Procedure Text – Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh

Procedure Text Bahasa Inggris Kelas 12 SMA

Hai Sobat Zenius, kembali lagi bersama gue, Grace! Siapa nih di antara elo semua yang suka menonton YouTube untuk mencari suatu panduan, contohnya panduan memasak? Nah, ketika melihat panduan tersebut, elo sebenarnya sedang melihat procedure text

Lalu apakah elo sudah tahu pengertian, struktur, tujuan, dan contoh teks ini? Kalau belum, langsung saja kita bahas bersama-sama di artikel ini ya.

Ngomong-ngomong, di antara pilihan di bawah kalian paling sering baca teks prosedur apa?

View Results

Loading ... Loading ...

Sebelum elo mempelajari materi procedure text Bahasa Inggris kelas 11 dengan lebih mendalam, ini adalah contoh teks prosedur dalam Bahasa Inggris yang simpel, padat, dan jelas. Dari sini, elo bisa nggak menebak kira-kira apa ya tujuan teks ini? Jawab di kolom komentar ya!

Instruction-Procedure-Text-Zenius

Pengertian Procedure Text

Apa pengertian procedure text? Procedure text adalah jenis teks yang berisi perintah atau instruksi. Teks ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana sesuatu dicapai atau dibuat melalui urutan kegiatan atau atau langkah-langkah tertentu. 

Contoh teks prosedur Bahasa Inggris sangat mudah dikenali, karena memuat penjelasan mengenai how to atau bagaimana cara melakukan sesuatu.

Beberapa contoh procedure text adalah resep masakan, panduan board game, panduan membuat origami, dan lain sebagainya.

Struktur Procedure Text

Nah, dalam materi tentang procedure text, terdapat struktur dari teks tersebut yang meliputi 3 bagian, yaitu goal atau tujuan, materials atau bahan-bahan, dan steps atau langkah-langkah yang akan dilakukan. Berikut gue jelaskan dengan lebih detail. 

  • Goal, bagian ini memberikan informasi tentang maksud dan tujuan, serta memprediksi suatu kesimpulan.
  • Materials, bagian ini berisi daftar materi atau bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu prosedur atau langkah-langkah.
  • Steps, bagian ini daftar urutan instruksi/aktivitas untuk mencapai tujuan dalam urutan langkah yang benar dituliskan.

Gimana, Sobat Zenius? Apa elo sudah bisa memahami apa itu teks prosedur dalam Bahasa Inggris? Apabila ada pertanyaan mengenai struktur procedure text ini, jangan sungkan langsung komen pertanyaan elo di bawah ya.

Ciri-ciri/Language Feature Procedure Text

Selain memiliki pengertian, tujuan, serta struktur yang berbeda dari teks lainnya, procedure text juga memiliki ciri-ciri bahasa yang khusus. Apa saja ciri-cirinya? Simak penjelasan berikut. 

  • Menggunakan tata bahasa present tense
  • Menggunakan kalimat perintah atau imperative
  • Menggunakan kalimat deklarasi atau declarative
  • Menggunakan connectives atau kata hubung (contoh: first, second, then, finally, dst)
  • Menggunakan adverbial phrases (kata untuk menjelaskan waktu, tempat, dan sikap)
  • Menggunakan action verb (contoh: cook, make, give, dst)

Nah, itulah beberapa language feature dari teks prosedur Bahasa Inggris. Gimana? Mudah dipahami kan? Apa elo sudah bisa membayangkan bagaimana cara membuat teks prosedur dalam Bahasa Inggris?

Kalau masih belom ada bayangan, coba simak penjelasan contoh teks prosedur Bahasa Inggris berikut ini.

Contoh Procedure Text

Nah, sekarang elo sudah tahu definisi, struktur, dan ciri-ciri procedure text. Selanjutnya, mari kita bahas sebuah contoh teks prosedur singkat Bahasa Inggris dari situs Origami Way tentang bagaimana cara membuat origami berbentuk kucing.

Procedure Text

Materials:

  • Origami paper
  • Marker

Steps:

Origami Cat Procedure Text Steps

Dari contoh di atas, goal dari teks prosedur Bahasa Inggris adalah untuk memberikan informasi bagaimana cara membuat origami berbentuk kucing, bisa dilihat pada kalimat “Follow the steps below to make this Easy Origami Cat”.

Selanjutnya, bagian pada bagian materials, kita hanya membutuhkan kertas origami dan spidol untuk membuat origami kucing.

