Esai dalam Bahasa Indonesia: Jenis dan Ciri-ciri 9

Esai dalam Bahasa Indonesia: Jenis dan Ciri-ciri

Jenis-jenis esai dalam Bahasa Indonesia - Zenius

Pada artikel kali ini Zenius Blog membahas tentang tipe-tipe esai dalam Bahasa Indonesia. Namun, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu esai dan serta ciri-cirinya.

Dunia menulis tentu bukan hal yang asing lagi bagi kita. Sejak kecil kita telah menulis. Di sekolah kita menulis catatan perjalanan. Sepulang sekolah kita menulis tentang orang yang kita sukai di buku harian. Kini, kita menulis pesan untuk kita kirimkan ke banyak orang melalui aplikasi chatting yang banyak pilihannya itu.

Materi Bahasa Indonesia Lainnya dari Zenius

Materi Bahasa Indonesia: Teks Laporan Hasil Observasi
Materi Bahasa Indonesia: Teks Tanggapan
Materi Bahasa Indonesia: Jenis jenis Frasa
Materi Bahasa Indonesia: Resensi Buku
Materi Bahasa Indonesia: Teks Prosedur
Materi Bahasa Indonesia: Esai
Materi Bahasa Indonesia kelas 7: Surat Pribadi

Terdapat banyak jenis tulisan yang sering kita jumpai. Mulai dari karangan, puisi, artikel, berita dan lain sebagainya. Dalam sebuah tulisan terdapat karya fiksi dan ada pula non fiksi. Karya fiksi fiksi bisa kita jumpai dalam bentuk cerita pendek dan novel. Sedangkan karya non-fiksi dapat berbentuk biografi, memoar, hingga catatan sejarah. Salah satu bentuk karangan nonfiksi yang tidak asing lagi bagi kita adalah esai. Hampir semua orang, baik secara sadar maupun tidak sadar, pernah membacanya.

Pembahasan mengenai fiksi dan non-fiksi secara lebih lanjut dapat kalian simak melalui link di bawah, ya. 

Fiksi dan Non Fiksi

Esai dapat didefinisikan sebagai tulisan yang menggambarkan tentang opini atau pendapat penulis pada suatu objek atau subjek. Menurut KBBI, esai diartikan sebagai sebuah karya tulis atau karangan dalam bentuk prosa yang memaparkan tentang suatu masalah dari sudut pandang penulis secara lugas dan jelas. Sementara menurut Soetomo, esai adalah karangan pendek mengenai suatu masalah yang menarik perhatian untuk dibahas atau diselidiki. 

Dalam menulis karya ini, penulis mempunyai pedoman untuk menyampaikan pendapatnya. Pedoman tersebut tidak terlepas dari tipe dan ciri juga. Simak ulasan selengkapnya berikut.

Ciri Ciri Esai 

  • Berbentuk Prosa

Esai berbentuk prosa artinya bahasa yang digunakan bisa mudah dimengerti oleh pembaca dengan menghindari penggunaan bahasa atau ungkapan figur, ritme, dan metrum (pola bahasa) yang memungkinkan pembaca sulit untuk memahami maksud dari penulis. 

  • Memiliki Bahasa Pembeda

Untuk membedakan tulisanya, biasanya seorang penulis mempunyai ciri dan gaya bahasa yang khas. Gaya bahasa penulisan bersifat individual yang membuat penulis mudah dikenal atau diketahui karyanya walaupun tanpa mencantumkan nama. Gaya bahasa yang khas ini biasanya muncul dari sebuah pemikiran yang berbeda-beda mengenai suatu permasalahan untuk diperbincangkan sehingga bahasa yang khas muncul sesuai dengan karakter masing-masing dari penulisnya. Beberapa contoh terkemuka di Indonesia antara lain adalah Mahbub Djunaidi dan Goenawan Mohamad. 

