Kampus Undip Semarang

Berkuliah di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Artikel ini akan membahas tentang kampus UNDIP, mulai dari sejarah singkatnya, fakultas dan jurusan, hingga keketatan di tiap prodi favoritnya.

Hi, guys! Apa kabar? Stay healthy ya dimanapun kamu berada. Kalau dilihat dari momentumnya, sekarang lagi ramai bahas UTBK. Nah, kamu udah mempersiapkan apa aja untuk UTBK? Kalau udah ngomongin tentang UTBK, gak jauh dari situ pasti ada bahasan tentang “mau lanjut kuliah kemana?”. Betul apa betul?

Supaya kamu punya banyak gambaran tentang kampus-kampus di Indonesia, khususnya yang dinobatkan sebagai kampus terbaik versi Webometrics 2021, Zenius punya berbagai informasi tentang universitas lho. Salah satunya yang akan aku bahas kali ini, yaitu Universitas Diponegoro atau yang lebih terkenal dengan nama UNDIP. Nah, siapa di antara kamu yang punya keinginan menjadi mahasiswa di kampus yang masuk dalam 15 besar universitas terbaik di Indonesia ini cuuung? Wah, banyak ya. Oke, sebelum membahas lebih dalam lagi, aku pengen kamu tonton dulu video profil salah satu kampus yang terletak di Semarang berikut ini:

Gimana, makin tertantang gak menjadi bagian dari keluarga Universitas Diponegoro? tanpa basa basi lagi, aku akan mengajak kamu berkelana secara online di sini. Hihihi. Yuk, langsung aja kita mulai bahas kampusnya!

Profil Singkat UNDIP

Masyarakat Jawa Tengah khususnya Semarang membutuhkan adanya universitas sebagai pelaksanaan pendidikan dan pengajaran tinggi yang bisa membantu pemerintah dalam menangani dan melaksanakan pembangunan di segala bidang. Hal itu dikarenakan pada waktu itu di Provinsi Jawa Tengah hanya ada satu kampus negeri, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Seiring dengan kebutuhan yang semakin mendesak, akhirnya didirikanlah Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari 1957 dengan rektor pertamanya yaitu Mr. Imam Bardjo.

Tiga tahun setelah didirikan, tepatnya pada 9 Januari 1960, Universitas Semarang yang saat itu masih berstatus swasta diganti nama menjadi Universitas Diponegoro oleh Ir. Soekarno. Selanjutnya, pada tahun 1961, Universitas Diponegoro resmi menjadi universitas negeri yang berkedudukan di Semarang, Ibukota Provinsi Jawa Tengah. Saat ini, kampus utamanya terletak di daerah Tembalang dan Pleburan.

Nah, sampai detik artikel ini ditulis, Universitas Diponegoro memegang peringkat ke-9 universitas terbaik di Indonesia versi QS Asia University Rangkings 2021. Tapi, namanya juga ranking, pasti ada naik turunnya ya, guys. Setiap lembaga yang mengadakan ranking juga pasti memiliki kriteria tersendiri dan biasanya beda-beda, seperti pada Webometrics dan QS AUR.

Fakultas dan Jurusan di UNDIP

Siapa yang udah gak sabar masuk ke poin ini? Universitas Diponegoro memiliki 11 Fakultas, Sekolah Vokasi, dan Pascasarjana. Nah, di sini aku bakal fokus untuk menjelaskan tentang fakultasnya aja, khususnya S1. Tapi, tenang aja, kamu juga bisa kepo-in Sekolah Vokasi dan Pascasarjana di sini:

Sekolah Vokasi
Pascasarjana

Berikut ini merupakan fakultas dan jurusan di Universitas Diponegoro. Dari sini, kamu bisa cari tau seperti apa sih fakultas dan jurusan impian kamu.

