Tips Belajar Menghadapi UN SMA Matematika IPA

Artikel ini berisi tips dan strategi dalam mempersiapkan UN SMA Matematika IPA. Semua kisi-kisi dan contoh soal untuk setiap topik akan diuraikan di artikel ini. Hello Bro/Sis kelas 12 yang sebentar lagi mau UN. Gimana kesiapan lo sekarang ini? Kalau Ujian Nasional diselenggarain sekarang juga, kira-kira lo dapet nilai berapa nih? 🙂 Semoga aja nggak jelek-jelek amat yah. Tapi kalaupun masih jelek, ya berarti lo harus belajar lebih banyak lagi …

Matematika sebagai Bahasa – 4×6 atau 6×4?

Matematika bukanlah sains, tetapi matematika bisa dikatakan sebagai bahasa. Masa sih? Berikut adalah penjelasan konsep Matematika sebagai bahasa. Kalau lo aktif di social media belakangan ini, pasti foto PR anak SD di bawah ini sempet muncul di timeline lo. Buat yang belum tau, gue ceritain sedikit deh gimana ceritanya foto PR ini bisa viral (baca: nyebar ke mana-mana). Jadi gini, pada suatu hari, seorang kakak yang baik bantuin adiknya yang …

Apa Pentingnya Membuktikan Rumus?

Siapa bilang rumus Matematika harus dihafal? Kamu juga bisa kok membuktikan rumusnya sendiri. Bagaimana caranya akan dijelaskan di sini. Kalau lo belajar matematika, biasanya cara belajar lo itu gimana sih? Setau gue nih, cara belajar yang paling standard adalah: belajar teorinya, terus latihan soal. Kalau udah bisa ngerjain soal-soalnya, biasanya ngerasa udah ngerti sama materinya. Iya nggak sih? Tapi sadar nggak sih kalau sebenernya bisa aja lo nggak bener-bener ngerti …

Permodelan Matematika – Zeno Paradox

Apa yang dimaksud dengan permodelan Matematika? Penerapan dan fungsinya dijelaskan dengan pembahasan Zeno Paradox, yang merupakan permodelan Matematika pertama dalam sejarah. “Mase kerjaane opo tho mas?” “Eh nganu.. aku kerja di bidang permodelan..” “Oalah.. mase keenakan donk, ketemu model melulu tiap harinya” “Oh.. bukan itu mbak,  aku kerja buat bikin Permodelan Matematika”   Ada yang tau gak kerjaan di bidang Permodelan Matematika itu ngapain? Matematika yang semenjak SD terkesan ‘hanya’ …

Teka-teki Matematika – Dua Kereta

Suka teka-teki matematika? Coba pecahkan teka teki tentang dua kereta yang bergerak berhadapan dengan pergerakan burung di antara dua kereta tersebut. Kali ini, gue mau iseng-iseng bahas satu teka-teki matematika yang umurnya udah lumayan tua juga. Seinget gue, teka-teki ini udah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tapi sayangnya, setelah gue googling-googling, gue belum ketemu juga siapa yang pertama kali bikin ini. Langsung aja, teka-tekinya gini. “Ada dua kereta, berjarak …

Tips Persiapan Belajar UN SMA Matematika IPS

Strategi dan tips belajar yang efektif untuk persiapan UN SMA Matematika IPS dibahas lengkap dengan kumpulan pembahasan materi dan latihan soal. Halo, tulisan blog kali ini gua buat khusus buat anak kelas 12 SMA IPS yang lagi gundah hatinya karena pada kebingungan belajar buat UN SMA Matematika IPS. Sebelum kita mulai bahas tentang persiapan belajar UN Matematika-nya, gua mau cerita-cerita dikit dulu tentang 2 pengalaman gua. Cerita ini beneran kisah …

Persiapan Belajar Menghadapi UN SMA Matematika

Artikel ini membahas tips penting untuk persiapan belajar UN SMA Matematika, dari info seputar topik materi hingga latihan soal & pembahasan sesuai dengan SKL. Lo pernah bingung nggak sih kalau mau belajar Matematika, bagusnya belajar untuk UN dulu atau belajar untuk SBMPTN? Kalau lo ngikutin tulisan-tulisan kita di blog ini sebelum-sebelumnya (contohnya di tulisan Glenn tentang penyebab utama gagal SBMPTN), tentunya lo tau dong kalau belajar untuk SBMPTN itu penting …

Pembagian Pada Suku Banyak? Itu Mah Gampang!

Bingung dengan soal-soal pembagian suku dalam matematika? Gampang banget kok caranya, semua dijelaskan secara sederhana di sini, lengkap dengan contoh soal. Pernah kepikiran nggak sih kalau konsep pembagian pada suku banyak ini sama dengan konsep pembagian pada bilangan bulat yang pernah kita pelajari waktu SD? Coba kita inget-inget lagi nih ya konsep pembagian pada bilangan bulat. Misalnya…. Kalau kita bagi bilangan 261 dengan 7, berapa hasilnya? Berapa sisanya? Kalau soalnya …