ilustrasi belajar di fakultas mipa unpad

Info Kuliah, Akreditasi, dan Prodi Fakultas MIPA UNPAD

Matematika itu mudah dan menyenangkan bukan? Bukan! Eits, tapi lain cerita kalau Jerome Polin yang ditanya. Atau mungkin elo juga sependapat dengan pernyataan di atas? .

Zenius juga pernah mengadakan survei pelajaran yang paling disukai dan nggak disukai siswa di sekolah, lho. Hasilnya ada yang menyukai matematika dan ada juga yang kurang suka. Kok bisa gitu, ya? Lebih jelasnya elo bisa kepoin di artikel ini, ya.

Nah, buat elo yang di sekolah ngerasa enjoy belajar matematika dan hidup nggak seru tanpa matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran (FMIPA Unpad) bisa jadi pilihan elo buat berkuliah.  Nggak melulu tentang matematika, ada juga jurusan-jurusan lain yang nggak kalah menarik, lho. 

Yuk, kita kenalan dengan FMIPA Unpad lebih jauh!

Kenalan dengan FMIPA UNPAD

Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam resmi didirikan pada tahun 1958. Sebelum menjadi FMIPA UNPAD yang kita kenal hari ini, fakultas ini pernah mengalami beberapa kali pergantian nama, lho. 

  1. 1958 – Pada awal didirikan bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA).
  2. 1967 – Perubahan nama menjadi Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam (FIPPA).
  3. 1982 – Kembali berganti nama menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Saat ini, FMIPA Unpad menaungi 1 program studi terapan, 9 program studi sarjana, 5 program studi magister, dan 2 program studi doktor. Lebih jelasnya elo bisa lihat pada infografis di bawah. 

Prodi Fakultas MIPA UNPADUNPAD
Prodi Fakultas MIPA UNPAD (Sumber: fmipa.unpad.ac.id)

Oh iya, mahasiswa FMIPA UNPAD juga banyak menyumbangkan inovasi, lho. Bahkan, salah satu inovasinya mendapat pengakuan dari Menristek karena berperan penting dalam tracking penyebaran virus Covid-19! Inovasi ini bernama inovasi tes CePAD yang berfungsi mendeteksi cepat melalui uji antigen Covid-19 melalui sampel nasal swab. Wah, keren banget, ya!

Akreditasi FMIPA UNPAD

Informasi fakultas nggak lengkap kalau nggak membahas akreditasi program studi di bawah naungannya. Iya, nggak?

Soal akreditasi FMIPA UNPAD, elo nggak perlu khawatir. Mengapa? Karena 5 prodi Fakultas MIPA UNPAD, yaitu Ilmu Matematika, Ilmu Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Biologi, dan Teknik Informatika  telah terakreditasi A dari BAN-PT. 

Sedangkan, 4 program studi sarjana lainnya, yaitu Teknologi Industri Kimia, Geofisika, Teknik Elektro, dan Aktuaria terakreditasi B dari BAN-PT. 

Program Studi di FMIPA UNPAD

Gue sudah rangkumkan informasi terkait prodi Fakultas MIPA UNPAD. Tapi, untuk artikel ini gue fokuskan ke prodi sarjana dahulu, ya. Yuk, simak!

Program Studi Matematika UNPAD

Siapa bilang kuliah di Program Studi (Prodi) Matematika hanya belajar hitung-hitungan? Di FMIPA UNPAD, kemampuan berpikir logis dan rasional elo juga akan diasah, lho.  

Nantinya kemampuan tersebut akan disisipkan ke beberapa mata kuliah akan elo ambil, seperti Logika Matematika, Aljabar Linier Elementer, Matematika Komputasi dan Keuangan, Basis Data, Topologi, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga:  Apa itu Logika Matematika? Dan Bagaimana Cara Melatihnya?

Selain itu, terdapat dua peminatan pada Program Studi Ilmu Matematika, yaitu:

  1. Matematika Murni (analisis dan aljabar)
  2. Matematika Terapan (industri dan keuangan)

Bosen kuliah di kelas terus-terusan? Tenang. Di Prodi Matematika, elo juga akan belajar praktikum di laboratorium komputer yang sudah tersedia lengkap. Wah, menarik, ya?

Program Studi Biologi UNPAD

Nggak melulu mempelajari keanekaragaman flora dan fauna, di Program Studi Biologi elo juga akan mendalami interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, serta kelestarian alam dan ilmu konservasi, lho. Wah, menarik, nih!

Selain itu, ada beberapa mata kuliah yang akan elo pelajari di program studi ini, seperti Struktur Perkembangan Tumbuhan, Ekologi, Keanekaragaman Hayati Tropikal, Taksonomi, Genetika, Konservasi Alam. Dan tentunya masih banyak mata kuliah kece lainnya.

