matematika

matematika

Tips Menghadapi Soal SBMPTN Matematika

Tips Menghadapi Soal SBMPTN Matematika

SBMPTN sebentar lagi, tapi masih banyak nih anak kelas 12 yang belajarnya cuma ngikutin materi di sekolah aja. Padahal materi kelas 12 itu cuma sebagian kecil dari soal-soal yang muncul di SBMPTN. Kalau cara belajar lo masih kayak begitu, nanti pas deket-deket SBMPTN nyesel deh karena baru sadar kalau ternyata materi SBMPTN itu lebih banyak menguji bahan-bahan kelas 10 dan kelas 11, bahkan ada yang bahannya dari pelajaran SMP loh. … Baca Selengkapnya
Panduan Belajar UN SMA Matematika IPA 2016

Panduan Belajar UN SMA Matematika IPA 2016

Penerapan kurikulum 2013 sudah memasuki tahun ke tiga. Itu artinya siswa-siswa yang dulu masih kelas 10 ketika kurikulum 2013 ini pertama kali diterapkan, sekarang sudah kelas 12, dan bersiap-siap untuk mengikuti Ujian Nasional di penghujung tahun ajaran. Meskipun begitu, kurikulum 2013 ini tidak diterapkan di seluruh sekolah. Sekitar 90% sekolah di Indonesia masih menerapkan kurikulum lama, KTSP. Dualisme kurikulum ini membuat banyak siswa kelas 12, baik yang KTSP maupun yang K13, … Baca Selengkapnya
Persiapan SBMPTN Matematika, Pelajari Materi KTSP atau K-13?

Persiapan SBMPTN Matematika, Pelajari Materi KTSP atau K-13?

Kurikulum 2013, kadang disebut Kurtilas atau K-13, sudah memasuki tahun ke 3 di beberapa sekolah. Namun, pelaksanaan kurikulum 2013 ini tidak serentak. Sebagian besar sekolah masih menggunakan kurikulum yang lama, yaitu KTSP. Akibatnya, anak-anak SMA Kelas 12 di season (tahun ajaran) 2016-2017 ini memiliki dua jenis kurikulum, kurikulum 2013 dan KTSP. Materi yang diajarkan di Kurikulum 2013 tentu beda dengan yang diajarkan di KTSP. Kalau gitu untuk SBMPTN nanti, harus belajar pakai kurikulum yang … Baca Selengkapnya
Persiapan UN SMA Matematika IPA 2015

Persiapan UN SMA Matematika IPA 2015

Hello Bro/Sis kelas 12 yang sebentar lagi mau UN. Gimana kesiapan lo sekarang ini? Kalau Ujian Nasional diselenggarain sekarang juga, kira-kira lo dapet nilai berapa nih? 🙂 Semoga aja nggak jelek-jelek amat yah. Tapi kalaupun masih jelek, ya berarti lo harus belajar lebih banyak lagi supaya nanti siap. Masih ada waktu kok. By the way, emang nanti UN 2015 akan tetep ada ya? Ya, beberapa bulan yang lalu memang beritanya … Baca Selengkapnya
Matematika sebagai Bahasa - 4x6 atau 6x4?

Matematika sebagai Bahasa - 4x6 atau 6x4?

Kalau lo aktif di social media belakangan ini, pasti foto PR anak SD di bawah ini sempet muncul di timeline lo. Buat yang belum tau, gue ceritain sedikit deh gimana ceritanya foto PR ini bisa viral (baca: nyebar ke mana-mana). Jadi gini, pada suatu hari, seorang kakak yang baik bantuin adiknya yang masih kelas 2 SD mengerjakan soal matematikanya. Soalnya seperti yang bisa lo lihat di foto di bawah. Berhubung … Baca Selengkapnya
Apa pentingnya membuktikan rumus?

Apa pentingnya membuktikan rumus?

Kalau lo belajar matematika, biasanya cara belajar lo itu gimana sih? Setau gue nih, cara belajar yang paling standard adalah: belajar teorinya, terus latihan soal. Kalau udah bisa ngerjain soal-soalnya, biasanya ngerasa udah ngerti sama materinya. Iya nggak sih? Tapi sadar nggak sih kalau sebenernya bisa aja lo nggak bener-bener ngerti sama materinya tapi tetep bisa ngerjain soalnya? Gue sering banget nemuin kasus kayak gini. Jujur aja, ini nggak cuma … Baca Selengkapnya
Permodelan Matematika - Zeno Paradox

Permodelan Matematika - Zeno Paradox

“Mase kerjaane opo tho mas?” "Eh nganu.. aku kerja di bidang permodelan..” “Oalah.. mase keenakan donk, ketemu model melulu tiap harinya” “Oh.. bukan itu mbak,  aku kerja buat bikin Permodelan Matematika”   Ada yang tau gak kerjaan di bidang Permodelan Matematika itu ngapain? Matematika yang semenjak SD terkesan ‘hanya’ dipakai buat ngitung berapa harga apel yang dibeli Budi atau gimana konversi gula yang dibeli Ibu Budi dari gram ke ons … Baca Selengkapnya
Teka-teki Matematika - Dua Kereta

Teka-teki Matematika - Dua Kereta

Kali ini, gue mau iseng-iseng bahas satu teka-teki matematika yang umurnya udah lumayan tua juga. Seinget gue, teka-teki ini udah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tapi sayangnya, setelah gue googling-googling, gue belum ketemu juga siapa yang pertama kali bikin ini. Langsung aja, teka-tekinya gini. "Ada dua kereta, berjarak 800 meter satu sama lain saling berhadapan. Masing-masing bergerak dengan kelajuan 10m/s. Di depan kereta yang pertama, ada burung yang bergerak … Baca Selengkapnya