Tugas Badan Informasi Geospasial – Materi Geografi Kelas 12

tugas badan informasi geospasial adalah

Apa yang dimaksud dengan Badan Informasi Geospasial? Yuk, kita cari tahu bersama!

Pernah gak sih, elo mendengar yang namanya Badan Informasi Geospasial atau yang sering disingkat dengan BIG? Well, mungkin tidak semua orang pernah mendengar lembaga satu ini, ya. Padahal, keberadaan BIG ini sangat penting, lho. Bagaimana tidak, BIG inilah yang bertugas dalam hal pemetaan nasional. 

Seperti yang kita ketahui, saat ini hampir semua orang bergantung kepada peta, entah itu untuk menunjukkan jalan atau menunjukkan alamat seseorang. Bahkan, di dalam pengelolaan suatu negara, pemetaan merupakan suatu hal dasar yang sangat penting. Contohnya pemetaan laut untuk keselamatan navigasi dan perkembangan perekonomian negara. Maka dari itu, yuk, kita bahas lebih mendalam lagi mengenai Lembaga ini!

Badan Informasi Geospasial 

Badan Informasi Geospasial BIG
Badan Informasi Geospasial (Dok. Wikimedia Commons)

Badan Informasi Glasial atau BIG adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas dalam menyediakan informasi geospasial dasar. Contohnya seperti peta rupa bumi Indonesia, peta topografi, dan peta-peta lainnya yang bersifat umum. 

Badan Informasi Geospasial berperan penting dalam pelaksanaan kebijakan satu peta atau one map policy dalam pembangunan Indonesia. Tujuan dari kebijakan one map policy yakni untuk memudahkan perencanaan pembangunan, menyediakan infrastruktur, penerbitan izin, dan hak atas tanah, serta berbagai kebijakan nasional yang mengacu pada data spasial yang akurat. 

Contoh peta dasar yang dihasilkan oleh BIG adalah peta rupa bumi Indonesia atau disebut juga sebagai RBI. Sementara itu, untuk peta tematik BIG menghasilkan 7 peta terkait pelaksanaan kebijakan suatu peta yaitu batas wilayah, kehutanan, perencanaan ruang, sarana dan prasarana, perizinan dan pertahanan, sumber daya alam dan lingkungan, serta kawasan khusus dan transmigrasi. 

Baca Juga: Wilayah dan Tata Ruang Indonesia – Materi Geografi Kelas 12

Tugas dan Fungsi Badan Informasi Geospasial

Tugas Badan Informasi Geospasial Zenius Education
Badan Informasi Geospasial (Dok. Setkab.go.id)

Lalu, apa saja tugas dan fungsi Badan Informasi Geospasial? Melansir dari peraturan.go.id, tugas dan fungsi BIG diatur dalam Pasal 3 Perpres Nomor 94 Tahun 11 yang berisi sebagai berikut:

  1. Perumusan dan pengendalian kebijakan teknis di bidang informasi geospasial.
  2. Penyusunan rencana dan program di bidang informasi geospasial.
  3. Penyelenggaraan informasi geospasial dasar yang meliputi pengumpulan data, pengolahan, penyimpanan data dan informasi, dan penggunaan informasi geospasial dasar.
  4. Pengintegrasian informasi geospasial tematik yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah dan/atau pemerintah daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  5. Penyelenggaraan informasi geospasial tematik yang belum diselenggarakan selain BIG meliputi pengumpulan data, pengolahan, penyimpanan data dan informasi, dan penggunaan informasi geospasial tematik.
  6. Penyelenggaraan infrastruktur informasi geospasial meliputi penyimpanan, pengamanan, penyebarluasan data dan informasi, dan penggunaan informasi geospasial; penyelenggaraan dan pembinaan jaringan informasi geospasial.
  7. Akreditasi kepada lembaga sertifikasi di bidang informasi geospasial; pelaksanaan kerjasama dengan badan atau lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat di dalam dan/atau luar negeri.
  8. Pelaksanaan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi di lingkungan BIG; pelaksanaan koordinasi perencanaan, pelaporan, penyusunan peraturan perundang-undangan dan bantuan hukum.
  9. Pembinaan dan pelayanan administrasi ketatausahaan, organisasi dan tata laksana, kepegawaian, keuangan, keprotokolan, kehumasan, kerjasama, hubungan antar lembaga, kearsipan, persandian, barang milik negara, perlengkapan, dan rumah tangga BIG.
  10. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, serta promosi dan pelayanan produk dan jasa di bidang informasi geospasial.
  11.  Perumusan, penyusunan rencana, dan pelaksanaan pengawasan fungsional.

Baca Juga: Klasifikasi, Lokasi, dan Relokasi Industri – Materi Geografi Kelas 12

Lembaga Informasi Geospasial

lembaga informasi geospasial
Lembaga Informasi Geospasial (Arsip Zenius)

Nah, berikut ini adalah lembaga-lembaga yang berkaitan dengan informasi geospasial. Ada apa saja, ya?

  1. Badan Informasi Geospasial (BIG) bertugas untuk menyediakan informasi geospasial dasar seperti peta rupa bumi Indonesia, peta topografi, dan peta-peta lainnya yang bersifat umum.
  2. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) merupakan badan pertanahan nasional yang bertugas merencanakan tata ruang wilayah seperti peta tematik. 
  3. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merupakan lembaga yang berfungsi dalam hal pemanfaatan penginderaan jauh dan teknologi dirgantara. 
  4. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berfungsi dalam memberikan informasi tentang infrastruktur jalan. 
  5. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berfungsi dalam memberikan informasi tentang kajian kebencanaan, misalnya memberikan informasi tentang daerah-daerah yang rawan bencana alam. 
  6. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) berfungsi dalam memberikan informasi tentang meteorologi dan klimatologi. 
  7. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bertugas dalam memberikan informasi mengenai kajian kehutananan. 
  8. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bertugas untuk menyediakan data-data mengenai transportasi umum, misal tentang letak halte, bandara, dan stasiun.
  9. Kementerian Pertanian (Kementan) berfungsi dalam memberikan informasi mengenai kajian pertanian, seperti memberitahukan perkembangan pertanian di Indonesia. 

Contoh Soal Badan Informasi Geospasial

  1. Lembaga yang berperan dalam pemetaan nasional adalah ….

A. BMKG

B. PVMBG

C. LIPI

D. BIG

E. LKPI

Jawaban: D. BIG

Baca Juga: Struktur Keruangan Desa dan Kota – Materi Geografi Kelas 12

Nah, segitu dulu ya, guys, pembahasan kita hari ini. Btw, bagi yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang Badan Informasi Geospasial, elo bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius, ya! 

Di sana, elo akan menemukan berbagai video pembelajaran mengenai mata pelajaran yang ada di sekolah elo, seperti Geografi, Sosiologi, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Maka dari itu, yuk, buat akun Zenius elo sekarang!

belajar tugas badan informasi geospasial di zenius
Bagikan Artikel Ini!