Contoh Soal PAT Semester 2 Sosiologi Kelas 10

Contoh Soal PAT Semester 2 Sosiologi Kelas 10 dan Pembahasan

Sobat Zenius, udah siap menghadapi PAT (Penilaian Akhir Tahun) belum? Dulunya disebut Ujian Kenaikan Kelas (UKK), kehadiran PAT memang tinggal nunggu beberapa hari lagi! 

Nah, buat elo yang masih keliru sama yang namanya PAT dan PAS, gue bakal jelasin sedikit nih. Jadi, PAT itu adalah ujian yang dilakukan oleh anak-anak kelas 7-8 SMP dan 10-11 SMA untuk syarat kenaikan kelas. Sedangkan PAS adalah ujian akhir semester ganjil. Jadi, jangan terbalik lagi, ya.

Kalau elo yang masuk kelas IPS, udah belajar mata pelajaran sosiologi sejauh apa?

Kenalan dengan Sosiologi SMA Kelas 10

Di antara elo semua, pasti banyak deh yang jadiin sosiologi sebagai mata pelajaran favorit. Selain karena full dengan bacaan, elo juga bakal diajak untuk mengamati berbagai fenomena yang pastinya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari! Apa aja contohnya?

Coba aja elo perhatiin bagaimana masyarakat berinteraksi atau seseorang bisa melakukan tindakan yang dianggap menyimpang, seperti kriminalitas, kenakalan remaja, dan masih banyak lagi. Elo mungkin aja nggak sadar kalau apa yang terjadi di sekitar elo itu dipelajari di dalam ilmu sosiologi.

Kalau gitu, apa sih yang dimaksud sosiologi? Jadi, sosiologi merupakan mata pelajaran yang mengajarkan ilmu-ilmu bermasyarakat. Di dalam mata pelajaran ini, elo bakal belajar tentang fenomena, gejala, hingga permasalahan masyarakat. 

Selengkapnya tentang sosiologi bisa lu simak di sini. Selain itu, elo juga akan ketemu dengan materi tentang fakta-fakta sosial yang berkaitan dengan tindakan seseorang, pola berpikir, dan emosi. Ruang lingkup ilmu yang dipelajari di sosiologi ada tiga jenis, yaitu ilmu sosial, murni, dan abstrak, nih. 

Nah, khusus buat elo yang ada di kelas 10 ini, materi yang diajarkan di mata pelajaran sosiologi nggak begitu rumit, kok. Elo akan dikenalkan dengan definisi, klasifikasi, fungsi, dan hingga sebab akibat yang terjadi di sosiologi.

Buat ujian PAT, elo harus siap-siap belajar lebih serius lagi, kenapa? Karena materi yang diujikan merupakan kumpulan dari semester satu dan dua. 

Supaya elo bisa lebih fokus belajar materi sosiologi yang bakal keluar di PAT, gue kasih bocoran nih materi apa aja yang bakal keluar, beberapa di antaranya:

Persebaran Topik Soal PAT Sosiologi Kelas 10 Semester 2
Persebaran Topik Soal PAT Sosiologi Kelas 10 Semester 2 (Sumber: Arsip Zenius)

Biar lebih mantap belajarnya, gue bakal kasih elo beberapa contoh soal sosiologi nih. Yuk, cobain latihan soalnya.

Topik 1: Sosiologi sebagai Ilmu

Snouck Hurgronje
Gambar Snouck Hurgronje (Sumber: tirto.id)
  1. Sosiolog Orientalis dari Belanda bernama Snouck Hurgronje, memiliki peran yang sangat besar pada upaya kolonialisme Belanda di daerah …

A. Jawa
B. Padang
C. Kalimantan
D. Aceh
E. Papua

Jawaban: D

Pembahasan:

Snouck Hurgronje adalah seorang sosiolog yang memiliki riwayat sangat dekat dengan islam dan juga Banda Aceh Darussalam. Snouck berangkat ke Aceh pada tahun 1981.

Pada 1982, beliau mengajukan Atjeh Verslag yang menyatakan kalau kotak kekuasaan Aceh harus dipecah-pecah. Snouck juga mendekati ulama dan memberi fatwa islam, yang mendasar pada politik devide et impera

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Ilmu Sosiologi – Materi Sosiologi Kelas 10

Topik 2: Sosialisasi

Sosialisasi
Ilustrasi Sosialisasi (Sumber: Arsip Zenius)
  1. Bimo menjabat dua ketua di kompleknya, yaitu sebagai ketua karang taruna dan juga ketua DKM. Semua peran yang Bimo lakukan ternyata sesuai dengan ekspektasi warga komplek dan teman-temannya. Dalam hal ini, Bimo mengalami sosialisasi pada tahap?

A. Game stage
B. Play stage
C. Looking glass self
D. Sekunder
E. Generalised other

Jawaban: E

Pembahasan: 

Tahapan proses belajar nilai dan norma menurut George Herbert Mead, di antaranya:

  • Preparatory stage,
  • Play stage,
  • Game stage, dan
  • Generalized others.

Jika melihat dari yang Bimo alami, ia mengalami tahapan generalised others dikarenakan Bimo bisa melakukan semua perannya sesuai dengan harapan warga komplek dan teman-temannya. 

Baca Juga: Sosialisasi: Pengertian, Ciri, Tujuan dan Bentuk – Materi Sosiologi Kelas 10

Topik 3: Nilai dan Norma

Nilai dan Norma
Ilustrasi Nilai dan Norma (Sumber: Arsip Zenius)

3. Fungsi umum nilai sosial di masyarakat adalah ….

A. Alat pengawas perilaku manusia
B. Penyebab manusia bisa berinteraksi sosial
C. Pedoman manusia untuk bertingkah laku
D. Perbandingan perilaku individu dengan kelompoknya
E. Kebutuhan dalam menjalankan kehidupan

Jawaban: C

Pembahasan:

Kalau mau flash back ke artikel Zenius yang satu ini: Mengenal Nilai dan Norma Sosial – Materi Sosiologi Kelas 10, nilai sosial adalah nilai yang berlaku di masyarakat mengenai baik buruknya sesuatu. Bisa juga dikatakan sebagai standar budaya yang menunjukkan kebaikan dan diinginkan oleh masyarakat untuk kehidupan sosial yang terstruktur. 

Nah, menurut pengertian tadi, bisa disimpulkan bahwa nilai sosial berguna untuk jadi pedoman manusia untuk bertingkah laku.

Topik 4: Interaksi Sosial

4. Disebut apakah tindakan meniru sebagian penampilan atau perilaku yang dilakukan orang lain?

A. Identifikasi
B. Simpati
C. Empati
D. Motivasi
E. Imitasi

Jawaban: E

Pembahasan:

Apa itu imitasi? Imitasi adalah tindakan yang menyerupai atau meniru penampilan ataupun gaya hidup seseorang. Namun, tindakan ini tidak didasari dengan perasaan bahwa dirinya adalah tokoh yang ia tiru tersebut.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Mau fokus belajar buat Penilaian Akhir Tahun? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Topik 5: Penyimpangan Sosial

5. Contoh penyimpangan sosial yang disebabkan karena adanya perubahan nilai dan norma sosial adalah …

A. Semakin banyak orang yang menyuarakan pendapat seputar emansipasi wanita, namun tetap saja ada yang tidak setuju dengan pendapat tersebut
B. Rani sering berbuat onar di rumah agar mendapatkan simpati dari anggota keluarga lainnya
C. Lia mencontek hasil ulangan temannya agar mendapatkan nilai yang tinggi
D. Edwin dituduh menjadi pencuri ponsel di sekolahnya
E. Sarah melakukan vandalisme di halte bus

Jawaban: A

Pembahasan:

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak masyarakat yang memiliki pandangan yang berbeda terhadap suatu fenomena. Hal itu bisa berdampak pada nilai dan norma yang menjadi berbeda dengan yang lain dan sering dikelompokkan menjadi perilaku menyimpang. 

Baca Juga: Pengertian Penyimpangan Sosial, Teori, dan Bentuknya – Materi Sosiologi Kelas 10

Topik 6: Lembaga Sosial

6. Lembaga sosial didirikan untuk memenuhi satu tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya. Contohnya adalah BUMN yang memiliki tujuan untuk menyediakan barang ekonomis dan jasa yang tidak disediakan oleh pihak swasta. Hal ini sangat sesuai dengan karakteristik lembaga sosial, yaitu …

A. Memiliki ide mendasar
B. Dilambangkan dengan simbol tertentu
C. Memiliki kebiasaan dan aturan
D. Memiliki alat kelengkapan tertentu
E. Memiliki tingkat kekekalan tertentu

Jawaban: A

Pembahasan: 

Tujuan merupakan ide yang mendasar dari suatu lembaga sosial. Makanya, keberadaan dari suatu lembaga, hingga fungsi dari suatu lembaga didasarkan pada ide dari lembaga itu sendiri.

Baca Juga: Lembaga Sosial – Materi Sosiologi Kelas 11

Topik 7: Rancangan Penelitian Sosial

7. Laila sedang melakukan penelitian, dia sedang meneliti tentang hubungan penggunaan ponsel dengan kenakalan remaja di Jawa Barat. Subjek penelitian berdasarkan penelitian yang akan dilakukan Laila adalah …

A. Remaja di Jawa Barat
B. Penggunaan ponsel
C. Hubungan remaja dan ponsel
D. Kenakalan remaja
E. Daerah Jawa Barat

Jawaban: A

Pembahasan:

Pada penelitian yang akan Laila kerjakan subjek atau orang yang akan diteliti adalah ‘Remaja di Jawa Barat. Sementara variabel yang akan diteliti adalah ponsel dan juga kenakalan remaja. Selain itu, rumusan masalah yang diangkat adalah apakah terdapat hubungan penggunaan ponsel terhadap kenakalan remaja?

Baca Juga: Pengertian Variabel dan Hipotesis Penelitian Sosial – Materi Sosiologi Kelas 10

Topik 8: Pengumpulan Data dalam Penelitian

8. Sampel random sampling adalah pemilihan sampel dengan cara …

A. Menggunakan bantuan mesin untuk memilih subjek penelitian
B. Mengambil populasi yang memiliki angka kelipatan tiga
C. Mengambil populasi sesuai dengan rujukan populasi sebelumnya
D. Mengirimkan survey ke banyak populasi
E. Mengirimkan survey ke banyak populasiMembagi populasi ke dalam beberapa strata

Jawaban: A

Pembahasan:

Teknik simple random sampling merupakan teknik yang masuk ke dalam sampel probabilita. Apa itu sampel probabilita? Kalau sebuah penelitian memakai sampel ini, maka semua anggota populasi dinyatakan memiliki kesempatan yang sama.

Contohnya populasi ada 100 orang dan peneliti menggunakan mesin untuk subjek penelitian, maka semua populasi memiliki kesempatan yang sama karena mesin mencari subjek secara acak. 

Baca Juga: Teknik Pengumpulan Data Penelitian – Materi Sosiologi Kelas 10

*****

Nah, itu dia informasi materi PAT Sosiologi kelas 10 dan soal-soal yang bakal keluar. Semoga bermanfaat ya buat jadi bahan belajar.

Oh iya, setelah elo nyoba buat kerjain contoh soal PAT sosiologi-nya, udah ada gambaran belum kira-kira ujian aslinya itu kayak apa? 

Makanya, biar makin mantap buat menghadapi ujian sekolah ini, buruan deh coba kerjain prediksi contoh soal PAT sosiologi yang lebih lengkap. Semuanya tuntas dijelaskan sama Zenius. Yuk, langsung aja klik banner di bawah ini.

klik di sini untuk lanjut mengerjakan prediksi soal ujian sekolah

Referensi

Materi Belajar Sosiologi – Zenius Kelas 10 
Panduan PAS, PTS, dan PAT – Zenius
Sosiologi Kelas 10 – Universitas Padjadjaran (2009)
Penyimpangan Sosial – Gramedia

Bagikan Artikel Ini!