Resensi

Materi Bahasa Indonesia: Resensi Buku

Artikel ini membahas tentang materi mengenai pengertian resensi, serta tujuan, jenis, unsur, fungsi, dan struktur dari resensi.


Pernah gak sih kalian beli buku di toko buku
online? atau kadang pas ke toko buku gitu, kayak sering penasaran sama satu buku, mungkin tertarik karena bukunya covernya cantik, atau bagus gitu, tapi ternyata pas udah kebeli ternyata gak isi bukunya gak sebagus covernya.

Nah, disinilah kalian bisa memanfaatkan keberadaan resensi buku, karena resensi buku tuh bisa loh diandalkan biar kalian bisa ngintip buku yang mau kalian beli tuh isinya apa. Melalui resensi buku, kalian bisa banget jadi tau gak cuma sinopsis nya doang, tapi juga kelebihan dan kekurangannya.  

Dari sini kalian bisa nebak lah ya resensi tuh identik dengan apa? Yap, resensi itu identik dengan mengulas. Untuk mengenal lebih dalam mengenai resensi itu sendiri, di artikel ini akan dijelaskan pengertian, tujuan, jenis, unsur, fungsi, dan struktur dari resesi. Yuk kenalan sama resensi buku!

Pengertian Resensi Buku

Resensi
Sumber Gambar: Thought Catalog/Unsplash.com

Resensi adalah sebuah tulisan berbentuk ulasan atau penilaian terhadap sebuah karya, kalo dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Resensi itu didefinisikan sebagai pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau disebut ulasan buku. Namun sekarang seiring perkembangan jaman, resensi tidak hanya diperuntukkan oleh buku atau karya sastra saja, tapi juga bisa karya kesenian atau bahkan film. Namun di artikel ini kita akan fokus pada resensi buku aja yaa guys.

Materi Bahasa Indonesia Lainnya dari Zenius

Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi
Materi Bahasa Indonesia: Teks Tanggapan
Materi Bahasa Indonesia: Jenis jenis Frasa
Materi Bahasa Indonesia: Resensi Buku
Materi Bahasa Indonesia: Teks Prosedur
Materi Bahasa Indonesia: Esai
Materi Bahasa Indonesia kelas 7: Surat Pribadi

Tujuan Resensi Buku

Tujuan dari Resensi itu sendiri pada dasarnya adalah untuk mengulas, menilai, menganalisis ataupun mengapresiasi sebuah buku. Berikut beberapa tujuan resensi.

  1. Memberikan informasi yang mendetail mengenai sebuah buku. Contohnya seperti informasi mengenai tahun terbit, nama pengarang, atau latar belakang pengarang atau penulis, dan lain-lain. 
  2. Memberi pemahaman dan informasi yang luas dan lengkap atau komprehensif terhadap buku yang diulas berdasarkan perspektif penulis resensi. 
  3. Memberi pertimbangan melalui memaparkan kelebihan dan kekurangan buku. 
  4. Memberikan gambaran mengenai pendapat penulis resensi berdasarkan pertimbangan dan penilaian. 
  5. Mengajak orang lain yang membaca resensi penulis untuk merenungkan, berfikir, serta mendiskusikan lebih jauh mengenai berbagai aspek pada karya yang diulas.

Jenis Resensi Buku

Berdasarkan isinya resensi dibagi menjadi beberapa jenis guys, yaitu

Resensi Informatif

Sesuai dengan namanya yang mengandung “informatif” maka resensi jenis ini berupa ulasan yang berisi informasi mengenai buku yang diulas, biasanya berupa ringkasan atau rangkuman mengenai garis besar, inti atau pokok dari sebuah karya. 

Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif merupakan jenis resensi yang isinya berupa penilaian secara detail dari buku yang diulas, biasanya berupa bahasan secara mendetail setiap bab atau bagiannya. 

Resensi Kritis

Resensi ini merupakan resensi yang mengulas atau menilai secara kritis dan objektif terhadap buku yang diulas. 

Resensi Narasi (Cerita)

Resensi dimana penjabarannya biasanya berbentuk paragraf-paragraf, atau berbentuk narasi atau cerita. 

