Ketentuan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Secara Daring, Metode serta Manfaatnya

Penilaian Akhir Tahun

Hi, Sobat Zenius! Sudah saatnya nih ngomongin Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT adalah kegiatan mengambil nilai akhir semester genap dari seluruh siswa melalui ujian sebagai syarat kelulusan. Penilaian ini ada yang dilakukan secara daring (online), luring (offline), maupun kombinasi. Namun PAT online adalah sistem yang paling umum dilakukan terkait dengan adanya pandemi Covid-19. Nah, sebelum menentukan strategi belajar yang cocok buat lo, simak dulu ketentuan dan perbedaan Penilaian Akhir Tahun dengan ujian yang lama.

Oya, selain untuk kelulusan, Penilaian Akhir Tahun juga dilaksanakan untuk kenaikan kelas, dan dilakukan dalam bentuk portofolio. Adapun untuk ujian akhir semester kenaikan kelas dilakukan dalam bentuk portofolio guna mencari nilai rapor dan prestasi pada penugasan sebelumnya. Tugas-tugas tersebut berbentuk tugas harian dan pengambilan nilai asesmen lainnya yang dilakukan secara jarak jauh.

Hal ini dapat dikatakan sebagai pengambilan rekapitulasi nilai keseluruhan dengan tingkat persentase tersendiri pada masing-masing ujian, yang kemudian dibuat dalam bentuk portofolio nilai dan prestasi siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hal ini tetap menghindari adanya ujian tatap muka.

Tidak hanya membuat portofolio Penilaian Akhir Tahun, ujian ini juga dirancang untuk membuat aktivitas belajar yang bermakna. Selesai atau tidaknya proses belajar bukan berdasarkan penyelesaian kurikulum, tapi untuk mendorong lo memahami serta memberi makna dari setiap materi dan pembelajaran yang diterima. 

Hal ini lebih efektif mendukung lo lebih berkarakter, mampu bersikap cerdas, dan juga membuat peserta dapat memahami kondisi lingkungan maupun proses belajar saat ini.

Penilaian Akhir Tahun Dulu vs Sekarang

Penilaian Akhir Tahun dulu dan sekarang memiliki perbedaan yang cukup signifikan nih Sobat Zenius. Penyebab utamanya tak lain adalah Pandemi Covid-19 yang bisa menjadi ancaman bagi setiap individu, sehingga membuat banyak pekerjaan harus dilakukan dari rumah termasuk kegiatan belajar mengajar.

Pelajar angkatan terdahulu tepatnya di bawah tahun 2020 masih ngerasain udara bebas belajar di kelas. Termasuk dalam mengikuti setiap rangkaian ujian, namun di masa seperti sekarang hal tersebut harus dihindari lebih dulu. Adapun perbedaan Penilaian Akhir Tahun dulu dan sekarang sebagai berikut: 

1. Beda Istilah

Ujian yang dilakukan saat ini sebutannya menjadi penilaian. Pasti lo udah kenal dong dengan PTS, PAS dan PAT. Penilaian tersebut dilaksanakan berdasarkan satuan semester dan tengah semester. Kalau dulu kan UTS, UAS dan UKK (Ujian Kenaikan Kelas).

Penyebutan istilah yang berbeda ini mampu disesuaikan dengan mudah oleh guru-guru kita. Hal ini juga berkaitan dengan peraturan Menteri Pendidikan yang beda dari sebelumnya, namun fokusnya tetap pada proses pelaksanaan. 

2. Metode Pengambilan Nilai

Dulu pengambilan nilai hanya dijatuhkan dari hasil ujian tulis, sekarang Penilaian Akhir Tahun menggunakan metode pengambilan nilai berdasarkan beberapa kriteria yang dirasa lebih bijak mengingat kondisi sekarang yang belum stabil.

Cara pengambilan nilainya dilakukan berdasarkan hasil nilai rapor, penilaian sikap dan perilaku siswa, penugasan dan penilaian secara daring. Dalam hal ini pokok yang ditanamkan adalah pembelajaran yang bermakna.

3. Ujian kesetaraan atau Ujian Nasional 

Pada periode sekarang ujian kesetaraan atau Ujian Nasional ditiadakan, mengikuti kebijakan langsung dari Menteri Pendidikan. Ujian nasional yang menjadi suatu keharusan dan puncak dari perjalanan 3 atau 6 tahun tidak lagi menjadi penentu kelulusan.