Pada bagian steps, terdapat delapan langkah yang perlu kita ikuti agar bisa berhasil membuat sebuah kepala kucing yang unyu. 

Selain itu, kalau elo perhatikan, tata bahasa yang digunakan adalah present tense dengan kalimat imperative dan deklaratif. Apa elo bisa menemukan penggunaan dari kata hubung, adverbial phrase, dan action verb dalam contoh teks tersebut? 

Gimana, Sobat Zenius, apakah kalian bisa mengikuti langkah membuat teks prosedur dalam Bahasa Inggris seperti contoh di atas?

Nah, supaya elo bisa memahami jenis teks ini dengan lebih baik lagi, mari kita lihat contoh lain dari teks prosedur dalam Bahasa Inggris. Berikut merupakan contoh procedure text dalam Bahasa Inggris dari Zenius.

Homemade Chocolate Ice Cream Recipe

Ingredients:

– 1 can of full-cream milk.

– 2 cups of heavy cream.

– 1 dark chocolate bar.

– semi-sweet chocolate chips (around 10 grams).

Steps:

1. Break the dark chocolate bar into chunks.

2. Melt the chocolate bar in the microwave or in a double boiler.

3. As it melts, stir the chocolate.

4. Remove the chocolate from the heat.

5. Pour the can of full-cream milk into the melted chocolate slowly while stirring the mixture.

6. When the mixture is mixed thoroughly, set aside.

7. In a separate bowl, mix the heavy cream with a manual or electric mixer until stiff peaks form.

8. Combine the whipped cream and chocolate mixture.

9. Sprinkle the semi-sweet chocolate chips into the mixture.

10. Fold together until all of them are completely mixed.

11. Store in a closed container and freeze for around 2-3 hours.

Nah, dalam contoh teks prosedur Bahasa Inggris kali ini, gue juga akan membantu untuk menjabarkan tahapan cara membuat teks prosedur dalam Bahasa Inggris.

Pertama, elo harus menentukan goal atau tujuan dalam membuat teks prosedur. Seperti contoh, tujuannya adalah untuk memberikan informasi mengenai cara membuat es krim cokelat rumahan. 

Setelah elo menentukan tujuannya, selanjutnya elo tulis apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es krim tersebut. Dari contoh, bisa kita lihat bahwa bahan yang diperlukan adalah susu, krim, cokelat dark bar, dan chocochips. Jangan lupa untuk membuat takaran bahan dengan detail jika itu berkaitan dengan resep masakan. 

Dan tahapan terakhir dalam membuat teks prosedur dalam Bahasa Inggris adalah menuliskan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. 

Jangan lupa elo juga harus memperhatikan penggunaan tata bahasa, jenis kalimat, dan sebagainya dalam menulis teks prosedur.

Contoh Soal Procedure Text

Nah, karena kita sudah membahas pengertian procedure text, struktur, ciri kebahasaan, dan juga contohnya. Selanjutnya, gue akan memberikan contoh soal procedure text dan pembahasannya. Check it out!

Soal 1

How to Permanently Delete Instagram Account

One way to reduce the use of social media is to deactivate the social media account, such as deactivating the Instagram account. This method can make you more relaxed from the influence of negative posts in cyberspace. 

However, when you permanently deactivate your Instagram account, you will also permanently delete your account. All data, such as photos, videos, followers, follower accounts, even accounts that mark your account in their photos will be permanently deleted. 

Therefore, you must be absolutely sure of your decision to stay away from Instagram. Here are the steps to permanently delete an Instagram account:

  1. Login to the Instagram account that will be deleted permanently.
  2. If you have determined the reason, retype your password and click “Permanently Delete My Account”.
  3. Open this link via your computer browser: https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/accounts/remove/request/permanent/.
  4. Choose one of the nine reasons you deactivated your account in the “Why are you deleting your account?” option, such as worrying about data security to privacy concerns.
  5. You will be immediately returned to the Instagram login page, done!
  6. Reread the consequences that will occur after your account is deleted.

(Adopted from Dewa Web)

The correct order of steps for deleting a permanent Instagram account is …

(A) 3-1-4-6-5-2

(B) 3-1-4-6-2-5

(C) 3-1-4-2-6-5

(D) 1-3-4-6-5-2

(E) 1-4-3-5-2-6

Pembahasan:

Untuk mengurutkan tahapan dalam menghapus akun Instagram secara permanen, elo harus memahami dulu apa yang seharusnya menjadi tahapan pertama. Dalam konteks teks prosedur pada soal, hal yang pertama yang perlu dilakukan jika ingin menghapus akun Instagram secara permanen adalah membuka link website Instagram, yang ditunjukkan oleh nomor 3.

