5 Tips Memilih Bimbel SBMPTN yang Tepat untuk Sobat Zenius!

bimbel online sbmptn

Hi Sobat Zenius! Elo yang saat ini lagi duduk di kelas 12 pasti sedang ngerasa bingung mau milih bimbel online SBMPTN yang seperti apa, ya? Memang, memilih tempat bimbel itu nggak boleh sembarangan, lo!

Supaya mendapatkan perguruan tinggi yang elo idamkan, Sobat Zenius perlu strategi yang tepat dalam memilih bimbel untuk kelas 12. 

Mengapa demikian? Sebab, tidak semua tempat bimbel itu menyediakan sarana dan fasilitas yang menunjang elo untuk bisa masuk ke kampus impian.

Kalau sampai elo salah pilih tempat bimbel, ada kemungkinan elo nggak akan maksimal dalam mengerjakan UTBK dan justru malah membuang uang saja, lho!

Oleh karena itu, elo perlu cermat dalam menentukan langkah ke depannya, ya. Supaya elo semakin yakin dengan pilihan elo, gue punya tips & trik dalam memilih bimbel UTBK terbaik, nih.

Penasaran bagaimana? Yuk, baca artikelnya sampai selesai!

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Bimbel Online SBMPTN

bimbel online sbmptn
Ilustrasi orang sedang mengikuti bimbel online sbmptn (Dok. Pixabay.com)

“Ngapain, sih, ikut bimbel UTBK. Kan bisa belajar sendiri sama keluarga di rumah.”

“Gue juga paling belajar ama kakak gue yang pinter pelajarannya.”

Mungkin, beberapa dari Sobat Zenius berpikir seperti itu. Lebih baik belajar dengan keluarga atau teman ketimbang harus mengeluarkan uang untuk bimbel online SBMPTN maupun offline.

Sebenarnya, sah-sah aja jika elo memilih untuk belajar mandiri sebagai persiapan menghadapi ujian UTBK-SBMPTN. Akan tetapi, banyak orang yang belum menyadari bahwa akan ada beribu manfaat yang didapatkan jika ikut bimbel SBMPTN.

Kira-kira apa saja, ya, manfaatnya? Yuk, disimak bersama-sama!

1. Memahamai materi SBMPTN secara mendalam

Ketika Sobat Zenius memutuskan untuk mengikuti bimbel online SBMPTN, elo akan disajikan dengan materi-materi yang biasanya akan keluar di soal SBMPTN nanti oleh tutor atau pembimbing.

Hal ini akan membuat elo terbiasa dalam mengerjakan jenis-jenis soal SBMPTN. Terlebih, ketika bimbel berlangsung, pembimbing juga akan menjelaskan mengenai cara menjawab soal-soal tersebut.

Bahkan, tidak hanya soal SBMPTN saja. Besar kemungkinan Sobat Zenius juga akan disajikan dengan soal-soal yang tingkat kesulitannya sama dengan soal ujian seleksi mandiri untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Baca Juga: 3 Tips Bikin Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif Plus Contohnya

2. Mengetahui indikator kemampuan akademik

Hal istimewa yang elo dapatkan ketika mengikuti bimbel UTBK adalah elo bisa mengikuti try out sebagai ajang untuk mengukur kemampuan akademik.

Try out yang disediakan penyedia bimbel biasanya berbeda-beda, tergantung dengan paket belajar yang elo ambil. Oleh karena itu, pastikan ketika ambil bimbel, pilih paket belajar yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Zenius, ya!

Dengan mengikuti try out, elo bisa tahu seberapa besar dan cepat kemampuan elo dalam mengerjakan soal. Nah, hasil try out-nya nanti bisa kamu jadikan acuan untuk masuk ke PTN idaman.

3. Mengetahui tips & trik dalam mengerjakan soal

Sobat Zenius pasti sudah menyadari kalau waktu untuk mengerjakan soal-soal SBMPTN itu terbatas. Dengan demikian, elo harus cermat dan cepat dalam mengerjakan tiap soal.

Nah, untuk mengerjakan dengan cepat, elo perlu tahu, nih, tips & trik dalam memecahkan soal-soal SBMPTN, khususnya yang berkaitan dengan Matematika.

Beruntungnya, elo bisa mendapatkan tips & trik tersebut dari mengikuti bimbel SBMPTN, lho! Dalam bimbel, tutor atau pembimbing akan dengan sukarela membagikan tips-tips cepat dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN.

Dengan begitu, elo bisa mengatur waktu secara efisien saat mengikuti SBMPTN.

