Contoh soal UM UGM Geografi lengkap dengan pembahasannya.

Contoh Soal UM UGM Geografi dengan Pembahasan

Sobat Zenius, ada yang mau lanjut kuliah di UGM (Universitas Gadjah Mada)? Pastinya, banyak banget dari Sobat Zenius yang punya cita-cita buat belajar di sana. Iya, kan?

Bagi elo yang mau kuliah di UGM, terutama di kelompok jurusan Soshum (Sosial Humaniora), gue saranin elo buat baca artikel ini sampai akhir. Karena, gue akan kasih tahu topik dan contoh soal UM (Ujian Mandiri) UGM Geografi di sini.

Yup, kalau memilih jurusan kuliah di bidang Soshum, artinya elo harus perbanyak belajar materi Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi. Salah satu caranya ya dengan berlatih contoh soal UM UGM Geografi.

Materi UM UGM kelompok Soshum meliputi TKA Soshum yang terdiri dari Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, TKDU, serta TPA.
Materi UM UGM kelompok jurusan Soshum. (Dok. UM UGM)

Elo pasti bertanya-tanya, materi apa yang akan keluar dan sejauh mana elo harus belajar. Nah, biar nggak penasaran lagi, langsung aja intip materi dan contoh soal UM Geografi di bawah ini!

Baca Juga: Informasi UTUL UGM 2022 – Syarat, Cara Daftar dan Jenis UM UGM Lainnya

Materi UM UGM Geografi

Materi UM UGM Geografi memang mirip-mirip sama materi yang ada di sekolah. Mulai dari konsep wilayah dan tata ruang, interaksi desa dan kota, pemanfaatan peta, sampai dinamika litosfer. Kalau elo mau mempelajari ulang materinya, elo bisa cek di sini, ya.

Biar elo punya gambaran sejauh mana materi yang harus dipelajari, di bawah ini gue tuliskan persebaran topik UM UGM mata pelajaran Geografi. 

Persebaran topik bidang Soshum mata pelajaran Geografi UM UGM.
Persebaran topik Geografi di UM UGM. (Arsip Zenius)

Selain persebaran topiknya, elo juga perlu tahu contoh soal UM UGM Geografi di tahun-tahun sebelumnya. Karena, dengan perbanyak latihan soal, elo bisa paham bentuk soal apa yang sering muncul.

Jadi, langsung aja kita lihat dan bahas bareng-bareng contoh soal UM UGM Geografi, yuk!

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal UTUL UGM Soshum dan Pembahasannya

Contoh Soal UM UGM Geografi dan Pembahasannya

Dari sekian banyak materi yang akan muncul di UM UGM Geografi, gue akan fokus ke lima topik. Berikut adalah contoh soal UM UGM Geografi yang paling sering muncul di tahun-tahun sebelumnya.

Topik: Litosfer dan Pedosfer

Di contoh soal UM UGM Geografi yang pertama, gue bakal bahas topik litosfer dan pedosfer. Elo masih inget pengertiannya, nggak?

Nah, bumi kita ini tersusun dari beberapa lapisan kulit. Litosfer merupakan lapisan terluar bumi yang terbentuk dari batuan dan mineral. Lapisan ini terdiri dari seluruh lapisan kerak bumi dan sedikit lapisan mantel bumi. 

Litosfer merupakan lapisan bumi yang meliputi lapisan kerak bumi dan lapisan mantel bumi.
Ilustrasi lapisan bumi (Arsip Zenius)

Sementara itu, pedosfer merupakan lapisan tanah yang berada di bagian paling atas dari litosfer. Di lapisan inilah, proses pembentukan tanah terjadi. Selengkapnya tentang pedosfer bisa elo pelajari di sini.

Berikut adalah contoh soal UM UGM Geografi tentang litosfer dan pedosfer.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Lapisan Tanah Sumber Air dan Batuannya

Contoh Soal 1

Dataran aluvial sangat potensial untuk kawasan pengembangan pertanian dan permukiman, karena didukung oleh faktor-faktor….

a. Daya topang tanahnya rendah dan ada akuifer yang potensial

b. Adanya akuifer yang potensial dan topografi bervariasi

c. Daya topang tinggi, dan tanahnya subur

d. Topografi datar dan ketersediaan air

e. Ketersediaan air dan tanahnya subur

Pembahasan

Dataran aluvial adalah tanah yang berasal dari endapan lumpur. Endapan tersebut bisa terjadi ketika tanah yang ada di pegunungan terbawa oleh air sampai ke suatu tempat. Karena berasal dari pegunungan, tanah yang terbawa cenderung bersifat subur. Setelah mengendap cukup lama, tanah subur itu kemudian membentuk dataran aluvial.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas alasan apa yang menyebabkan dataran aluvial cocok untuk kawasan pertanian dan pemukiman. Karena, ketersedian airnya cukup dan tanahnya subur.

