It’s a Dog’s Life (Giving Instructions) – Materi Bahasa Inggris SD

It's a Dog's Life (Giving Instructions) - Materi Bahasa Inggris SD

Bapak dan Ibu Guru, rasanya penting ya, untuk memberikan banyak contoh menarik ketika membahas materi Bahasa Inggris SD. Apalagi saat contohnya pun dekat dengan kehidupan siswa.

Ya, misalnya nih, saat Bapak dan Ibu Guru membahas soal materi memberikan instruksi atau perintah (giving instructions), kita bisa saja memberikan contoh perintah untuk hewan peliharaan.

Misalnya, kita bisa mengajak siswa berdiskusi tentang bagaimana cara melatih hewan peliharaan. Kalau sedang melatih hewan peliharaan, kita sering memberikan perintah seperti sit, jump, catch, come here, dan sebagainya, bukan?

Kalau misalnya Bapak dan Ibu Guru ingin memilih topik tersebut, lantas apakah kita harus membawa hewan peliharaan untuk memperagakan giving instructions kepada siswa? Wah, kebayang repotnya, ya ….

Tapi tenang aja, Ready2Run punya solusinya!

Apa itu Ready2Run?

Jadi, Ready2Run adalah sebuah program yang dibentuk oleh Digital Learning Associates (DLA). Program ini menyediakan bahan pembelajaran yang lengkap untuk materi giving instructions berupakan video. Salah satunya, Bapak dan Ibu Guru bisa lihat dari video “It’s a Dog’s Life”.

Dalam topik “It’s a Dog’s Life”, siswa akan memperdalam pengetahuan vocabulary mengenai hewan peliharaan, khususnya anjing. Selain itu, siswa juga akan mempelajari penggunaan kalimat untuk memberi perintah kepada hewan peliharaan.

Berikut video pembelajarannya!

Transkrip Video “It’s a Dog’s Life”

Gimana Bapak dan Ibu Guru, video yang menarik, bukan? Siswa pasti suka sekali melihat gemasnya tingkah Sansa.

It’s a dog’s life (giving instructions): puppy Sansa
Cerita tentang Sansa dimulai dari saat dia masih kecil (Dok. Ready2Run)

Video tersebut menceritakan tentang Sansa mulai dari dia masih kecil (puppy) hingga sudah besar (big dog). Videonya juga menyoroti situasi lockdown akibat virus COVID-19, yang menyebabkan Sansa dan pemiliknya, Saurabh tidak bisa berpergian keluar.

Ketika itu, Sansa perlu dilatih. Tapi karena nggak bisa keluar dari rumah, Saurabh mencari cara melatih anjing dari internet. Kemudian, ia mulai melatih Sansa dengan menggunakan perintah-perintah yang sederhana.

It’s a dog’s life (giving instructions): Sansa being trained
Ketika sudah lebih besar, Sansa butuh dilatih (Dok. Ready2Run)

Nah, berikut adalah transkrip dari video di atas yang bisa Bapak Ibu Guru dan siswa simak.

NarratorSansa is a lucky puppy. Lots of people love her. She lives with Saurabh at his house in Noida which is a city in India.
SaurabhI got her when she was about 45 days old and about this big.
NarratorShe grew up fast. But a cute dog isn’t always a good dog. And Sansa was… well, see for yourself. 
So, what was up? Maybe she was just bored with staying inside. She couldn’t run or play outside. India, like many countries, was in lockdown because of the Covid virus. But Sansa needed training!
So, Saurabh used the internet. 
It’s time to start. 
SaurabhShake hands. Sansa! Shake hands. Shake hands. Shake hands.
Come here! Sansa, come. Come. Sit. Sit.
NarratorSansa needs to learn to do what she’s told. 
SaurabhSit. Very good. Shake hands. Very good! Very good, very good. Catch. Catch. 
NarratorSansa learns fast. She starts doing what she’s told.
And all this with just some help from videos on the internet.
SaurabhShe’s a very active, very intelligent and very sweet little dog.
NarratorSansa is lucky to have Saurabh. And Saurabh is lucky to have a pet like Sansa!

Download Materi It’s a Dog’s Life

Dari cerita ini, siswa jadi belajar tentang giving instructions dari bentuk yang paling sederhana. Dengan menggunakan topik yang relevan dan akrab di kehidupan sehari-hari siswa, pelajaran akan menjadi lebih bermakna bagi mereka.

Siapa tahu kalau sudah menyimak cerita tentang Sansa, siswa jadi tertarik untuk memiliki hewan peliharaan dan melatihnya.

Otomatis, mereka juga mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari dari materi ini suatu hari nanti, dong! Memuaskan sekali kan, kalau apa yang sudah dipelajari di sekolah bisa diterapkan dalam kehidupan mereka?

Bapak dan Ibu Guru bisa mengunduh materi pendukung berupa Student Pack dan Teacher Guide dari Ready2Run. Student Pack akan berfungsi seperti lembar kerja yang akan membantu siswa untuk lebih memahami materi yang diberikan melalui kegiatan-kegiatan yang disajikan.

Sedangkan, Teacher Guide bisa jadi pegangan kita untuk meninjau kembali learning goals dari materi tersebut. Pencapaian siswa dilihat dari perkembangan vocabulary, Content and Language Integrated Learning (CLIL), grammar, skills, dan cara berpikir mereka.

Bagikan Artikel Ini!