Penalaran Sejarah: Asal-Usul Konsep Uang

Bagaimana manusia menciptakan konsep uang? Mengapa bentuk fisik uang di berbagai peradaban bisa berbeda-beda? Mengapa uang menjadi alat tukar yang mendunia? Semua dijelaskan di sini. Uang memang memiliki peran yang sangat besar dalam hampir semua aspek kehidupan manusia, terutama pada peradaban dunia modern. Rasanya tidak terlalu berlebihan kalo gua bilang, uang memiliki kekuatan lebih dari sekadar alat tukar nilai. Dalam bermasyarakat, uang seringkali menjadi indikator status sosial, kekuasaan, dan juga simbol dari kekayaan. …

Siapakah Orang Asli Pribumi Indonesia?

Asal-usul orang pribumi asli Indonesia masih dipertanyakan. Artikel ini mengupas sejarahnya dimulai dari manusia pendatang pertama 1,5 juta tahun yang lalu. Dalam konteks sosial masyarakat Indonesia modern, seringkali kita jumpai istilah “pribumi” yang biasanya mengacu pada identitas orang asli di daerah tertentu. Memang secara umum kita mengenal klasifikasi umum etnis kesukuan lokal Indonesia, misalnya orang Batak itu di Sumetera Utara, orang Sunda itu di Banten dan Jawa Barat, orang Minang di Sumatera Barat, …

Gimana sih Caranya Ilmuwan Tahu Umur Fosil yang Ditemukan?

Kok bisa para ilmuwan tahu seberapa tua umur fosil yang ditemukan? Semua itu bukan asal tebak apalagi ngarang-ngarang, tapi dihitung secara ilmiah! Berikut penjelasannya. Hi guys, the handsome chemist is back! Kali ini, gue mau ngobrol tentang dua topik favorit gue nih, sejarah dan kimia. Tepatnya, gimana suatu ilmu ‘alam’ kimia bisa ngasih kita pengetahuan lebih dalam tentang ilmu ‘sosial’ yaitu sejarah. Sebagai orang yang berpendidikan, sedikit banyak kita telah …

Tan Malaka: Bapak Republik Indonesia yang Terlupakan

Tan Malaka adalah orang pertama yang mencetuskan konsep Republik Indonesia bahkan sebelum Sukarno & Hatta. Namun namanya seperti hilang dalam sejarah. Baca kisah selengkapnya! Bulan Juni itu sering diingat sebagai bulan lahirnya tokoh-tokoh besar nasional Indonesia. Diawali dengan hari lahirnya Pancasila (1 Juni) kemudian disusul dengan hari lahirnya mantan presiden pertama Indonesia Soekarno (6 Juni), mantan presiden kedua HM.Soeharto (8 Juni), mantan presiden ketiga B.J Habibie (25 Juni), dan juga presiden ketujuh kita …

Cara Membuat Kode, Sandi, dan Rahasia untuk Memecahkannya!

Artikel ini mengupas tuntas ilmu kriptografi alias kode/sandi rahasia, lengkap berbagai teknik sederhana membuat kode/sandi yang bisa dicoba. Hei semua, udah lama banget ngga muncul di sini. Untuk para fans, maafkan jadwal nulis gue yang kurang tetap yah. Walaupun gue hiatus ngajar di Zenius sekarang, gue tetep kepengen bagi pengetahuan gue buat kalian semua. Kali ini gue mau bahas tentang sesuatu yang berdekatan sama kerjaan gue di luar dunia pendidikan …

Indonesia Dijajah Ratusan Tahun Oleh Bangsa Eropa, Masa Sih?

Yakin Indonesia pernah dijajah Eropa? Artikel ini memberikan perspektif lain dalam sejarah kependudukan Eropa di Indonesia. Halo Masbro-Mbaksis sekalian penikmat Zenius Blog! Kali ini gue dateng lagi mewartakan cerita seru tentang topik yang gak akan jauh-jauh dari Sejarah. Bisa dibilang mungkin hampir semua dari pembaca artikel blog ini adalah para pelajar Indonesia yang sejak kecil belajar pelajaran sejarah sampe berbusa-busa tentang jatuh-bangunnya kekuasaan politik maupun ekonomi di daerah geografis yang sekarang ini kita …

Soe Hok Gie : Pemuda Indonesia yang Merdeka

Soe Hok Gie adalah legenda sekaligus icon bagi kaum intelektual muda Indonesia. Sebetulnya bagaimana kisah hidupnya yang begitu singkat namun bisa menjadi inspirasi bagi setiap generasi mahasiswa? Buat lo yang udah sering baca tulisan-tulisan gue, mungkin udah pada tau kalo gue orangnya lumayan doyan baca buku. Berhubung gue orangnya telaten (anggep saja begitu), jadi setiap buku gua itu pasti selalu gua rawat, gua kasih sampul yang rapi, bahkan gua catet kapan gua beli/dapetin …

Buku yang Gua Berani Jamin 100% PASTI Keren! – Part 01

Pengen baca buku tapi bingung mau baca buku apa? Berikut adalah rekomendasi 10 buku bagus yang dijamin bakal bikin ketagihan baca buku. Halo Guys, di artikel kali ini gua mau kasih lo rekomendasi bahan bacaan atau buku-buku yang gua berani jamin 100% (tanpa terkecuali) PASTI KEREN buat lo baca. Ini mungkin kesannya rada lebay, tapi gua emang serius dan gak main-main dengan kata “pasti keren”. Artinya gua bener-bener udah seleksi …