Tips Memilih Bimbel SBMPTN

bimbel online sbmptn
Ilustrasi pelajar sedang mengikuti bimbel sbmptn (Dok. Freepik.com)

Nah, sekarang Sobat Zenius sudah tahu, kan, betapa pentingnya mengikuti bimbel SBMPTN? Kalau sudah, jangan ragu lagi, nih, buat segera mendaftarkan diri!

Terlebih, saat ini sudah banyak, lho, penyedia bimbel online UTBK, termasuk salah satunya Zenius! Zenius menawarkan beragam paket belajar yang tepat bagi Sobat Zenius untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN! 

Supaya elo nggak salah langkah dan lebih matang dalam mempersiapkan SBMPTN, elo perlu mencermati tips-tips dalam memilih bimbel SBMPTN!

1. Cari lokasi yang terjangkau

Supaya meminimalisir datangnya terlambat saat bimbel, elo bisa cari tempat bimbel UTBK yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal. Terlebih, bagi elo yang tinggal di kota-kota besar yang berpotensi terkena macet di jalan.

Selain menghindari telat, elo juga bisa menghemat uang transportasi saat berangkat bimbel.

2. Pilih program yang sesuai dengan kebutuhan

Seperti yang udah gue sebutkan sebelumnya, penyedia bimbel biasanya menyediakan program-program yang berbeda bagi peserta didiknya. 

Nah, elo harus cermat dalam memilih programnya. Pastikan, program yang akan Sobat Zenius pilih sudah sesuai dengan apa yang elo butuhkan.

Misalnya, elo kebetulan lagi ambil gap year. Nah, disarankan Sobat Zenius cari penyedia bimbel yang menyediakan program khusus gap year.

Dengan demikian, elo lebih maksimal lagi, nih, dalam mempersiapkan diri menghadapi UTBK-SBMPTN.

Baca Juga: Ringkasan Materi SBMPTN Terlengkap – Contoh Soal TPS dan TKA

3. Pelajari fasilitas yang diberikan

Jangan lupa fasilitas yang disajikan oleh penyedia bimbel. Kira-kira, mereka sudah menyediakan fasilitas yang elo inginkan belum? 

Elo bisa mempelajari setiap penyedia bimbel lewat website atau media sosial resmi mereka. Cari tahu fasilitasnya, mulai dari buku bimbel, sesi try out, para tutornya, hingga kenyamanan ruangan kelasnya.

4. Gali informasi tentang pengajarnya

Nggak cuman fasilitasnya aja yang elo perhatikan saat memilih bimbel SBMPTN, Sobat Zenius! Elo juga perlu menggali informasi mengenai pengajarnya.

Saat ini, elo bisa mencari informasi tersebut melalui akun media sosial profesional seperti LinkedIn. Cari tahu track record dan bagaimana cara dia membimbing peserta didiknya.

Pengajar adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan baik saat mengikuti sesi pembelajaran. Jika elo nggak cocok, bisa jadi elo akan susah dalam mencerna setiap penjelasannya.

5. Cari tahu kredibilitasnya

Hal yang nggak boleh dilupakan saat memilih tempat bimbel UTBK adalah kredibilitasnya. Bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui kualitas dari masing-masing tempat bimbel?

Saran gue, elo mulai mengumpulkan dua atau lebih tempat bimbel yang lagi elo incar. Kalau udah terkumpul semua, elo pelajari, deh, satu per satu lewat website atau media sosial resmi mereka.

Dari situ, elo bisa tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing penyedia bimbel. 

Nah, perhatikan juga kualitasnya. Kira-kira bagus nggak review dari orang lain di kolom komentarnya atau juga bisa nanya orang-orang terdekat yang mungkin pernah masuk ke penyedia bimbel tersebut.

Tips ini patut dilakukan dengan saksama supaya nggak salah milih tempat bimbel.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Bimbel Intensif SBMPTN

Itu dia alasan kenapa elo harus daftar bimbel dan tips dalam memilih tempat bimbel SBMPTN. 

UTBK-SBMPTN menjadi gerbang bagi semua orang untuk bisa masuk ke PTN impian mereka. Oleh karena itu, Sobat Zenius harus mempersiapkannya sebaik mungkin, ya!

Kalau merasa masih kurang ikut bimbel offline, elo juga bisa, kok, mendaftarkan diri untuk mengikuti bimbel online SBMPTN dari Zenius!

Zenius menyediakan paket belajar Ultima Intensif yang cocok digunakan bagi kelas 12 atau gap year yang lagi mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN.

Di dalamnya, elo akan  mengikuti 15 kelas live/minggu, rangkuman materi, penilaian IRT, dan lain-lain.

Menarik, kan! Yuk, tunggu apa lagi segera daftarkan diri mengikuti bimbel online SBMPTN bareng Zenius!

Bagikan Artikel Ini!