materi bahasa Inggris SD talking about routines

Circus School (Talking About Routines) – Materi Bahasa Inggris SD

Bapak dan Ibu Guru, berapa kali Anda mengajar bahasa Inggris kepada siswa dalam seminggu? Apakah itu satu kali seminggu atau dua hingga tiga kali seminggu?

Dalam bahasa Inggris, menceritakan rutinitas seperti ini disebut talking about routines.

Ketika menceritakan rutinitas, ada beberapa kosakata yang bisa Bapak dan Ibu Guru gunakan bukan? Beberapa kosakata tersebut adalah usually, always, often, sometimes, dan never.

Nah, kalau Bapak dan Ibu Guru akan mengajarkan kosakata ini kepada siswa, menceritakan rutinitas pribadi mungkin akan terdengar kurang menarik bagi siswa bukan?

Bagaimana kalau Bapak dan Ibu Guru menggunakan video tentang sekolah sirkus di Australia berikut untuk mengajarkan siswa menggunakan kosakata yang berhubungan dengan rutinitas?

Video Materi tentang Rutinitas dalam Bahasa Inggris


Video di atas disediakan oleh Ready2Run, program yang dikelola oleh Digital Learning Associates (DLA). Melalui program ini, Bapak dan Ibu Guru bisa mendapatkan bahan pembelajaran yang lengkap untuk materi tentang rutinitas dalam bentuk video.

Video tersebut menceritakan tentang keseharian para siswa di sekolah sirkus di Australia. Dalam video ini, siswa akan berkenalan dengan dua siswa sekolah sirkus Australia, Zach dan Halle.

Sekolah sirkus di Australia.
Zach dan Halle bersekolah di sekolah sirkus di Australia. (dok. DLA)

Di sekolah sirkus ini, Zach dan Halle belajar pelajaran yang sama dengan siswa di sekolah lain. Kecuali, pelajaran olahraga di sekolah mereka diganti dengan pelajaran sirkus. Menarik sekali, bukan?

Supaya Bapak dan Ibu Guru lebih mudah memahami video ini, berikut transkrip video yang dapat Anda simak.

Transkrip Video “Circus School”

NarratorThis is a school playground. And this is a classroom. Really? Let’s go back and start again. In Australia, there is a very special school for very special kids. Circus kids.
Zach I’m Zach. 
HalleHi, I’m Halle.
NarratorZach and Halle go to the Flying Fruit Fly Circus School.
HalleThe Flying Fruit Fly Circus School is all just fruit flies. We do normal school work just like every other school. 
TeacherAnd lining up here please, thank you. Excellent.
HalleBut instead of sport, we do circus.My favourite time in school is lunchtime. We usually just do some handstand competitions. The girls usually win. Yeah.
ZachAll the other guys, they usually play footy or something. I don’t like sport, really, that’s why I’m in the circus.During lunch I just sit down and talk with the girls and eat food. Talk and eat. Fruit fly life. I train every day for most of the year. I’ve actually been doing circus since I was five. Yes, it does get tiring.
HalleI train every day. 
NarratorAs well as training at school, Halle also practises on her trampoline at home. She needs to practice turning and rolling in the air. Zach is an aerial artist. And he works very hard at his tricks too.They train, so they’re ready for shows. 
ZachPeople are coming in and we’re, like, ‘Oh my God!’ Freaking out! But we have to be quiet. We start getting costumes and doing makeup and everything, and it gets a bit more real. And we hear the music. Let’s go, we’re doing it.As I walk on the stage, everything just., it just flows. 
HalleCircus is pretty much my whole life.
ZachCircus is a risk, and it’s fun. So why not?
HalleMy life is yeah, it is different.
NarratorThe Flying Fruit Fly School is different to many schools. Zach and Halle love their circus school!
ZachMagical, really.

Dari video ini, Bapak dan Ibu Guru bisa memberikan beberapa contoh kalimat menggunakan kosakata tentang rutinitas, lho. Contohnya:

  • We usually just do some handstand competitions. 
  • I train every day for most of the year. 
  • During lunch I just sit down and talk with the girls and eat food. 

Download Materi Pendukung

Tidak hanya menonton video di atas, Bapak dan Ibu Guru juga dapat mengunduh materi pendukung dari Ready2Run, lho. Materi pendukung ini terdiri atas Student Pack dan Teacher Guide yang dilengkapi pedoman pembelajaran dan lembar kerja yang bisa dibagikan kepada siswa.

Dalam paket Student Pack terdapat berbagai materi yang dilengkapi dengan penjelasan dan gambar. Materi-materi ini dapat dimanfaatkan siswa untuk memahami materi bacaan. Mulai dari kosakata, tata bahasa, hingga mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Sementara, paket Teacher Guide dapat Bapak dan Ibu Guru gunakan untuk memberikan pemahaman mengenai materi yang diajarkan. Materi ini sudah dilengkapi dengan Content and Language Integrated Learning (CLIL) yang memungkinkan siswa untuk mempelajari materi dan bahasa secara bersamaan.

Apa Bapak dan Ibu Guru tertarik untuk menggunakan materi-materi Ready2Run dari DLA ini? Yuk, manfaatkan Student Pack dan Teacher Guide sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini!