Mengenal Apa Itu NAFTA Beserta Tujuan dan Negara Anggotanya – Materi Sejarah Kelas 12

nafta

Saat belajar materi Sejarah atau Ekonomi, elo pasti pernah dengar istilah ASEAN, OPEC, dan APEC. Pasti sudah enggak asing lagi, soalnya Indonesia jadi bagian dari organisasi-organisasi itu.

Coba sekarang gue tanya, elo tahu apa itu NAFTA (North American Free Trade Agreement) enggak? Hayo ngaku, pasti masih banyak yang belum tahu soal organisasi ini.

NAFTA adalah suatu organisasi regional yang bergerak di bidang ekonomi, di mana fokus utamanya untuk mengembangkan perdagangan bebas di antara negara-negara anggotanya.

Meskipun enggak seterkenal organisasi lainnya, pembahasan materi NAFTA pernah muncul di soal UTBK, lho. Makanya, yuk langsung aja kita pelajarin bareng-bareng!

Pengertian NAFTA

NAFTA atau dalam bahasa Indonesia berarti Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara didirikan pada tahun 1992.

Sesuai namanya, anggota NAFTA terdiri dari tiga negara di kawasan Amerika Utara yaitu Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

logo nafta
Logo NAFTA terdiri dari bendera negara anggotanya. (Arsip Zenius)

Elo bisa lihat sendiri ya, logo NAFTA menggambarkan ketiga negara anggotanya, di mana paling kiri merupakan bendara Amerika Serikat, tengah bendera Meksiko, dan yang paling kanan adalah bendera Kanada.

Ketentuan utama NAFTA berisi tentang pengurangan bertahap tarif, bea cukai, dan hambatan perdagangan lainnya antara ketiga negara, dimana beberapa tarif juga dihapus selama periode 15 tahun.

Lewat perjanjian ini, dipastikan adanya akses bebas bea untuk berbagai macam barang manufaktur dan komoditas yang diperdagangkan oleh negara anggota. Selain itu, produk yang diimpor dari negara di luar NAFTA diberikan status “barang nasional”, melarang pemerintah negara bagian, lokal, atau provinsi manapun untuk mengenakan pajak atau tarif atas barang-barang tersebut.

Nah, sudah tahu ya sekarang kalau NAFTA merupakan blok perdagangan di kawasan Amerika Utara. Terus, sekarang elo pasti bertanya-tanya, apa sih hal yang membuat NAFTA ini akhirnya dibentuk?

Baca Juga: Organisasi Ekonomi Regional dan Global Beserta Pengaruhnya – Materi Sejarah Kelas 12

Latar Belakang NAFTA

Pembentukan NAFTA dilatarbelakangi oleh dua hal khusus, yaitu krisis ekonomi Meksiko dan adanya kebijakan Presiden Amerika Serikat.

Jadi, di tahun 1980, Meksiko itu mengalami krisis ekonomi yang hebat. Hal ini terjadi karena adanya permasalahan cadangan mata uang dan pengaruh investasi yang ngebuat utang negara akhirnya menumpuk.

Di tengah krisis ekonomi itu, Meksiko melihat Amerika dan Kanada sebagai negara tetangga yang kaya dan maju. Pas banget kan sama kebutuhan Meksiko untuk mengatasi masalahnya, yaitu dana yang besar.

peta anggota nafta
Lokasi ketiga negara anggota NAFTA yang saling berdekatan. (Arsip Zenius)

Akhirnya, Meksiko berpikir untuk meminjam dana ke Amerika dan Kanada. Sejak saat itulah, tumbuh benih-benih kerjasama antara Meksiko dengan Amerika dan Kanada.

Terus di satu sisi, terbentuknya NAFTA juga dipengaruhi oleh kebijakan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan, terkait Undang-Undang Perdagangan dan Tarif yang diresmikan di tahun 1984.

Apa hubungannya Undang-Undang itu dengan dibentuknya NAFTA?

Jadi gini, secara enggak langsung, Undang-Undang Perdagangan dan Tarif ini mendorong AS untuk melakukan perdagangan bebas. Ditambah lagi dukungan dari Kanada yang butuh Amerika untuk mengembangkan perdagangan dalam negerinya.

Akhirnya, dilakukanlah negosiasi antara Presiden Amerika Serikat, George H.W. Bush, Perdana Menteri Kanada, Brian Mulroney, dan Presiden Meksiko, Carlos Salinas de Gortari. 

pendiri nafta
Ketiga pemimpin sedang melakukan pertemuan untuk membahas NAFTA. (dok. Encyclopædia Britannica)

Kesepakatan awal NAFTA dicapai pada Agustus 1992, yang kemudian ditandatangani oleh ketiga pemimpin pada 17 Desember di tahun yang sama. Meski begitu, kegiatan NAFTA baru mulai berlaku dan aktif sejak 1 Januari 1994.

Baca Juga: Latar Belakang dan Tujuan Dibentuknya NATO – Materi Sejarah Kelas 12

Apa Saja Tujuan NAFTA?

Seperti yang sudah gue sebutkan sebelumnya, fokus utama NAFTA memang untuk perdagangan. Tapi, apa sih sebenarnya tujuan dibentuknya organisasi ini?

  1. Mewujudkan perdagangan efektif di kawasan Amerika Utara.
  2. Meningkatkan investasi, karena perdagangan dan investasi adalah salah satu hal yang saling berkaitan.
  3. Mengembangkan industri, karena Amerika Serikat dan Kanada adalah negara industri pastinya mereka butuh negara lain untuk mengembangkan industrinya.
  4. Mempermudah urusan perdagangan, misalnya terkait bea cukai, komoditi ekspor, distribusi, dll.