Kesetaraan itu diubah menjadi metode pengambilan nilai pada penilaian akhir tahun, tepatnya dengan memperhatikan nilai pada 5 semester terakhir serta didukung dengan ujian secara daring maupun luring, dan penugasan lainnya.

Metode Pembelajaran dan Ujian

penilaian akhir tahun

Sobat Zenius tau kan, kalau sebagian dari temen-temen kita di Indonesia bagian lain masih kesulitan menerima akses internet yang memadai maupun dilengkapi dengan device yang mendukung. Bagi lo yang ada di kota-kota besar dan wilayah terpandang mungkin gak mengalami hal ini, kalian beruntung guys!

1. Menggunakan Metode Penilaian Akhir Tahun Online

Metode PAT online adalah kegiatan ujian yang dilaksanakan atau dilakukan oleh wilayah-wilayah kota besar atau daerah yang terdapat akses yang cukup mudah dan lancar serta peralatan mendukung seperti ponsel atau laptop untuk kegiatan daring selama belajar.

Meskipun begitu, pemerintah masih mengupayakan pengoptimalan agar dapat menunjang proses belajar meski hanya menggunakan aplikasi maupun platform meeting. Agar teman-teman yang kesulitan akses internet tetap dapat memenuhi tugas harian hingga tugas tengah semester.

2. Menggunakan Metode Luring Tanpa Jaringan Internet

Ini solusi di luar metode Penilaian Akhir Tahun online, yaitu menggunakan metode luring. Dalam metode luring, proses belajar mengajar tetap dilaksanakan tanpa tatap muka, hanya saja menggunakan bantuan seperti pengerjaan tugas portofolio dan lain sebagainya. Hal ini disesuaikan berdasarkan kondisi dan pertimbangan yang ada.

Meski demikian bukan berarti hal ini menjadi suatu ketertinggalan, akan tetapi peserta ujian dapat memiliki keterampilan serta diupayakan semaksimal mungkin tetap menyerap materi dan pembelajaran yang diberikan berdasarkan kurikulum.

3. Menggunakan Metode Kombinasi

Menggunakan metode kombinasi dapat diartikan sebagai penggabungan antara daring dan luring. Hal ini juga kembali pada kondisi geografis maupun wilayah terhadap akses internet. Termasuk dengan kondisi masing-masing siswa berdasarkan ekonomi.

Metode kombinasi ini dapat berupa pembagian tugas secara online dan penyerahan secara offline dalam bentuk portofolio atau tugas tercetak. Hal ini juga banyak diterapkan pada berbagai wilayah di Indonesia guna mengambil nilai ujian maupun tugas harian.

Manfaat PAT Online

Banyak hal yang tidak bisa diprediksi di masa yang akan datang. Bahkan tak seorang pun mengharapkan wabah ini mengganggu kehidupan bumi sampai mengganggu kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Akan tetapi semuanya tetap harus dilewati, meski lo merasa suasana belajar gak seseru yang dulu. Namun di balik itu pasti ada manfaat yang dapat kita dapatkan, Sobat Zenius.

1. Memaknai Arti Kebersamaan dengan Lebih Kental

Pertama manfaat dari PAT Online adalah dapat memaknai arti kebersamaan. Setelah harus dipisahkan oleh jarak, maka hal ini memberi penyadaran tentang arti kebersamaan bersama teman maupun belajar dengan guru di sekolah. Akan membantu memberikan semangat bagi kita untuk memaksimalkan belajar di rumah dengan prosedur baru yang ada.

Lo akan tersadarkan bahwa belajar lebih dari sekadar menyampaikan materi dari pendidik ke peserta didik. Namun juga merupakan rasa cinta dari guru terhadap muridnya, serta begitu besar arti guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

2. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi dan Memanfaatkannya dengan Lebih Baik

Dengan adanya sistem pembelajaran dan penilaian secara daring maka hal ini mendukung semua pihak untuk memaksimalkan penggunaan teknologi serta memanfaatkannya pada hal-hal yang positif. Terdapat lebih banyak pengetahuan baru yang juga bertambah.

Teknologi juga bisa menjadi alat bantu pendampingan belajar, meskipun tidak dilakukan secara langsung oleh tenaga pendidik melainkan melalui sarana digital. Selain itu pelaksanaan sekolah juga bisa dilakukan secara lebih fleksibel.

