Jurusan di FISIP UNDIP

Syarat Masuk, Akreditasi, dan Jurusan Kuliah di FISIP UNDIP

Belajar di FISIP UNDIP (Universitas Diponegoro), bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis elo, lho. Penasaran gimana perkuliahannya? Yuk, simak info lengkap syarat masuk, akreditasi, jurusan, sampai daya tampung buat mahasiswa baru!

Sobat Zenius, coba cek temen sekelas elo. Ada nggak yang datang dari latar belakang berbeda dengan elo?  Beda secara suku ataupun agama. Jika ada, elo beruntung banget karena bisa belajar hal-hal baru dari kebiasaan dan budaya mereka. 

Perbedaan ini juga merupakan salah satu wujud keberagaman Indonesia. Tapi, keberagaman juga bagai dua sisi mata pisau, lho. Bisa menjadi hal baik dan buruk di waktu yang bersamaan. Selain jadi sumber kekayaan budaya kita, keragaman suku dan agama kadang disalahgunakan sebagai alasan untuk berkonflik..

Ngomongin tentang konflik, kayaknya memang hal ini sulit dihindarkan ketika masyarakat dengan berbagai macam latar belakang hidup berdampingan. 

Nah, kalau elo tertarik untuk mengulik isu-isu sosial maupun politik, elo bisa pelajari di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (FISIP UNDIP), lho. Yuk, kenalan dengan fakultas yang satu ini. 

Kenalan dengan FISIP UNDIP

Awalnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (FISIP UNDIP) merupakan bagian dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro pada 1960. Hingga pada 9 Desember 1968, Fakultas Hukum dipecah menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Sosial dan Politik. 

Sejak saat itulah fakultas ini lahir. Dan pada 6 Januari 1983, Fakultas Sosial dan Politik berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (FISIP UNDIP). 

Saat ini, FISIP UNDIP menaungi 5 jurusan untuk jenjang sarjana, 4 jurusan untuk jenjang magister, dan 2 jurusan untuk jenjang doktor. 

Khusus di artikel ini, gue akan bahas untuk jenjang sarjana dahulu, ya, Sobat Zenius. Yuk, capcus!

Baca Juga: Berkuliah di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Jurusan di FISIP UNDIP

Siapa, sih, yang nggak kenal fakultas yang satu ini? FISIP menjadi fakultas favorit pejuang PTN karena punya banyak pilihan jurusan yang kece, tak terkecuali jurusan di FISIP UNDIP. Memangnya belajar apa, sih, di FISIP UNDIP? 

Secara umum, di fakultas ini elo akan banyak mempelajari bidang sosial dan hubungan masyarakat. Dan tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan kehidupan nyata kita dalam bermasyarakat.  

Kira-kira ada  jurusan apa aja, ya, di FISIP UNDIP? Simak informasinya, yuk!

Jurusan di FISIP UNDIP
Jurusan di FISIP UNDIP (Sumber: fisip.undip.ac.id)

Jurusan Administrasi Bisnis UNDIP

Jurusan di FISIP UNDIP yang pertama adalah Administrasi Bisnis. Di jurusan ini, elo akan dibekali berbagai ilmu seputar bisnis. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan di Jurusan Administrasi Bisnis FISIP UNDIP di antaranya: 

  • Keuangan Bisnis 
  • Kepemimpinan Bisnis 
  • Analisa Kelayakan Bisnis 

Wah, cocok banget, nih, buat elo yang suka berbisnis!

Nggak hanya itu, di Jurusan Administrasi Bisnis FISIP UNDIP, elo juga berkesempatan mengikuti  program student exchange, lho. Buat menjalankan program ini, Jurusan Administrasi Bisnis UNDIP bekerja sama dengan National Tsing Hua University (Taiwan) dan Istanbul Aydin University (Turki). 

Jurusan Administrasi Publik UNDIP

Sobat Zenius, masih ingat fungsi dari lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif dalam sistem politik Indonesia nggak? Hal ini merupakan salah satu yang dipelajari di Jurusan Administrasi Publik FISIP UNDIP, lho. 

Selain itu, di jurusan ini, elo juga akan dibekali ilmu seputar sistem pemerintahan hingga pembuatan kebijakan.

Terdapat dua peminatan yang bisa elo pilih di Jurusan Administrasi Publik FISIP UNDIP, yaitu:

  • Manajemen Publik
  • Kebijakan Publik

Sedikit bocoran, kalau elo kuliah di jurusan yang satu ini, terdapat beberapa mata kuliah menarik yang akan elo pelajari, lho,di antaranya:

  • Legal Drafting
  • Proses Kebijakan 
  • Komunikasi Organisasi Publik

Jurusan Hubungan Internasional UNDIP

Jurusan di FISIP UNDIP selanjutnya adalah Jurusan Hubungan Internasional. Jurusan ini merupakan jurusan paling muda di FISIP UNDIP dan baru menerima calon mahasiswa mulai tahun ajaran 2011/2012, lho. 

Sebagai mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, elo akan belajar banyak seputar kerja sama internasional dan bagaimana penanganan permasalahan di tingkat internasional. Wih, keren, nih!

Beberapa mata kuliah yang akan elo pelajari ketika berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional FISIP UNDIP, di antaranya:

  • Hukum Pidana Internasional
  • Negosiasi dan Resolusi Konflik Internasional
  • Hak Asasi Manusia dalam Hubungan Internasional. 

Dan tentunya masih banyak mata kuliah kece lainnya yang akan elo pelajari. Makin nggak sabar, dong, untuk berkuliah di jurusan yang satu ini?

Baca Juga: Jurusan Hubungan Internasional, Belajar Apa Aja, Sih?

