Contoh soal PAT semester 2 Sosiologi kelas 12

Contoh Soal PAT Semester 2 Sosiologi Kelas 12

Wah, gue ketemu lagi sama para pejuang ujian di akhir semester, nih. Semoga elo masih semangat untuk menghadapi berbagai ujian mulai dari PAT, UTBK, sampai ke ujian mandiri universitas nantinya, ya.

Nah, kali ini, gue mau bahas tentang beberapa topik yang bisa elo jadiin bahan pelajaran buat ngerjain soal PAT semester 2 Sosiologi kelas 12, nih.

Yap! Kita bakal ngebahas seputar manusia dan lingkungannya di contoh soal Sosiologi saat ini.

Yuk, kita bahas sama-sama!

Apa Itu PAT Semester 2 Sosiologi Kelas 12?

Jadi, PAT sendiri merupakan singkatan dari penilaian akhir tahun. Nah, di pembahasan kali ini, gue bakal membedah beberapa contoh soal PAT semester 2 Sosiologi kelas 12.

Jadi buat elo, para pejuang PAT di sekolah, bisa jadiin contoh soal di bawah ini sebagai referensi pembelajaran, ya.

Tapi, topik apa saja yang bakal dibahas di ujian PAT semester 2 Sosiologi kelas 12, ya? Ini dia persebaran topiknya.

Persebaran topik PAT semester 2 Sosiologi kelas 12
Persebaran topik PAT semester 2 Sosiologi kelas 12 (Arsip Zenius)

Nah, itu dia topik-topik yang bakal elo temukan dalam mengerjakan ujian PAT. Yap! Topiknya ini nggak jauh-jauh dari apa yang sudah elo pelajari di kelas, kok.

Gimana ya, contoh soal yang bakal dibahas? Ini dia contohnya.

Baca Juga: Ketentuan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Secara Daring, Metode serta Manfaatnya 

Topik: Perubahan Sosial

Apa yang dimaksud dengan perubahan sosial dalam materi Sosiologi? 

Pengertian dan contoh perubahan sosial
Pengertian dan contoh perubahan sosial (Arsip Zenius)

Kira-kira, soal tentang perubahan sosial seperti apa yang akan muncul di PAT semester 2 Sosiologi kelas 12? 

Contoh Soal:

  1. Kegiatan industri menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak bisa diperoleh hanya dengan kegiatan pertanian dan budi daya. Hal ini dapat membuat setiap masyarakat berkembang menjadi masyarakat industri dengan konsekuensi waktu yang berbeda antar masyarakatnya. Ilustrasi tersebut sesuai dengan penjelasan teori perubahan sosial, yaitu ….

A. teori evolusi multilinear

B. teori revolusi industri

C. teori evolusi universal

D. teori evolusi unilinear

Jawaban dan pembahasan:

Teori perubahan sosial salah satunya berupa teori evolusi multilinear. Teori evolusi multilinear menjelaskan bahwa perubahan sosial yang terjadi berbeda-beda antarmasyarakat, tetapi menuju arah yang sama. Misalnya, masyarakat berkembang menjadi masyarakat industri dengan konsekuensi waktu yang berbeda antar masyarakatnya.

Maka dari itu, jawaban yang paling tepat adalah A

Pelajari Juga: Perubahan Sosial Evolusi dan Revolusi 

Topik: Globalisasi

Hayo… masih ingat dengan pengertian globalisasi nggak, nih? Sebenarnya simpel, kok.

Globalisasi adalah proses perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat yang saling berkaitan antara negara 1 dan yang lainnya. Nah, globalisasi bukan hanya tentang saling terhubungnya masyarakat di seluruh dunia dan teknologinya saja.

Contoh saling terhubungnya ini mulai dari bagaimana mengkonsumsi barang yang diproduksi oleh bangsa lain, bagaimana kebudayaan menjadi lebih cepat menyebar, sampai politik internasional yang jadi lebih dinamis.

Berikut contoh soal tentang globalisasi dari PAT semester 2 Sosiologi kelas 12.