3. Memberi Peluang untuk Memperdalam Minat dan Bakat

Waktu lebih banyak yang dimiliki oleh siswa dapat dimanfaatkan untuk memperdalam minat dan bakat secara terarah. Peluang ini akan membantu menggali potensi yang lo punya secara lebih luas lagi.

Bahkan hal ini mungkin menjadi suatu momen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah sebelumnya sulit sulit untuk mendapatkan waktu untuk memperdalam minat dan bakat karena padatnya kegiatan sekolah dan aktivitas lainnya. Inilah saat yang tepat, Sobat Zenius!

4. Memutus Rantai Penyebaran Virus

Salah satu manfaat utama dari PAT Online adalah memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang semestinya juga berlaku diimbangi dengan pola hidup sehat serta menghindari kerumunan lainnya. Setiap individu memiliki tanggung jawab yang sama dalam hal ini.

Dengan sikap disiplin terhadap protokol kesehatan dan penjagaan pola hidup sehat, diharapkan kondisi dapat segera membaik. Sebagaimana hal yang diharapkan oleh lo untuk bisa berkumpul dan belajar kembali di sekolah. 

Prosedur Pelaksanaan PAT

Dalam pelaksanaannya penilaian akhir tahun memiliki prosedur tertentu serta dapat dikategorikan sebagai syarat terlaksananya penilaian. Syarat dan prosedur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penilaian Berdasarkan Evaluasi Nilai Rapor

Hasil evaluasi pada nilai rapor sebelumnya menjadi salah satu penentu terhadap penilaian akhir tahun. Hal ini didapatkan dari beberapa nilai pada semester sebelumnya. Nilai portofolio juga termasuk pada nilai prestasi seperti perlombaan yang pernah lo ikuti atau sejenisnya. Nilai tersebut kemudian akan diakumulasikan serta menempati beberapa persen untuk keseluruhan. Adapun pada tingkat SMA, nilai diambil berdasarkan hasil rapor pada 5 semester.

2. Penugasan

Selanjutnya prosedur PAT online adalah penugasan yakni hasil pengumpulan tugas yang nilainya akan dimasukkan sebagai bahan pertimbangan kelulusan. Penugasan ini bersifat umum berupa tugas dan evaluasi harian, serta bentuk lainnya untuk penilaian di luar kegiatan ujian.

Adapun waktu pemberian tugas juga disesuaikan dengan materi yang baru dipelajari serta berdasarkan kebijakan dari guru lo. Tugas yang diberikan tak hanya semata untuk nilai namun juga sebagai bahan pembelajaran untuk lo.

3. Tes Daring dan Luring

Tes menggunakan dalam jaringan diperuntukkan secara umum. Hal ini dilakukan dengan mengikuti ketentuan tes dan dilakukan pada waktu yang bersamaan serta untuk berbagai wilayah yang memungkinkan mengakses internet.

Sedangkan luring dapat dijadikan alternatif pilihan untuk beberapa daerah yang belum mendukung pelaksanaan online, ataupun sedang berada dalam zona hijau dari pemerintah dan dinyatakan tingkat penularan Covid-19 yang rendah sehingga memungkinkan pembelajaran atau Penilaian Akhir Tahun secara tatap muka.

4. Penilaian dengan Ketentuan dari Sekolah

Pihak sekolah juga berwenang untuk menentukan ujian atau penambahan nilai dengan ketentuan tersendiri. Namun hal ini untuk diputuskan berdasarkan kesesuaian dengan situasi dan tidak bergesekan dengan ketentuan umum yang ada dari pemerintah.

Adapun penilaian ini dapat dengan mengumpulkan tugas tambahan bagi peserta Penilaian Akhir Tahun yang kekurangan nilai, atau penilaian tambahan untuk mengisi kriteria dari materi lainnya. Hal ini dapat dikomunikasikan pihak sekolah kepada siswa mengenai pelaksanaannya.

Nah Sobat Zenius, demikian informasi tentang ketentuan Penilaian Akhir Tahun berdasarkan metode daring, luring, maupun kombinasi serta fungsinya. Semoga adanya wabah ini tidak akan menurunkan semangat belajar lo, namun tetap berupaya untuk menjadi pribadi yang sukses di masa akan datang. Kalau lo mau latihan soal menghadapi PAT boleh lho klik ini. Buat lo yang bingung atau mau mengetahui mendalam tentang PAT ini bisa komen di bawah ini ya! See you!

Bagikan Artikel Ini!