Nantinya, dengan berkuliah di Program Studi Biologi, elo akan melakukan berbagai praktikum untuk membuktikan teori yang udah elo pelajari sebelumnya. Untuk menunjang fasilitas, Program Studi Ilmu Biologi FMIPA UNPAD memiliki tiga laboratorium, yaitu:

  1. Laboratorium pengajaran
  2. Laboratorium penelitian
  3. Laboratorium lapangan

Baca Juga: Belajar Apa di Jurusan Biologi?

Program Studi Ilmu Kimia UNPAD

Nah, ngomongin tentang kimia, tanpa kita sadari ilmu ini dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, lho. Contoh, deodoran dan parfum yang elo pake setiap hari. Barang-barang tersebut memiliki unsur kimia, lho. 

Di Program Studi Kimia FMIPA UNPAD, elo akan mengulik unsur-unsur kimia lebih mendalam lewat beberapa mata kuliah, seperti:

  • Kimia Dasar
  • Kimia Anorganik
  • Kimia Kontekstual
  • Kimia Komputasi
  • Kimia Kuantum
  • Kimia Inti
  • Radiasi

Selain teori, elo juga akan diajak membuktikan teori-teori yang dipelajari melalui berbagai praktikum, lho!

Untuk memfasilitasi kegiatan praktikum tersebut, tentunya Program Studi Kimia juga menyediakan fasilitas alat laboratorium seperti, turbidimeter, automatic polarimeter, microplate reader, microscope, refractometer, fermentor, dan banyak lagi. 

Program Studi Ilmu Fisika UNPAD

Prodi Fakultas MIPA UNPAD  yang selanjutnya adalah Fisika. Lagi lagi, elo nggak hanya akan belajar ilmu sains murni saja, tetapi juga diajak membuktikan berbagai teori dan materi yang sudah dipelajari, lho. 

Memang apa saja, sih yang dipelajari? Nah, sedikit bocoran, beberapa mata kuliah yang akan elo jumpai di antaranya:

  • Fisika Modern
  • Gelombang
  • Fisika Kuantum
  • Fisika Komputasi
  • Fisika Zat Padat
  • Fisika Radiologi
  • Fisika Reaktor
  • Fisika Termal

Selain yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak mata kuliah lainnya yang nggak kalah menarik. Elo juga nggak perlu khawatir karena Program Studi Fisika FMIPA UNPAD telah memiliki fasilitas laboratorium dan alat laboratorium yang menunjang kegiatan praktikum. 

Program Studi Teknik Informatika UNPAD

Prodi Fakultas MIPA UNPAD selanjutnya adalah Teknik Informatika. Awalnya program studi ini merupakan bidang minat ilmu komputer di Program Studi Ilmu Matematika UNPAD. Tingginya minat mahasiswa pada peminatan ini dan kebutuhan program studi ini, maka berdirilah Program Studi Teknik Informatika. 

Program studi ini bakal membantu elo untuk memiliki keahlian analisis sistem, solusi yang integratif melalui pemanfaatan perangkat lunak, perancangan basis data, dan masih banyak lagi.

Hal ini dituangkan pula pada peminatan studi yang dapat dipilih mahasiswa, di antaranya:

  • Peminatan Sistem Informasi
  • Peminatan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data
  • Peminatan Sistem Cerdas dan Grafika Komputer
  • Peminatan Komputasi dan Metode Numerik

Program Studi Statistika UNPAD

Cabang ilmu matematika yang satu ini cukup populer, lho. Ada yang bisa nebak program studi apakah ini? Udah ada judulnya, sih, hehehe…. Yoi. Program studi selanjutnya yang akan kita bahas adalah Statistika.

Nah, sebenarnya anak Jurusan Statistika belajar apa, sih? Secara umum, elo akan beberapa materi seperti survei, teori sampling, data collecting, analisis data, dan penggunaan aplikasi statistik. 

Nggak cuma itu, ada beberapa mata kuliah yang akan menemani elo selama berkuliah di program studi ini, seperti: 

  • Metode Statistika
  • Logika dan Teori Bilangan
  • Analisis Regresi
  • Teori Sampling
  • Model Kerugian
  • Analisis Survival
  • Statistika Pengenalian Mutu

Dan tentunya masih banyak lagi materi menarik lainnya. Selain itu, untuk menunjang kegiatan perkuliahan, Program Studi Statistika UNPAD juga dilengkapi fasilitas laboratorium, di antaranya: 

  • Laboratorium komputer
  • Laboratorium bahasa Inggris
  • Laboratorium multimedia

Siapa yang makin nggak sabar untuk berkuliah di program studi ini? Gue tunggu jawaban elo di kolom komentar, ya!

Program Studi Geofisika UNPAD

Program Studi Geofisika akan mengajak elo mengkaji bidang kebumian dari sisi ilmu Fisika. Contohnya penerapannya, yakni dalam mitigasi bencana alam hingga eksplorasi sumber daya bumi. Beberapa mata kuliah yang akan menemani elo di antaranya:

  • Komputasi Geofisika
  • Termodinamika Kebumian
  • Seismologi dan Kegempaan

Dan tentunya masih banyak mata kuliah lainnya yang nggak kalah menarik!

Program Studi Teknik Elektro UNPAD

Di Program Studi ini, elo akan belajar terkait perancangan dan pembuatan teknologi mesin dengan memanfaatkan bidang kelistrikan. Bahkan, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro FMIPA UNPAD juga berhasil menciptakan produk inovasi seperti gawai dan internet, lho. 

Selain itu, program studi ini juga memiliki 5 pilihan peminatan yang bisa elo simak melalui infografis di bawah ini.

Peminatan di Prodi Teknik Elektro FMIPA UNPAD
Peminatan di Prodi Teknik Elektro FMIPA UNPAD (Sumber: fmipa.unpad.ac.id)

Program Studi Aktuaria UNPAD

Jurusan Aktuaria? Belajar apa, ya? Pertama kali mendengar nama prodi ini, mungkin ada yang langsung kepikiran ke bidang kelautan? Eits, itu akuatik hehe. Ternyata, prodi ini mempelajari soal asuransi, lho. 

Di FMIPA UNPAD, Program Studi Aktuaria awalnya merupakan peminatan di Program Studi Statistika. Namun, pada tahun 2018, status Aktuaria sebagai peminatan dinaikkan menjadi prodi hingga saat ini. 

Di prodi ini, elo akan mempelajari asuransi, mulai dari bentuk-bentuk asuransi, risikonya, hingga pengelolaan jaminan hari tua. Wah, menarik banget, ya?

Baca Juga: Berkenalan dengan Jurusan Bisnis Digital UNPAD

Daya Tampung Program Studi di FMIPA UNPAD

Gimana, elo udah tertarik mendaftar ke salah satu prodi Fakultas MIPA UNPAD? Setidaknya, ada tiga kali kesempatan untuk elo mencoba, nih. 

Elo bisa coba dulu mendaftar via jalur SNMPTN (jalur undangan), nih. Tapi, gue sarankan jangan mengandalkan SNMPTN aja, ya. Tetap persiapkan diri elo buat mengikuti ujian tertulis, baik UTBK SBMPTN maupun SMUP UNPAD (seleksi mandiri).

Sebagai gambaran tingkat persaingan tiap jalur masuk, elo tinggal baca infografis yang udah gue siapkan di bawah ini.

Daya Tampung Prodi Fakultas MIPA UNPAD
Daya Tampung Prodi Fakultas MIPA UNPAD (Sumber: smup.unpad.ac.id)

Nah, itu dia informasi terkait info kuliah, akreditasi, dan prodi FMIPA UNPAD. Gimana? Makin nggak sabar untuk menjadi bagian dari FMIPA UNPAD, dong? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa, tingkatkan terus semangat belajar elo, ya. Serangkaian ujian masuk mulai dari UTBK sampai ujian mandiri udah makin deket, nih. Udah tau mau belajar UTBK dari mana? Langsung klik link di bawah ini buat dapetin alur terbaik belajar UTBK.

Persiapan UTBK bareng Zenius

Selain mengulik materi, sesekali elo perlu uji pemahaman elo dengan mengikuti try out. Zenius udah siapin try out online buat elo, kok. Cussss, klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut, ya!

Try Out UM PTN

Referensi:

Informasi Fakultas MIPA UNPAD – (https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/QjVGREYzNDctOTMxRC00NkM4LUJCOTUtMjBCN0IxQzhCNUJB)

Sejarah – Fakultas MIPA UNPAD (https://www.fmipa.unpad.ac.id/)

Informasi – Prodi Matematika Fakultas MIPA UNPAD (https://matematika.unpad.ac.id/program-studi-sarjana-matematika/)

Informasi – Prodi Biologi Fakultas MIPA UNPAD (https://www.biologi-unpad.ac.id/)

Informasi – Prodi Kimia Fakultas MIPA UNPAD (https://chemistry.unpad.ac.id/en/)

Informasi – Prodi Fisika Fakultas MIPA UNPAD (http://www.fmipa.unpad.ac.id/fix/sarjana-fisika/)

Informasi – Prodi Teknik Informasi Fakultas MIPA UNPAD (https://informatika.unpad.ac.id/)

Informasi – Prodi Statistik Fakultas MIPA UNPAD (http://statistics.unpad.ac.id/)

Informasi – Prodi Geofisika Fakultas MIPA UNPAD (http://geophys.unpad.ac.id/)

Informasi – Prodi Teknik Elektro Fakultas MIPA UNPAD (http://www.fmipa.unpad.ac.id/fix/program-studi-s1-teknik-elektro/)

Informasi – Prodi Aktuaria Fakultas MIPA UNPAD (http://www.fmipa.unpad.ac.id/fix/sarjana-aktuaria/)

Daya Tampung – Fakultas MIPA UNPAD (http://smup.unpad.ac.id/daya-tampung/)

Bagikan Artikel Ini!