Meskipun NAFTA merupakan contoh kerjasama ekonomi, tapi kenyataannya ada juga kerjasama yang dilakukan dalam bidang lingkungan, buruh, dan kegiatan sosial budaya.

Nah, kita sudah tahu apa itu NAFTA, latar belakang dibentuk dan tujuannya. Sekarang yang jadi pertanyaan, gimana hubungan atau bentuk ketergantungan antara ketiga negara anggotanya?

Baca Juga: Tujuan Berdirinya ASEAN dan Peta Negara Anggota – Materi Sejarah Kelas 12

Keterkaitan Antarnegara Anggota NAFTA

Ketika satu negara bergabung ke satu organisasi internasional, pastinya ada suatu kepentingan yang dibutuhkan. Sama halnya dengan ketiga negara anggota NAFTA ini.

Jadi dalam kerjasamanya, Meksiko membutuhkan Amerika Serikat sebagai pemberi dana. Itu, lho, karena dia lagi krisis ekonomi tadi. Terus, Amerika Serikat sendiri perlu impor komoditi dari Meksiko berupa pertanian dan ekspor industrinya.

Begitu juga sama Kanada yang membutuhkan Meksiko untuk ekspor hasil industrinya, dan perlu dukungan dana serta perdagangan bebas dari Amerika Serikat.

Jadi, diantara ketiganya ada keterkaitan dan sama-sama membutuhkan satu sama lain.

Walaupun kelihatannya sama-sama untung, sebagian masyarakat Meksiko enggak suka kalau negaranya bergabung ke organisasi ini. Waduh, mengapa warga Meksiko enggak melihat manfaat Meksiko menjadi anggota NAFTA, ya?

Baca Juga: Mengenal GNB (Gerakan Non-Blok) – Materi Sejarah Kelas 12

Dampak NAFTA Bagi Meksiko

Setiap hal pasti ada kelebihan dan kekurangannya ya, guys. Sama halnya dengan NAFTA yang ternyata juga dirasa merugikan, termasuk bagi orang-orang Meksiko.

Pertama, NAFTA membuat banyak petani Meksiko akhirnya gulung tikar karena adanya produk pertanian bersubsidi dari pemerintah Amerika Serikat. Petani lokal enggak kuat bersaing sama harga subsidi yang diberikan. Akhirnya, sekitar 1,3 juta petani berhenti bekerja dan terpaksa jadi pengangguran. 

Kedua, para petani Meksiko yang menganggur dipekerjakan di bawah standar oleh Maquiladora, perusahan Amerika Serikat yang ada di dekat perbatasan. Jadi, bisa dibilang mereka merakit produk dengan modal yang murah, terus diekspor lagi ke Amerika Serikat.

Duh, kok jadi miris gini ya? Pertaniannya enggak bisa lanjut, sekarang pas sudah kerja malah enggak sesuai standar.

Tapi ternyata masih ada satu lagi nih hal yang merugikan warga Meksiko, yaitu banyaknya perusahaan yang dibangun kemudian merusak lingkungan sekitarnya untuk mempertahankan biaya tetap rendah. Pupuk dan bahan kimia dipakai besar-besaran yang berakibat peningkatan polusi.

Kalau sudah tahu banyak ruginya, kenapa Meksiko enggak keluar aja dari NAFTA? Eits, enggak semudah itu, Sobat.

Meskipun ada beberapa kekurangannya, dilihat dari sudut pandang ekonomi, NAFTA bisa dibilang sukses. Tanpa adanya organisasi ini, dampak persaingan dari pertumbuhan ekonomi Uni Eropa atau China akan lebih terasa dan menyulitkan ketiga negara, Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

Satu hal yang perlu elo ketahui, karena banyaknya kritik yang muncul, di masa presiden Donald Trump, NAFTA diganti menjadi USMCA (United States, Mexico, Canada Agreement) pada tahun 2018.

sejarah zenius

Baca Juga: Konsep Perang Dingin atau Cold War – Materi Sejarah Kelas 12

Nah, sekarang gue mau coba tes pemahaman elo tentang materi NAFTA yang sudah kita bahas. Karena, pelajaran bakal lebih mudah diingat kalau kita terus berlatih.

Contoh Soal Sejarah Tentang NAFTA

Soal 1

Manakah negara-negara yang termasuk dalam anggota NAFTA?

  1. Meksiko, Jerman, Jamaika
  2. Meksiko, Amerika Serikat, Kanada
  3. Meksiko, Amerika Serikat, Kanada, Jamaika
  4. Meksiko, Amerika Serikat, Kuba, Kanada

Pembahasan

NAFTA terdiri dari tiga negara yaitu Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada. Jadi, jawaban yang tepat adalah nomor (2).

Soal 2

Presiden Meksiko yang menandatangani perjanjian NAFTA adalah…

Pembahasan

Perjanjian NAFTA ditandatangani oleh tiga pemimpin negara anggota, dengan Amerika Serikat diwakili George H.W. Bush, Kanada diwakili Perdana Menterinya, Brian Mulroney, dan Presiden Meksiko Carlos Salinas de Gortari. Jadi, jawaban dari pertanyaan di atas adalah Carlos Salinas de Gortari.

Itu dia pembahasan kita tentang NAFTA, mulai dari pengertian, negara anggota, latar belakang, sampai tujuannya. Selain baca penjelasan dan latihan soal di artikel ini, elo juga bisa tonton video-video materi UTBK yang ada di Zenius biar makin mantap belajarnya!

Referensi

Organisasi Ekonomi Global dan Regional, NAFTA – Materi Zenius Kelas 12

NAFTA Pros and Cons, Why Its Six Advantages Outweigh Its Six Disadvantages – The Balance (2022)

North American Free Trade Agreement – Britannica (2022)

Bagikan Artikel Ini!