Contoh Soal:

  1. Meskipun kerjasama global semakin banyak dilakukan, pada kenyataannya terdapat sebuah ketimpangan dalam “kerjasama” tersebut. Salah satu penyebabnya adalah ….

A. kesepakatan yang merugikan salah satu pihak

B. ketimpangan pengaruh antar negara yang bekerjasama

C. kondisi geografis yang tidak menguntungkan

D. kurangnya jumlah populasi di negara yang dirugikan

Jawaban dan pembahasan:

Penjelasan mengenai ketimpangan dalam proses globalisasi
Penjelasan mengenai ketimpangan dalam proses globalisasi (Arsip Zenius)

Jadi, jawabannya yaitu B.

Pelajari Juga: Definisi dan Sejarah Globalisasi 

Topik: Ketimpangan Sosial

Berdasarkan judul topiknya, ketimpangan sosial merupakan sebuah masalah yang dihadapi masyarakat di suatu negara.

Ketimpangan sosial ini bisa terjadi di berbagai sektor mulai dari ekonomi sampai pendidikan. Contoh gampangnya yaitu kemiskinan. 

Misalnya, wilayah Jakarta terbagi menjadi 2. Ada kecamatan A dan kecamatan B. Nah, kecamatan A ini memiliki masyarakat yang makmur dengan pendapatan tinggi. Sedangkan masyarakat B, masih kurang dari segi perekonomian karena pendapatan yang belum merata.

Nah, itu dia yang dinamakan dengan ketimpangan sosial. Gue punya dua contoh soal PAT semester 2 Sosiologi kelas 12 yang bisa elo jadikan latihan, nih.

Contoh Soal:

  1. Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan dasar di era modern saat ini. Akan tetapi, di wilayah Jakarta yang menjadi daerah ibu kota ternyata masih terdapat anak-anak yang tidak dapat menempuh jenjang pendidikan dasar. Kondisi tersebut menunjukkan adanya….

A. ketimpangan lokal di masyarakat dalam mengakses pendidikan

B. ketimpangan sosial di masyarakat berdasarkan perolehan sumber daya ekonomi

C. keterbelakangan mental sebagian masyarakat karena tidak dapat menempuh pendidikan dasar

D. sifat malas sebagian masyarakat sehingga tidak menempuh pendidikan dasar

Jawaban dan pembahasan:

Padahal Jakarta menjadi salah satu kota yang cukup maju sebagai pusatnya negara Indonesia. Tetapi, kenapa masih ada anak yang nggak bisa sekolah, ya?

Nah, kondisi tersebut dinamakan sebagai ketimpangan lokal karena memuat wilayah Jakarta. Yap! Sesuai dengan contoh soal tersebut, pendidikan yang difokuskan hanya di Jakarta. Maka dari itu, ketimpangan yang dimaksud yaitu di sektor lokal.

Jadi, jawabannya yaitu A.

2. Nilai gini rasio ibu kota Indonesia pada Maret 2017 sebesar 0,41. Gini rasio berada dalam rentang nilai 0 hingga 1. Apabila semakin mendekati angka 1, artinya ketimpangannya semakin besar. Kondisi tersebut menggambarkan masyarakat Jakarta….

A. memiliki kondisi pendapatan di atas rata-rata dari masyarakat luar Jakarta

B. memiliki pendapatan dan daya beli yang tidak merata

C. memiliki pendapatan dan daya beli yang merata

D. memiliki daya beli yang tinggi terlihat dari nilai gini rasio sebesar 0,41

Jawaban dan pembahasan:

Nilai gini rasio sendiri merupakan indikator untuk menentukan ketimpangan ekonomi melalui klasifikasi pendapatan masyarakat.

Nah, nilai gini rasio di Jakarta tahun 2017 yaitu 0,41. Berdasarkan ketentuannya, angka tersebut menunjukkan ketimpangan karena rasionya mendekati angka 1. 

Ketimpangan yang terjadi ini dikarenakan masyarakat Jakarta memiliki pendapatan dan daya beli yang nggak merata. Ibaratnya, proporsi pendapatan masyarakat DKI Jakarta ini nggak seimbang antara si A dan B. 

Maka dari itu, jawaban yang paling tepat yaitu B.

Baca Juga: Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial – Materi Sosiologi Kelas 12 

Topik: Pemberdayaan Komunitas

Topik terakhir yang bakal gue bahas dalam penyebaran contoh soal PAT semester 2 Sosiologi kelas 12 yaitu mengenai pemberdayaan komunitas.

Di topik ini, elo bakal belajar mengenai kondisi sebuah masyarakat atau komunitas tertentu. Kira-kira, gimana contoh soalnya, ya? Ini dia pembahasannya.

Contoh Soal:

  1. Kelompok difabel masih banyak yang hidup dalam kondisi kemiskinan. Beberapa program pelatihan keterampilan, seperti membuat kerajinan hingga memasak sudah diberikan. Namun, masih terhambat dalam pemasaran. Program pemberdayaan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah….

A. pemberian bantuan sosial berupa uang tunai dan sembako agar dapat meringankan beban ekonomi mereka

B. pemberian bimbingan konseling secara gratis agar mereka tidak terbebani oleh masalah psikologis

C. pemberian pelatihan mengenai strategi penjualan secara daring melalui media sosial

D. pemberian seminar motivasi agar mereka tetap semangat memasarkan produknya

Jawaban dan pembahasan:

Berdasarkan soal tersebut, permasalahannya ini ada di sektor pemasaran karena masih terhambat. Jadi, solusi yang paling tepat yaitu dengan memberikan pelatihan tentang strategi penjualan online kepada kelompok difabel.

Dengan begitu, permasalahan mengenai pemasaran yang dimiliki akan segera teratasi. Jadi, jawabannya yaitu C.

 2. Kearifan lokal memiliki peran penting dalam pemberdayaan komunitas karena proses pemberdayaan harus berbasis pada masyarakat itu sendiri. Artinya, kearifan lokal dapat menjadi dasar dari sebuah program pemberdayaan. Di bawah ini yang merupakan contoh program pemberdayaan yang berbasis kearifan lokal adalah….

A. renovasi kampung kumuh di kota-kota besar

B. pendidikan siaga bencana melalui cerita rakyat setempat

C. membangun desa berdaya dengan sosialisasi produk kredit digital

D. membangun sentra oleh-oleh yang dikelola oleh para mahasiswa

Jawaban dan pembahasan:

Dalam proses pemberdayaan komunitas, kuncinya itu terletak di komunitasnya. Maka dari itu, seluruh aset atau sumber daya seperti kearifan lokal ini menjadi dasar yang penting atas terlaksananya sebuah program.

Jadi, program yang harus disebarkan ke masyarakat juga harus berbasis lokal. Dari keempat pilihan jawaban di atas, program lokal yang cocok disebarluaskan kepada masyarakat yaitu adanya pendidikan siaga bencana melalui cerita rakyat setempat.

Soalnya, masyarakat lokal pun akan lebih mengenal cerita-cerita rakyat yang memperkaya kearifan lokal. Jadi, jawabannya yaitu B.

Baca Juga: Strategi Pemberdayaan Komunitas – Materi Sosiologi Kelas 12 

Nah, selesai juga pembahasan kita hari ini tentang contoh soal PAT semester 2 Sosiologi kelas 12. Kurang lebih, beberapa pertanyaan di atas bisa menjadi latihan elo sebelum PAT di sekolah, nih.

Elo mau latihan soalnya lebih banyak lagi? Pas banget! Zenius punya puluhan contoh soal PAT semester 2 Sosiologi kelas 12. Penasaran? Elo bisa langsung klik banner di bawah ini, ya! 

Contoh Soal PAT Semester 2 Sosiologi Kelas 12 9

Sambil menyelam minum air. Sambil ngerjain latihan soalnya, elo juga bisa nonton salah satu video di bawah ini yang ngebahas tentang tips belajar sebelum ujian ala Zenius. 

Bagikan Artikel Ini!