Unsur Resensi Buku

Agar dapat dianggap utuh atau lengkap, sebuah resensi harus memiliki unsur berikut

1. Judul 

Judul yang dimaksud disini bukan judul bukunya, melainkan judul dari resensi kalian, yang pastinya harus berhubungan dengan judul buku yang diulas, dan juga menarik perhatian untuk dibaca.

2. Identitas atau Data Buku

Disini barulah kita menyebutkan judul buku yang kita ulas, selain itu data atau identitas karya yang diulas seperti, pengarang atau penulis, tahun terbit, penerbit, harga buku, ketebalan buku atau jumlah halaman, dan lain-lain.

3. Isi Resensi

Berisi sinopsis singkat, ulasan dan penilaian penulis mengenai keseluruhan buku termasuk memaparkan kelebihan dan kekurangan karya tersebut. 

4. Penutup dan Kesimpulan

Di bagian penutup biasanya berisi mengenai kenapa dan untuk siapa buku itu ditulis. 

Fungsi dan Manfaat Resensi Buku

Resensi juga memiliki berbagai fungsi dan manfaat lho, guys! Berikut beberapa fungsi dan manfaat resensi.

Fungsi Resensi

  1. Fungsi Informatif, menginformasikan atau mengenalkan sebuah buku kepada masyarakat. 
  2. Fungsi Komersial, jika memang sebuah buku atau karya yang memang memiliki kualitas yang bagus atau dapat memenuhi kebutuhan orang yang membaca atau menontonnya maka resensi dapat juga berpotensi berfungsi sebagai mempromosikannya ke masyarakat. 
  3. Fungsi Akademik, berbagai pengalaman dan sudut pandang mengenai sebuah topik yang dipaparkan dalam resensi juga bisa berfungsi mengungkapkan ilmu pengetahuan. 

Manfaat Resensi

  1. Menjadi Bahan pertimbangan. Melalui ulasan yang telah diberikan baik dari pemaparan kelebihan dan kekurangan dari sebuah buku, bisa menjadikan resensi tersebut sebagai bahan pertimbangan mengenai sebuah buku sebelum membacanya.
  2. Nilai Ekonomis. Ternyata menulis resensi dapat membuahkan hasil dengan mendapat imbalan, dan mendapatkan berbagai buku gratis untuk diulas apabila resensi tersebut diulas di berbagai media.
  3. Sebagai Sarana Promosi sebuah Karya. Resensi secara tidak langsung memperkenalkan sebuah karya kepada orang lain, sehingga resensi juga bermanfaat sebagai sarana promosi agar lebih banyak orang yang mengenal sebuah karya, apalagi kalo sampai viral ya kan?
  4. Mengembangkan Kreativitas. Menulis atau mengulas sebuah buku, tentunya akan melatih penulis resensi memiliki wawasan yang lebih luas dan juga terbiasa melihat berbagai perspektif sehingga kreativitas dalam menulis pun juga akan berkembang.

Struktur Resensi Buku

Selain memahami unsur-unsur dari resensi, kalian juga perlu memahami struktur dari resensi

  1. Judul Resensi, berisi mengenai judul dari resensi yang ditulis. 
  2. Identitas buku, berisi judul, penulis, penerbit, tahun terbit, tebal buku, ukuran dan bahan buku atau karya.
  3. Orientasi, berisi penghargaan yang pernah diraih oleh buku yang diulas.
  4. Sinopsis buku, rangkuman atau ringkasan cerita buku yang diulas. 
  5. Analisis, berisi unsur-unsur intrinsik buku yang diulas. 
  6. Evaluasi, berisi kelebihan dan kekurangan buku yang diulas.

Kurang lebih seperti itu guys pemahaman mengenai resensi, dan jangan khawatir guys, kalo kalian masih bingung atau belum kebayang sama sekali, kalian bisa liat contoh disini resensi biar kalian makin ngerti dan paham nih mengenai kayak apa sih bentuk resensi itu. Semoga artikel ini membantu kalian yaa, semangat belajar guys!

Baca Juga Artikel Bahasa Indonesia Lainnya

Panduan Belajar UTBK Bahasa Indonesia

Persiapan UNBK SMA Bahasa Indonesia 2020

Pengertian Teks Deskripsi