Teks Prosedur, Struktur & Contoh Kalimat yang Digunakan – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Teks Prosedur, Struktur & Contoh Kalimat yang Digunakan - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Halo Sobat Zenius, di artikel ini gue mau sharing tentang materi teks prosedur kelas 11. Materi ini adalah materi penting yang akan elo temui pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 

By the way, elo pernah gak sih unboxing barang yang baru aja elo dibeli dari online marketplace. Elo suka merhatiin gak sih kalau teks prosedur biasanya terdapat pada kotak atau pembungkus barang yang elo beli itu. 

Misalnya elo beli hape edisi terbaru, di dalamnya pasti ada sebuah kertas terlipat berisi beberapa informasi seputar ponsel bersangkutan atau panduan pengguna. Itu lho di bagian buku petunjuk.

Contoh lebih simpel lagi pada bagian belakang bungkus mie instan yang biasanya dimasakin ibu untuk nemenin elo mengerjakan tugas tengah malam. Di bagian belakang itu ada petunjuk langkah-langkah memasaknya.

Atau yang tercetak di tag pakaian, kulkas baru, kardus mesin cuci, dan berbagai hal lain bertebaran yang namanya petunjuk penggunaan. 

Semua petunjuk, baik imbauan ataupun larangan tersebut adalah teks prosedur.

📌 Artikel ini merupakan bagian dari ragam teks dalam Bahasa Indonesia. Untuk mempelajari jenis teks yang lain, baca artikel berikut: Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya.

Pengertian Teks Prosedur

Bagian pertama dalam materi teks prosedur kelas 11 adalah memahami pengertian atau definisi dari teks prosedur. 

Jadi, teks prosedur adalah teks yang bertujuan untuk membantu memudahkan pembacanya melakukan langkah kerja secara berurutan untuk mencapai tujuan tertentu atau petunjuk penggunaan.

Teks prosedur biasanya ditulis secara berurutan agar memudahkan pengguna mengikuti langkah-langkah secara berurutan.

Kalimat yang digunakan dalam isi teks prosedur adalah kalimat perintah, oleh sebab itu biasanya elo temui dalam sebuah tulisan yang menjelaskan tentang tutorial, cara dan tips-tips dalam mengerjakan sesuatu.

Biasanya kalimat perintah dalam teks prosedur merupakan sebuah ciri khas yang bertujuan untuk mengajak si pembaca untuk melakukan hal tersebut.

Contohnya, elo sedang mencari tulisan tentang cara membuat bolu kukus melalui internet atau media lainnya.

 Nanti pada teks itu elo akan menemui beberapa langkah atau cara dalam membuat kue. Cara yang dilakukan juga sangat beruntun sehingga elo mudah memahami dan mengikutinya.

Oke, sekarang elo udah paham pengertiannya. Sebelum gue lanjut ke bagian materi teks prosedur kelas 11 lainnya, gue punya info penting nih guys~

Kalo elo mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia atau Mata Pelajaran lainnya seperti Matematika, Kimia, dan Biologi, gak perlu khawatir. 

Soalnya, Zenius akan bantu elo dengan rangkuman materi dan soal-soal akurat terbaru, lengkap dengan penjelasan yang komprehensif dari para tutor profesional.

Kalo mau, elo boleh coba ikutan belajar bareng Zenius dengan cara klik banner di bawah ini ya~

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan dari teks prosedur adalah memudahkan pembaca agar dapat mengikuti langkah, cara maupun perintah dari isi teks yang ingin disampaikan penulis yang sesuai dengan keinginan si pembaca.

Dalam beberapa kasus tertentu mungkin elo sudah hafal cara menggunakan produk, seperti memasak mie instan, misalnya.

Teks prosedur sebaiknya tetap ada dan jangan sampai dihilangkan keberadaannya. Tidak semua orang tahu cara menggunakan barang dengan benar. Terutama jika orang tersebut datang dari luar Indonesia. 

Itulah sebab mengapa biasanya teks prosedur disediakan dalam dua bahasa, teks prosedur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

1. Menggunakan Kata Kerja Aktif

Kalimat pada teks prosedur umumnya menggunakan kata kerja aktif yang memberikan sebuah tindakan kepada objeknya misalnya membungkus, memotong, mengaduk, menyiram, melempar dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Pola Kalimat Imperatif atau Perintah

Kata kerja imperatif dalam teks prosedur merupakan ciri utama pada panduan penggunaan sebuah produk.

Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat berisikan kata kerja imperatif atau kalimat perintah. Sebisa mungkin mengandung makna meminta atau memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. 

