Materi bahasa Inggris SD introduction to colours.

Welsh Village in Colour (Introduction to Colour) – Materi Bahasa Inggris SD

Pelangi-pelangi, alangkah indahmu

Merah, kuning, hijau, di langit yang biru

Adakah Bapak dan Ibu Guru yang memulai kelas dengan lagu anak-anak di atas? Dengan bernyanyi bersama, pastinya siswa jadi lebih antusias untuk belajar.

Bukan sekadar bernyanyi, secara nggak langsung Bapak dan Ibu Guru juga bisa menjelaskan materi pelajaran ke siswa. Contohnya, dari lagu Pelangi Pelangi, siswa bisa mengenal keindahan alam dan warna-warna yang ada. 

Nah, cara belajar seperti itu bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris, lho. Selain mengenal lingkungan sekitar, siswa bisa belajar bagaimana cara mendeskripsikan hal-hal yang dilihatnya. Termasuk menjelaskan warna dalam bahasa Inggris atau introduction to colour.

Misalnya, saat melihat lapangan sekolah, siswa belajar bahwa rumput dan daun berwarna hijau. Jadi, mereka bisa menyusun kalimat “The grass is green”. Atau, ketika siswa menatap langit, mereka bisa berkata “Wow, the sky is blue”.

Wah, seru ya, kalau pembelajaran bisa semenarik itu?

Materi Lingkungan Sekitar dalam Bahasa Inggris

Berkaitan sama materi pengenalan warna dalam bahasa Inggris, Ready2Run dari DLA (Digital Learning Associates) punya bahan belajar yang nggak kalah menarik. Selain lengkap, materinya juga bisa diakses secara mudah dan gratis.

Untuk mengenalkan warna, Ready2Run mengambil topik tentang Welsh Village in Colour atau dalam bahasa Indonesia berarti Desa Wales yang penuh warna. Selain belajar kosakata warna bahasa Inggris, siswa juga bisa mempelajari cara penggunaan always dan never.

Hmm … apa kaitannya warna dengan struktur bahasa itu?

Jadi, setelah memahami kosakata warna bahasa Inggris, siswa bisa menggunakannya dalam kalimat. Di mana, kata always dan never sering ditemukan untuk mendeskripsikan warna suatu hal. Contohnya, “The leaves are always green”, atau “A warm place is never red.”

Agar lebih memahami bentuk materinya, berikut adalah video introduction to colour dari Ready2Run.

Transkrip Video “Welsh Village in Colour”

Bagaimana Bapak dan Ibu Guru? Seru ya, melihat bangunan-bangunan di Desa Wales yang berwarna.

Bangunan di Desa Wales yang penuh warna.
Foto bangunan di Desa Wales yang berwarna. (Dok. Ready2Run DLA)

Dalam video, diceritakan seorang pria bernama Stan yang hobi menggambar. Dia melihat lingkungan sekitar desa dan berpikir tentang gambar apa yang harus dibuatnya. 

Selain bentuknya, Stan juga memperhatikan bagaimana warna-warna yang ada di sekelilingnya. Dengan pemilihan warna yang tepat, dia bisa menghasilkan gambar yang terlihat hidup.

Seorang pria sedang menggambar pemandangan di tembok.
Stan sedang menggambar pemandangan Desa Wales di tembok. (Dok. Ready2Run DLA)

Nah, supaya lebih jelas, di bawah ini adalah transkrip video Ready2Run sebelumnya.

NarratorThere’s this blue house I know. It’s in a small village called Llandeilo, in Wales. It’s blue on the outside, but many more colours are waiting for us inside.
Stan is in Wales. He loves colours. Today, he’s looking at the colours all around him. What can he see? Well, Wales is very green. There’s green everywhere, like a big green blanket. And why is it green? Because of the rain, of course! 
StanI like the colours of the houses: pink, blue, green and yellow.
NarratorStan is going to the blue house. Remember it? 
No, not that blue house Stan. It’s the one after the grey house, and before the green one. 
Hey, let us in! 
Stan is here in the garden to paint. He wants to paint a picture of the village on the wall, with the river, the bridge and the houses. But Stan paints more than what he can see. Stan thinks of a beautiful island. With palm trees and red, yellow and orange flowers. With birds, and even monkeys! 
StanIn my picture, it never rains.
NarratorPeople look at the blue house, and can only see the blue. But now we know about all the different colours hiding inside!

Download Materi Introduction to Colour

Dari cerita Stan, siswa bisa mengenal kosakata warna dalam bahasa Inggris dan penggunaannya. Terlebih, mereka juga bisa tahu kapan always dan never digunakan dalam kalimat.

Selain video, Bapak dan Ibu Guru juga bisa mengunduh materi pendukung dari Ready2Run. Ada Student Pack yang bisa menjadi lembar kerja siswa. Serta, Teacher Guide yang dapat dimanfaatkan sebagai pedoman pembelajaran.

Dengan materi dari Ready2Run, siswa bisa belajar kosakata dan tata bahasa secara kreatif dan inovatif. Karena, penjelasan materi mudah dipahami dan dilengkapi gambar. Kelas pun jadi lebih aktif dan menyenangkan.

Bapak dan Ibu Guru ingin memanfaatkan materi introduction to colours dari Ready2Run? Klik tombol di bawah ini, ya!

Bagikan Artikel Ini!