Jurusan Ilmu Komunikasi UNDIP

Jurusan di FISIP UNDIP ini merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati calon mahasiswa. Di Jurusan Ilmu Komunikasi, elo akan belajar keterampilan dan ilmu komunikasi. 

Selain itu, di jurusan ini terdapat dua pilihan peminatan, yaitu Peminatan Jurnalistik Multimedia dan Komunikasi Strategis. Pemilihan peminatan bisa disesuaikan dengan minat elo, ya. So, pastikan elo memilih peminatan bukan karena ikut-ikutan. Oke?

Nggak hanya itu, elo juga akan menjumpai mata kuliah yang menarik banget di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP, lho. Ada apa aja? Gue kasih bocoran sedikit, ya! Ini beberapa mata kuliah yang akan elo dapet nantinya:

  • Opini Publik Propaganda 
  • Manajemen Kampanye Politik
  • Komunikasi Gender 

Siapa yang makin nggak sabar untuk berkuliah di jurusan ini?

Baca Juga: Kenalan Sama Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Buat elo yang tertarik berkarier di bidang pemerintahan, jurusan ini bisa jadi pilihan elo, lho. Dengan berkuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan, elo akan dibekali ilmu seputar struktur pemerintahan dan regulasi di dalamnya. 

Pembekalan ilmu di Jurusan Ilmu Pemerintahan dapat elo peroleh melalui mata kuliah menarik yang ditawarkan. Ada apa aja, sih, mata kuliah di jurusan ini? Simak beberapa di antaranya, yuk:

  • Negosiasi Politik
  • Komunikasi Pemerintahan
  • Perbandingan Pemerintahan 

Nggak hanya itu, di Jurusan Ilmu Pemerintahan UNDIP terdapat tiga peminatan yang bisa elo pilih, di antaranya:

  • Tata Kelola Pemerintahan
  • Kebijakan Publik
  • Ekonomi Politik

Gelar Lulusan FISIP UNDIP

Lanjut, kira-kira setelah lulus dari FISIP UNDIP apa gelar yang akan elo dapetin, ya? Tentu saja gelar pendidikan FISIP UNDIP menyesuaikan dengan jenjang pendidikan dan jurusan masing-masing. Berikut rinciannya:

  • Gelar S.A.B: Sarjana Administrasi Bisnis 
  • Gelar S.A.P: Sarjana Administrasi Publik
  • Gelar S.Sos: Sarjana Hubungan Internasional
  • Gelar S.I.Kom: Sarjana Ilmu Komunikasi
  • Gelar S.IP: Sarjana Ilmu Pemerintahan 
Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas dan temukan kampus yang cocok buat elo!

Akreditasi FISIP UNDIP

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan adalah akreditasi. Jangan salah, akreditasi sangat penting untuk menjamin kualitas dan mutu lulusan, lho. Termasuk FISIP UNDIP, tentu nggak mau ketinggalan untuk meningkatkan mutu jurusan di bawah naungannya, dong.

Saat ini, terdapat empat jurusan di FISIP UNDIP telah terakreditasi dengan nilai A dari BAN-PT, di antaranya:

  • Jurusan Administrasi Bisnis
  • Jurusan Administrasi Publik
  • Jurusan Ilmu Komunikasi
  • Jurusan Ilmu Pemerintahan

Sedangkan jurusan termuda di fakultas ini, yaitu Jurusan Hubungan Internasional sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Syarat Masuk FISIP UNDIP

Untuk menjadi bagian dari FISIP UNDIP, terdapat beberapa syarat yang harus elo penuhi. Awas jangan sampai ada syarat yang terlewat, ya! Catat informasinya pada infografis di bawah ini.

Syarat Masuk FISIP UNDIP
Syarat Masuk FISIP UNDIP (Sumber: fisip.undip.ac.id)

Daya Tampung FISIP UNDIP

Selain informasi di atas, hal penting lainnya yang perlu elo ketahui adalah daya tampung FISIP UNDIP. Mengapa? Karena dengan mengetahui daya tampung, elo bisa mengatur strategi belajar dan mengetahui berapa banyak, sih, saingan yang harus elo hadapi.

Cusss, simak informasi daya tampung Jurusan di FISIP UNDIP mulai dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), hingga Ujian Mandiri (UM).

Daya Tampung Jurusan di FISIP UNDIP
Daya Tampung Jurusan di FISIP UNDIP (Sumber: pmb.undip.ac.id)

Oke. Itu dia informasi terkait syarat masuk, akreditasi, dan jurusan di FISIP UNDIP.  

Udah ngecek kalendar belum, nih? Yap, besok hari H pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022. Elo masih butuh pemanasan untuk besok? Tonton lagi aja playlist belajar UTBK di Zenius melalui link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Kalau nonton video pembelajaran aja sepertinya nggak cukup, nih. Yuk, ikut program Zenius Ultima Bootcamp. Langsung klik aja banner di bawah ini!

zenius ultima boot camp um

Referensi:

Informasi – Sejarah FISIP UNDIP (https://fisip.undip.ac.id/)

Informasi – Jurusan Administrasi Bisnis FISIP UNDIP (https://admbisnis.fisip.undip.ac.id/V1/profil/)

Informasi – Jurusan Administrasi Publik FISIP UNDIP (https://admpublik.fisip.undip.ac.id/v1/sejarah-admisitrasi-publik/)

Informasi – Jurusan Hubungan Internasional FISIP UNDIP (https://hi.fisip.undip.ac.id/v1/)

Informasi – Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP (https://komunikasi.fisip.undip.ac.id/v1/))

Informasi – Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UNDIP (http://pemerintahan.fisip.undip.ac.id/v1/)

Daya Tampung – FISIP UNDIP (https://pmb.undip.ac.id/)

Bagikan Artikel Ini!