Selanjutnya, setelah membuka link, elo harus login pada akun Instagram yang akan dihapus yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan memilih satu alasan mengapa elo ingin menonaktifkan akun Instagram tersebut, yang ditunjukkan oleh nomor 4.

Selain itu, elo juga disuruh untuk membaca kembali konsekuensi yang akan terjadi kalau elo menghapus akun Instagram secara permanen. Hal ini ditunjukkan oleh nomor 6.

Setelah menentukan alasan yang cocok, elo harus mengetik ulang password dan menekan tombol permanently delete my account. Tahapan ini ditunjukkan oleh nomor 2.

Terakhir, setelah selesai, elo akan kembali ke halaman login Instagram, yang ditunjukkan oleh nomor 5.

Nah, urutan tahapan yang benar untuk menghapus akun Instagram secara permanen adalah 3-1-4-6-2-5. Jadi, jawabannya adalah A.

Soal 2

How to Make Odading

Odading went viral since the video of the seller named Mang Oleh was spread on social media. For those who are curious to try this traditional Bandung snack, you can try to make it on your own at home. Here are the steps:

  1. Prepare the necessary materials.
  2. First, make the starter by mixing yeast, 1 tsp sugar, and 2 tbsp warm water. Stir well and wait until it foams which means the yeast is still active.
  3. Mix flour, powdered sugar, and starter ingredients. Mix well then add water little by little. After blending, add margarine and knead until it doesn’t stick to your hands.
  4. Let the dough rest and cover with a cloth for 1 hour until the dough rises.
  5. Then, shape the dough into a flat, it can be round or square.
  6. Leave the dough that has been formed for about 15 minutes. After that, brush with water and sprinkle with sesame seeds.
  7. Fry over medium heat until golden brown.

(Adopted from cookpad.com)

The tool used in the steps for making odading is in the sentence number ….

(A) 2 and 4

(B) 2 and 7

(C) 4 and 7

(D) 4 and 6

(E) 6 and 7

Pembahasan:

Keterangan alat pada teks prosedur di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor 4 dan 7. Pada kalimat nomor 4, disebutkan bahwa “let the dough rest and cover with a cloth …” yang artinya diamkan adonan dan tutup dengan kain. Dalam kalimat nomor 7, keterangan alat ditunjukkan pada “fry over medium heat …” yang artinya goreng dengan api. 

Jadi, jawabannya adalah C.

Soal 3

How to Make Instant Fried Rice

As the name implies, instant fried rice means fried rice made with makeshift ingredients. For those who want to try making this kind of fried rice, you can prepare the ingredients and follow the steps. Let’s start!

Ingredients :

  • One plate of white rice
  • 2 Spring onions
  • 1 Clove of garlic
  • Scallion
  • 1 Tomato
  • 2 Pieces of cayenne pepper
  • Fried onions
  • 1 Egg
  • Sweet soy sauce
  • 1 Teaspoon salt
  • Powdered broth

Steps:

  1. Slice ​​tomatoes, cayenne pepper, shallots, garlic, and scallions;
  2. Saute the onion and garlic until fragrant then add the sliced ​​spring onions then add rice and sliced ​​tomatoes;
  3. After that, add the eggs, sweet soy sauce, powdered broth, and salt to taste, then stir until evenly distributed after everything is mixed; and
  4. After evenly distributed, impromptu fried rice is ready to be served.

(Adopted from www.mypurohith.com)

The word underlined in the procedure text above is part of ….

(A) Imperative

(B) Declarative

(C) Connectives

(D)Action verb

(E) Adverbial phrases

Pembahasan:

After that merupakan kata hubung. Jadi, jawabannya adalah C.

Nah, itulah beberapa contoh soal procedure text dan pembahasannya. Jika elo ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut dan contoh soal lainnya, gue sangat menyarankan elo nonton video Zenius tentang procedure text. Dijamin elo langsung paham, apalagi tutornya asik banget. 

Oke Sobat Zenius, sekian sekilas informasi mengenai materi tentang procedure text dalam Bahasa Inggris kelas 11. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan elo, ya! Sampai ketemu di artikel selanjutnya, ciao!

Originally published: July 21, 2021
Updated by: Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius

Bagikan Artikel Ini!