  • Berbentuk Karangan Pendek

Jumlah kata yang diperlukan tergolong sedikit sehingga isi yang disampaikan harus singkat, padat, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Jumlah kata yang biasanya ada berkisar antara 500 hingga 1500 kata. 

  • Memenuhi Keutuhan Tulisan

Esai memungkinkan untuk ditulis secara tidak lengkap karena harus ditulis singkat dan mudah dipahami pembaca. Walaupun ditulis secara tidak lengkap, tetap harus memiliki suatu kesatuan dengan memenuhi syarat-syarat dalam penulisanya yang terdiri dari pendahuluan, isi (pembahasan), dan kesimpulan sebagai penutup yang memberikan kesan terhadap pembaca. Ketiganya ini harus mempunyai kohesi atau hubungan sehingga pembaca tidak mengawang-awang dalam memahami isinya. 

  • Memiliki Ciri Personal 

Untuk membedakan esai dengan karya sastra lainya, maka harus ada ciri personal yang membedakan dengan karya sastra lainnya. Ciri personal yang bisa dilihat dari sudut pandang penulis, perasaan, pendirian dan dugaan terhadap pembaca terkait dengan objek atau subjek yang dibahas. 

 Jenis jenis Esai

  • Esai Deskriptif 

Esai deskriptif mendeskripsikan tentang subjek maupun objek (baik seseorang maupun benda) yang menarik perhatian penulis untuk dibahas atau diteliti. Dalam menulisnya, subjek atau objek dalam tulisan bisa berupa pengalaman, rumah, hewan, dan lain sebagainya. Tujuan dari esai deskriptif ini adalah untuk melihat sejauh mana seorang penulis mampu mendeskripsikan sesuatu yang mudah dipahami oleh pembaca dan mendapatkan dengan mudah pesan yang ingin disampaikan penulis. 

  • Esai Argumentatif

Esai argumentatif berisikan opini pribadi dari seorang penulis terhadap suatu topik atau permasalahan yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat. Esai argumentatif biasanya bertujuan untuk menyakinkan pembaca terhadap pandangan yang disampaikan penulis dan bisa menerima ide dari penulis. Dalam esai argumentatif, umumnya penulis mengungkapkan kebenaran dari suatu ide agar pembaca, setelah membaca esainya, dapat berpihak terhadap penulis dan mampu membuat suatu pendapat sesuai dengan isi dari esai tersebut. 

  • Esai Kritik 

Esai kritik ditujukan untuk mengungkapkan suatu kritikan terhadap suatu karya. Pada umumnya dalam esai kritik ini penulis memusatkan diri pada suatu urain tentang seni misalnya musik, lukisan, film, teater dan karya kesusastraan lainnya. Esai kritik ditulis dengan tujuan untuk membangkitkan kesadaran pembaca tentang perasaan atau pikiran penulis tentang karya baik berupa karya seni atau karya sastra. 

  • Esai Watak 

Esai watak membahas tentang tipe atau watak seseorang dalam suatu isu atau sebuah pembahasan kepada pembaca. Dalam jenis ini, seorang penulis dapat menyisipkan cuplikan dari watak seseorang terhadap isu yang terkait dengan pembaca. Cuplikan dalam watak ini tidak dijabarkan secara lengkap tentang biografi seorang tokoh melainkan hanya sepenggal sifat atau watak tokoh terkait. 

Demikianlah pembahasan tentang salah satu karya tulis nonfiksi ini. Semoga bermanfaat ya. Materi lainnya tentang Bahasa Indonesia bisa kalian simak di sini. 

Baca Juga Artikel Bahasa Indonesia Lainnya

Teks prosedur kompleks

Materi teks prosedur

Soal teks prosedur

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari solusi dari masalah matematika! Untuk menjawab soal-soal tentang soal matematika lainnya, kamu juga bisa manfaatkan fitur dari ZenBot, lho! Tanyain soal yang kamu gak bisa jawab lewat chat WhatsApp ZenBot sekarang atau download aplikasi Zenius.

Bagikan artikel ini: