek.

Selanjutnya, ada informasi juga mengenai “When dan Where”. Di situ tertera lokasi terakhir terlihatnya si Paijo, yaitu di Jl. Kenangan No.17. Selain itu, informasi “When” yang tertera adalah terakhir Paijo terlihat sekitar pukul 4 sore.

Di bagian teks paling bawah, tercantum “How”, di mana si penyebar pengumuman memberikan nomor handphone yang bisa dihubungi jika ada orang yang melihat Paijo. Secara tidak langsung, ini menjelaskan bagaimana cara menghubungi si penyebar pengumuman ketika melihat kucingnya yang hilang.

Bagaimana? Sudah cukup jelas, kan? Di poster tersebut tidak mencantumkan 5W+1H secara keseluruhan karena tidak ada “Why”. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal ini sah-sah saja karena menulis pengumuman harus disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang hendak disampaikan kepada khalayak ramai.

Baca Juga: Preposition of Place dan Penggunaan There Is dan There Are – Materi Bahasa Inggris Kelas 8

Derivative Nouns

announcement text
belajar derivative noun | Credit Image by pixabay.com

Sekarang lo sudah tahu, nih, kalau announcement text adalah sebuah teks pengumuman yang bisa disampaikan secara lisan atau tulisan dengan tujuan memberikan informasi penting kepada publik.

Nah, dalam pembuatan teks pengumuman, tentunya lo butuh kata-kata yang tepat, entah itu dalam penggunaan verb, nouns, ataupun adjective. Di pembahasan kali ini, gue akan membahas derivative nouns.

Bagi lo yang mungkin belum terlalu paham mengenai kata benda atau nouns, lo bisa lihat dulu materi pembelajaran yang disediakan oleh Zenius di sini. Lewat video tersebut, lo akan belajar banyak hal dan tentunya langsung praktik latihan mengerjakan soal.

“Apa, sih, derivative nouns itu?

Secara harfiah, derivative nouns adalah sebuah kata benda (nouns) yang dibentuk dengan cara menambahkan affixes ke kata sifat (adjective) atau kata kerja (verb) yang sudah ada.

Buat lo yang belum paham mengenai affixes, istilah ini berarti huruf-huruf yang ditempatkan di depan atau belakang kata untuk mengubah suatu makna. Apabila penambahan huruf diletakkan di depan kata, maka itu disebut sebagai prefiks. Jika diletakkan di belakang kata, itu berarti sufiks. Dalam bahasa Indonesia, kita mengenalnya sebagai sebuah imbuhan.

Saat lo menambahkan sufiks di suatu kata, maka akan terjadi perubahan kelas kata. Misalnya, dari verb ke noun atau adjective ke noun. Nah, kalau yang ditambahkan berupa prefiks, maka tidak akan terjadi perubahan kelas kata.

Balik lagi ke pembahasan derivative nouns, kali ini kita akan membahas sufiks apa saja yang bisa mengubah kelas kata dari verb ke nouns.

  • -al, biasanya menjelaskan suatu proses. Contoh: betray menjadi betrayal

Betray artinya mengkhianati (verb), betrayal artinya pengkhianatan (nouns)

  • -ance, biasanya menjelaskan tindakan atau kondisi. Contoh: ignore menjadi ignorance

Ignore artinya mengabaikan (verb), ignorance artinya ketidakpedulian (nouns)

  • -sion, biasanya menjelaskan tindakan atau hasil dari tindakan itu sendiri. Contoh: decide menjadi decision

Decide artinya memutuskan (verb), decision artinya keputusan (nouns)

  • -age, biasanya menjelaskan tindakan atau proses dari kata kerja. Contoh: marry menjadi marriage

Marry artinya menikah (verb), marriage artinya pernikahan (nouns)

  • -ing, biasanya menjelaskan tindakan, keadaan atau proses. Contoh: build menjadi building

Build artinya membangun (verb), building artinya bangunan (nouns)

Nah, supaya lo makin memahami penjelasan di atas, gue ada contoh soalnya, nih! Lo bisa siapin kertas sama pulpen terlebih dahulu, ya!

Contoh soal derivative nouns:

He shows his …. (annoy) against the messy situation

Kira-kira dari contoh soal tersebut jawabannya apa? Yap, jawaban yang benar adalah annoyance atau artinya kejengkelan.