Contoh kalimat perintah dalam teks prosedur:

  • Tambahkan gula kemudian aduklah sampai rata
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih
  • Aduklah adonan kue hingga kalis
  • Potonglah wortel dengan bentuk bulat dan tipis

3. Menggunakan Kata Keterangan 

Menggunakan kata keterangan dengan tujuan untuk menyatakan rinci tempat, waktu dan cara-cara atau langkah-langkah yang akurat. Fungsi dari kata keterangan dalam teks ini adalah untuk memberikan keterangan terhadap kata lain. 

Contohnya:

  • Gunakan krim ini hanya pada malam hari sebelum tidur
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak berusia di bawah 3 tahun

4. Terdapat Kalimat Larangan atau Saran

Teks prosedur biasanya menggunakan kalimat yang bersifat larangan atau memberikan saran kepada pendengar atau pembaca. 

Contohnya, jangan menaruh garam terlalu banyak, sebaiknya tidak menggunakan air panas. 

5. Menggunakan Konjungsi 

Konjungsi dalam teks prosedur berfungsi sebagai penghubung atau mengkonjugasikan urutan langkah atau kegiatan yang kronologis.

Contoh: Selanjutnya, kemudian, lalu, setelah itu, berikutnya dll

Struktur Teks Prosedur

1. Tujuan

Dalam menulis teks prosedur harus terdapat tujuan yang berisi tentang hasil akhir yang hendak dicapai setelah melakukan beberapa tahapan yang dijelaskan dalam teks itu. Dengan adanya tujuan maka akan membantu si penulis untuk bisa menyampaikan langkah-langkah kepada pembaca dengan rapi dan terstruktur.

2. Material atau Bahan-bahan

Setelah tujuan maka yang selanjutnya adalah bagian material atau bahan-bahan. Pada bagian ini penulis akan menjelaskan tentang bahan apa saja yang digunakan, alat, maupun material lainnya yang diperlukan dalam melakukan langkah-langkahnya. 

3. Langkah-langkah 

Pada bagian langkah-langkah ini penulis akan mulai menuliskan atau menjelaskan secara runtut langkah yang diperlukan dalam membuat sesuatu asal hasil yang diharapkan sesuai  dengan tujuan dari teks prosedur tersebut. Pada tahap ini semua langkah harus dituliskan secara lengkap dan urut tidak boleh secara acak.

4. Penutup

Pada bagian ini biasanya berisi tentang ucapan selamat mencoba dan penekanan pada keuntungan dalam menerapkan prosedur-prosedur tersebut.

Macam-Macam Teks Prosedur

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks ini merupakan teks yang hanya menyajikan prosedur yang hanya bisa diselesaikan dengan 3 atau 2 langkah saja. Contohnya adalah cara menghidupkan atau mematikan televisi. 

2. Teks Prosedur Protokol 

Jenis teks ini merupakan teks yang menjelaskan langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu tidak terlalu strict atau langkah kerjanya bisa diubah. Langkah-langkah yang biasa tidak dilakukan dengan urut karena tidak saling berkaitan. Meskipun urutnya diubah tidak akan mengubah tujuan akhirnya. 

Contoh teks prosedur protokol:

Langkah untuk memasak mie instan: 

teks prosedur
Langkah memasak mie instan. (Arsip Zenius)
  • Pertama didihkan air terlebih dahulu, selanjutnya masukkan mie instan ke dalam air yang sudah mendidih. 
  • Kemudian, masukkan bumbu ke dalam tempat yang berbeda. 
  • Selanjutnya setelah mie matang, tuangkanlah ke dalam tempat yang sudah berisi bumbu. 
  • Terakhir aduk hingga rata dan hidangkan selagi hangat. 

Nah, dalam hal ini elo lihat bahwa dalam membuat mie instan langkah yang dilakukan tidak semuanya harus berurutan namun tujuan akhirnya tetap membuat mie instan. 

Elo bisa saja menaruh bumbu mie instan berbarengan dengan mendidihkan air.

Nah setelah melihat contoh dari jenis teks prosedur protokol ini, gue punya pertanyaan nih. 

Kira-kira elo bisa sebutin gak contoh kalimat perintah dalam teks prosedur di atas?

Nah, pertama elo harus tau dulu ciri-ciri dari kalimat perintah. 

Yang pertama adalah adanya kalimat inversi. Artinya kalimat tersebut memiliki pola P-S, alias predikat mendahului subjek.

Ciri lainnya adalah kalimat perintah biasanya diakhiri dengan imbuhan lah atau kan.

