anatomi ginjal manusia

Proses Pembentukan Urine pada Ginjal – Materi Biologi Kelas 11

Di materi Biologi Kelas 11, lo akan belajar tentang anatomi ginjal manusia dan fungsinya. Yuk, pelajari materi dan contoh soalnya di artikel ini.

Sobat Zenius pasti sudah tahu dong, kalau sisa-sisa makanan yang dicerna tubuh kita bakalan berakhir menjadi feses dan dibuang saat buang air besar.

Nah, selain feses, tubuh kita juga mengeluarkan urin yang dibuang saat buang air kecil. urin ini diproduksi oleh ginjal.

Apa lo udah tahu seperti apa bentuk anatomi ginjal manusia dan fungsi-fungsinya? Kalau belum, yuk kita pelajari bareng-bareng.

Anatomi Ginjal dan Pembentukan Urine

Apa lo pernah melihat atau memakan kacang merah? Nah, anatomi ginjal manusia ini kira-kira seperti kacang merah itu. Jadi, bayangkan ada dua buah organ yang bentuknya mirip seperti kacang merah di kiri dan kanan tulang pinggang lo. Warna ginjal ini merah keunguan.

Masing-masing ginjal memiliki tiga lapisan guys. Lapisan pertama disebut kulit ginjal atau korteks renalis. Lapisan kedua namanya medula renalis. Sementara di lapisan ketiga ada rongga ginjal atau pelvis renalis. Nah, pelvis renalis ini yang mengumpulkan urin sebelum disalurkan ke ureter dan disimpan di kandung kemih.

anatomi ginjal manusia
Anatomi ginjal (sumber: freepik.com)

Ginjal disusun oleh nefron. Nah, nefron ini yang bertugas menyaring darah. Bentuk nefron ini terdiri atas komponen penyaring atau badan malpighi dan saluran-saluran atau tubulus. Setiap badan malphigi mengandung gulungan kapiler darah atau glomerulus yang berada di dalam kapsula bowman. Nah, kapsula bowman ini adalah titik start proses penyaringan darah guys.

Setelah proses penyaringan di kapsula bowman selesai, darah dialirkan ke medula renalis dan korteks renalis melalui saluran-saluran berikut:

  • Tubulus proksima
  • Lengkung henle
  • Tubulus distal
  • Tubulus kolektivus
fungsi ginjal manusia
Saluran pembuangan urine (sumber: dictio.id)

Setelah urin dihasilkan, baru, deh disalurkan lewat ureter ke kandung kemih. Nah, ketika kandung kemih lo sudah penuh dengan urin, baru lo akan merasakan sensasi buat buang air kecil.

Baca Juga: Mengenal Sistem Pencernaan dan Organ-organ yang Terlibat di Dalamnya

Fungsi Ginjal

Setelah lo paham sama anatomi ginjal, lo juga perlu tahu fungsi ginjal itu untuk apa.

Jadi, tubuh kita mengambil nutrisi dari makanan dan mengubahnya menjadi energi. Setelah tubuh menyerap komponen makanan yang dibutuhkannya, sisa atau limbah makanan akan tertinggal di usus dan di dalam darah.

Ginjal lah yang membantu tubuh membuang limbah cair yang disebut urea, dan menjaga keseimbangan bahan kimia, seperti kalium dan natrium, serta air. Urea diproduksi ketika lo makan makanan yang mengandung protein, seperti daging, unggas, dan sayuran tertentu dan proteinnya dipecah dalam tubuh. Urea kemudian dibawa dalam aliran darah ke ginjal, lalu dikeluarkan bersama dengan air dan limbah lainnya dalam bentuk urin.

Fungsi penting lainnya dari ginjal termasuk pengaturan tekanan darah dan produksi eritropoietin, yang mengontrol produksi sel darah merah di sumsum tulang. Ginjal juga mengatur keseimbangan asam-basa dan menghemat cairan.

Apa lo sudah memahami anatomi dan fungsi ginjal ini? Yuk, uji pemahaman lo dengan membahas soal di bawah ini!

Contoh Soal

1. Apa yang dimaksud dengan nefron?

  1. Tempat penampungan urin sementara sebelum dikeluarkan
  2. Tempat masuknya darah yang akan disaring
  3. Bagian ginjal yang menghasilkan hormon
  4. Unit fungsional penyusun ginjal
  5. Tempat keluarnya darah bersih yang sudah disaring ginjal

Nefron merupakan unit fungsional yang menyusun ginjal. Jadi, jawabannya adalah D.

2. Perhatikan gambar berikut.

Proses Pembentukan Urine pada Ginjal - Materi Biologi Kelas 11 9

Hubungan huruf yang ditunjuk dan bagian yang benar ditunjukkan oleh opsi ….

  1. C, medula ginjal
  2. E, ureter
  3. D, pelvis renalis
  4. A, korteks ginjal
  5. B, uretra

A merupakan medula, B adalah ureter, C adalah korteks ginjal, D adalah pelvis renalis, dan E adalah vena ginjal. Jadi, jawabannya adalah D.

Masih penasaran dengan cara kerja ginjal dan proses terbentuknya urin? Lo bisa pelajari lebih lengkap di aplikasi Zenius. Yuk, download aplikasinya!

Referensi

Bagikan Artikel Ini!