Persiapan UNBK SMA Bahasa Indonesia 2020 9

Persiapan UNBK SMA Bahasa Indonesia 2020

Artikel ini akan membahas tentang panduan belajar menghadapi UN SMA Bahasa Indonesia, materi yang harus dipelajari dan pembahasan soal dari tahun ke tahun.

Salah satu materi yang diujikan di UNBK adalah bahasa Indonesia. Dalam artikel kali ini kamu dapat menemukan kisi-kisi UNBK Bahasa Indonesia dan juga kumpulan soal UNBK Bahasa Indonesia dari tahun-tahun terdahulu yang bisa kamu gunakan sebagai bahan persiapan. 

Kisi-kisi UNBK Bahasa Indonesia 2020

Setiap tahunya, panitia akan membuat kisi-kisi untuk Ujian Nasional, buat kalian yang belum tahu kalian bisa kunjungi website resmi kemendikbud. Di sana sudah disediakan kisi-kisi untuk semua jenis mata pelajaran. Ini penting banget kalian bisa lihat materi-materi apa saja yang akan diujikan dan bisa memaksimalkan belajarmu nantinya. Berikut ini adalah kisi-kisi untuk Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2020.

UNBK Bahasa Indonesia UNBK Bahasa IndonesiaDengan mengetahui kisi-kisi diatas kalian bisa mempersiapkan dari sekarang dan kalian bisa mulai intropeksi diri materi mana saja yang kalian harus maksimalkan.

Materi Bahasa Indonesia Lainnya dari Zenius

Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi
Materi Bahasa Indonesia: Teks Tanggapan
Materi Bahasa Indonesia: Jenis jenis Frasa
Materi Bahasa Indonesia: Resensi Buku
Materi Bahasa Indonesia: Teks Prosedur
Materi Bahasa Indonesia: Esai
Materi Bahasa Indonesia kelas 7: Surat Pribadi

Materi Kisi-kisi UNBK Bahasa Indonesia

Berdasarkan kisi-kisi yang telah dibagikan oleh panitia, berikut adalah beberapa materi yang dapat kamu nikmati sebagai bahan belajarmu. 

  1. Membaca Non Sastra

  2. Membaca Sastra

  3. Menulis

  4. Menyunting

  5. Ejaan dan Tanda Baca 

Kumpulan Soal UN Bahasa Indonesia dari Tahun ke Tahun

Di bawah ini adalah kumpulan soal beserta pembahasan dari UN Bahasa Indonesia dari berbagai tahun. Kamu dapat mengerjakannya supaya kamu jadi terbiasa dengan soal yang dimuat dalam ujian nasional. Selain itu, ada juga pembahasan untuk tiap soal yang dapat kamu gunakan supaya kamu makin paham dengan apa yang kamu pelajari. 

Mulailah berlatih dari sekarang selagi masih ada waktu! Karena semua hal perlu proses, jangan cepat menyerah dan teruslah berjuang dengan sebaik-baiknya. Sekian dulu pembahasanya, Selamat belajar dan semangat berjuang!

Bagikan artikel ini