Jadi, jawaban yang tepat untuk contoh soal UM UGM Geografi berikut adalah e. ketersediaan air dan tanahnya subur.

Contoh Soal 2

Kubah karst dapat terbentuk oleh proses pelarutan batu gamping.

SEBAB

Tingkat kemurnian CaCO3 pada batu gamping tidak jauh berbeda.

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan sebab akibat.

b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tapi tidak ada hubungan sebab akibat.

c. Jika pernyataan benar dan alasan salah.

d. Jika pernyataan salah dan alasan benar.

e. Jika keduanya salah.

Pembahasan

Batu gamping atau batu gamping merupakan jenis batuan sedimen yang berasal dari organisme laut (karang dan cangkang siput). Biasanya, batu kapur diolah menjadi bahan bangunan atau batu beton.

Sementara, CaCO3 atau Calcium Carbonate merupakan komponen utama dari cangkang organisme laut. Contohnya cangkang siput, karang, dan kulit telur.

Nah, dari pengertian batu gamping dan CaCO3, elo sudah bisa lihat apa hubungan keduanya? Iya, CaCO3 menjadi senyawa yang membentuk batuan gamping. 

Kubah karst sendiri terbentuk dari sisa proses pelarutan batu gamping. Saat batuan gamping terus-menerus terkena air hujan, lama-kelamaan batuan gamping menjadi larut. Sisa pelarutan itu akhirnya membentuk sebuah kubah yang merupakan kubah karst.

Jadi, pernyataan “Kubah karst dapat terbentuk oleh proses pelarutan batu gamping” adalah benar. Terus, “Tingkat kemurnian CaCO3 pada batu gamping tidak jauh berbeda” juga merupakan pernyataan yang benar. 

Tapi, kedua pernyataan tersebut tidak mempunyai hubungan sebab akibat. Karena, tingkat kemurnian batuan gamping tetap sama dan tidak berpengaruh pada proses pembentukan kubah karst.

Sehingga, jawaban dari soal UM UGM Geografi ini adalah b. jika pernyataan benar, alasan benar, tapi tidak ada hubungan sebab akibat.

Baca Juga: Batuan Sedimen – Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Contoh

Topik: Mitigasi Bencana

Selanjutnya, topik yang diujikan dalam UM UGM adalah mitigasi bencana. Mitigasi bencana merupakan serangkaian upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana, baik prabencana, saat bencana, maupun pascabencana.

Enam tujuan mitigasi bencana yang secara garis besar untuk mengurangi risiko bencana.
Tujuan mitigasi bencana. (Arsip Zenius)

Pengertian dan tujuan mitigasi bencana sudah elo ketahui. Sekarang, kita masuk ke contoh soal UM UGM Geografi terkait mitigasi bencana.

Baca Juga: Materi Mitigasi Bencana

Contoh Soal 1

Berikut merupakan kegiatan yang dilakukan pada fase mitigasi ancaman bencana gempa bumi di Kota Padang….

(1) Pemetaan kawasan rawan

(2) Pengiriman bantuan logistik

(3) Arahan penggunaan lahan

(4) Penilaian kerusakan bencana

a. Jika (1), (2), dan (3) benar

b. Jika (1) dan (3) benar

c. Jika (2) dan (4) benar

d. Jika hanya (4) yang benar

e. Jika semuanya benar

Pembahasan

Dalam soal, ditanyakan fase mitigasi ancaman bencana. Artinya, elo cukup fokus ke persiapan sebelum bencana atau usaha-usaha untuk mengurangi dampak bencana. 

Sekarang, coba cek poinnya satu per satu.

(1) Pemetaan kawasan rawan = termasuk mitigasi ancaman bencana, karena dari usaha ini kita bisa tahu daerah mana yang punya dampak buruk saat terjadi bencana.

(2) Pengiriman bantuan logistik = termasuk recovery atau pemulihan pascabencana.

(3) Arahan penggunaan lahan = termasuk mitigasi ancaman bencana yang merupakan lanjutan dari usaha pemetaan kawasan rawan.

(4) Penilaian kerusakan bencana = termasuk recovery atau pemulihan pascabencana.

Sehingga, jawaban yang benar adalah b. jika (1) dan (3) benar.

Contoh Soal 2

Wilayah pesisir pantai Cilacap memiliki risiko terkena tsunami yang tinggi.

SEBAB

Salah satu upaya mitigasi untuk mengurangi risiko bencana tsunami adalah membuat tanda jalur evakuasi menuju lokasi yang aman.

a. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan sebab akibat.

b. Jika pernyataan benar, alasan benar, tapi tidak ada hubungan sebab akibat.

c. Jika pernyataan benar dan alasan salah.

d. Jika pernyataan salah dan alasan benar.

e. Jika keduanya salah.

Pembahasan

Wilayah Cilacap memang punya risiko terkena tsunami yang tinggi. Alasannya, karena berdekatan dengan pantai, Laut Selatan Jawa dan lokasinya yang rawan terhadap gempa bumi.

Nah, pembuatan tanda jalur evakuasi menuju lokasi yang aman merupakan salah satu upaya mitigasi yang bisa dilakukan. Contohnya, elo pasti pernah lihat tulisan “Titik Kumpul” yang biasanya diletakkan di dataran tinggi atau tanah lapang. Sehingga, saat terjadi bencana, warga bisa mengamankan diri ke daerah yang dinyatakan aman tersebut.

Berdasarkan pilihan di soal, jawaban yang sesuai untuk contoh soal UM UGM Geografi ini adalah b. jika pernyataan benar, alasan benar, tapi tidak ada hubungan sebab akibat.

Baca Juga: Apa Itu Bencana dan Mengapa Bencana Dapat Terjadi?

Topik: Penginderaan Jauh

Materi Geografi tidak hanya meliputi bentang alam fisik bumi, tapi juga gejala-gejala alam yang terjadi di dalamnya. Nah, salah satu cara untuk merekam seluruh gejala itu adalah dengan penginderaan jauh.

Secara sederhana, penginderaan jauh adalah ilmu, seni, atau teknik untuk merekam suatu benda, gejala, dan area dari jarak jauh. Namanya juga jarak jauh, jadi tidak ada kontak langsung dengan alat penginderaan yang berupa sensor.

fungsi penginderaan jauh dalam merekam suatu benda, gejala, dan area dari jarak jauh.
Fungsi penginderaan jauh. (Arsip Zenius)

Materi tentang penginderaan jauh bisa elo simak selengkapnya di sini, ya. Yuk, lanjut ke contoh soalnya.

Contoh Soal

Lembaga pemerintah Indonesia berikut yang termasuk pengguna yang intensif memanfaatkan data penginderaan jauh dalam menjalankan tugasnya, antara lain adalah….

(1) Badan Informasi Geospasial (BIG)

(2) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

(3) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

(4) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

a. Jika (1), (2), dan (3) benar

b. Jika (1) dan (3) benar

c. Jika (2) dan (4) benar

d. Jika hanya (4) yang benar

e. Jika semuanya benar

Pembahasan

Dalam soal, ada satu kata kunci yang perlu elo perhatikan. Yaitu, intensif memanfaatkan data penginderaan jauh.

(1) Badan Informasi Geospasial (BIG) = lembaga yang menyediakan peta, jadi pastinya membutuhkan data penginderaan jauh.

(2) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) = lembaga yang memantau iklim, cuaca, siklon, serta aktivitas tektonik, sehingga membutuhkan penginderaan jauh.

(3) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) = membutuhkan penginderaan jauh untuk memantau daerah rawan bencana.

(4) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) = membutuhkan penginderaan jauh untuk menyelenggarakan kegiatan terkait keantariksaan.

Jadi, pilihan yang benar adalah e. Jika semuanya benar.

Baca Juga: Tugas Badan Informasi Geospasial

Topik: Peta

Membahas materi Geografi tidak lengkap tanpa materi peta. Materi ini sudah elo pelajari sejak kelas 10. Mulai dari skala peta, rumus skala peta, sampai mengetahui jenis-jenisnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peta berarti gambar atau lukisan yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan sebagainya. Dalam peta, gambar permukaan bumi akan diperkecil dengan skala tertentu.

Peta sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan isi, bentuk, dan tingkat skalanya. Di antaranya, peta umum yang dibagi menjadi peta topografi dan peta korografi.

Jenis peta umum yang terbagi menjadi peta topografi dan peta korografi.
Jenis-jenis peta umum. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Skala Peta, Rumus, dan Macamnya

Contoh Soal

Manfaat peta topografi dalam kegiatan perencanaan infrastruktur adalah menentukan….

a. Lokasi waduk

b. Saluran drainase

c. Jalur jalan setapak

d. Lokasi markas militer

e. Luas kawasan industri

Pembahasan

Peta topografi merupakan peta yang menggambarkan permukaan bumi lengkap dengan reliefnya. Peta ini biasanya terdiri dari kombinasi garis-garis kontur yang tidak berpotongan. 

Peta topografi dan persebaran Cagar Budaya di Pulau Tidore.
Contoh peta topografi dan persebaran Cagar Budaya di Pulau Tidore. (Dok. Direktorat Pelindungan Kebudayaan, Kemendikbud)

Semakin sempit jarak antarkontur, berarti permukaannya semakin curam. Sebaliknya, jika jarak antarkontur semakin lebar, artinya permukaannya semakin landai. Biasanya, peta topografi menggambarkan kontur-kontur alami seperti danau, sungai, jalan, atau gunung.

Nah, elo sudah bisa lihat kan, mana pilihan yang tepat. Karena fokus pertanyaan pada kegiatan perencanaan infrastruktur, jadi jawaban yang lebih tepat adalah a. Lokasi waduk.

Baca Juga: Cara Menghitung Skala Peta dan Mencari Jarak Sebenarnya

Topik: Negara Maju dan Berkembang

Topik terakhir yang akan kita bahas di contoh soal UM UGM Geografi adalah tentang negara maju dan berkembang. Pembagian negara ini dilakukan berdasarkan perkembangan ekonomi tiap negaranya. Negara yang maju secara ekonomi akan disebut sebagai negara maju, sementara negara dengan ekonomi yang kurang berkembang merupakan negara berkembang.

Informasi selengkapnya bisa elo baca di artikel Negara Maju dan Negara Berkembang. Sekarang, kita lanjut ke contoh soalnya.

Contoh Soal 1

Indikator pertumbuhan ekonomi inklusif yang banyak terdapat di negara-negara maju, antara lain adalah….

a. Angka pertumbuhan ekonomi, akses infrastruktur dasar, akses fasilitas kesehatan

b. Tingkat kesetaraan gender, jaring pengaman sosial, tingkat pendapatan masyarakat

c. Akses fasilitas pendidikan, tingkat pendapatan masyarakat, kesempatan kerja

d. Tingkat kesempatan kerja, akses infrastruktur dasar, tingkat pendapatan masyarakat

e. Tata kelola kelembagaan, akses infrastruktur dasar, akses terhadap fasilitas pendidikan

Pembahasan

Buat menjawab soal ini, elo harus tahu dulu apa pengertian pertumbuhan ekonomi inklusif. Pertumbuhan ekonomi inklusif merupakan pertumbuhan ekonomi bagi seluruh rakyat.

Menurut ADB (Asian Bank Development), pertumbuhan ekonomi inklusif punya tiga pilar utama. Di antaranya:

  1. Pertumbuhan ekonomi yang memperluas peluang ekonomi masyarakat, contohnya mengembangkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) atau pemberdayaan koperasi.
  2. Pengamanan sosial yang menjadi dasar pijakan bagi masyarakat untuk bertumbuh, contohnya pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, dan pangan.
  3. Perluasan akses dan kesempatan bagi setiap masyarakat.

Nah, dari penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah b. tingkat kesetaraan gender, jaring pengaman sosial, tingkat pendapatan masyarakat.

Baca Juga: Pola Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju dan Berkembang

Contoh Soal 2

Faktor utama pendorong industrialisasi di negara Jepang, Korea Selatan, dan Jerman adalah….

a. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi

b. Kondisi sumber daya alam yang bervariasi

c. Tingginya tingkat pendapatan masyarakat

d. Kemampuan teknologi dan inovasi tinggi

e. Kuantitas sumber daya manusia mencukupi

Pembahasan

Jepang, Korea Selatan, dan Jerman merupakan negara-negara maju. Pastinya, faktor yang mendorong terjadinya industrialisasi di negara tersebut banyak banget. Karena itu, elo harus perhatikan pilihan jawabannya satu per satu.

a. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi = bukan termasuk faktor pendorong industrialisasi karena laju pertumbuhan penduduk di tiga negara itu justru rendah.

b. Kondisi sumber daya alam yang bervariasi = bukan termasuk faktor pendorong industrialisasi karena ketiga negara tersebut minim sumber daya alam.

c. Tingginya tingkat pendapatan masyarakat = bukan termasuk faktor pendorong industrialisasi karena tingginya tingkat pendapatan justru dampak dari industrialisasi itu sendiri.

d. Kemampuan teknologi dan inovasi tinggi = termasuk faktor pendorong industrialisasi karena bisa mempercepat kegiatan industrialisasi di tiga negara tersebut.

e. Kuantitas sumber daya manusia mencukupi = bukan termasuk faktor pendorong industrialisasi karena yang mempengaruhi adalah kualitas sumber daya manusia.

Yup, betul banget. Pilihan yang sesuai untuk mengisi soal di atas adalah d. kemampuan teknologi dan inovasi tinggi.

*****

Gimana? Sudah cukup belum latihan soalnya? Atau, elo masih mau contoh soal UM UGM Geografi lainnya? Tenang, elo bisa cek lebih banyak contoh soal UM UGM Geografi di Zenius. Caranya, klik gambar di bawah ini, ya!

contoh soal um ugm

Referensi

Contoh Soal UM UGM – Zenius

Materi Belajar Geografi – Zenius

10 Prodi Terketat Seleksi Mandiri UGM 2021, Referensi Daftar 2022 – Detik (2022)

Computer Based Test (CBT)-UM UGM Tahun 2022 – UM UGM (2022)

Bagikan Artikel Ini!