Mengapa annoyance? Sebab, kata “his” menandakan kalau kita perlu menggunakan kata benda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada sufiks -ance untuk digunakan sebagai imbuhan kata agar verb berubah menjadi nouns. 

Dengan begitu, maka annoy (verb) berubah kelas kata menjadi annoyance (nouns)

“Lah, terus bagaimana cara mengetahui imbuhan yang tepat untuk ditambahkan? Kok bisa -ance, bukan -ing atau -al?”

Untuk masalah ini tidak ada formula tertentu. Lo harus rajin dalam menghafal vocabulary, entah dari artikel, buku, ataupun film.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Congratulations and Responding to Congratulations

Mengubah Adjective ke Nouns

announcement text
Mengubah adjective ke nouns | Credit Image by Pxhere.com

Lo sekarang udah mulai paham, nih, mengenai derivative nouns, di mana kata kerja (verb) bisa berubah kelas kata menjadi kata benda (nouns).

Di pembahasan selanjutnya, gue akan sharing mengenai cara mengubah kata sifat (adjective) menjadi kata benda (nouns). Hal ini pada dasarnya termasuk ke dalam derivative nouns.

“Hah, emang bisa, ya?”

Bisa dong. Everything is Possible kalau kata Philippa Hanna. Sama seperti halnya verb to nouns, adjective to nouns juga bisa dilakukan dengan memakai sufiks atau imbuhan huruf yang diletakkan di akhir kata.

Terus, apa saja, sih, sufiks yang digunakan untuk mengubah adjective ke  nouns?

  • -ness, biasanya untuk menyatakan suatu keadaan. Contoh: Happy menjadi happiness

Happy artinya bahagia (adjective), happiness artinya kebahagiaan (nouns)

  • -ity, menyatakan suatu keadaan atau kualitas. Contoh: Mature menjadi maturity

Mature artinya dewasa (adjective), maturity artinya kedewasaan (nouns)

  • -y, menyatakan kondisi. Contoh: Jealous menjadi jealousy

Jealous artinya cemburu (adjective), jealousy artinya kecemburuan (nouns)

  • -ery, menyatakan kondisi. Contoh: Brave menjadi bravery

Brave artinya berani (adjective), bravery artinya keberanian (nouns)

  • -ism, menyatakan sistem atau kondisi. Contoh: Racist menjadi racism

Racist artinya rasis (adjective), racism artinya rasisme (nouns)

Bagaimana? Udah mulai memahami penjelasannya? Kalau masih agak bingung, gue punya contoh soal yang bisa lo jawab

Chinese people wore white clothing when attending a funeral, that’s why the color of white is much more closely associated with …. in China

Kira-kira apa jawaban yang tepat dari titik tersebut:

a. Popularity

b. Popular

c. Sadden

d. Sadness

Yap, jawaban yang tepat adalah D, sadness. Mengapa demikian? Sebab, disebutkan kalau baju warna putih biasanya digunakan dalam acara pemakaman di China. Oleh karena itu, warna putih dekat dengan kesedihan atau sadness (nouns) bukan sad (adjective), ya!

Selain sufiks di atas, masih ada sufiks lainnya yang bisa lo pelajari untuk mengubah adjective ke nouns. Selengkapnya, lo bisa lihat video pembelajaran dari Zenius di sini, ya!

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Self Introduction dan Contohnya!

Itu dia pembahasan singkat mengenai announcement text dan derivative nouns. Sebagai kesimpulan, announcement text adalah suatu teks yang berisi sebuah pengumuman, baik secara lisan atau tulisan, yang berisi informasi penting dan disampaikan kepada publik atau segelintir orang.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan derivative nouns dalam menyusun announcement text, baik itu mengubah kelas kata dari verb ke nouns atau adjective ke nouns. Hal ini akan membantumu untuk menyusun kalimat dengan baik serta kosakata yang kaya sehingga enak dibaca atau didengarkan oleh orang lain.

Bagaimana menurut lo? Sudah paham mengenai materi bahasa Inggris yang satu ini? Kalau ada yang belum dipahami, lo bisa kok tanya-tanya di kolom komentar!

Bagikan artikel ini