Descriptive Text Bahasa Inggris Kelas 10

Descriptive Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh

Artikel ini membahas Descriptive Text (definisi, tujuan, struktur, dan contoh) dan membahas contoh teks bersama.

Hai sobat Zenius, kembali lagi bersama gue, Grace! Kali ini sesuai judulnya gue akan membahas tentang descriptive text. Eh tapi sebelum itu, gue mau tunjukan salah satu lagu legendaris dari tahun 2010, Just The Way You Are karya Bruno Mars. Nih dengerin lagunya sambil baca blog ini, enjoy! Lagunya berhubungan lho dengan topik kita kali ini.

Lagu tersebut diawali dengan lirik seperti ini:

 

Oh, her eyes, her eyes

Make the stars look like they’re not shinin’

Her hair, her hair

Falls perfectly without her tryin’

She’s so beautiful and I tell her everyday

Yeah, I know, I know

When I compliment her, she won’t believe me

And it’s so, it’s so

Sad to think that she don’t see what I see

But every time she asks me, “Do I look okay?”

I say …”

 

Wow keren dan puitis banget ya cara Bruno Mars mendeskripsikan sosok wanita di dalam lagu tersebut. Nah, jadi lo punya gambaran kan bagaimana teks deskriptif itu sebenarnya ada di mana-mana. Bahkan, ketika lo minta tolong saudara lo buat ambilin baju, mungkin lo akan mendeskripsikan baju tersebut dari warnanya, bahannya, lokasinya, kapan terakhir lo pake, “Iya kak, tolong ambilin baju gue yang warnanya merah, ya itu tuh yang panjang lengannya bahannya katun. Iya yang lusa kemarin gue pake, kak.”

Dari contoh-contoh tersebut, kira-kira apa ya sebenarnya teks deskriptif dan tujuannya? Yuk kita lihat bareng-bareng.

 

Definisi Descriptive Text

Descriptive text adalah suatu teks yang menjelaskan atau mendeskripsikan orang, hewan atau benda. Penjelasan atau deskripsi ini meliputi bentuk, sifat, jumlah, dan lain-lain. 

Ngomong-ngomong, kalau harus memilih, kalian mau membuat teks deskriptif tentang apa? 

View Results

Loading ... Loading ...

Kalau lo mau, coba deh setelah memahami teks ini, lo buat teks deskriptif dan komen di kolom komentar supaya gue bisa baca karya lo. Apabila lo butuh saran atau bantuan untuk dicek, gue juga bisa lho. (Catatan: gue mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris kok)

 

Struktur Descriptive Text

  • identification (identifikasi): gambaran umum tentang suatu topik.
  • description (deskripsi): penjelasan berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan.

 

Language Features Descriptive Text

  • Specific participant: memiliki objek tertentu, tidak bersifat umum dan unik (hanya ada satu). Misalnya: Uncle Jack, Borobudur Temple.
  • Penggunaan adjective (kata sifat) untuk memperjelas noun (kata benda). Misalnya: a handsome man, a beautiful woman.
  • Penggunaan simple present tense: Pola kalimat yang digunakan adalah simple present karena menceritakan fakta dari objek yang dideskripsikan.
  • Action verbs: terdapat kata kerja yang menunjukkan sebuah kegiatan (aktivitasnya dapat dilihat). Misalnya: run, walk, cut, etc.

Descriptive-Text-Zenius

Descriptive-Text-Zenius
Dok: Zenius.net

Nah, supaya lo lebih paham soal struktur dan fitur bahasa pada descriptive text, gue sangat menyarankan lo untuk menonton video-video Zenius tentang descriptive text. Pastikan lo punya akun Zenius ya supaya bisa akses videonya.

 

Contoh Descriptive Text

Untuk contoh, gue akan mengambil contoh descriptive text dari prolog materi Zenius:

 

The Gift

Last week, my father gave me a gift. He bought the gift at a bookshop, somewhere in Bogor. He said he forgot my birthday. So, he bought it for me as an apology. I was surprised with his gift. So I told him that I have given him forgiveness because he brought me a birthday gift.

It is a visual dictionary. The visual dictionary is quite heavy. No wonder, it has a hard cover besides it has so many pages. It is really thick. There are so many explanations about English words in it because there are many chapters. There are chapters about the human body, animals, plants, colors, and even about the solar system. There are also explanations about human body parts and their function, vehicles, and even microorganisms like bacteria. My mother said I should not bring it to school. She knew that I wanted to show off. It was the greatest gift ever in my elementary school life. I love that visual dictionary so much until now. Well, it is already old. So I keep it carefully in my father’s book shelf.

 

Nah coba lihat teks tersebut. Kira-kira mana bagian identification dan descriptionnya? Dan coba perhatikan, lo bisa kan melihat berbagai language features di dalam teks tersebut? Coba deh jawab di kolom komentar supaya kita bahas bersama-sama.

 

*****

Nah, itulah pembahasan singkat tentang descriptive text hari ini. Gue sangat menyarankan kalian buat akun di Zenius dan akses video-video descriptive text dari Bahasa Inggris Kelas 10nya Zenius karena pembahasannya asyik dan lengkap banget di situ. Kalau kalian ada pertanyaan, langsung aja tanya di kolom komentar ya, ciao!

 

Baca juga

News Item Text

Procedure Text

Descriptive Text

Recount Text