Fakultas Teknik

Tidak heran kalau fakultas yang satu ini menjadi salah satu fakultas favorit bagi anak-anak IPA. Jurusan-jurusan yang berada di teknik ini memang terkenal dengan prospeknya yang cerah. Ini dia jurusan yang ada di S1 Fakultas Teknik Universitas Diponegoro:

  • Teknik Sipil
  • Arsitektur
  • Teknik Kimia
  • Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Teknik Mesin
  • Teknik Elektro
  • Teknik Perkapalan
  • Teknik Industri
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Geologi
  • Teknik Geodesi
  • Teknik Komputer

Ternyata, dari sekian banyak jurusan di atas, Teknik Sipil merupakan fakultas teknik yang pertama kali dibuka lho, tepatnya pada 1958, yap saat masih bernama Universitas Semarang. Kalau pembelajarannya sih udah pasti ke-teknik-teknikan ya. Misalnya di jurusan Teknik Sipil, kamu bakal belajar tentang gambar suatu bangunan, manajemen alat berat, dan rekayasa irigasi dan bangunan air. Kalau teknik elektro ya gak jauh-jauh dari rangkaian listrik, medan elektromagnetik, dan konversi energi. Oh iya, kamu udah tau belum geodesi itu apa? Jadi, geodesi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemetaan bumi. Itulah mengapa pelajaran di jurusan Teknik Geodesi antara lain ilmu ukur tanah, pemetaan digital, geodesi satelit, dan survey hidrografi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Selanjutnya ada dari rumpun soshum nih, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang selanjutnya disingkat FISIP. Di sini ada 5 jurusan yang bisa kalian pilih, yaitu:

  • Administrasi Bisnis
  • Administrasi Publik
  • Hubungan Internasional
  • Ilmu Komunikasi
  • Politik dan Pemerintahan

Di FISIP UNDIP, bukan hanya menawarkan S1 kok, melainkan juga magister (S2) dan doktoral (S3). Kamu bakal belajar ilmu-ilmu sosial di sini. Misalnya, di administrasi publik kamu akan belajar tentang administrasi keuangan publik, pengembangan organisasi, dan administrasi pembangunan. Bahkan, kamu juga akan belajar tentang kebijakan publik dan formulasi kebijakannya. Di administrasi bisnis, kurang lebih kamu akan belajar tentang manajemen keuangan bisnis, perilaku konsumen, administrasi perpajakan bisnis, kebijakan dan strategi operasi.

Selanjutnya ada jurusan ilmu komunikasi. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan jurnalistik dan digital entrepreneur sekaligus lho. Karena, selain belajar tentang sosiologi komunikasi dan psikologi komunikasi, kamu juga akan belajar tentang media dan kajian budaya, serta jurnalistik media baru. Kalau kamu suka banget mengulik tentang politik pemerintahan, bakal cocok banget masuk ilmu pemerintahan. Di sini, kamu akan belajar tentang teori politik, bisnis dan politik, politik anggaran, birokrasi dan politik, serta kelembagaan dan proses pemerintahan. Beuhh.. pokoknya bakal ngelotok banget deh urusan pemerintahannya. Terakhir ada jurusan yang keren juga nih, yaitu Hubungan Internasional. Di HI kamu bakal belajar tentang hak asasi manusia dalam HI, organisasi dan administrasi internasional, dan ekonomi politik internasional.

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran atau yang biasa disingkat FK adalah salah satu fakultas favorit di Universitas Diponegoro lho. Banyak sekali calon mahasiswa dari berbagai daerah yang berharap bisa masuk sini. Bahkan ada juga mahasiswa yang udah kuliah di tempat lain, tapi masih mengincar kampus impiannya di FK UNDIP. Keren banget gak sih? Oh iya, ternyata di FK ini ada 3 departemen untuk S1 lho.

  • Kedokteran, mencakup prodi Kedokteran, Ilmu Farmasi, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Biomedik.
  • Ilmu Keperawatan
  • Ilmu Gizi

FK ini berafiliasi dengan RS Dr Kariadi (RSDK), jadi dalam penyelenggaraan pendidikan akan lebih mudah dengan adanya fasilitas ini. Buat kamu yang udah mantap memilih FK UNDIP sebagai tujuan kuliahmu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar. Gak bisa deh santai-santai kalau mau ambil FK, bukan hanya di sini, melainkan semua kampus juga sama, soalnya bukan hanya kamu yang mau kuliah di FK, ‘kan?

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB UNDIP) termasuk dalam rumpun soshum yang memiliki banyak peminat lho. Didirikan pada tanggal 14 Maret 1960, namun berganti nama dari Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis pada tanggal 21 Juni 2011. Ada 4 jurusan di FEB, yaitu:

  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
  • Ekonomi Syariah

Buat kamu yang tertarik buat mengambil jurusan Akuntansi, ternyata FEB juga menawarkan profesi lho. Makin keren deh kamu jadi seorang akuntan. Oh iya, di Akuntansi, kamu bakal belajar tentang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, perpajakan, dan sistem informasi akuntansi. Kalau kamu ambil jurusan Manajemen, kamu bakal ketemu sama akuntansi manajemen, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan etika bisnis. Jurusan selanjutnya ada Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, tentunya kamu akan belajar tentang mikroekonomi, makroekonomi, statistika ekonomi, dan ekonomi internasional. Terakhir, ada Ekonomi Syariah yang mempelajari tentang fiqih muamalah, akuntansi syariah, manajemen keuangan islam, dan hukum bisnis islam.

Fakultas Hukum

Kamu tertarik untuk terjun ke dunia hukum? UNDIP juga punya fakultasnya nih, Fakultas Hukum (FH). Didirikan pada tahun 1957. Yap, betul sekali, fakultas ini merupakan fakultas pertama yang didirikan dan disebut juga sebagai titik pangkal berdirinya Universitas Diponegoro.  Pendiriannya gak lepas dari sosok Imam Bardjo dan 3 jaksa di Semarang, yaitu Sudarto, Soesanto Kartoatmodjo, dan Dan Soelaiman.

FH hanya memiliki 1 jurusan, yaitu Ilmu Hukum. Setelah kamu menjadi mahasiswa FH, kamu akan belajar tentang hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum agraria, hukum internasional, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan hukum.

Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan

Kamu mau jadi menteri perikanan? Ayo ambil jurusan di Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK UNDIP). Jurusan yang ditawarkan di FPIK ada 6, antara lain:

  • Sumberdaya Akuatik
  • Akuakultur
  • Perikanan Tangkap
  • Ilmu Kelautan
  • Teknologi Hasil Perikanan
  • Oseanografi

Pertama, aku akan membahas tentang Sumberdaya Akuatik. Di sini kamu akan belajar tentang ekonomi sumberdaya perairan, manajemen kualitas air, produktivitas perairan, dan etika perikanan dan kelautan. Selanjutnya, ada Akuakultur yang mempelajari tentang teknologi perikanan, budidaya perairan, dan mikrobiologi akuatik. Nah, kalau kamu mau mengambil jurusan Perikanan Tangkap, kamu pasti bakal belajar tentang teknik dan manajemen perikanan tangkap, ekonomi perikanan, metode penangkapan ikan, dan teknologi penangkapan ikan.

Ada juga jurusan Ilmu Kelautan, di sini kamu bakal belajar tentang koralogi, planktonologi, bioteknologi, dan konservasi sumberdaya dan lingkungan laut. Selanjutnya, ada jurusan Teknologi Hasil Perikanan yang mempelajari tentang penanganan hasil perikanan, manajemen industri perikanan, teknologi pengolahan hasil perikanan, dan refrigerasi hasil perikanan. Terakhir ada jurusan Oseanografi, nah di sini kamu bakal belajar tentang dinamika fluida geofisika, survei oseanografi, lempeng tektonik dan geologi dasar laut, dan komputasi oseanografi.

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi (FPsi) UNDIP masuk ke dalam rumpun soshum yang fokus pembelajarannya pada bidang-bidang ilmu psikologi. Yap, jurusan di FPsi ini hanya satu, yaitu Psikologi. Setelah kamu menjadi mahasiswa jurusan ini, kamu bakal belajar tentang psikologi perkembangan, pendidikan, sosial, klinis, industri dan organisasi. Pokoknya semuanya tentang psikologi.

Tenang, fasilitas di FPsi ini terbilang lengkap lho, guys. Ada laboratorium komputer, psikodiagnostik, konseling, observasi dan eksperimen, unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling Fakultas (BKMF), dan unit Pelayanan Jasa Psikologi (JAPSI). Dan masih banyak lagi fasilitas lain yang tentunya akan menunjang pembelajaran kamu selama kuliah.

Fakultas Peternakan dan Pertanian

Sesuai dengan namanya, Fakultas Peternakan dan Pertanian atau biasa disingkat FPP UNDIP mempelajari semua hal terkait dengan peternakan dan pertanian. FPP menyediakan 4 jurusan, antara lain:

  • Peternakan
  • Teknologi Pangan
  • Agroekoteknologi
  • Agribisnis

Kalau udah jadi mahasiswa FPP, kamu bakal belajar di tiga tempat praktikum, yaitu lab, kandang dan ladang. Keren banget ‘kan? Peternakan mempelajari tentang fisiologi ternak, nutrisi ternak, ilmu tanaman pakan, dan genetika. Kalau teknologi pangan, pastinya akan mempelajari hal-hal yang berhubungan sama makanan nih, seperti teknik pangan, analisis pangan, pengendalian mutu, teknik pengawetan pangan, dan pengembangan produk. Sedangkan, di agroekoteknologi yang akan kamu pelajari adalah ekologi tanaman, mekanisasi pertanian, pengendalian hama dan penyakit terpadu. Terakhir ada jurusan agribisnis. Wah, pasti tentang bisnis pertanian ya, kak? Yap, pembelajarannya antara lain agribisnis, agronomi, tataniaga pertanian, teknologi hasil pertanian, dan ketahanan pangan.

Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya atau FIB UNDIP didirikan pada 1 September 1965. Seperti yang kita ketahui bahwa Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan sumber sejarah, budaya, dan kesusastraan Indonesia. Hal itu perlu untuk dipelajari lebih mendalam lagi. Itulah salah satu dorongan didirikannya FIB. Program S1 memiliki beberapa prodi di FIB, antara lain:

  • Sastra Indonesia
  • Sastra Inggris
  • Bahasa dan Kebudayaan Jepang
  • Sejarah
  • Ilmu Perpustakaan
  • Antropologi Sosial

Buat kamu pecinta budaya, cocok banget masuk salah satu jurusan di FIB UNDIP. Selain menyalurkan hobi, kamu juga ikut mengembangkan kebudayaan di Indonesia. Aku pernah membahas tentang FIB secara umum, kamu bisa cek blog Zenius: Berkenalan dengan Fakultas Ilmu Budaya.

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Tahukah kamu kalau awalnya Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UNDIP) merupakan bagian dari FK? Nah, kemudian pada tahun 1993, FKM resmi memisahkan diri dari FK dan membentuk fakultas sendiri. Sama seperti FH dan FPsi, FKM juga hanya memiliki 1 jurusan, yaitu Kesehatan Masyarakat. Di sini, kamu gak hanya belajar tentang pendidikan kesehatan masyarakat, melainkan juga tentang kebijakan kesehatan, ilmu kependudukan, psikologi kesehatan, dan sosio antro kesehatan.

Fakultas Sains dan Matematika

Nah, sampai juga kita di fakultas yang terakhir, yaitu Fakultas Sains dan Matematika (FSM Universitas Diponegoro). Sebelum tahun 2021, FSM ini bernama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Yap, sama seperti kampus lain pada umumnya. Buat kamu yang suka ilmu-ilmu pasti dan berhitung, serta logika, sepertinya fakultas ini cocok buat kamu. FSM menawarkan 7 jurusan, yaitu:

  • Matematika
  • Biologi
  • Kimia
  • Statistika
  • Fisika
  • Teknik Informatika
  • Bioteknologi

Untuk jurusan Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi sih kurang lebih bakal mempelajari ilmu-ilmu yang udah pernah dibahas waktu SMA. Tapi, jauh lebih spesifik dan advanced pastinya. Kalau jurusan Statistika, kamu bakal belajar kalkulus, metode survei sampel, analisis regresi, komputasi statistika, dan metode numerik. Kemudian, si jurusan Teknik Informatika bakal mempelajari tentang pemrograman web dan internet, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, sistem operasi, dan struktur data. Terakhir, ada bioteknologi. Kamu bakal belajar biologi sel, mikrobiologi, biodiversitas mikroba, dan instrumentasi bioteknologi. Buat kamu yang penasaran sama Bioteknologi itu sebenarnya belajar apa sih? Secara umum, kamu bisa baca artikel Zenius di Kupas Tuntas Materi Bioteknologi.

Dari berbagai jurusan di Universitas Diponegoro, ada lho jurusan yang menjadi favorit dan tentunya persaingan masuknya juga ketat. Kamu penasaran gak ada jurusan apa aja yang termasuk dalam jurusan favorit? Ini dia daftar jurusannya:

SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP)

Nah, dari perkiraan prodi dengan keketatan tertinggi pada SBMPTN tahun 2021, adakah prodi yang ingin kamu tuju? Kalau ada, wah kamu harus semakin belajar supaya bisa bersaing dengan peserta lainnya. Semangat terus ya! Tenang, Zenius bakal terus menemani kamu belajar demi terwujudnya impian kamu, guys.

Baca Juga Artikel Lainnya

Mengenal Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gambaran Lengkap Jurusan di Universitas Padjadjaran (UNPAD)
Kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB)