Procedure Text Bahasa Inggris Kelas 12 SMA

Procedure Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh

Artikel ini membahas Procedure Text (definisi, tujuan, struktur, dan contoh) dan membahas contoh teks bersama.

Hai sobat Zenius, kembali lagi bersama gue, Grace! Siapa nih diantara lo semua yang suka masak? Atau mungkin kalian sering melihat panduan dari WikiHow? Nah, ketika lo melihat arahan atau panduan tersebut, lo sebenarnya sedang melihat procedure text atau teks prosedur. Apakah lo sudah tahu apa definisi, struktur, tujuan, dan contoh teks ini? Langsung saja kita bahas bersama-sama ya.

Ngomong-ngomong, di antara pilihan di bawah kalian paling sering baca teks prosedur apa?

View Results

Loading ... Loading ...

Sebelum lo menyelam lebih jauh, ini adalah contoh simpel, padat, dan jelas dari procedure text. Dari sini, lo bisa nggak menebak kira-kira apa ya tujuan teks ini?

Instruction-Procedure-Text-Zenius

Definisi Procedure Text

Procedure text adalah jenis teks yang berisi perintah atau instruksi. Teks ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana sesuatu dicapai atau dibuat melalui urutan kegiatan atau atau langkah-langkah tertentu. Procedure text mudah dikenali, karena memuat penjelasan mengenai how to atau bagaimana cara melakukan sesuatu.

 

Beberapa contoh procedure text adalah resep masakan, panduan board game, panduan membuat origami, dan lain sebagainya.

 

Jika lo ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut, contoh soal, dan pembahasan lengkap tentang teks prosedur, gue sangat menyarankan lo nonton video Zenius tentang procedure text. Dijamin lo langsung paham, apalagi tutor-nya asik banget. Namun, pastikan lo punya akun Zenius supaya bisa akses videonya ya.

 

Struktur Procedure Text

  • Goal, bagian ini memberikan informasi tentang maksud dan tujuan, serta memprediksi suatu kesimpulan.
  • Materials, bagian ini berisi daftar materi atau bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu prosedur atau langkah-langkah.
  • Steps, bagian ini daftar urutan instruksi/aktivitas untuk mencapai tujuan dalam urutan langkah yang benar dituliskan.

Gimana, sobat Zenius? Apabila lo ada pertanyaan soal generic structure procedure text ini, jangan sungkan langsung komen pertanyaan lo di bawah ya.

 

Ciri-ciri/Language Feature Procedure Text

  • Menggunakan tata bahasa present tense
  • Menggunakan kalimat perintah atau imperative
  • Menggunakan kalimat deklarasi atau declarative
  • Menggunakan connectives (contoh: first, second, then, finally, dst)
  • Menggunakan adverbial phrases (kata untuk menjelaskan waktu, tempat, dan sikap)
  • Menggunakan action verb (contoh: cook, make, give, dst)

Bagaimana, sobat Zenius? Apakah lo sudah paham language feature dari teks prosedur? Kalau lo ada pertanyaan, jangan ragu untuk langsung tanya di kolom komentar ya. Gue pasti bales kok.

 

Contoh Procedure Text

Sekarang kita sudah tahu definisi, struktur, dan ciri-ciri procedure text. Selanjutnya, mari kita bahas sebuah contoh teks ini dari sebuah panduan tentang bagaimana cara membuat origami berbentuk kucing dari origamiway.com.

 

Procedure Text
Dok: https://www.origamiway.com/easy-origami-cat.shtml

 

Materials

  • Origami paper
  • Marker

 

Steps

Origami Cat Procedure Text Steps
Dok: https://www.origamiway.com/easy-origami-cat.shtml

 

Dari contoh di atas, bisa dilihat sebuah teks prosedur dengan goal atau tujuan untuk memberikan informasi bagaimana cara membuat origami berbentuk kucing, bisa dilihat pada kalimat “Follow the steps below to make this Easy Origami Cat”.

 

Selanjutnya, bagian pada bagian materials, bisa dilihat bahwa kita hanya membutuhkan kertas origami dan spidol untuk membuat origami kucing.

 

Pada bagian steps, terdapat delapan langkah yang perlu kita ikuti agar bisa berhasil membuat sebuah kepala kucing yang unyu. Gimana, sobat Zenius, apakah kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya?

 

Nah, supaya kita bisa memahami teks ini dengan lebih baik lagi, mari kita lihat resep es krim vanila ala foodiecrush.com yang bisa lo buat sendiri di rumah.

 

Resep Homemade Ice Cream | Procedure Text
Dok: foodiecrush.com | Contoh Procedure Text

 

Kalau kalian penasaran apa arti no-churn ice cream, itu artinya es krim yang pembuatannya tidak memerlukan alat pembuat es krim. Wow mantap ya. Selain hanya perlu 3 bahan, es krim ini juga tidak perlu mesin pembuat es krim. Siapa yang mau coba?

 

Sobat Zenius, coba yuk kita bahas contoh di atas bersama-sama. 

  • Menurut kalian, apa goal resep di atas?
  • Apa saja ingredient atau bahan yang diperlukan?
  • Bagaimana cara membuat es krim tersebut?

 

Jawab di kolom komentar ya, pasti dibalas kok. Yuk belajar bersama-sama!

 

*****

Oke sobat Zenius, itulah kira-kira sekilas informasi tentang procedure text. Untuk pembahasan lengkap, silahkan cek video dari Bahasa Inggris Kelas 12 di Zenius ya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya, ciao!