Kalo dalam teks protokol ini, contoh kalimat perintah dalam teks prosedur-nya adalah: 

  • Didihkan air terlebih dahulu
  • Masukkan bumbu ke dalam tempat yang berbeda
  • Tuangkanlah ke dalam tempat yang sudah berisi bumbu.

3. Teks Prosedur Kompleks 

Teks prosedur kompleks adalah teks yang di dalamnya terdapat banyak sekali langkah-langkah yang harus dilakukan dan harus dilakukan secara berurutan karena langkah satu dengan langkah selanjutnya berkaitan.

Contoh teks prosedur kompleks:

Cara mematikan Komputer Windows XP, Vista, dan Windows 7 dengan baik dan benar:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik menu “start” yang terdapat pada pojok kiri bawah monitor
  • Kemudian klik ikon “shutdown”
  • Selanjutnya klik “oke”
  • Kemudian tunggu komputer sampai mati 
  • Setelah komputer mati langkah selanjutnya adalah matikan stabilizer dengan menekan tombol power dan mencabut kabel listrik.
  • Komputer Anda sudah berhasil dimatikan

Contoh Teks Prosedur Membuat Kue:

Resep Bolu Mentega

Teks Prosedur, Struktur & Contoh Kalimat yang Digunakan - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 17
Bolu Mentega. (Dok. Resep Koki)

Waktu memasak: 65 Menit
Hasil: 20 potong
Tingkat kesulitan: sedang

Alat dan Bahan:

  • Mentega – 250 gram
  • Gula pasir – 150 gram
  • Telur – 5 butir
  • Terigu protein sedang – 200 gram
  • Pasta vanilla – 1 sdt
  • Mixer
  • Wadah/Mangkuk
  • Loyang
  • Kertas Roti
  • Oven

Langkah Memasak:

  • Pertama, kocok mentega dan gula dengan mixer sampai lembut dan mengembang, serta tidak jatuh saat adonan dibalikkan dari wadah.
  • Masukkan pasta vanilla dan telur satu per satu, kocok rata dengan kecepatan rendah.
  • Masukkan tepung terigu secara bertahap, kocok dengan kecepatan rendah sampai rata.
  • Tuangkan ke loyang yang sudah dioleskan margarin tipis dan dialasi kertas roti.
  • Panggang dengan suhu 180°C selama 45 menit sampai matang.
  • Setelah matang, biarkan dingin terlebih dahulu.
  • Potong-potong kue dan siap disajikan.

Tips:

1. Gunakan telur bersuhu ruang agar mudah mengembang, telur yang baru dikeluarkan dari kulkas akan membuat kue sulit mengembang.

2. Untuk memastikan kue sudah matang, tusuk dengan lidi atau tusuk sate di bagian tengah kue. Pastikan tidak ada adonan kue yang masih menempel pada lidi atau tusuk sate yang Anda masukkan.

Sumber resep: resepkoki.id

Sama seperti teks prosedur protokol, teks prosedur kompleks juga memiliki kalimat perintah.

Kalo dalam teks yang jenisnya kompleks ini, contoh kalimat perintah dalam teks prosedur-nya adalah: 

  • Klik menu “start” yang terdapat pada pojok kiri bawah monitor
  • Matikan stabilizer dengan menekan tombol power dan mencabut kabel listrik
  • Kocok mentega dan gula dengan mixer sampai lembut dan mengembang
  • Masukkan pasta vanilla dan telur satu per satu
  • Tuangkan ke loyang yang sudah dioleskan margarin tipis dan dialasi kertas roti.

Gimana? Mempelajari materi teks prosedur kelas 11 ini ternyata gampang kan?

Selain materi Bahasa Indonesia, Zenius juga punya kumpulan materi pelajaran lainnya bahkan hingga materi UTBK SBMPTN terlengkap, yuk langganan paket belajar Zenius. 

Karena, elo bisa dapetin ribuan materi belajar dan ikut live class bareng para tutor berpengalaman. Klik gambar di bawah ini buat info selanjutnya, ya!

Teks Prosedur, Struktur & Contoh Kalimat yang Digunakan - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 18

Atau kalo elo mau pelajari lebih lanjut mengenai materi teks prosedur kelas 11. Elo bisa klik link ini untuk menonton video pembahasan dari Zenius!

Jika elo masih ada pertanyaan atau ingin didiskusikan, langsung aja, nih, komen di bawah ya!

belajar materi teks prosedur kelas 11 di zenius education

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini


Originally published: November 15, 2019
Updated by: Arieni Mayesha dan Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!